Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

6 Website Rekomendasi Gratis Bagi Mahasiswa Untuk Persiapan Belajar TOEFL

2022-03-15

Daftar isi

    Salah satu tes bahasa Inggris yang menjadi kebutuhan banyak orang dalam menghadapi persaingan global masa kini adalah TOEFL. Tes ini ditujukan sebagai alat ukur skill seseorang dalam bahasa Inggris, di mana semakin tinggi nilai atau skor yang dihasilkan, maka sudah terbukti dan teruji kemampuan bahasa Inggrisnya. Sebelum mendapatkan sertifikat TOEFL, tentunya kamu wajib ikut ujiannya dulu.

    TOEFL juga biasa dijadikan sebagai persyaratan seorang mahasiswa jika mau mendaftar beasiswa ataupun berkuliah di luar negeri dengan skor minimal yang sudah ditentukan. Ada 3 jenis tes TOEFL, yaitu paper based TOEFL yang merupakan tes tertulis dengan kertas, CBT TOEFL yaitu tes dengan komputer, lalu iBT yang merupakan tes berbasis internet.

    Agar bisa lulus TOEFL dan mendapat sertifikat, kamu wajib melakukan persiapan sebaik mungkin. Banyak lembaga kursus berbayar yang membuat kelas untuk persiapan tes. Selain itu, terdapat juga situs-situs gratis sebagai alternatif atau referensi kamu mempersiapkan TOEFL secara mandiri.

    Bisa dibaca juga: 4 Manfaat Self Development dan Caranya Untuk Memperbaiki Kualitas Diri Kamu

    Examenglish

    Situs pertama yang tergolong cukup populer sebagai persiapan ujian adalah examenglish.com.

    Latihan tes-tes seperti TOEFL, IELTS, TOEIC bisa didapatkan dengan gratis. Selain itu, terdapat juga pembahasan tes TOEFL iBT dan paper based serta informasi mengenai perbedaannya, biaya, hingga tempat-tempat yang menyelenggarakan tesnya.

    Ada 5 kategori yang ditawarkan website ini, mulai dari reading yang berisi 4 soal berbeda, speaking yang memiliki 6 bagian, listening yang memiliki 5 lectures dan 3 conversations, vocabulary yang memiliki 10 grup untuk dipelajari dan structure yang memiliki 4 bagian tes. Masing-masing juga memiliki waktu yang sudah diset agar kamu terbiasa.

    EngVid

    Selanjutnya, situs lain yang bisa dimanfaatkan adalah engVid.com. Dalam website ini, tidak terdapat bank soal latihan TOEFL, melainkan tersedia video pembelajaran sebagai bahan persiapan untuk berbagai macam tes, seperti TOEFL, IELTS, TOEIC, materi-materi seputar grammar, speaking, pronunciation, dan materi lainnya yang diajarkan oleh pengajar. Topik dan pengajar bisa kamu tentukan sendiri berdasar keinginan sesuai bidang.

    Berbagai video dalam website ini juga sudah diurutkan berdasar tingkatan atau level, seperti level 1 untuk beginner, level 2 untuk intermediate, level 3 untuk advanced. Dari variasi yang ada, tentu kamu tidak akan kehabisan materi untuk belajar sehingga persiapanmu semakin matang.

    Learn4good

    Website yang tergolong populer untuk pembelajaran juga berbagai informasi lainnya adalah Learn4good.com. Terdapat latihan, tes online, grammar, hingga TOEFL khususnya iBT yang diberikan informasi detail mulai dari penjelasan dan tujuan, cara penilaian, jumlah soal di tiap sesi juga waktu pengerjaan.

    Kamu pun bisa mengakses macam-macam soal dengan kategori yang sudah diurutkan pada topiknya. Hal lain yang bisa didapatkan adalah informasi tentang kursus, sekolah sampai universitas yang ada di berbagai negara sehingga bukan hanya bisa latihan tapi kamu juga mendapatkan informasi yang tak kalah pentingnya.

    Toeflibtcourse

    Selanjutnya, website lain yang bisa kamu gunakan adalah toeflibtcourse.com yang merupakan situs penyedia latihan soal yang berfokus pada TOEFL. Latihan yang ada diberikan secara penuh mulai dari reading sebanyak 4 bagian selama 1 jam, listening dengan 6 conversation selama 45 menit, speaking yang mengharuskan kamu untuk memberi respon 2 conversation, 2 lectures dan 2 pembicaraan yang bertopik akademis. Bagian selanjutnya yaitu writing sebanyak 2 bagian, di mana kamu diuji skill merangkai kalimat dalam bahasa Inggris.

    4test

    Untuk latihan persiapan TOEFL, kamu juga bisa mengunjungi website 4test.com. Website ini sebagai platform penyedia 3 bagian untuk latihan mulai dari listening sebanyak 3 bagian, serta reading dan structure yang masing-masing sebanyak 1 bagian. Selain itu, juga terdapat informasi mengenai TOEFL, mulai dari tujuan, bagian yg diuji, waktu pengerjaan, tips menghadapi ujian, sampai hal-hal yang harus dilakukan dan tidak dilakukan saat TOEFL.

    English-test

    Situs english-test.net merupakan situs penyedia latihan soal layaknya esai pada TOEFL, pembelajaran bahasa Inggris, practice test serta forum yang bertujuan untuk ruang diskusi. Kamu pun bisa mendapat gambaran skor TOEFL karena latihan yang tersedia akan dinilai oleh situs ini. Selain itu, terdapat pula berbagai artikel yang berisi penjelasan tentang grammar yang rinci sehingga kamu bisa semakin paham.

    Itulah rekomendasi situs-situs gratis yang bisa kamu gunakan untuk persiapan TOEFL. Jika kamu tipe orang yang lebih suka belajar mandiri, maka kamu bisa mengeksplor situs-situs tersebut untuk persiapan.

    Tapi, jika kamu memerlukan untuk belajar langsung dengan pengajar ahli, tidak ada salahnya untuk ikut kursus. Kalau kamu tertarik untuk mengikuti kursus-kursus bahasa Inggris, salah satu platform yang bisa kamu cek adalah Danacita. Lembaga kursus seperti:

    1. Wall Street English yang merupakan tempat belajar bahasa Inggris dengan pengalaman lebih dari 48 tahun dan sudah tersebar di lebih dari 29 negara dan memiliki lebih dari 3 juta member. Lembaga ini berkomitmen untuk meningkatkan nilai kompetitif Indonesia melalui penguasaan keterampilan berbahasa Inggris dengan berbagai macam program berkualitas. Kamu bisa cek ini untuk info selengkapnya.
    2. English First yaitu lembaga pendidikan bahasa Inggris yang berasal dari Swedia dan telah berdiri selama lebih dari 50 tahun. Metode belajar yang ditawarkan EF adalah learn, try dan apply yang menjadi andalan mereka. Untuk info lengkapnya kamu bisa cek di sini.

    Untuk informasi kursus di bidang lain, kamu bisa langsung cek website Danacita di sini. Danacita juga menyediakan pembiayaan pendidikan berupa cicilan untuk biaya kursusmu jika dirasa membebani dan membuat kamu bisa upgrade skill dengan biaya yang lebih terjangkau. Yuk, terus tingkatkan skill bahasa Inggrismu supaya skor TOEFL bisa semakin tinggi!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri