Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

4 Jalur Masuk UGM 2023 untuk Mahasiswa Baru

2023-05-29

Daftar isi

    Sudah menjadi rahasia umum jika Universitas Gadjah Mada menjadi salah satu kampus yang paling banyak diminati.

    Tingginya peminat calon mahasiswa untuk berkuliah di UGM membuat persaingan pada seleksi nasional sangat ketat.

    Namun untuk masuk di UGM, seleksi nasional tidak hanya menjadi satu-satunya cara. Sebab UGM juga membuka beberapa seleksi ujian mandiri.

    Pada tahun =ini, UGM membuka 4 jalur masuk UGM 2023 untuk seleksi penerimaan mahasiswa baru, baik nasional maupun mandiri.

    Apa saja keempat seleksi itu? Berikut penjelasannya

    4 Jalur Masuk UGM 2023

    1. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)

    Jalur masuk UGM 2023 yang pertama untuk masuk di UGM adalah dengan mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

    Seleksi ini merupakan pengganti dari SNMPTN dimana sistem seleksinya dikelola langsung oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) bekerja sama dengan PTN.

    Penilaian SNBP berfokus pada prestasi yang diraih siswa. Artinya jalur ini memberikan penghargaan yang tinggi atas kesuksesan pembelajaran yang menyeluruh di pendidikan menengah. Hal ini dilakukan dengan pemberian bobot minimal 50 persen untuk nilai rata-rata rapor seluruh mata pelajaran.

    Dengan pemberian bobot yang tinggi ini, diharapkan siswa terdorong untuk berprestasi di seluruh mata pelajaran secara holistik.

    Sedangkan untuk pembobotan sisanya, maksimal 50 persen diambil dari komponen menggali minat dan bakat. Hal ini bertujuan agar siswa juga terdorong untuk mengeksplorasi minat dan bakatnya secara lebih mendalam.

    Dengan metode penilaian seperti itu, maka pada jalur masuk UGM SNBP, calon mahasiswa ditekankan memiliki kompetensi yang holistik dan lintas disipliner. Sebab, untuk sukses di masa depan, diperlukan beragam kompetensi, contohnya, seorang pengacara harus punya ilmu dasar tentang hukum, tetapi juga harus memiliki ilmu komunikasi yang jadi pembeda.

    2. Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT)

    Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) menjadi jalur masuk UGM 2023 berikutnya. Sebelumnya dikenal sebagai SBMPTN, jalur ini merupakan seleksi yang dilakukan berdasarkan hasil nilai Tes Skolastik yang berbasis komputer.

    Seleksi ini berfokus pada pengukuran kemampuan penalaran dan pemecahan masalah.

    Dalam seleksi berdasarkan tes ini juga tidak ditemui lagi tes mata pelajaran, tetapi hanya tes skolastik yang mengukur empat hal yaitu potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia dan literasi dalam bahasa Inggris.

    Selain itu, soal pada jalur masuk UGM yang satu ini juga akan menitikberatkan kemampuan penalaran peserta didik, bukan hafalan.

    Baca juga: Biaya Kuliah UGM: Rincian dan Informasi Selengkapnya

    banner-gif-CTA-Only

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    3. Seleksi Mandiri Jalur Prestasi

    Selain seleksi nasional, diselenggarakan juga jalur masuk UGM 2023 berupa seleksi mandiri. Salah satu seleksi mandiri UGM ialah melalui seleksi mandiri jalur prestasi atau biasa juga disebut Penelusuran Bibit Unggul. Jalur ini terbagi menjadi 8 jenis, yaitu:

    a. Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB)

    Jalur masuk UGM seleksi ini diperuntukkan bagi siswa yang memiliki prestasi. Misalnya menjadi pemenang/ juara lomba di bidang olahraga, seni, dan IPTEK sesuai Program Studi yang dipilih.

    Tingkat kejuaraan yang diakui antara lain kejuaraan tingkat provinsi, nasional, maupun internasional dan/ atau kejuaraan yang diselenggarakan oleh UGM, dibuktikan dengan sertifikat/piagam kejuaraan.

    Juara pada kejuaraan beregu harus dibuktikan dengan kehadiran dan keikutsertaan seluruh anggota tim saat pelaksanaan lomba.

    b. Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM)

    Jalur masuk UGM seleksi ini merupakan jalur seleksi yang diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian UGM terhadap calon peserta dengan kemampuan akademik tinggi, tetapi terkendala keterbatasan ekonomi.

    c. Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK)

    Jalur masuk UGM seleksi ini ditujukan untuk kamu yang memiliki komitmen tinggi dalam pembangunan. Untuk bisa mengikuti jalur ini, kamu harus diusulkan dan dibiayai sepenuhnya oleh mitra UGM yang kredibel.

    Mitra UGM sendiri merupakan institusi pemerintah/ pemerintah daerah, yayasan dan/ atau perusahaan yang telah melakukan kerja sama di bidang Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat) sekurang-kurangnya selama 1 (satu) tahun.

    d. Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK) Tugas Belajar Sekolah Vokasi

    Hampir sama dengan PBUK, jalur masuk UGM ini juga merupakan kerjasama antara UGM dan mitra UGM yang siap membiayai calon mahasiswa agar dapat menimba ilmu di UGM. Bedanya, jalur ini dikhususkan untuk kamu yang ingin mengambil program studi vokasi.

    e. Penelusuran Bibit Unggul SMK (PBUSMK)

    Jalur masuk UGM seleksi ini merupakan jalur seleksi bagi siswa SMK melalui seleksi prestasi akademik sebagai upaya untuk menjaring calon Mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik, keterampilan dan kematangan pribadi yang ditunjukkan dengan prestasi yang telah dicapai di sekolah.

    f. Penelusuran Bibit Unggul 3T (PBU 3T)

    Jalur masuk UGM seleksi ini merupakan jalur seleksi bagi siswa Kelas XII SMA/SMK/MA/sederajat yang berasal dari Daerah Tertinggal, Terdepan, atau Terluar (3T) yang memenuhi kriteria umum Pendaftar PBU 3T.

    g. Penelusuran Bibit Unggul 3T (PBU 3T)-Laboratorium Tridarma UGM

    Jalur seleksi ini juga merupakan jalur seleksi bagi siswa Kelas XII SMA/SMK/MA/sederajat yang berasal dari Daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T) yang memenuhi kriteria umum Pendaftar PBU 3. Selain itu daerah ini juga harus bersedia menjadi laboratorium tridarma UGM.

    h. Penelusuran Bibit Unggul Daerah Afirmasi Kegiatan Tridarma UGM

    Jalur seleksi ini merupakan jalur seleksi bagi siswa Kelas XII SMA/SMK/MA/sederajat yang berasal dari Daerah Afirmasi Kegiatan Tridarma UGM yang memenuhi kriteria umum Pendaftar PBU Daerah Afirmasi Kegiatan Tridarma UGM.

    4. Seleksi Mandiri Computer Based Test (CBT)

    Seleksi mandiri yang dilaksanakan UGM ialah Ujian Masuk Computer Based Test (UM-CBT UGM). Jalur ini merupakan jalur seleksi yang menggunakan kombinasi nilai/ skor UM-CBT UGM yang diselenggarakan oleh UGM dan nilai/skor UTBK-SNBT.

    Jalur masuk UGM 2023 yang satu ini memberikan kesempatan kepada setiap lulusan SMA/MA/SMK/sederajat atau lulusan Paket C untuk mengikuti seleksi dengan memilih 2 (dua) Program Studi pada Program Sarjana dan/ atau Program Sarjana Terapan.

    Kelompok ujian UM-CBT UGM terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu:

    • kelompok ujian sains dan teknologi (saintek);
    • kelompok ujian sosial dan humaniora (soshum); atau
    • kelompok ujian campuran (saintek dan soshum).

    Setiap calon Mahasiswa hanya dapat mengikuti salah satu kelompok ujian, yaitu: saintek, soshum, atau campuran.

    Baca juga tentang jurusan di UGM.

    Berkuliah di UGM Lancar Dengan Bayar Pakai Danacita

    Itu dia penjelasan lengkap mengenai jalur masuk UGM 2023. Kamu sudah berhasil atau sedang mempersiapkan strategi untuk masing-masing jalur masuk UGM 2023 tapi masih terkendala akan biaya? Tidak usah khawatir, karena Danacita siap mewujudkan mimpi kamu dengan pembiayaan pendidikan yang terjangkau.

    Danacita adalah platform dengan solusi pembiayaan bagi pelajar, mahasiswa, maupun tenaga profesional untuk menempuh studi di lembaga pendidikan tinggi dan pelatihan bootcamp, termasuk UGM.

    Danacita hadir untuk membuka akses yang lebih besar lagi terhadap pendidikan tinggi di Indonesia dengan memberikan pembiayaan kuliah terjangkau yang bisa dibayar bulanan mulai 6 hingga 12 bulan.

    Dengan begini kamu dapat fokus untuk menempuh pendidikan di UGM tanpa harus mengalami kendala dalam melakukan pembayaran biaya kuliah setiap semesternya.

    Proses pengajuannya cepat dan mudah karena bisa dilakukan via online dengan maksimal 2 hari kerja. Danacita juga sudah menjalin kerja sama dengan lebih dari 140 institusi pendidikan di Indonesia.

    Selain itu, keamanan data pengajuan kamu di Danacita terjamin keamanannya karena Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta tersertifikasi ISO 27001.

    Ketahui informasi lengkapnya dengan melihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-copywriting

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    ugm jalur masuk UGM 2023 masuk ugm 2023
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri