Default Avatar

Written By

Rudi Patria

5 Rekomendasi Bootcamp Product Management Terbaru 2022

2022-03-17

rekomendasi-PM.jpeg

credit: fauxels

Daftar isi

    Saat ini banyak perusahaan berlomba-lomba untuk mengembangkan sebuah aplikasi. Aplikasi terus dikembangkan dengan berbagai fitur agar bisa mempermudah penggunanya. Maka tidak heran kalau lowongan product management mulai banyak bermunculan. Apakah kamu adalah salah satu orang yang berminat dengan product management? Jika iya, kamu datang ke tempat yang tepat. Berikut adalah 4 rekomendasi bootcamp product management versi Danacita!

    Apa itu Product Management

    Sebelum masuk ke pembahasan rekomendasi bootcamp product management, ada baiknya kita berkenalan terlebih dahulu tentang product management. Product management adalah sebuah kegiatan di dalam organisasi yang memiliki tujuan untuk mengatur siklus hidup untuk sebuah produk.

    Product management dimulai dari pengembangan, market positioning, dan juga penentuan harga. Hal ini dilakukan sambil memperhatikan kebutuhan pasar. Berdasarkan pengertian ini, terlihat bahwa product management adalah suatu kegiatan lintas divisi. Mulai dari pengembangan, pemasaran, riset, hingga pengalaman pengguna.

    Sekarang ini, banyak perusahaan dari berbagai industri mulai berlomba-lomba untuk membuat produk berupa aplikasi dengan berbagai jenis fitur baru. Inilah kenapa pekerjaan product management sangat banyak dicari oleh perusahaan. Apalagi posisi ini adalah posisi yang krusial, jadi tidak akan hilang dalam waktu dekat.

    Bootcamp Product Management

    Seperti yang kita ketahui, banyak sekolah formal seperti universitas tidak mengajarkan tentang product management. Kalaupun ada, biasanya hanya bagian luarnya saja, seperti dasar atau bahkan hanya pengenalan. Namun pada umumnya, lulusan universitas sudah memiliki kemampuan spesifik. Seperti coding, jaringan komputer, keuangan, ataupun pemasaran.

    Ini adalah awal yang bagus, tapi untuk menjadi seorang product manager masih diperlukan beberapa kemampuan tambahan. Dan ini tidak kita dapatkan di pendidikan formal. Nah, karena hal inilah mulai banyak bermunculan kursus bootcamp product management. kursus bootcamp ini adalah wadah bagi para pekerja yang ingin pindah jalur menjadi seorang product manager.

    Beberapa materi yang bisa kamu dapatkan di kelas bootcamp product manager adalah, Dasar-dasar product management, pemahaman proses bisnis, membuat sebuah user persona, memahami user journey, research dan sebagainya. Keuntungan mengikuti bootcamp product management diantaranya adalah kamu akan dibimbing oleh instruktur yang berpengalaman mulai dari nol hingga penerapannya dalam dunia kerja. Selain itu kelas akan diadakan secara online, artinya kamu tidak perlu keluar rumah. Dan juga ketika kamu lulus, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk penyaluran kerja ke perusahaan yang membutuhkan jasa product management.

    Peluang Kerja Product Management

    Terkait prospek kerja, kamu tidak perlu khawatir, karena saat ini bisa dibilang sangat baik. Karena, industri yang sedang tren seperti industri teknologi banyak mendapatkan suntikan dana yang besar dari para investor, sehingga ini bisa digunakan untuk menemukan product manager terbaik.

    Selain itu, profesi product manager di Indonesia masih baru. Karena kebanyakan yang memiliki profesi product manager masih baru berumur 3-5 tahun. Alhasil para pemain industri teknologi berlomba-lomba untuk menciptakan produk terbaiknya dan juga mencari product manager yang berpengalaman secara bersamaan.

    Ini bisa diartikan product manager itu memiliki demand yang tinggi, namun supply masih terbilang rendah. Sebagai gambaran, Kisaran gaji seorang Product Manager adalah Rp8.000.000 hingga Rp15.000.000 per bulannya. Tentu ini sangat menarik bukan?

    Rekomendasi Bootcamp Product Management

    Nah, kita sudah membahas tentang apa itu product management, apa itu bootcamp product management, dan bagaimana peluang kerja dari product management. Jika kamu sudah sampai titik ini maka kamu sudah sangat tertarik untuk mengikuti kursus bootcamp product management. Berikut adalah rekomendasi kursus bootcamp product management yang sudah bekerja sama dengan Danacita.

    Binar Academy

    Binar Academy adalah lembaga pendidikan non-formal yang memiliki tujuan untuk menghasilkan talenta digital yang berkompetensi. Lembaga ini berdiri pada tahun 2016 di Jakarta oleh Dita Aisyah, Alamanda Shantika dan Seto Loreno. Kini Binar Academy berlokasi di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Batam, Kupang, Ambon, Yogyakarta dan Tangerang.

    Ketiga pendiri Binar Academy melihat bahwa talenta digital Indonesia masih kalah bersaing jika dibandingkan dengan tenaga kerja digital dari luar negeri. Sehingga banyak perusahaan digital Indonesia harus merekrut talenta digital dari luar negeri. Kenyataan ini membuat mereka bertiga berinisiatif untuk mendirikan lembaga pendidikan dengan tujuan untuk mencetak talenta digital berkompetensi yang mampu memberikan kontribusi tidak hanya di dalam negeri tapi juga di dunia internasional.

    Keuntungan yang kamu dapatkan jika ikut bootcamp Product Management di Binar Academy adalah:

    • Jadwal yang fleksibel. Selama masa pandemi, Bootcamp Binar Academy dilakukan secara online.
    • Mendapatkan fasilitas Job Connect untuk menghubungkan kamu dengan perusahaan
    • Mengerjakan project yang nantinya bisa menjadi portofolio kamu untuk melamar pekerjaan
    • Bebas mengakses materi belajar yang tersedia di aplikasi Binar Academy.
    • Binar Academy akan mengajarkan kamu mulai dari tingkat dasar sampai tingkat profesional.
    • Pembayaran bisa dicicil dengan Danacita

    Baca juga: Biaya Kursus atau Bootcamp di Binar Academy 2022! Tersedia Cicilan Juga Lho!


    RevoU

    RevoU adalah lembaga pendidikan teknologi yang berfokus pada pendidikan & pelatihan kompetensi digital. RevoU masuk Indonesia pada tahun 2019 dan didirikan oleh Matteo Sutto, mantan petinggi di Zalora dan iPrice, dan RevoU sendiri merupakan gabungan dari dua lembaga pendidikan teknologi di Tiongkok dan Amerika Serikat, yang dikhususkan untuk pelajar Indonesia.

    RevoU sendiri memiliki pandangan bahwa semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi profesional digital. Oleh karena itu, untuk mengikuti kursus atau bootcamp di RevoU pelajar tidak perlu memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan program yang diikuti. Sebagai contoh, untuk mengikuti bootcamp Digital Marketing di RevoU, calon pelajar bisa dari lulusan teknik mesin atau latar belakang apapun yang bahkan tidak tahu mengenai Digital Marketing sebelumnya.

    Kursus atau bootcamp yang diadakan oleh RevoU biasanya berdurasi kurang lebih 3 bulan, dan dilanjutkan dengan program pelatihan dan pendampingan pencarian kerja selama 3 bulan. Seluruh program pendidikan RevoU diadakan secara online yang memungkinkan pelajar untuk belajar dengan nyaman dari rumah.

    Kelebihan RevoU dibandingkan kursus bootcamp lainnya adalah:

    • Kurikulum super komplit
    • Langsung praktik tiap minggu
    • Bisa ikut dari kota manapun karena kelas diadakan secara online
    • Bisa ikut kelas sambil tetap kerja full-time
    • Networking dengan instruktur-instruktur paling top di Asia Tenggara
    • Pembayaran bisa dicicil dengan Danacita

    Baca juga: Informasi Terbaru Mengenai Biaya Kursus / Bootcamp di Revou


    Hacktiv8

    Hacktiv8 adalah lembaga pendidikan teknologi yang berdiri pada tahun 2016. Hacktiv8 didirikan oleh Roland Ishak dan Riza Fahmi, yang didasari oleh keresahan mereka melihat banyaknya kejadian saling bajak talent-talent teknologi informasi diantara perusahaan-perusahaan teknologi.

    Hacktiv8 berfokus pada pengembangan talent digital, mulai dari pemula hingga menjadi tenaga ahli lewat program bootcamp yang diadakan. Dengan begitu, diharapkan semakin banyak anak-anak muda yang berkompeten untuk berkarir di dunia teknologi.

    Keunggulan Hacktiv8 dibanding lembaga pendidikan teknologi lainnya adalah:

    • Pelajar memiliki opsi untuk mengikuti program pendidikan paruh waktu dalam bentuk kursus, atau mengikuti kelas intensif dalam bentuk bootcamp.
    • Fokus pada penanaman growth mindset untuk para pelajar agar selalu mengembangkan diri dan karir.
    • Skillset yang relevan dengan kebutuhan industri masa kini.
    • Hiring partner sebanyak 350 perusahaan yang siap merekrut lulusan Hacktiv8.

    Baca juga: Informasi Terbaru Biaya Bootcamp & Kursus Coding di Hacktiv8


    Apiary Academy

    Apiary adalah sebuah solusi ekosistem bisnis yang membantu orang untuk memulai dan tumbuh dalam karir mereka berdasarkan 3 pilar. Yaitu: Belajar, Solusi bisnis, dan Komunitas.

    Dengan pengalaman dan koneksi yang ada, Apiary Academy menyediakan program training dan kursus tentang skill di dunia digital. Baik itu perorangan maupun perusahaan dimanapun mereka berada. Apiary Academy mempunyai misi untuk mempersenjatai jutaan orang di Indonesia dengan skill dan pemikiran yang terus berkembang.

    Keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika mengambil kursus bootcamp di Apiary Academy adalah:

    • Real Startup Project: kamu tidak hanya akan belajar mengenai teori, namun juga akan mempelajari kasus yang terjadi di perusahaan startup secara nyata.
    • 1-on-1 Mentoring: disini kamu akan belajar dengan para ahli di industri, sehingga kamu akan mendapatkan gambaran tentang bidang yang kamu ambil
    • Get Certified as PM: kamu akan mendapatkan sertifikat Product Manager, yang akan berlaku seumur hidup
    • Career Network Access: setelah lulus, kamu tidak akan ditinggal begitu saja, karena kamu akan disambungkan dengan para hiring partner yang sudah bekerja sama
    • Installment: Apiary academy adalah partner resmi Danacita, jadi kamu bisa mengajukan cicilan untuk pembiayaan kursus bootcamp-mu di Apiary Academy

    Digital Skola

    Demi memenuhi kebutuhan talenta digital di Indonesia, Digital Skola menghadirkan bootcamp eksklusif dengan berbagai fokus pada dunia digital. Salah satunya adalah kelas bootcamp Product Management.

    Di kelas SkolaExpert: Product Management ini kamu akan belajar secara intensif selama 15 kali sesi dan juga akan mendapatkan 16 mini project, portofolio secara end to end dan juga bimbingan karier, untuk persiapan menjadi seorang product manager profesional. Selain itu, dengan mengikuti kelas ini kamu akan bisa membuat Product Requirement Document (PRD) yang berisikan perencanaan produk secara detail, startegi yang tepat, dan juga memiliki tampilan yang menarik. Kamu juga akan belajar bagaimana cara membuat PRD yang lebih efektif dan efisien.

    Keuntungan yang bisa kamu dapat jika mengambil kursus bootcamp product management di Digital Skola adalah:

    • Assessment for Learning Development
    • 16 mini projects & Product Requirements Document
    • 1on1 Career Conseling
    • Sesi Softskill Presentation & Pitching
    • Professional branding
    • Job Connector

    Baca juga: Informasi Terbaru Biaya Bootcamp & Kursus di Digital Skola


    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Revou Hacktiv8 Rekomendasi Bootcamp Apiary Academy Binar Academy
    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria