Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Wajib tahu! Ini 4 Keunggulan Kuliah di UNIKOM

2022-03-30

BlogBanner-InfoUnikom.jpg

Kampus UNIKOM

Daftar isi

    Universitas Komputer Indonesia atau biasa juga disebut sebagai UNIKOM merupakan satu dari sekian banyak kampus yang berada di kota kembang, Bandung, tepatnya di Jalan Dipatiukur No. 112-116, Coblong, Lebak Gede, Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

    UNIKOM secara resmi berdiri pada tanggal 8 Agustus 2000 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor 126/D/0/2000. Meski baru berdiri sekitar 2 dekade, namun kampus ini telah berkembang pesat. Mulai dari gedung, fasilitas hingga sumber daya tenaga pengajar, staf, mahasiswa dan lulusannya yang sangat berkualitas.

    Oleh karena itu, kampus UNIKOM menjadi salah satu kampus favorit para calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan. Di artikel ini, kita akan membahas apa saja yang menjadi keunggulan berkuliah di UNIKOM.

    Fakultas dan Program Studi yang Ditawarkan

    Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

    Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) merupakan fakultas yang memiliki visi untuk menjadi fakultas terkemuka di bidang teknologi, informasi dan komunikasi serta di bidang teknik lainnya.

    FTIK terdiri atas 8 program studi S1 dan 3 program studi D3, yaitu:

    • Komputerisasi Akuntansi (D3)
    • Manajemen Informatika (D3)
    • Teknik Komputer (D3)
    • Teknik Informatika (S1)
    • Sistem Informasi (S1)
    • Sistem Komputer (S1)
    • Teknik Industri (S1)
    • Teknik Elektro (S1)
    • Teknik Arsitektur (S1)
    • Teknik Sipil (S1)
    • Perencanaan Wilayah dan Kota (S1)

    Fakultas Ekonomi dan Bisnis

    Fakultas Ekonomi dan Bisnis memiliki Roadmap (FEB) UNIKOM memiliki tekad untuk menjadi “Fakultas terkemuka di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, berwawasan Global, berjiwa Entrepreneur dan menjadi Pusat Pengembangan di bidang Ekonomi dan Bisnis yang mendukung Pembangunan Nasional serta berorientasi pada kepentingan Masyarakat, Bangsa dan Negara”.

    FEB memiliki 5 program studi yang terdiri dari 3 jenjang D3 dan 2 jenjang S1

    • Akuntansi D3
    • Keuangan dan Perbankan D3
    • Manajemen Pemasaran D3
    • Akuntansi S1
    • Manajemen S1

    Fakultas Hukum

    Fakultas Hukum di UNIKOM menyelenggarakan pendidikan tinggi hukum melalui kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan stakeholder di masyarakat saat ini. Selain itu, bahan ajarnya juga selalu mengikuti perkembangan, termasuk termasuk beberapa mata kuliah yang berbasis teknologi informasi sebagai mata kuliah wajib.

    Terdapat satu program studi S1 Ilmu Hukum di Unikom, yang para lulusannya ini diharapkan dapat menjadi Sarjana Hukum yang memiliki kemampuan untuk memecahkan berbagai masalah hukum di era globalisasi saat ini.

    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

    Kamu ingin menjadi seorang diplomat? Atau ingin mendalami ilmu komunikasi dan ilmu sosial lainnya? UNIKOM bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu.

    Dengan tiga program studi di bawahnya, yaitu Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Hubungan Internasional, kamu akan banyak belajat tentang perkembangan fenomena sosial politik saat ini.

    FISIP UNIKOM didukung oleh SDM Dosen yang Unggul yang sebagian besar telah bergelar Doktor dan sisanya sedang melakukan studi S3, Memiliki sarana dan Prasarana yang memadai seperti Lab fotografi, TV, radio, komputer, bahasa, lab. diplomatik dan Komunikasi.

    Fakultas Desain

    Fakultas Desain (FD) UNIKOM merupakan tempat studi calon desainer yang kreatif, inovatif, dan mumpuni di bidang ICT. Fakultas Desain terdiri atas dua program studi S1 yaitu Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Desain Interior dan satu program studi D3 yaitu Desain Grafis.

    Di FD-UNIKOM ini kamu akan dibina dan dibimbing untuk mengembangkan kreativitas serta keahlian kamu dalam bidang desain. Ini terbukti dengan aktifnya UNIKOM mengirimkan mahasiswanya ke berbagai ajang kompetisi seni dan desain dan berhasil keluar sebagai pemenang.

    Sebagai Di tahun 2020 lalu beberapa mahasiswa FD-UNIKOM berhasil memenangkan kompetisi internasional dan nasional, seperti Juara I Kategori Illustration/Art Contest, Kompetisi Internasional Huion "Magic" Night Art Contest; Juara II, PUBG Mobile Campus Championship Indonesia 2020 (PMCC 2020), dengan Penyelenggara Tencent Games & PUBG Mobile Indonesia.

    Fakultas Ilmu Budaya

    Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNIKOM memiliki dua program studi S1, yaitu Sastra Inggris dan Sastra Jepang.

    Kurikulum di FIB–UNIKOM ini disusun berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), yaitu knowledge, skill, attitude, behaviors, values, dan ethics yang menjadi Outcomes Based Education (OBE) dalam capaian pembelajaran dan kompetensi (Learning Outcomes – LO).

    Selain itu, FIB-UNIKOM juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai institusi dalam dan luar negri. Berbagai fasilitas sarana dan prasarana yang tersedia juga siap mendukung pembelajaran kamu selama berkuliah di FIB-UNIKOM ini. Seperti laboratorium bahasa, laboratorium komputer dan yang lainnya.

    banner-blog-leads-generation

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Memiliki Tenaga Pendidik dan Staf yang Berkualitas

    Selama berkuliah di UNIKOM, kamu akan bertemu dengan tenaga-tenaga pendidik dan staf yang sangat berkualitas. Mereka tidak hanya ahli dalam bidang ilmu yang diajar atau dipegangnya, tapi juga dari sisi pribadinya sebagai tenaga pengajar dan staf yang tergabung dalam budaya organisasi UNIKOM, yaitu PIQIE sangat mendukung sehingga tercipta proses perkuliahan yang sangat baik.

    Budaya organisasi PIQIE yang dimaksud adalah:

    • Professionalism. Bekerja secara profesional, disiplin, bertanggungjawab, komitmen tinggi, kompeten, efisien, efektif, dan produktif yang berorientasi ke masa depan
    • Integrity. Memiliki karakter yang baik, kredibel, menjaga kehormatan dan nama baik, jujur, berdedikasi, taat pada peraturan dan kode etik serta bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
    • Quality. Memberikan kualitas dan mutu terbaik atas perkuliahan, sistem pendidikan, layanan akademik penelitian, hingga pengabdian masyarakat.
    • Information Technology. Teknologi informasi diterapkan pada semua aktivitas perkuliahan, sistem pendidikan, layanan akademik, penelitian, hingga kepada pengabdian masyarakat.
    • Excellenge. Menjadi yang terbaik, memiliki kapabilitas bernalar dan kecerdasan yang tinggi, mental juara, siap berkompetisi, dan menghasilkan kinerja unggul.

    Terdapat Banyak Beasiswa

    Beasiswa menjadi salah satu hal yang sangat diincar oleh banyak mahasiswa. Alasan utamanya adalah untuk meringankan biaya kuliah. Karena pada dasarnya secara umum seorang yang mendaftarkan pada program beasiswa pasti ingin mendapatkan bantuan dana dari pihak luar dalam hal pembiayaan.

    Beasiswa yang ada di UNIKOM sangat beragam dan diberikan untuk kamu yang memiliki prestasi akademik maupun non-akademik. Pemberi beasiswanya pun dari berbagai kalangan, mulai dari pemerintahan, BUMN, swasta, bahkan dari pihak kampus UNIKOM sendiri.

    Beberapa beasiswa yang ada di UNIKOM, adalah:

    • Beasiswa Rektor Unikom
    • Beasiswa Yayasan Science & Technology
    • Beasiswa KIP (Kartu Indonesia Pintar)
    • Beasiswa Bantuan UKT
    • Beasiswa BNI
    • Beasiswa YPK A&A Rachmat
    • Beasiswa RMP
    • Beasiswa JFLS
    • Beasiswa Unggulan

    Untuk informasi beasiswa selengkapnya bisa dicek di sini.

    Berbagai Fasilitas Pendukung

    UNIKOM selalu berusaha untuk selalu mendukung setiap kegiatan akademik dan non-akademik yang positif agar kamu selalu berkembang. Tidak hanya menghadirkan ruang perkuliahan dan ruang dosen atau staf saja, tapi juga menghadirkan berbagai fasilitas pendukung lainnya selama kamu berkuliah di sini.

    Beberapa fakultas pendukung di UNIKOM antara lain:

    • UNIKOM Radio untuk kamu yang punya hobi atau passion di bidang penyiaran.
    • Medical Centre gratis, di mana kamu akan mendapatkan pelayanan berupa pemeriksaan, tindakan medis, dan rujukan. Selama sakit kamu belum terlalu parah, kamu tidak perlu repot jauh-jauh pergi ke rumah sakit.
    • Sarana dan prasarana olahraga untuk mengembangkan bakat olahraga kamu. Kamu bisa bermain futsal, voli, bulutangkis dan lainnya di sini.
    • Serta fasilitas pendukung lainnya.

    Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki UNIKOM, kamu tidak perlu ragu lagi untuk melanjutkan pendidikan tinggi dan belajar di program studi impian kamu. Apalagi sekarang kamu bisa berkuliah tanpa perlu khawatir dengan biaya.

    Dancita hadir sebagai solusi pembiayaan bagi pelajar, mahasiswa, maupun tenaga profesional untuk menempuh studi di lembaga pendidikan tinggi. Kamu cukup mengajukan biaya pendidikan kamu di sini dan nikmati berkuliah di kampus impian kamu.

    banner-blog-leads-generation

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    info kuliah Rekomendasi Kampus UNIKOM
    Default Avatar

    Written By

    Ricky Sudewo