Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Cari Alasan Kuliah Di LSPR? Cek Disini Jawabannya

2022-10-12

Daftar isi

    Saat ini sudah banyak Perguruan Tinggi Swasta yang mampu bersaing dengan Perguruan Tinggi Negeri. Terbukti dengan banyaknya peminat yang memilih Universitas Swasta sebagai kampus pilihannya. Beberapa di antaranya bahkan ada yang masuk sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

    Tak heran, kalau peminat PTS pun semakin tinggi dari waktu ke waktu. Kamu yang merasa ragu untuk masuk ke PTS, ada baiknya mulai menghilangkan rasa tersebut. Pasalnya, kualitas PTS juga tak kalah bagus, lho, dibandingkan dengan PTN! Terlebih, saat ini juga sudah banyak universitas swasta terbaik di Indonesia yang bisa jadi pilihan kamu saat masuk jenjang perkuliahan nanti.

    Salah satu universitas swasta terbaik yang bisa kamu pilih adalah LSPR (London School of Public Relations). Bagi kamu yang tertarik masuk ke universitas ini, tentu memerlukan informasi yang lebih lengkap agar semakin yakin. Untuk itu, yuk simak artikel di bawah ini tentang alasan kuliah di LSPR!

    Latar Belakang LSPR

    Stikom The London School of Public Relation atau dikenal dengan singkatan LSPR merupakan pilihan kampus swasta berikutnya yang berada di Jakarta. Awalnya, London School Public Relations (LSPR) merupakan lembaga kursus hubungan masyarakat yang didirikan oleh Ibu Prita Kemal Gani, seorang praktisi public relations, pada tahun 1992. Seiring berjalannya waktu, LSPR berkembang menjadi sekolah tinggi ilmu komunikasi (STIKOM) bergengsi di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat.

    Di tahun 2019, STIKOM LSPR berganti nama menjadi LSPR Communication and Business Institute, yang ditandai dengan penambahan program studi di bidang bisnis, manajemen, dan pariwisata. Hingga saat ini, kampus LSPR menjadi salah satu pilihan perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia.

    LSPR juga meraih sederet penghargaan bergengsi lho. Penghargaan yang dimaksud antara lain Best of The Best Indonesia School of Communications sejak 2014 & 2015 dan Indonesian Best Communications Award for Three Consecutive Years (2012-2014) berdasarkan survei MIX & Business Digest.

    Nah! bagi kamu yang tertarik untuk belajar tentang pendidikan yang ditawarkan oleh LSPR, bisa mencobanya. Pun, di dunia kerja nanti peluang untuk menerapkan apa yang kamu dapatkan di bangku kuliah akan terbuka lebar jika memilih kuliah di LSPR.

    Fasilitas LSPR

    London School Public Relations (LSPR) menyediakan berbagai fasilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan mahasiswa. Beberapa fasilitas yang dimiliki LSPR, yaitu:

    • Ruang studio
    • Ruang musik
    • Ruang rekaman
    • Stasiun radio
    • Perpustakaan
    • Pusat penelitian
    • Broadcast TV studio
    • Ruang drama
    • Prof. Dr. Djajusman Auditorium & Performance Hall
    • Klinik kesehatan
    • Printing station
    • Mushola, dll.

    Menariknya lagi, untuk kampus LSPR yang berlokasi di Trans Park Bekasi, ada fasilitas tambahan lainnya yang tidak kalah keren seperti misalnya ruang tidur, shower room, ruang lokakarya pengeditan dan animasi (Editing Workshop and Animation Suite) dan ruang live drawing and Craft.

    Fakultas dan Jurusan LSPR

    LSPR memiliki banyak konsentrasi keilmuan dari masing-masing jenjang. Perlu kamu ketahui pula bahwa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi London School of Public Relations (LSPR) Jakarta juga sudah ditetapkan menjadi Institut Komunikasi dan Bisnis berdasarkan Berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Nomor 1035/KPT/I/2019. Untuk jenjang S1, LSPR membuka 2 fakultas dan 8 jurusan yang bisa kamu pilih. Berikut adalah rincian informasi lebih lengkapnya:

    1. Public Relations (A)

    Mempelajari bagaimana cara menjaga image dan komunikasi perusahaan ke pihak luar, jurusan Public Relation kerap menjadi jurusan favorit hampir di setiap kampus. Tanpa disadari juga, selama jadi mahasiswa jurusan Public Relation ini kamu akan jadi mahasiswa yang punya pemikiran lebih terbuka. Soalnya, ketika menjadi seorang praktisi PR di masa depan, berarti kamu diharuskan bisa terima pendapat, keluhan atau nasihat dari masyarakat yang isi kepalanya beragam. Di LSPR sendiri, jurusan Public Relation telah menyandang akreditasi A dari BAN-PT yang masih berlaku hingga sekarang ini.

    2. Mass Communications (A)

    Sering disebut pula dengan jurusan Komunikasi Massa, jurusan Mass Communications merupakan sebuah jurusan cabang dari Ilmu Komunikasi. Menurut data dari LSPR Jakarta, minat mahasiswa terhadap jurusan Mass Communications menempati urutan kedua setelah jurusan Public Relation lho. Secara singkat jurusan Mass Communications didefinisikan sebagai proses penyebaran informasi kepada publik atau khalayak banyak. Hal yang akan kamu pelajari ketika menjadi mahasiswa di jurusan ini adalah hal-hal yang mencakup cara pengumpulan penyampaian informasi, serta proses pengolahan data hingga turun ke publik tersebut tentunya. Memilih jurusan Mass Communications di LSPR bukanlah keputusan yang buruk pasalnya jurusan ini telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

    3. Marketing Communication (A)

    Sering disebut juga dengan Komunikasi Pemasaran, jurusan Marketing Communication ternyata semakin banyak peminatnya. Merupakan cabang dari Ilmu Komunikasi, mahasiswa di jurusan yang satu ini akan mempelajari berbagai strategi komunikasi dalam mengkomunikasikan suatu produk, organisasi/perusahaan, atau bahkan individu pada khalayak. Lulusan jurusan Marketing Communication kini sudah semakin terbuka lebar juga untuk jenjang karirnya. Jika kamu berminat, kamu bisa mengambil jurusan Marketing Communication di LSPR karena jurusan yang satu ini juga telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

    4. Digital Media Communication & Advertising (A)

    Seiring berjalannya waktu, di era digital seperti sekarang ini lulusan jurusan Digital Media Communication & Advertising memiliki peluang karir yang besar. Jurusan Digital Media Communication & Advertising sendiri akan membantu mahasiswa untuk memperdalam ilmu-ilmu komunikasi media. Berbeda dengan jurusan Mass Communications, jurusan Digital Media Communication & Advertising lebih fokus pada bagaimana cara, tips dan strategi untuk mempengaruhi, mensugesti dan “to take action” pada product yang ditawarkan. Buat kamu yang tertarik mengambil jurusan yang satu ini, di LSPR sendiri jurusan Digital Media Communication & Advertising sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT sehingga sudah tidak diragukan lagi kualitas pendidikannya.


    Baca juga: Mau kuliah di LSPR? Cek biaya kuliah LSPR disini!


    5. Performing Arts Communication (A)

    Buat kamu yang tertarik bergelut di dunia seni, mungkin kamu bisa memilih jurusan Performing Arts Communication di LSPR. Menyandang akreditasi A dari BAN-PT, jurusan Performing Arts Communication di LSPR memfokuskan kamu untuk belajar bagaimana berkomunikasi melalui seni pertunjukan seperti produksi teater, tari, musik, opera dan juga melalui sirkus. Tak hanya itu saja, jurusan Performing Arts Communication di LSPR juga akan mempersiapkan kamu untuk memiliki keahlian khusus dalam seni pertunjukan guna menambah nilai dan keunggulan untuk keterampilan komunikasi dalam memenuhi kebutuhan industri.

    6. International Relations (A)

    Kerap disebut dengan nama Hubungan Internasional, jurusan International Relations ini sebenarnya merupakan suatu jurusan yang mencoba menjelaskan interaksi negara dalam sistem global dan interaksi aktor lain yang perilakunya berasal dari satu negara yang ditargetkan ke negara atau aktor lain di luar batas negara. Jurusan International Relations memang terkesan menjadi jurusan yang multi disiplin mengingat kamu akan mempelajari bisnis sampai dengan sejarah. Lulusan jurusan yang satu ini juga memiliki jenjang karir yang luas dengan pilihan bidang yang sangat bervariasi. Jika kamu tertarik, di LSPR sendiri juga membuka jurusan International Relations yang sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

    7. Entrepreneur Business Communication (A)

    Buat kamu yang tertarik untuk terjun di dunia bisnis, kamu cocok untuk mengambil jurusan Entrepreneur Business Communication di LSPR. Menyandang akreditasi A dari BAN-PT, jurusan Entrepreneur Business Communication di LSPR akan membekali kamu berbagai keterampilan dan teori untuk menjadi wirausaha dan membentuk jiwa kreatif untuk dapat melakukan terobosan di bidang bisnis. Dengan durasi kuliah selama 8 semester, jurusan Entrepreneur Business Communication sudah menjadi salah satu jurusan yang paling diminati pula di LSPR. Lulusan jurusan Entrepreneur Business Communication tentunya juga akan memiliki peluang karir yang cukup luas sehingga kamu tak perlu ragu untuk memilih jurusan yang satu ini.

    8. Hospitality Communication Management & MICE (A)

    Jurusan Hospitality Communication Management & MICE yang satu ini akan mempersiapkan kamu untuk dapat bersaing dalam industri perhotelan, bisnis restoran, rumah sakit, kapal pesiar, dll. Mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT membuat jurusan Hospitality Communication Management & MICE patut untuk kamu pertimbangkan. Setiap mahasiswa di jurusan ini akan dilatih dengan keterampilan untuk pengorganisasian dan pelaksanaan acara yang sangat baik. Tak hanya itu saja, lulusan jurusan Hospitality Communication Management & MICE juga sudah dipersiapkan untuk menghadapi pertumbuhan keramahtamahan di ASEAN atau skala global.

    Jenjang Karir Jurusan LSPR

    Salah satu alasan kuliah di LSPR adalah berpengaruh pada karir setelah lulus. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk memilih jurusan yang memiliki prospek kerja yang luas. Jangan khawatir, jurusan di LSPR termasuk jurusan yang sangat dibutuhkan di berbagai industri kerja. Ini adalah salah satu hal yang menjadi alasan kuliah di LSPR.

    1. Jenjang Karir Fakultas Ilmu Komunikasi

    Peluang karir yang menanti lulusan Ilmu Komunikasi itu sangat banyak. Bidang pekerjaan yang bisa digeluti oleh jurusan ini adalah di media massa atau jurnalisme dengan posisi pekerjaan sebagai jurnalis, reporter atau wartawan, penyiar, pembaca berita, hingga analis media. Selain itu, setelah lulus kuliah banyak pula mahasiswa yang bekerja sebagai public relations atau hubungan masyarakat.

    Seorang Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom) juga bisa masuk ke dunia advertising, marketing, maupun broadcasting, seperti bekerja sebagai content creator, copywriter, youtuber, videografer, penulis skenario, hingga produser TV. Kamu dapat bekerja di berbagai jenis perusahaan, agensi, media, maupun, instansi pemerintah.

    2. Jenjang Karir Fakultas Bisnis

    Ada banyak sekali peluang karir yang menanti lulusan jurusan Bisnis. Bahkan peluang itu bisa kamu ciptakan sendiri, lho! Berbekal keilmuan dan keterampilan yang kamu dapatkan di bangku kuliah, lulusan Bisnis punya nilai jual yang patut dibanggakan. Banyak perusahaan membutuhkanmu untuk ikut ambil bagian dalam mengembangkan bisnisnya.

    Untuk fresh graduate, mulai berkarir lewat business development program di suatu perusahaan adalah pilihan yang sebaiknya tidak dilewatkan. Beberapa perusahaan juga ada yang menawarkan jalur management trainee. Berbekal ilmu bisnis yang kamu miliki, kamu berkesempatan mengembangkan potensimu di sektor apapun. Seperti dari bisnis retail, fast moving consumer goods, fashion, pariwisata, properti, dan sebagainya.

    Alumni LSPR yang Sukses

    Kampus London School of Public Relations (LSPR) telah melahirkan mahasiswa maupun alumni yang sukses. Hal ini terbukti dengan adanya beberapa alumni yang menjadi tokoh nasional, influencer, YouTuber, dan artis.

    Salah satu alumni LSPR yang menjadi politikus Indonesia, yaitu Angkie Yudistia. Angkie merupakan lulusan S1 dan S2 dari Jurusan Ilmu Komunikasi di LSPR yang ditunjuk menjadi salah satu staf khusus milenial Presiden Joko Widodo. Meski penyandang disabilitas, hal ini tidak menghambat Angkie dalam berkarir. Angkie mendirikan Thisable Enterprise pada tahun 2011 untuk memberdayakan kelompok disabilitas. Selain itu, Angkie juga aktif menulis dan menjadi sociopreneur.

    Kerjasama Resmi LSPR dan Danacita

    Danacita merupakan perusahaan financial technology (fintech) yang menyediakan pinjaman pendidikan secara bertahap untuk kamu yang ingin atau sedang menempuh pendidikan formal di tingkat perguruan tinggi maupun pendidikan informal, seperti pelatihan atau course. Danacita hadir sebagai solusi untuk membantu kamu menurunkan kendala biaya pendidikan agar lebih terjangkau dengan kredit pendidikan, dan menjadi jembatan untuk kebutuhan biaya pendidikan di Indonesia.

    Danacita memberikan solusi bayar kuliah secara cicilan bagi mahasiswa dengan alternatif pembayaran bertahap mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan untuk mahasiswa aktif dan hingga 24 bulan khusus bagi mahasiswa baru. Pembayaran bulanan langsung dibayarkan oleh mahasiswa kepada Danacita termasuk biaya platform dan biaya pengajuan Danacita.

    Untuk kamu yang tertarik untuk mengajukan pembiayaan ke Danacita, kunjungi halaman berikut ya!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!