Default Avatar

Written By

Rudi Patria

3 Rekomendasi Bootcamp Mobile Development 2022

2022-03-18

rekomendasi-mobiledev.jpg

Credit: Sora Shimazaki

Daftar isi

    Popularitas smartphone dan tablet yang semakin meningkat membuat profesi mobile development juga semakin populer. Banyak orang yang akhirnya berlomba-lomba untuk beralih profesi menjadi seorang mobile developer. Namun tak sedikit juga yang ternyata memiliki keterbatasan waktu dan biaya untuk belajar langsung ke perguruan tinggi.

    Mengikuti bootcamp mobile development bisa menjadi alternatif untuk kamu yang memiliki keterbatasan tersebut. Bootcamp dirancang untuk membantu kamu memperoleh keterampilan dalam waktu yang cukup singkat untuk beralih ke karir yang berbeda atau untuk meningkatkan kompetensi dalam keahlian tertentu, misalnya web developer.

    Kaliini, kita akan membahas apa itu mobile development bootcamp, apa saja keunggulannya, hingga beberapa rekomendasi bootcamp untuk mobile development

    Apa itu Bootcamp Mobile Development?

    Mobile development adalah sebuah proses dalam menciptakan, membangun dan mengembangkan aplikasi yang berfungsi pada perangkat seluler. Jenis pengembangan ini mencakup perangkat lunak untuk smartphone, tablet, dan perangkat smart wearable yang mengandalkan sistem operasi untuk bekerja.

    Sementara untuk mobile development bootcamp adalah sebuah bootcamp atau kursus yang mengajarkan keterampilan berharga yang dibutuhkan dalam industri teknologi untuk membangun sebuah aplikasi mobile. Bootcamp belakangan ini menjadi sangat populer karena sama komprehensifnya dengan kursus universitas, tetapi memakan waktu lebih sedikit dan biaya lebih sedikit pula.

    Keunggulan Mengikuti Bootcamp Mobile Development

    Materi Lengkap dengan Durasi yang Singkat

    Umumnya, durasi bootcamp berlangsung 3 hingga 6 bulan. Meski begitu, materi pembelajaran yang ada pada bootcamp sangat lengkap. Mulai dari fundamental dan dasar-dasar mobile development hingga ke tingkat advanced dan bagaimana kamu akan menerapkannya pada saat bekerja nanti.

    Belajar Langsung dari Para Praktisi

    Ketika kamu mengikuti bootcamp, kamu akan belajar banyak secara langsung dari mentor yang sedang bekerja di industri dan memiliki pengalaman sebagai seorang praktisi sekaligus pengajar mobile development. Hal ini akan membantu kamu untuk memecahkan masalah yang relevan dengan apa yang terjadi di lapangan.

    Mendapatkan Koneksi yang Luas untuk Peluang Kerja

    Banyak lembaga bootcamp yang menawarkan bantuan untuk kamu menemukan pekerjaan ketika lulus dari bootcamp. Lembaga-lembaga bootcamp ini terhubung ke industri dan memiliki koneksi dengan perusahaan yang ingin merekrut talenta baru.

    Kamu tidak harus melakukannya sendiri, tetapi sebaliknya. Mereka akan membantu mulai dari membangun dan menyusun resume kamu, mengajarkan teknik wawancara yang, serta mampu memberikan arahan untuk peluang kerja.

    Rekomendasi Bootcamp Web Development

    Binar Academy

    Binar Academy merupakan startup edukasi teknologi yang didirikan oleh mantan CTO Gojek, Alamanda Shantika. Salah satu program bootcamp yang ada di Binar Academy adalah mobile development.

    Di bootcamp Binar Academy ini, kamu akan dibimbing agar dapat menguasai ilmu Android Engineering dari dasar hingga penerapannya dalam pekerjaan.

    Agar kamu dapat belajar dengan cepat dan tanggap, Binar Academy menyediakan materi yang sangat intensif dan applicable. Dari sisi hard skill, kamu akan mendapatkan skill mulai dari learning drive, android fundamental, design pattern, reactive programming, dan continuous integration. Sementara untuk soft skill, kamu akan banyak belajar mengenai growth mindset, problem solving, critical thinking, creative thinking, dan leadership.

    Semua ilmu dan skill yang kamu dapatkan di Binar Academy didukung dengan beragam fasilitas belajar, seperti reading materials, video/ audio podcast, practical case study dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga akan dibimbing oleh para expert yang sudah berpengalaman dan terbaik di bidang mobile development.


    Baca juga: Biaya Kursus atau Bootcamp di Binar Academy 2022! Tersedia Cicilan Juga Lho!


    JuaraCoding

    JuaraCoding adalah program pelatihan intensif (bootcamp) dalam bidang web dan development dengan kurikulum yang dibuat untuk membentuk keahlian yang dapat diimplementasikan pada perkembangan teknologi saat ini.

    JuaraCoding ini sangat cocok untuk kamu yang ingin belajar dan memulai karir di bidang digital, termasuk mobile development. Melalui program Bootcamp JuaraCoding ini, kamu akan mendapatkan koneksi pekerjaan dan akan langsung disalurkan ke perusahaan-perusahaan yang bekerja sama dengan PT DIKA.

    Kurikulum dan silabus yang dibuat di JuaraCoding dibuat untuk membentuk keahlian yang dapat diimplementasikan langsung pada perkembangan teknologi industri saat ini. Sebab materi yang diajarkan sesuai dengan kebutuhan industri di lapangan.

    Ada dua silabus utama yang akan kamu dapatkan di JuaraCoding ini. Pertama Java Full Stack Bootcamp dan yang kedua adalah Software Quality & Automation Bootcamp.

    Java Full Stack Development terdiri dari java fundamental, SQL Fundamental, Java & Backend (Rest/ API) Spring Boot), Web Java & Springboot dan React Native. Sementara untuk Software Quality & Automation Bootcamp terdiri dari Java Fundamental, Quality Assurance, Excel, Automation Testing Selenium, hingga Kerja Praktek - Quality Assurance.

    Materi-materi yang begitu padat dan intensif akan diajarkan oleh mentor yang sudah berpengalaman sebagai praktisi IT di berbagai perusahaan seperti multifinance (Astra, ACC, IFF), asuransi (Prudential, AIA), bisnis produsen seperti Coca-cola hingga beberapa perusahaan startup dan media nasional. Dengan begini, kamu akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan dan menerapkannya.


    Baca juga: Cari Tahu Biaya Kursus Terbaru di Juara Coding, Ada Opsi Cicilan!


    Course-Net

    Course-Net adalah lembaga pendidikan IT yang didirikan oleh seorang anak muda millennial, bernama Alvin di tahun 2015.

    Tagline IT is FUN merupakan ciri khas Course-Net Indonesia dimana sistem pembelajarannya dibuat ‘semi cowboy’, FUN dan Praktis sehingga setiap IT People yang belajar mampu menyerap ilmu yang sifatnya tidak hanya sebatas teori saja, tetapi juga best practice di dunia pekerjaan.

    Ada beberapa kursus di Course-Net yang berfokus di bidang IT, termasuk mobile development. Mobile development sendiri terbagi menjadi dua, yaitu Android development dan flutter development.

    Kursus Android/ IOS development adalah kursus pelatihan pembuatan aplikasi Android/ IOS menggunakan android studio. Di kursus ini, kamu bisa bisa membangun aplikasi dari awal (ide) hingga di-upload di Playstore dengan memperhatikan aplikasi yang reliable, secure dan scalable.

    Sementara kursus flutter development adalah kursus pelatihan pembuatan native apps yang berjalan di Android dan iOS menggunakan Flutter. Flutter menggunakan bahasa pemrograman Dart. Di kursus ini, kamu akan mampu membuat aplikasi iOS yang reliable, secure dan juga scalable.


    Baca juga: Yuk, nambah skill kamu di bidang IT! Simak info-info terbaru dan biaya kursus di Course-Net di sini


    Dengan banyaknya keunggulan yang ditawarkan bootcamp mobile development, banyak orang yang akhirnya memilih untuk mendaftarkan diri agar dapat meningkatkan potensi karir dan menjadi profesional melalui kursus pelatihan singkat dan intensif. Jadi kamu siap untuk memulai karir sebagai mobile development?

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Rekomendasi Bootcamp Course-Net Binar Academy Juara Coding
    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria