Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

5 Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Agama Islam

2022-09-08

Daftar isi

    Kuliah jurusan pendidikan biasanya akan dibekali dengan kemampuan pedagogi atau mengajar karena memang jurusan tersebut ditujukan untuk menjadi seorang pendidik. Waktu tempuh yang dibutuhkan mahasiswa untuk menyelesaikan pendidikan sarjana biasanya 3,5 sampai 4 tahun. Setelah mahasiswa lulus dari jurusan ini, maka akan mendapatkan gelar akademik Sarjana Pendidikan (S.Pd.) atau ada pula beberapa perguruan tinggi yang masih memberikan gelar akademik seperti Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.i) dan Sarjana Agama (S.Ag.).

    Namun, lulusan Sarjana Pendidikan Agama Islam tidak selalu bekerja sebagai seorang pendidik atau guru, lho! Ada beberapa bidang pekerjaan yang bisa diambil sesuai dengan minat mereka. Berikut ini daftar prospek kerja jurusan Pendidikan Agama Islam.

    Apa itu jurusan Pendidikan Agama Islam

    Jurusan pendidikan adalah jurusan yang mempelajari dan mendalami pedagogi atau ilmu pendidikan dan ilmu pengajaran. Itu artinya, Pendidikan Agama Islam adalah jurusan yang mempelajari ilmu pendidikan atau pengajaran seputar agama Islam.

    Kamu pasti pernah mendapatkan mata pelajaran agama Islam di sekolah, mulai dari SD, SMP, dan SMA. Nah, guru yang mengajar itu biasanya adalah seorang lulusan dari jurusan Pendidikan Agama Islam.

    Kenapa kamu harus masuk jurusan Pendidikan Agama Islam

    Agama adalah salah satu pedoman hidup yang dianut kebanyakan orang. Salah satu alasan mengapa kamu harus masuk jurusan Pendidikan Agama Islam adalah untuk memperdalam ilmu agama Islam.

    Namun, sebagai seorang tenaga pendidik, kamu juga dituntut untuk menyebarkan ilmu agama yang kamu miliki kepada murid. Menyebarkan ilmu agama juga salah satu dari amal jariah di mana kamu bisa mendapatkan pahala yang terus mengalir.

    Akan tetapi, seorang Sarjana Pendidikan Agama Islam tidak selalu bekerja sebagai tenaga pendidik. Adapun beberapa pilihan pekerjaan yang bisa diambil lulusan Pendidikan Agama Islam. Berikut prospek kerja jurusan Pendidikan Agama Islam.

    Prospek kerja jurusan Pendidikan Agama Islam 1: Pegawai Bank Syariah

    Saat ini, bank menjadi salah satu instansi yang paling dibutuhkan. Selain untuk menyimpan uang, bank juga menyediakan berbagai layanan untuk memudahkan manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari seperti bayar tagihan, melakukan pinjaman, dan berinvestasi.

    Namun, sebagian besar masyarakat muslim menganggap bank khususnya bank konvensional adalah riba—salah satu larangan dalam agama Islam—sehingga terciptalah bank syariah. Selama kamu kuliah di jurusan Pendidikan Agama Islam, tentunya kamu akan dibekali pemahaman tentang bank syariah.

    Prospek kerja jurusan Pendidikan Agama Islam 2: Dosen

    Salah satu prospek kerja yang biasa digeluti seorang lulusan Pendidikan Agama Islam adalah menjadi dosen. Perlu kamu ketahui bahwa syarat untuk menjadi seorang dosen adalah memiliki gelar S2 Magister Pendidikan Agama Islam.

    Sebagai seorang dosen, tentunya kamu akan mendidik mahasiswa-mahasiswa dalam mata kuliah umum Pendidikan Agama Islam ataupun mata kuliah khusus yang terdapat di jurusan Pendidikan Agama Islam.

    Prospek kerja jurusan Pendidikan Agama Islam 3: Pendidik Atau Guru Agama Islam

    Prospek kerja jurusan Pendidikan Agama Islam selanjutnya adalah menjadi seorang pendidik atau guru agama Islam. Dalam hal ini kamu bisa menjadi seorang guru agama Islam di sekolah dan pondok pesantren ataupun menjadi seorang pendakwah.

    Prospek kerja jurusan Pendidikan Agama Islam 4: Peneliti Agama Islam

    Selama menjalani perkuliahan di jurusan Pendidikan Agama Islam, kamu akan banyak melakukan penelitian seputar agama Islam. Bukan tidak mungkin bahwa pekerjaan yang bisa kamu pilih salah satunya yaitu menjadi seorang peneliti atau penafsir Quran dan Hadist.

    Prospek kerja jurusan Pendidikan Agama Islam 5: Cendekiawan Agama Islam

    Prospek kerja jurusan Pendidikan Agama Islam selanjutnya yaitu menjadi seorang Cendekiawan agama Islam. Dalam bidang ini, kamu bisa memilih untuk menjadi cendekiawan di bidang sejarah Islam, ilmu fiqih, dan lain sebagainya.

    Pastikan memilih jurusan Pendidikan Agama Islam yang berkualitas dan terpercaya sehingga segala materi agama yang kamu sampaikan dapat dipertanggungjawabkan.

    Kampus rekomendasi jurusan Pendidikan Agama Islam : UIN SUKA

    Salah satu rekomendasi jurusan Pendidikan Agama Islam yang bisa kamu ambil adalah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA) yang berlokasi di Yogyakarta. Jurusan Pendidikan Agama Islam di UIN SUKA memiliki akreditasi A dari BAN-PT. Hal ini membuktikan bahwa UIN SUKA memiliki kualitas dari segi fasilitas dan tenaga pendidik yang sangat baik.

    Kampus rekomendasi jurusan Pendidikan Agama Islam : UNINUS

    Rekomendasi jurusan Pendidikan Agama Islam selanjutnya adalah Universitas Islam Nusantara atau UNINUS. Kampus yang berlokasi di Bandung ini memiliki jurusan Pendidikan Agama Islam hingga jenjang S2, pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin menjadi dosen Pendidikan Agama Islam. UNINUS juga menerapkan nilai-nilai agama dalam belajar sehari-hari.

    Kampus rekomendasi jurusan Pendidikan Agama Islam : UNISBA

    Berikutnya masih dari kampus uang yang berlokasi di Bandung yaitu Universitas Islam Bandung. UNISBA memiliki akreditasi B yang membuktikan bahwa kualitas akademis di kampus ini tidak perlu diragukan lagi. Adapun kompetensi yang akan diberikan kepada mahasiswa seperti kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogi, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial.

    Kampus rekomendasi jurusan Pendidikan Agama Islam : UIN RMS

    Rekomendasi jurusan Pendidikan Agama Islam selanjutnya berasal dari Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. PAI UIN RMS memiliki akreditasi B yang menjadikannya salah satu yang terbaik di Surakarta. Pendidikan Agama Islam UIN RMS memiliki visi untuk menjadi program studi yang unggul dalam mengembangkan keilmuan bidang kependidikan Islam dan membentuk lulusan yang profesional, berakidah kuat, berakhlak mulia, berkarakter dan berbudaya Islami pada tahun 2035 di tingkat ASEAN.

    Itu dia prospek kerja jurusan Pendidikan Agama Islam dan rekomendasi jurusan Pendidikan Agama Islam yang ada di Indonesia. Semoga hal tersebut dapat menambah wawasan kamu bahwa jurusan pendidikan tidak selalu bekerja sebagai tenaga pendidik.

    Apabila kamu memiliki kendala dalam pembiayaan kuliah, Danacita menawarkan solusi untuk kamu melakukan pembayaran dengan cara dicicil sehingga bayar kuliah tidak lagi berat. Jangan sampai kendala biaya menghentikanmu untuk menggapai mimpi. Informasi selengkapnya cek di sini!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!