Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

5 Rekomendasi Channel Youtube Digital Marketing

2022-11-04

rekomendasi-channel-youtube-digital-marketing

Daftar isi

    Kamu ingin menjadi digital marketing yang handal? Bila iya, kamu bisa belajar otodidak dengan memanfaatkan beberapa rekomendasi channel YouTube digital marketing. Digital marketing adalah suatu sistem pemasaran yang dilakukan secara digital. Seiring dengan perkembangan teknologi, peran digital marketing memang dicari oleh banyak perusahaan.

    Belajar digital marketing memang bisa dilakukan lewat berbagai cara. Salah satunya dengan menonton channel Youtube. Rekomendasi channel Youtube digital marketing begitu banyak. Orang-orang di balik channel Youtube digital marketing tersebut membagikan berbagai ilmu tentang profesi tersebut. Namun, kita juga harus selektif dalam memilih channel Youtube digital marketing.

    Apa Itu Digital Marketing?

    Salah satu hal jika kamu tertarik dengan bidang ini, selain mengulik rekomendasi channel Youtube digital marketing, harus paham juga pengertian digital marketing itu sendiri. Digital marketing atau pemasaran digital adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan strategi khusus, dalam upaya mempromosikan brand atau produk, melalui media digital. Tujuannya untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat.

    Ada pun platform yang digunakan untuk pemasaran digital dapat berupa apapun. Mulai dari website, media sosial, televisi dan beragam jenis platform digital lainnya. Banyaknya pengguna internet dan media sosial di Indonesia membuat digital marketing menjadi salah satu teknik pemasaran yang efektif untuk diterapkan. Tidak saja bisa mendatangkan keuntungan bagi bisnis yang kamu jalankan, namun bisa pula sebagai media branding, membangun brand awareness, menjangkau lebih banyak pelanggan, dan sebagainya.

    Baca juga: Apa itu Marketing Campaign? Ini Pengertian dan Strateginya yang Harus Kamu Tahu

    Sejarah Digital Marketing

    Pada tahun 1990, istilah digital marketing mulai diperkenalkan pertama kalinya ke hadapan publik. Disusul kemudian dengan ‘kelahiran’ World Wide Web (www) setahun kemudian, yakni pada tahun 1991. Tidak lama kemudian, sekitar 2 tahun kemudian, sebuah banner iklan online mulai dibuat. Di sana, jika diklik, maka kita akan langsung diarahkan ke halaman promosi produk-produk tertentu.

    Saat itu, e-commerce pertama di dunia lahir dengan nama Yahoo!, tepatnya pada tahun 1994. Ya, Yahoo! awalnya adalah tempat belanja online pertama untuk 16 juta pengguna internet saat itu. Sebelum akhirnya Yahoo! mengalami kebangkrutan.

    Sejak tahun 2000an, beragam layanan online hadir dan dikembangkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan orang-orang di dunia. Mulai dari mesin pencari, email, blog, video streaming, aplikasi instant message, sampai aplikasi pemutar musik. Masing-masing teknologinya dikembangkan sedemikian rupa dan ditemukan sistem untuk monetisasi.

    Media sosial seperti Facebook juga tidak ketinggalan dengan membuat layanan facebook ads.

    Sejak saat itu gaya hidup orang-orang pun mulai berubah. proses pencarian dan pemilihan produk sudah aktif dilakukan via teknologi dunia digital. Saat belanja sesuatu tidak harus mendatangi toko. Tapi cukup ‘mengunjungi’ toko online dengan ponsel masing-masing. Jika merasa sudah menemukan produk yang cocok, para calon pembeli akan menghubungi contact person toko online.

    Rekomendasi Channel Youtube Digital Marketing

    Berikut beberapa rekomendasi channel Youtube digital marketing yang bisa dijadikan referensi:

    1. Google Ads

    Rekomendasi channel Youtube digital marketing yang pertama adalah Google Ads yang didirikan oleh Google. Channel Youtube digital marketing ini membahas cara yang efektif bagi bisnis untuk mendatangkan trafik yang berkualitas ke website atau landing page produk atau layanan hingga mendapatkan pelanggan yang sesuai dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan. Pembawaan dalam menerangkan materi di channel Youtube digital marketing ini sangat santai dan menghibur. Ini tentunya akan mengurangi ketegangan kami dalam belajar. Menariknya, pembahasannya juga sangat lengkap.

    2. Meta Ads

    Meta merupakan nama baru perusahaan induk keluarga Facebook yang dimiliki oleh Mark Zuckerberg. Pada channel Youtube digital marketing di Meta Ads akan membahas tips berbisnis atau melakukan promosi dengan menggunakan Facebook Ads maupun Instagram.

    3. MeasureSchool

    Rekomendasi channel Youtube digital marketing selanjutnya adalah MeasureSchool. Channel YouTube digital marketing ini mencakup semua aspek pemasaran digital pada berbagai topik, termasuk cara membuat rencana pemasaran, cara meluncurkan produk dengan sukses, dan cara membuat rencana bisnis satu halaman.

    4. AnalyticsMania

    Dengan 57, 6 ribu pelanggan, Channel YouTube digital marketing AnalyticsMania menawarkan banyak video tentang dunia pemasaran dan keuangan menggunakan Google Analytics. Rekomendasi channel Youtube ini tidak hanya menyajikan banyak fakta menarik tentang pemasaran dan keuangan, tetapi juga menambahkan informasi tentang tren global yang mempengaruhi dunia bisnis.

    5. LovesData

    Mempelajari upaya pemasaran produk global yang besar tentu menarik. LovesData merupakan salah satu channel Youtube digital marketing yang berisi informasi tentang pemasaran di Google, yaitu Google Analytics, Google Ads, Google Tag Manager, Google Data sampai ke akar-akarnya, lho! Ini juga bisa menjadi rekomendasi channel youtube digital marketing untuk kamu tonton.

    Mau Praktek Digital Marketing Langsung? Ikut Bootcamp Digital Marketing

    Selain menonton rekomendasi channel Youtube digital marketing di atas, kamu juga bisa belajar tentang bidang ini dengan mengikuti kursus digital marketing agar mempraktekkannya secara langsung. Berikut rekomendasi bootcamp digital marketing yang bekerjasama dengan Danacita:

    1. Hacktiv8

    Hacktiv8 adalah sebuah lembaga belajar yang berfokus pada pengembangan talenta-talenta digital dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Hacktiv8 memiliki visi untuk meningkatkan taraf hidup dan karir orang banyak dalam bidang digital dan teknologi melalui berbagai program kursus yang bersifat intensif selama 8 hingga 18 minggu.

    Kurikulum digital marketing di Hacktiv8 dirancang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan di industri terkini agar setiap siswa dapat merancang sebuah strategi dan praktik dalam menjalankan campaign digital marketing ketika bekerja nanti. Beberapa materi yang akan kamu dapatkan pada bootcamp ini antara lain:

    • Dasar-dasar Digital Marketing
    • Social Media Ads
    • Product Marketing research
    • Content Marketing
    • SEO/ SEM, dan Google Analytics
    • Final project

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    2. Digital Skola

    Digital Skola adalah perusahaan rintisan yang berfokus pada pelatihan dan peningkatan skill digital lewat kelas kursus atau bootcamp untuk menghasilkan talent-talent digital yang mampu berkontribusi dalam perkembangan industri, serta mampu bersaing di pasar tenaga

    kerja nasional maupun internasional.

    Di program kursus digital marketing, kamu akan diajarkan materi yang memiliki kaitan yang sangat erat dengan bidang digital marketing seperti creative copywriting & creative design. Setelah menyelesaikan kursus digital marketing, Digital Skola mempersiapkan para siswanya untuk menjadi lulusan digital marketing dengan memberikan kesempatan untuk melakukan internship atau magang sebagai Junior Digital Marketer di UMKM rekanan.

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    Ahli Digital Marketing Bersama Danacita

    Itulah informasi lengkap seputar rekomendasi channel Youtube digital marketing hingga rekomendasi bootcamp digital marketing-nya. Jika kamu tertarik untuk berkarir menjadi seorang digital marketing tapi terhalang karena masalah biaya, kamu tidak perlu khawatir karena Danacita siap membantu. Dari ketiga rekomendasi bootcamp data analyst di atas, ketiga tempat tersebut sudah bekerjasama langsung dengan Danacita.

    Danacita merupakan platform pembiayaan pendidikan terjangkau yang memiliki misi untuk membuka akses pendidikan pada seluruh pelajar di Indonesia yang sudah resmi berizin dan diawasi OJK. Dengan mengajukan pembiayaan pendidikan ke Danacita, kamu bisa membayar biaya kuliah dengan lebih terjangkau karena bisa dibayar bertahap mulai dari 6 hingga 24 bulan.

    Proses pengajuan di Danacita juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja serta kamu tidak perlu membayar DP, uang jaminan maupun biaya lainnya. Selain dari 3 tempat yang sudah disebutkan di atas, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 130 lembaga pendidikan di seluruh Indonesia baik itu formal maupun non formal sehingga sudah pasti aman dan terjamin.

    Jika kamu tertarik untuk menjadi digital marketing menggunakan Danacita, bisa langsung mengunjungi website dengan klik di sini.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!