Default Avatar

Written By

Rudi Patria

4 Rekomendasi Bootcamp UI/UX Terbaru

2022-03-17

rekomendasi-uiux.webp

credit: Shuki Harel

Daftar isi

    Tampilan adalah hal yang paling menggoda untuk sebuah produk. Ketika sebuah produk seperti aplikasi memiliki tampilan yang bagus, mudah untuk menemukan fitur yang diperlukan, dan juga mudah untuk dioperasikan, maka produk itu akan banyak digunakan oleh masyarakat luas. Apalagi seperti sekarang ini dimana perusahaan berlomba-lomba untuk membuat aplikasi agar memudahkan penggunanya untuk bertransaksi. Maka tidaklah heran lowongan UI/UX berjamuran di website portal pencari kerja. Apakah kamu salah satu orang yang ini mempelajari UI/UX? Atau ingin pindah jalur untuk menjadi seorang UI/UX? Jika iya, maka kamu datang ke tempat yang tepat! Berikut adalah 4 rekomendasi Bootcamp UI/UX versi Danacita!

    Apa itu UI/UX

    Sebelum masuk ke pembahasan rekomendasi bootcamp UI/UX, ada baiknya kita berkenalan terlebih dahulu tentang apa itu UI/UX. Kepanjangan dari UI adalah User Interface, UI adalah tampilan dari produk yang ingin kita perlihatkan kepada user kita. Umumnya ini dikerjakan oleh UI Designer.

    UX adalah User Experience. UX lebih berfokus kepada proses pembuatan produk hingga memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna yang memakai. UX umumnya dikerjakan oleh UX Designer. UI Designer pada umumnya bertugas untuk pengaturan tata letak, komposisi warna, bentuk tombol yang bisa diklik dan ukuran teks. Intinya semua item yang memiliki interaksi dengan pengguna.

    UX Designer bertugas untuk membuat website atau aplikasi agar mudah untuk digunakan oleh pengguna. Selain itu juga harus memastikan bahwa tampilan terlihat keren namun mudah untuk digunakan. Saat ini, banyak perusahaan di berbagai industri mulai berlomba-lomba untuk mengembangkan produk berupa aplikasi dengan berbagai jenis fitur baru.

    Inilah kenapa pekerjaan UI/UX sangat banyak dicari oleh perusahaan. Apalagi posisi ini adalah posisi yang penting, jadi tidak akan hilang dalam waktu dekat.

    Bootcamp UI/UX

    Saat ini belum banyak sekolah formal seperti universitas yang mengajarkan UI/UX secara khusus. Kalaupun ada, biasanya hanya bagian luar saja, seperti dasar atau bahkan hanya pengenalan.

    Banyak orang mengatakan kalau kita bisa belajar UI/UX di fakultas seperti Human Computer Interaction (HCI), Informatics, atau DKV.

    Namun pada umumnya, fakultas-fakultas ini tidak menyentuh UI/UX secara menyeluruh. Fakultas ini memang mempelajari dasar dari UI/UX yaitu design dan komunikasi namun tidak mempelajari research dan testing

    Nah, karena hal inilah mulai banyak bermunculan kursus bootcamp UI/UX. kursus bootcamp ini adalah wadah bagi para pekerja yang ingin pindah jalur pekerjaan menjadi seorang UI/UX Designer

    Beberapa materi yang bisa kamu dapatkan di kelas bootcamp UI/UX adalah dasar-dasar user experience design, riset dan proses dalam mendesain, proses user research dan lain-lain

    Keuntungan mengikuti bootcamp UI/UX diantaranya adalah kamu akan dibimbing oleh instruktur yang berpengalaman mulai dari nol hingga penerapannya dalam dunia kerja. Selain itu kelas akan diadakan secara online, artinya kamu tidak perlu keluar rumah. Dan juga ketika kamu lulus, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk penyaluran kerja ke perusahaan yang membutuhkan jasa UI/UX.

    Peluang Kerja UI/UX

    Terkait prospek kerja, kamu tak perlu khawatir, karena saat ini bisa dibilang prospek kerjanya sangat baik.

    Karena, industri seperti industri teknologi banyak mendapatkan dana suntikan yang besar dari para investor, sehingga ini bisa digunakan untuk merekrut talenta-talenta terbaik.

    Selain itu, profesi UI/UX Designer di Indonesia memang sangat dibutuhkan, karena perkembangan aplikasi yang sangat cepat.

    Alhasil para pemain industri teknologi berlomba-lomba untuk menciptakan produk terbaiknya dan juga mencari talenta UI/UX demi mengembangkan produk mereka.

    Ini bisa diartikan UI/UX itu memiliki demand yang tinggi, namun supply masih terbilang rendah.

    Sebagai gambaran, Kisaran gaji seorang UI/UX Designer adalah Rp8,8 juta hingga Rp16 juta per bulannya. Tentu in hali sangat menarik bukan?

    Rekomendasi Bootcamp UI/UX

    Nah, kita sudah membahas tentang apa itu UI/UX, apa itu bootcamp UI/UX, dan bagaimana peluang kerja dari UI/UX Designer. Jika kamu sudah sampai titik ini maka kamu sudah sangat tertarik untuk mengikuti kursus bootcamp UI/UX. Berikut adalah rekomendasi kursus bootcamp UI/UX yang sudah bekerja sama dengan Danacita.

    Purwadhika

    Purwadhika startup and education school adalah salah satu institusi teknologi digital terbaik di Indonesia. Sekolah ini adalah salah satu tujuan pertama untuk mereka yang ingin belajar, atau memulai berkarir di industri digital. Berdiri pada 1987 dengan nama Sekolah Desain Komputer Purwadhika, oleh Purwa Hartono, kini Purwadhika memiliki lebih dari 20 ribu alumni yang berkarir di perusahaan digital. Saat ini Purwadhika memiliki 2 lokasi sekolah yaitu di BSD dan Jakarta.

    Purwadhika adalah salah satu dari pionir pendidikan teknologi digital di Indonesia. Dengan semangat yang dibawa oleh nama mereka, yaitu Purwa dan Andhika yang berarti “Pertama dalam segala hal yang baik” mereka telah merancang program untuk para pesertanya agar menjadi yang terbaik. Dengan belajar di Purwadhika, kamu tidak hanya dipersiapkan untuk menjadi talenta digital saja, tapi juga bisa berkontribusi di Indonesia dan di kancah internasional. Keuntungan yang kamu dapatkan saat mengambil kursus bootcamp UI/UX di Purwadhika startup and Education School adalah:

    • Mentorship Dengan Para Praktisi Berpengalaman: Para peserta program akan mendapatkan fasilitas mentorship dari para praktisi yang sudah berpengalaman di dunia industri digital.
    • Kurikulum Sesuai Industri: Kurikulum program Job Connector di Purwadhika dirancang khusus memenuhi kebutuhan industri, dan juga memudahkan para siswa untuk memperoleh pekerjaan di bidang digital setelah lulus
    • Terdaftar resmi di Diknas: Purwadhika sebagai lembaga pendidikan sudah terdaftar secara resmi di Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dengan nomor ijin 421.9/Kep.308-Disdik
    • Sertifikasi: Para peserta program akan mendapatkan sertifikat kelulusan dari final project yang mereka selesaikan, dan akan ditandatangani secara langsung oleh praktisi berpengalaman di dunia industri digital.
    • Bisa dicicil: Purwadhika adalah partner resmi dari Danacita, jadi untuk kamu yang ingin mengambil kursus bootcamp di Purwadhika, akan menjadi lebih murah dan bersahabat

    Baca juga: Cari Tahu Info Terbaru dan Biaya menjadi Digital Talent bersama Purwadhika, di sini!


    Binar Academy

    Binar Academy adalah lembaga pendidikan non-formal yang memiliki tujuan untuk menghasilkan talenta digital yang berkompetensi. Lembaga ini berdiri pada tahun 2016 di Jakarta oleh Dita Aisyah, Alamanda Shantika dan Seto Loreno. Kini Binar Academy berlokasi di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Batam, Kupang, Ambon, Yogyakarta dan Tangerang.

    Ketiga pendiri Binar Academy melihat bahwa talenta digital Indonesia masih kalah bersaing jika dibandingkan dengan tenaga kerja digital dari luar negeri. Sehingga banyak perusahaan digital Indonesia harus merekrut talenta digital dari luar negeri. Kenyataan ini membuat mereka bertiga berinisiatif untuk mendirikan lembaga pendidikan dengan tujuan untuk mencetak talenta digital berkompetensi yang mampu memberikan kontribusi tidak hanya di dalam negeri tapi juga di dunia internasional.

    Keuntungan yang kamu dapatkan jika ikut bootcamp UI/UX di Binar Academy adalah:

    • Jadwal yang fleksibel. Selama masa pandemi, Bootcamp Binar Academy dilakukan secara online.
    • Mendapatkan fasilitas Job Connect untuk menghubungkan kamu dengan perusahaan
    • Mengerjakan project yang nantinya bisa menjadi portofolio kamu untuk melamar pekerjaan
    • Bebas mengakses materi belajar yang tersedia di aplikasi Binar Academy.
    • Binar Academy akan mengajarkan kamu mulai dari tingkat dasar sampai tingkat profesional.
    • Pembayaran bisa dicicil dengan Danacita


    Baca juga: Biaya Kursus atau Bootcamp di Binar Academy 2022! Tersedia Cicilan Juga Lho!


    Digital Skola

    Digital Skola adalah perusahaan start up yang mempunyai fokus pada pelatihan serta peningkatan skill digital melalui kursus bootcamp. Digital Skola didirikan oleh Aditya Soleh, Zico Alaia Akbar dan Stephanie Octavia dan saat ini berkantor di 18 Office Park, Jl. TB Simatupang No.18, RT.2/RW.1, Kebagusan, Kec. Ps. Minggu DKI Jakarta.

    Digital Skola mempunyai tujuan untuk menghasilkan talenta digital yang mampu berkontribusi dalam perkembangan industri, serta bisa bersaing di pasar tenaga kerja nasional maupun internasional. Tujuan tersebut didasari oleh banyaknya tenaga kerja yang belum memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri digital saat ini. Oleh karena itu, Digital Skola hadir sebagai solusi lewat program pendidikan digital yang didukung oleh tenaga pendidik yang berpengalaman di bidangnya.

    Walaupun kamu tidak mempunyai latar belakang yang berkaitan dengan program yang akan kamu ambil, kamu tidak perlu ragu dan minder. Kamu tetap bisa mendaftar dan ikut kelasnya lho. Karena kurikulum yang dibuat oleh Digital Skola sudah disesuaikan untuk kamu yang benar-benar baru.

    Keuntungan yang kamu dapatkan jika ikut bootcamp UI/UX di Digital Skola adalah:

    • Project Implementation : Bangun portofolio melalui project yang diselesaikan selama proses belajar dengan bimbingan tutor.
    • Professional Branding : Bantuan membangun professional branding agar profilmu makin menarik bagi para rekruter.
    • Internship Program : Program magang untuk mempraktikkan ilmu yang telah dipelajari sekaligus menambah portofolio sebagai profesional.
    • Connecting the Jobs : Setelah menyelesaikan pelatihan dengan baik, Digital Skola secara aktif merekomendasikan alumni ke hiring partners, perusahaan rekanan dan job platform.
    • Digital Skola adalah partner resmi dari Danacita, jadi untuk kamu yang ingin mengambil kursus bootcamp di Purwadhika, akan menjadi lebih murah dan bersahabat

    Baca juga: Cek Biaya Kursus & Bootcamp di Digital Skola Di Sini! Ada Pilihan Cicilannya Juga Pakai Danacita!


    Dibimbing.id

    Dibimbing.id adalah platform pembelajaran dan persiapan karir digital. Dibimbing.id telah berdiri lebih dari satu tahun, Dibimbing.id telah membantu serta mendukung penuh para tenaga kerja di Indonesia yang memiliki growth mindset untuk mengembangkan diri hingga mendapatkan karier impiannya.

    Hingga saat ini, Dibimbing.id telah berhasil membantu menyukseskan 70% siswa ke dunia kerja. Visi dibimbing.id adalah untuk menjadi mesin pencetak talenta digital tanpa batas. Fun, inclusive, dan affordable adalah nilai yang selalu kami pegang untuk para student yang ingin belajar di Dibimbing.id

    Keuntungan yang kamu dapatkan jika ikut bootcamp UI/UX di Dibimbing.id adalah:

    • Pengajar yang ahli dan berpengalaman dibidangnya
    • Kelas diadakan secara online, jadi kamu nggak perlu khawatir untuk keluar rumah
    • Belajar dengan kasus-kasus yang terjadi di dunia nyata
    • Materi tambahan english for business bersertifikat untuk persiapan kerja
    • Konsultasi pribadi bersama mentor ahli berpengalaman
    • Program graduation dan penyaluran kerja

    Baca juga: Informasi Terbaru Biaya Bootcamp Dibimbing.id 2022, Cek Disini!


    SEO-KontakDanacita-CS.jpg

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Also tagged with

    dibimbing.id Rekomendasi Bootcamp Digital Skola Purwadhika Binar Academy
    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria