Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Apa itu Marketing Campaign? Ini Pengertian dan Strateginya yang Harus Kamu Tahu

2022-11-03

Blog-Danacita-Marketing-Strategy-Pengertian-Hingga-Cara

Daftar isi

    Belakangan ini kamu pasti sering menemui aktor dan idol KPop yang menjadi brand ambassador suatu produk, baik itu kosmetik, makanan, hingga e-commerce. Ini adalah salah satu dari jenis marketing campaign yang dilakukan brand tersebut untuk menarik perhatian banyak orang, agar orang tersebut penasaran yang kemudian mengkonsumsi atau menggunakan produk tersebut.

    Ada ribuan hingga jutaan bisnis yang bersaing untuk mendapatkan perhatian pelanggan setiap harinya, baik itu di ruang media digital, maupun tradisional. Dengan melakukan berbagai macam strategi marketing secara teratur, para pebisnis berharap dapat meningkatkan visibilitas brand atau produknya agar dapat menjangkau audiens pelanggan yang tepat. Salah satu yang sering dilakukan sebuah brand adalah dengan melakukan atau mengeluarkan marketing campaign.

    Aktivitas marketing campaign ini biasanya dilakukan oleh digital marketing. Sebagai seorang digital marketing atau yang ingin terjun di dunia digital marketing, kamu tentu harus mendalami marketing campaign tersebut

    Di artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang apa itu marketing campaign? Kenapa harus menggunakan marketing campaign, dan bagaimana membangun strategi marketing campaign agar sukses menjangkau target market.

    Apa itu Marketing Campaign?

    Sebelum lebih jauh membahas kenapa dan bagaimana strategi marketing campaign, kita kenalan dulu yuk dengan marketing campaign itu sendiri.

    Secara sederhana, pengertian marketing campaign merujuk pada segala aktivitas strategis yang dilakukan untuk mempromosikan produk, layanan, atau brand hingga bisnis secara keseluruhan. Aktivitas promosi ini bisa dilakukan di berbagai channel, mulai dari channel digital, iklan luar ruang, hingga TV maupun radio. Dengan kata lain, marketing campaign menggunakan berbagai channel, platform dan media untuk memaksimalkan hasil campaign.

    Untuk mendapatkan hasil yang efektif, campaign direncanakan dengan matang melalui berbagai kegiatan yang bervariasi dengan memanfaatkan media cetak, media sosial, iklan online, email, bahkan melalui demo langsung dan masih banyak lagi.

    Umumnya, marketing campaign dirancang dengan berbagai tujuan, termasuk membangun brand awareness, memperkenalkan produk atau layanan baru, mendatangkan lebih banyak traffic, meningkatkan penjualan produk yang sudah ada di pasar, hingga mengurangi dampak berita negatif terhadap brand. Untuk menentukan tujuan campaign biasanya diawali dengan menentukan berapa banyak pemasaran yang dibutuhkan dan media apa saja yang paling efektif digunakan untuk menjangkau segmen atau target market tertentu.

    Baca juga: 5 Rekomendasi Channel Youtube Digital Marketing

    Kenapa Marketing Campaign Penting?

    1. Membangun Brand Awareness

    Sebuah bisnis yang baru merintis dan terjun ke pasar tentu membutuhkan strategi agar brandnya dikenal, atau dengan kata lain strategi untuk meningkatkan brand awareness. Melalui serangkaian marketing campaign yang efektif dan efisien, brand yang sebelumnya tidak dikenal, akan mendapatkan perhatian banyak orang, sehingga mereka mengetahui dan mengingat bisnis tersebut. Hal ini juga berlaku pada bisnis lama yang ingin meluncurkan produk barunya.

    2. Mendatangkan Leads Potential

    Kamu pasti familiar dengan istilah marketing funnel bukan? Pada marketing funnel ini, perjalanan seseorang untuk menjadi pelanggan suatu brand akan melewati tahapan dari awareness menjadi consider. Mereka akan mempertimbangkan banyak hal terlebih dahulu sebelum benar-benar membeli atau menggunakan produk kamu. Inilah disebut sebagai Leads. Leads ini akan menjadi Leads Potential ketika ia mendapatkan banyak informasi mengenai benefit dan keunggulan produk kamu. Semuanya ini bisa dilakukan melalui marketing campaign.

    3. Meningkatkan Sales

    Marketing campaign pada dasarnya adalah menginformasikan target pelanggan tentang produk, layanan, diskon, dan penawaran kamu. Setelah mereka benar-benar yakin dengan produk yang kamu tawarkan, tanpa berpikir panjang mereka akan mengonsumsi produk kamu. Tindakan pembelian yang dilakukan oleh pelanggan ini tentunya akan menaikkan angka leads ataupun sales kamu.

    4. Mempertahankan Brand & Customer Loyalty

    Marketing campaign yang baik tidak hanya berhenti pada tahapan sales saja. Namun, jika bertujuan untuk mempertahankan brand & customer loyalty. Ini tentu menjadi tantangan bagi brand, sebab mempertahankan loyalitas pelanggan akan jauh lebih sulit. Oleh karena itu, kamu kamu harus memikirkan prospek dalam jangka panjang dan melakukan marketing campaign untuk memastikan konsumen melakukan pembelian kembali.

    Strategi Marketing Campaign yang Bisa Dilakukan

    1. Media Sosial

    Seperti yang kita tahu, kalau media sosial saat ini menjadi salah satu channel marketing yang banyak digunakan oleh brand untuk melakukan marketing campaign. Hal ini karena media sosial sangat powerful dan digunakan oleh banyak orang. Untuk menjalankan marketing campaign ini kamu bisa memilih Instagram, Facebook, Twitter, hingga Tiktok. Namun perlu diingat, karena media sosial banyak digunakan oleh brand, sehingga marketing campaign yang kamu jalankan harus unik dan berbeda agar bisa stand out dan berkesan di mata audiens.

    2. Search Engine

    Search Engine merupakan salah satu strategi marketing campaign dengan mengoptimasi website agar dapat muncul pada halaman dan rangking pertama di pencarian. Search Engine ini bisa dilakukan dengan cara organik maupun berbayar. Untuk memaksimalkan strategi marketing campaign ini ada banyak aspek yang perlu kamu optimasi, mulai dari keyword, struktur website, backlink untuk organik. Sementara untuk yang berbayar, kamu perlu mengeluarkan budget lebih atau melakukan bidding agar dapat bersaing di halaman pencarian.

    3. Google Ads

    Kamu pasti pernah mendapati iklan ketika sedang menonton Youtube bukan? Atau mendapati iklan pop up ketika membuka Google. Nah ini adalah contoh dari Google Ads. campaign marketing satu ini memungkinkan kamu untuk menempatkan iklan kamu di berbagai ekosistem Google, mulai dari Google Search, Youtube, Gmail, hingga aplikasi yang ada di Playstore. Dengan banyaknya pengguna Google saat ini, tentu ini bisa menjadi campaign marketing yang sangat powerful untuk bisnis kamu.

    4. Key Opinion Leader

    Key Opinion Leader (KOL) adalah seseorang yang memiliki keahlian terhadap satu hal atau bidang tertentu, sehingga pendapatnya selalu didengar oleh banyak orang. KOL ini biasanya sudah memiliki komunitas atau fans. Sehingga dengan menggunakan marketing campaign KOL, kamu secara otomatis akan mendapatkan perhatian dari komunitas KOL tersebut.

    5. Email Marketing

    Email marketing merupakan salah satu strategi campaign marketing dimana kamu mengirimkan informasi seputar produk baru, diskon atau layanan lainnya ke daftar email yang kamu miliki. Berbeda dengan campaign marketing lainnya, email marketing harus menggunakan daftar data email yang sudah kamu miliki. Sehingga campaign ini biasanya dilakukan kepada mereka yang sudah menjadi leads atau sudah membeli produk kamu, dan memberikan informasi emailnya. Campaign marketing ini bertujuan untuk membuat mereka tetap terlibat dengan brand kamu.

    Saatnya Belajar Marketing Campaign Dengan Ikut Bootcamp Digital Marketing

    Mempelajari dan mengetahui marketing campaign tentu sangat berguna untuk kamu. Bahkan jika kamu belum memiliki pengetahuan digital marketing sekalipun. Sebab, saat ini ada banyak tempat belajar untuk kamu yang ingin mempelajari campaign marketing. Salah satunya lewat bootcamp. Berikut bootcamp digital marketing yang cocok untuk kamu.

    1. RevoU

    Bootcamp digital marketing RevoU menawarkan kamu untuk belajar digital marketing selama 6 bulan. Di bootcamp ini kamu akan mempelajari keterampilan terbaru dan paling diminati yang diajarkan oleh instruktur elit dari perusahaan unicorn terkemuka. Selain itu, kamu akan mendapatkan berbagai fasilitas lengkap yang tidak hanya menunjang saat bootcamp saja. Tetapi juga terdapat careers support yang akan membantu kamu mempersiapkan kamu menjadi seorang digital marketer handal.

    Materi yang akan kamu dapatkan antara lain:

    • Measuring Performance and Budget Allocation
    • Product Marketing and Landing Page
    • Marketing Analytics
    • Social Media Ads
    • Google Ads
    • SEO
    • Content Marketing
    • Social Media Organic
    • CRM

    Informasi selengkapnya, klik di sini.

    2. Digital Skola

    Di bootcamp digital marketing Digital Skola, kamu akan dibimbing selama 3 bulan kelas intensif dengan portofolio, program magang dan persiapan karir terbaik. Di sini kamu akan belajar langsung dari ahlinya yang merupakan praktisi dengan pengalaman lebih dari 3 tahun di bidangnya.

    Materi yang akan kamu dapatkan antara lain:

    • Digital Marketing Research
    • Organic Contents - Landing Page and Search Engine Optimization (SEO)
    • Copywriting and Creative Design
    • Video Marketing Basic
    • Digital Marketing Strategy
    • Practical SEO
    • Key Opinion Leaders (KOL)
    • Google Analytics
    • Paid Ads - Google Ads, Facebook Ads, Search Engine and E-commerce
    • Video Marketing Amplification
    • Customer Relationship Management (CRM)
    • Analysis & Reporting

    Informasi selengkapnya, klik di sini..

    3. Purwadhika

    Kelas digital marketing Purwadhika menawarkan kamu untuk menjadi seorang digital marketing bersertifikat dalam 12 minggu dan dengan fasilitas job connector yang akan membantu kamu meraih karir digitalmu di perusahaan hiring partner Purwadhika yang tersebar di Asia.

    Materi yang akan kamu dapatkan antara lain:

    • Digital Marketing Foundation
    • Search Engine Optimization
    • Social Media Marketing
    • Content Marketing
    • Paid Media & Digital Ads
    • Data Collection, Analytics, and Reporting

    Informasi selengkapnya, klik di sini

    Menjadi Marketing Campaigner Bersama Danacita

    Sekarang kamu lebih mudah untuk belajar digital marketing dan menjadi marketing campaigner bersama Danacita.

    Danacita adalah sebuah platform Fintech pembiayaan pendidikan yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia. Termasuk pelatihan digital marketing di RevoU, Digital Skola dan Purwadhika.

    Danacita memberikan solusi pembayaran bootcamp secara cicilan bagi kamu dengan alternatif pembayaran bertahap mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan.

    Syarat untuk mengajukan cicilan sangat mudah, kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Ajukan biaya bootcamp mu sekarang di sini.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!