Default Avatar

Written By

Esa Tauran

5 Rekomendasi Platform Upskilling Mahasiswa

2023-08-20

rekomendasi

Daftar isi

    Persaingan dunia kerja saat ini menuntut banyak orang harus memiliki nilai tambah yang bisa ‘dijual’. Tak hanya bekal ilmu yang didapat selama kuliah, tetapi kamu juga harus membekali diri dengan berbagai skill yang banyak dicari saat ini.

    Dengan kata lain, sebelum kamu benar-benar terjun di dunia kerja, kamu harus menghabiskan waktu untuk mempelajari banyak keterampilan tertentu agar dapat berkembang dan bersaing di industri. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan peningkatan keterampilan, atau biasa disebut sebagai upskilling.

    Apa itu Upskilling?

    Upskilling merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk meningkatkan atau menambah keterampilan dengan tujuan mengembangkan kualitas diri. Dalam dunia kerja, upskilling berhubungan dengan bagaimana kamu mempelajari keterampilan baru untuk untuk menunjang pekerjaan kamu. Ini bisa menjadi alat yang ampuh untuk pertumbuhan profesional, kepuasan kerja, pendapatan, dan prospek karir kamu kedepannya.

    Jika berbicara dunia kerja, upskilling tidak hanya mencakup pembelajaran keterampilan baru, tetapi juga melibatkan perubahan budaya dan manajemen dalam perusahaan . Agar dapat bersaing di era digital, baik individu dan perusahaan memerlukan pola pikir belajar seumur hidup, termasuk kolaborasi dengan manusia dan mesin, serta kemauan untuk merangkul cara-cara baru dalam melakukan berbagai hal agar tercapai tujuan yang diinginkan.

    Kenapa upskilling tiba-tiba menjadi begitu penting? Jawabannya tidak lain karena adanya: transformasi digital. Transformasi digital ini memaksa setiap orang untuk selalu mengmembangakn kemampuan agar dapat mengikuti perkembangan zaman.

    Manfaat Melakukan Upskilling

    Secara umum, upskilling sangat bermanfaat untuk kamu meningkatkan dan mengembangkan keterampilan. Baik keterampilan yang sudah kamu miliki, maupun keterampilan baru. Dengan adanya keterampilan baru yang kamu miliki, ini akan membantu kamu untuk bisa mengambil langkah selanjutnya dalam karir kamu. Misalnya mendapatkan promosi atau jabatan yang lebih tinggi di perusahaan lain, yang secara otomatis tentu akan mengikuti dengantawarab gaji yang lebih tinggi.

    Di sisi lain, upskilling juga sangat bermanfaat untuk sebuah bisnis. Saat perusahaan mencari keterampilan khusus untuk menyelesaikan pekerjaan, meningkatkan keterampilan dapat menjadi cara yang bagus untuk mengisi kesenjangan keterampilan tanpa mempekerjakan karyawan baru.

    Baca juga: Apa Saja Hal Yang Harus Dihindari Oleh Mahasiswa Baru?

    5 Rekomendasi Platform Upskilling Mahasiswa

    Upskilling menjadi sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan sebagai bekal masuk ke dunia kerja. Untungnya, di era digital saat ini, sudah banyak platform yang menyediakan berbagai kursus atau pelatihan untuk kamu yang ingin melakukan upskilling. Berikut beberapa rekomendasi platform upskilling yang bisa kamu coba.

    1. Coursera for Business

    Rekomendasi pertama datang dari kursus online Amerika Serikat yang telah ada sejak 2012, yaitu Coursera. Coursera adalah sebuah portal pendidikan online yang menawarkan kursus online terbuka besar-besaran untuk memungkinkan kamu mempelajari berbagai keterampilan baru atau meningkatkan keterampilan yang sudah kamu miliki saat ini.

    Tak hanya individu, platform ini juga menawarkan coursera untuk bisnis, yang bertujuan untuk membantu perusahaan meningkatkan kemampuan tenaga kerja mereka. Dengan fitur ini, kamu akan mendapatkan akses tak terbatas ke kursus, metrik keterampilan, analisis pengguna, dan integrasi platform untuk mendorong kesuksesan.

    2. Duolingo for Business

    Selanjutnya ada Duolingo. Platform satu ini mungkin cukup familiar bagi sebagian orang. Duolingo merupakan portal pembelajaran bahasa yang menawarkan berbagai kursus dalam berbagai bahasa untuk meningkatkan keterampilan berbahasa kamu.

    Hampir sama dengan Coursera, platform ini juga tersedia untuk bisnis bisa melatih ulang karyawan dalam jumlah besar dan membuat semua orang tetap up-to-date dengan perkembangan terbaru. Menariknya, fitur uji diri Duolingo for Business ini memungkinkan setiap perusahaan untuk melacak kemajuan karyawannya dan memverifikasi apakah mereka dapat mengingat setiap informasi baru yang mereka pelajari selama kursus.

    Baca juga: Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi

    3. Udacity

    Udacity adalah platform peningkatan keterampilan eLearning yang menyediakan kursus untuk membantu karyawan industri mendapatkan keterampilan yang mereka butuhkan saat ini. Platform ini mencakup topik-topik seperti Pembelajaran Mesin, Ilmu Data, Kecerdasan Buatan, Pengembangan Web, Pemasaran Digital, dan Analisis Bisnis, antara lain.

    Sebagian besar kursus di portal ini gratis. Jadi siapa pun dapat mengikuti kursus ini. Jika perusahaan ingin melacak kemajuan setiap karyawan dalam mempelajari kursus, maka bisa dilakukan dengan mendaftar untuk opsi gelar Nano berbayar. Kursus-kursus gelar Nano terdiri dari video singkat, latihan, proyek, dan fitur-fitur pelatihan.

    4. LinkedIn Learning

    Rekomendasi platform upskilling selanjutnya datang dari media sosial LinkedIn. Media sosial satu ini merupakan portal jejaring sosial yang dirancang khusus untuk menghubungkan individu dengan berbagai profesional bisnis dan pilihan karier potensial. Portal ini juga menyediakan kursus eLearning yang bisa kamu coba. Kursus-kursus ini bertujuan untuk membantu kamu dalam mempelajari keahlian baru atau mengasah keahlian mereka yang sudah ada dalam disiplin ilmu masing-masing.

    LinkedIn juga menawarkan pembelajaran online bagi perusahaan untuk meningkatkan keterampilan tenaga kerja mereka sehingga karyawan memiliki keterampilan yang tepat yang mereka butuhkan tanpa membuang waktu untuk mengerjakan domain yang mungkin akan segera menjadi usang. Dengan bantuan kursus yang dibuat khusus ini, perusahaan dapat langsung meningkatkan keterlibatan pelajar.

    5. iMocha

    iMocha adalah platform evaluasi berbasis AI yang membantu setiap bisnis menilai dan mengembangkan keterampilan karyawan mereka. Platform ini memiliki portal peningkatan keterampilan khusus yang dapat dimanfaatkan untuk menentukan tingkat keterampilan karyawan saat ini dan melacak perjalanan pembelajaran mereka secara keseluruhan. Platform ini juga dilengkapi dengan perpustakaan yang berisi lebih dari 2.500 keterampilan untuk penilaian pembelajaran berdasarkan kebutuhan perusahaan.

    Itu dia sejumlah rekomendasi platform upskilling. Upskilling sangat penting di tempat kerja karena membantu kamu agar tetap kompetitif. Dengan upskilling, kamu dapat memperoleh keterampilan yang diperlukan untuk bisa bekerja dan mengembangkan karir yang lebih baik. Jadi sekarang saatnya kamu untuk mengembangkan kemampuan kamu agar dapat bersaing di dunia kerja.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    tips mahasiswa platform untuk mahasiswa
    Default Avatar

    Written By

    Esa Tauran