Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

7 Jalur Masuk UI 2023 untuk Mahasiswa Baru

2023-05-29

Daftar isi

    Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu universitas negeri terbaik yang ada di Indonesia. Tak heran jika setiap tahunnya kampus ini menjadi salah satu impian bagi banyak siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, termasuk kamu bukan?

    Tingginya peminat siswa untuk berkuliah di UI tentu disambut baik oleh pihak kampus. Terbukti dengan dibukanya sejumlah jalur Penerimaaan Mahasiswa Baru untuk menyaring siswa-siswa terpilih yang memiliki kesempatan dan peluang berkuliah di UI.

    Jalur tersebut melalui seleksi nasional yang dilakukan oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi), maupun seleksi mandiri yang diselenggarakan langsung oleh UI.

    Tahun ini terdapat setidaknya 7 jalur masuk UI 2023 untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah di UI. Apa saja? Berikut penjelasannya.

    7 Jalur Masuk UI 2023

    1. SNBP

    Jalur masuk UI 2023 yang bisa dipilih yaitu melalui SNBP. SNBP adalah singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi yang merupakan jalur seleksi tingkat nasional yang berfokus pada penilaian prestasi di raport dan di bidang akademik maupun non akademik.

    SNBP diadakan oleh BPPP (Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan) dan dilaksanakan serentak secara nasional. Tahun ini UI menerima mahasiswa baru lewat jalur SNBP sebanyak 2.049 yang diumumkan pada Maret 2023 lalu.

    2. UTBK SNBT

    Calon mahasiswa baru juga bisa memilih jalur masuk UI 2023 dari SNBT. Seleksi Nasional Berbasis Tes atau SNBT 2023 adalah seleksi masuk perguruan tinggi yang dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

    Seleksi ini juga merupakan seleksi nasional dimana ketentuannya dilakukan berdasarkan hasil UTBK dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan ketentuan PTN Akademik, PTN Vokasi, atau PTKIN yang bersangkutan.

    Berikut jadwal UTBK SNBT:

    • Registrasi Akun SNPMB Siswa: 16 Februari – 17 Maret 2023
    • Sosialisasi UTBK-SNBT: 01 Desember 2022 - 14 April 2023
    • Pendaftaran UTBK-SNBT: 23 Maret - 14 April 2023
    • Pelaksanaan UTBK Gelombang I: 08 - 14 Mei 2023
    • Pelaksanaan UTBK Gelombang II: 22 - 28 Mei 2023
    • Pengumuman Hasil SNBT: 20 Juni 202
    • Masa Unduh Sertifikat UTBK: 26 Juni - 31 Juli 2023

    3. PPKB

    Tak hanya jalur seleksi nasional, jalur masuk UI 2023 juga membuka beberapa seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru secara mandiri. Salah satunya Jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB).

    Jalur PPKB ini merupakan sebuah jalur undangan untuk bisa masuk UI pada jenjang S1 paralel, dan D3 Vokasi yang dilihat dari nilai raport untuk bisa masuk ke UI pada jenjang S1.

    Artinya penilaian jalur masuk UI yang satu ini terdapat suatu sistem seleksi yang dinilai berdasarkan pada sebuah hasil pencapaian prestasi dalam akademik dari siswa ketika di sekolah.

    Berikut jadwal pelaksanaan PPKB UI 2023:

    • Pendaftaran: Mei – Juni 2023
    • Ujian: -
    • Pengumuman: Juli 2023

    4. SIMAK UI untuk S1 dan Vokasi

    Simak-UI (Seleksi Masuk UI) menjadi jalur masuk UI 2023 selanjutnya yang bisa dipilih dan merupakan ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan UI bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di UI.

    Terdapat berbagai program pendidikan yang dibuka pada SIMAK UI ini, termasuk S1 dan Vokasi.

    Vokasi (D3 dan D4) merupakan program pendidikan jenjang diploma yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga yang dapat menentukan keahlian dan ketrampilan di bidangnya, siap kerja dan mampu bersaing secara global.

    Lulusan Vokasi (D3) akan mendapat gelar Ahli Madya (A.Md) dan lulusan Vokasi (D4) akan mendapat gelar Sarjana Terapan (S.Tr.).

    Sedangkan S1 merupakan program pendidikan jenjang sarjana yang menerima lulusan SMA/SMK/MA/sederajat dengan batasan usia ijazah maksimal 3 tahun kelulusan pada saat pendaftaran.

    Contohnya: pendaftaran 2023 untuk lulusan 2023, 2022, 2021. Lulusan program ini akan mendapat gelar jenjang Kesarjanaan Strata 1 sesuai bidang ilmu yang ditempuh.

    Berikut jadwal pelaksanaan SIMAK UI untuk S1 dan Vokasi:

    • Pendaftaran: Juni – Juli 2023
    • Ujian: Juli 2023
    • Pengumuman: Juli 2023

    Baca juga: Biaya Kuliah UI: Rincian dan Informasi Selengkapnya

    banner-3d-balok

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    5. SIMAK UI untuk S1 RPL dan Vokasi RPL

    Program lain yang dibuka pada jalur masuk UI 2023 pada SIMAK UI ialah program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) pada jenjang S1 dan Vokasi.

    Program ini merupakan program pendidikan yang dinilai berdasarkan asesmen capaian pembelajaran atas hasil belajar yang diperoleh mahasiswa dari pendidikan formal sebelumnya (diploma, dll), dan/atau pengalaman kerja. Materi yang diujikan pada jalur ini adalah Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris.

    Program studi yang terbuka untuk jalur masuk UI yang satu ini antara lain:

    • Ilmu Keperawatan
    • Kesehatan Masyarakat
    • Ilmu Hukum
    • Akuntansi
    • Manajemen

    Kemudian untuk jadwal pelaksanaanya yaitu:

    • Pendaftaran: Mei – Juli 2023
    • Ujian: Juli 2023
    • Pengumuman: Juli 2023

    6. SIMAK UI untuk S1 Kelas Internasional

    Lewat jalur SIMAK, UI juga membuka kelas internasional yang menjadi jalur masuk UI 2023 berikutnya.

    Sarjana Kelas Internasional (S1 KKI) adalah program pendidikan yang diselenggarakan oleh UI atas dasar adanya kerjasama antara UI dengan mitra Perguruan Tinggi di luar negeri yang memiliki reputasi internasional dan telah memperoleh akreditasi di negaranya.

    Adapun materi ujiannya yaitu Social Sciences atau Natural Sciences sesuai dengan kelompok program studi yang dipilih.

    Berikut jadwal SIMAK UI untuk S1 Kelas internasional:

    • Pendaftaran: Mei – Juli 2023
    • Ujian: Juni 2023
    • Pengumuman: Juli 2023

    7. Talent Scouting untuk S1 Kelas Internasional

    Selain jalur SIMAK, jalur masuk UI 2023 yang lain yaitu UI juga membuka peluang untuk kamu yang ingin masuk kelas internasional lewat jalur talent scouting. Jalur Talent Scouting UI adalah jalur masuk UI yang khusus diselenggarakan pada S1 kelas internasional.

    Seleksi pada jalur ini didasarkan pada prestasi akademik siswa di sekolah. Jadi jalur ini hanya diperuntukkan bagi siswa yang sekolahnya sudah mengajukan permohonan. Tahun ini, daya tampung untuk jalur Talent Scouting UI yakni sebanyak 2.225 kursi.

    Adapun syarat untuk dapat mengikuti jalur ini yaitu:

    • Peserta adalah kelas XII dan telah mendapatkan formulir melalui sekolah
    • Memiliki sertifikat Bahasa Inggris
    • Skor TOEFL PBT 500, TOEFL CBT 173, TOEFL IBT 61, IELTS 5,5 atau EPT LBI UI 500

    Baca juga: 15 Jurusan Baru di UI untuk Mahasiswa Baru SNBP dan SNBT

    Berkuliah Lancar di UI Dengan Bayar Pakai Danacita

    Itu dia penjelasan mengenai 7 jalur masuk UI 2023. Sekarang saatnya mewujudkan mimpi kamu untuk berkuliah di UI dengan biaya yang terjangkau dengan Danacita.

    Danacita adalah sebuah perusahaan financial technology (fintech) yang menyediakan pembiayaan pendidikan secara bertahap untuk kamu yang ingin atau sedang menempuh pendidikan formal di tingkat perguruan tinggi maupun pendidikan informal, seperti pelatihan atau course.

    Danacita hadir sebagai solusi untuk membantu kamu menurunkan kendala biaya pendidikan agar lebih terjangkau dengan pendanaan pendidikan dan menjadi jembatan untuk kebutuhan biaya pendidikan di Indonesia, termasuk di UI.

    Danacita memberikan solusi untuk kamu untuk dapat membayar kuliah secara cicilan dengan alternatif pembayaran bertahap mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan.

    Danacita dijamin aman karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK, serta telah tersertifikasi ISO 27001 untuk keamanan data transaksi kamu. Selain itu, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 140 institusi pendidikan yang tersebar di seluruh Indonesia.

    Proses pengajuannya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja.

    Ketahui informasi lengkapnya dengan melihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-3d-shadow

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    jalur masuk ui ui masuk ui 2023 masuk ui jalur masuk ui 2023
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri