Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Alasan Kuliah di Universitas Pelita Bangsa

2023-01-27

Daftar isi

    Bagi kamu yang masih bingung menentukan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) mana untuk melanjutkan jenjang akademikmu, Universitas Pelita Bangsa bisa jadi destinasi pilihan PTS yang tepat. Ada banyak keuntungan yang bisa didapat jika kamu berkuliah di Universitas Pelita Bangsa.

    Berbagai alasan kuliah di Universitas Pelita Bangsa tersebut tentu bisa kamu jadikan pertimbangan untuk memilih kampus ini sebagai kampusmu kelak. Lalu, apa saja ya alasan kuliah di UPB? Simak artikel ini sampai selesai ya.

    Profil Singkat Universitas Pelita Bangsa (UPB)

    Universitas Pelita Bangsa atau dikenal dengan UPB adalah kampus baru hasil penggabungan dua Perguruan Tinggi, yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) dan Sekolah Tinggi Teknik (STT). Pendirian kampus Universitas Pelita Bangsa didasarkan pada Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 664/KPTI/I/2019 tanggal 2 Agustus 2019.

    Perjalan panjang kampus ini berawal dari status Sekolah Tinggi dengan program pendidikan yakni Ilmu Teknik, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Agama. Namun, pada bulan Agustus 2019 kampus ini menjadi Universitas. Hingga saat ini, Pelita Bangsa memiliki dua gedung, dengan puluhan kelas dan berbagai fasilitas yang menunjang.

    Nama Pelita Bangsa digunakan bukan tanpa alasan, karena memiliki arti yang sangat luar biasa. Pelita Bangsa sebenarnya adalah impian, atau keinginan dari para pendirinya. Keinginan tersebut berupa tindakan yang turut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan menyelenggarakan pendidikan tinggi. Hal tersebut diharapkan menjadi penerang bangsa melalui ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

    Kampus yang berlokasi di Jalan Inspeksi Kalimalang Tegal Danas Arah DELTAMAS, Cikarang Pusat-Kabupaten Bekasi ini berdiri di atas lahan seluas 11.603 m2. Lokasi Universitas Pelita Bangsa sangat strategis di kawasan Meikarta, Jababeka, Delta Mas, serta terdapat di sekitar lokasi industri paling besar di Asia Tenggara.

    Visi dan Misi yang Berkualitas Universitas Pelita Bangsa (UPB)

    Sebagai Universitas yang cukup terkenal di Cikarang, Pelita Bangsa memiliki tujuan yang luar biasa. Selain itu, juga selalu menjalankan visi dan misinya dengan baik. Inilah salah satu alasan kuliah di Universitas Pelita Bangsa karena hal tersebut membuatnya berkembang pesat, karena tanpa visi dan misi, maka langkah yang dilakukan akan tanpa arah.

    Dengan adanya dua hal ini, maka dapat diharapkan menjadi acuan sebagai arah untuk melangkah. Visi dan misi ini juga akan dijadikan motivasi untuk terus mengejar apa yang diharapkan. Berikut visi dan misi yang bisa menjadi alasan kuliah di Universitas Pelita Bangsa.

    Visi

    Visi Universitas Pelita Bangsa adalah menjadi entrepreneur university berkelas internasional pada tahun 2045.

    Misi

    Misi Universitas Pelita Bangsa adalah:

    1. Menyelenggarakan proses pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas sehingga menghasilkan lulusan yang unggul, mandiri dan kompetitif.
    2. Menyelenggarakan penelitian yang menghasilkan publikasi, Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), buku ajar, kebijakan dan teknologi yang berhasil guna dan berdaya guna dengan mengedepankan budaya dan sumber daya lokal.
    3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk mensosialisasikan/ mengimplementasikan hasil-hasil penelitian yang berupa publikasi, Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), kebijakan dan teknologi yang berhasil guna dan berdaya guna dengan mengedepankan budaya dan sumber daya lokal.
    4. Mengembangkan profesionalitas, kapabilitas dan akuntabilitas dalam tata kelola Universitas secara entrepreneurial.

    Program Pendidikan yang Bervariasi

    Alasan kuliah di Universitas Pelita Bangsa selanjutnya adalah karena memiliki berbagai fakultas yang bisa dipilih. Dengan banyaknya fakultas, kamu bisa memikirkan jurusan mana yang sesuai dengan passionmu. Kalau kamu menyukai jurusan yang diambil, seberat apapun itu akan tetap semangat untuk menyelesaikannya hingga akhir.

    Berikut fakultas di UPB yang bisa dipertimbangkan menjadi alasan kuliah di Universitas Pelita Bangsa.

    1. Fakultas Teknik

    Fakultas Teknik Universitas Pelita Bangsa memiliki 6 program studi yang bertujuan memberikan inspirasi bagi para calon pemimpin bangsa. Selama perkuliahan, mahasiswa akan diajarkan cara menerapkan keterampilan di bidang sains, teknologi, serta rekayasa untuk menjawab persoalan dan masalah di dunia kerja.

    Harapannya, mahasiswa lulusan Fakultas Teknik bisa menguasai konsep materi perkuliahan sekaligus mengaplikasikannya dengan ilmu entrepreneurship.

    Selain itu, alasan kuliah di Universitas Pelita Bangsa dengan memiliki fakultas Teknik karena program studi yang ditawarkan pun banyak, diantaranya:

    • Program Studi Arsitektur
    • Program Studi Teknik Informatika
    • Program Studi Teknik Lingkungan
    • Program Studi Teknik Industri
    • Program Studi Teknik Sipil
    • Program Studi Teknologi Hasil Pertanian
    banner-blog-leads-generation-ver2

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    2. Fakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial

    Fakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial Pelita Bangsa memiliki komitmen agar lulusannya siap menghadapi lingkungan global. Program studi dengan materi kuliah berkualitas dipersiapkan bagi mahasiswa dan mahasiswi agar bisa terjun di dunia kerja.

    Program studi yang ditawarkan di Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial di Universitas Pelita Bangsa:

    • Program Studi Magister Manajemen
    • Program Studi Manajemen
    • Program Studi Akuntansi (D3)
    • Program Studi Hukum
    • Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
    • Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD)

    3. Sekolah Tinggi Agama Islam

    Alasan kuliah di Universitas Pelita Bangsa selanjutnya karena kampus ini juga menyediakan Sekolah Tinggi Agama Islam yang orientasinya fokus pada analisis aspek finansial serta manajemen syariah ataupun manajemen konvensional. Program studinya menawarkan fokus studi pada bidang finansial islam dan pengelolaannya, serta sistem syariah secara keseluruhan.

    Harapannya, mahasiswa lulusan Sekolah Tinggi Agama Islam di UPB dapat bersaing dengan menerapkan atau mengombinasikan filosof Islam serta teknik pengolahan secara islami.

    Fasilitas Kampus yang Lengkap

    Kampus yang baik juga bisa dilihat dari fasilitas dan lingkungan sekitar yang mendukung perkuliahan. Nah, ini menjadi salah satu alasan kuliah di Universitas Pelita Bangsa karena memiliki fakultas yang lengkap.

    Berikut beberapa fasilitas yang bisa kamu nikmati saat kuliah di Universitas Pelita Bangsa.

    1. Fasilitas Akademik

    Alasan kuliah di Universitas Pelita Bangsa karena memiliki sebuah kampus yang megah. Universitas ini terbentuk dengan menyediakan 2 bangunan gedung megah yang masing-masing mempunyai lantai 3 dan 6 serta terdapat hingga 125 kelas kuliah.

    Selain itu, terdapat pula ruang dosen tetap sejumlah 15 ruang dan ruang kantor administrasi sebanyak 6 ruang. Mahasiswa juga bisa menggunakan perpustakaan satu ruang, masjid 1 unit serta ruang laboratorium hingga 20 ruang.

    Untuk mendukung kegiatan berorganisasi siswa bisa menggunakan ruang sekretariat BEM dan UKM sebanyak 1 ruang. Universitas Pelita Bangsa Cikarang menawarkan fasilitas perpustakaan lengkap dengan jumlah ribuan buku maupun karya tulis hasil mahasiswa sebagai sumber maupun pedoman informasi dalam kegiatan proses belajar mengajar. Bagian laboratorium merupakan inkubasi di mana para mahasiswa kreatif dan inovatif terlahir dari ruang ini.

    2. Fasilitas Non-Akademik

    Fasilitas non akademik juga menjadi alasan kuliah di Universitas Pelita Bangsa. Keberadaan masjid juga merupakan salah satu upaya agar para mahasiswa dapat melakukan berbagai aktivitas. Masjid dibuka selama 5 waktu dengan adanya banyak kegiatan positif.

    Untuk fasilitas olahraga, Universitas ini meyakini bahwa mahasiswa wajib mempunyai kesehatan jiwa yang diimbangi dengan kesehatan raga. Pada bagian kantin didesain sedemikian rupa agar membuat para mahasiswa nyaman menikmati waktu istirahat dengan berbagai menu yang ditawarkan, harga bervariasi, dan terjangkau.

    Masih banyak fasilitas lainnya yang juga tersedia agar para mahasiswa bisa menjalankan perkuliahan dengan nyaman dan kondusif.

    Baca juga: Biaya Kuliah Mahasiswa Aktif Universitas Pelita Bangsa

    Kerja Sama Resmi Universitas Pelita Bangsa dan Danacita

    Alasan kuliah di Universitas Pelita Bangsa selanjutnya adalah dimudahkan dalam hal keuangan. Sebab, Universitas Pelita Bangsa secara resmi bekerja sama dengan Danacita untuk membantu mempermudah biaya perkuliahan calon mahasiswa dan mahasiswa di UPB.

    Danacita merupakan platform pembayaran online yang sudah memiliki lebih dari 130 institusi pendidikan. Melalui program pembiayaan kuliah di Danacita ini, kamu dapat membayar kuliah di Universitas Pelita Bangsa secara bulanan mulai dari 6 hingga 24 bulan.

    Dengan begitu, kamu pun bisa terus fokus untuk menempuh pendidikan kamu tanpa harus mengalami kendala dalam melakukan pembayaran.

    Untuk mendapatkan bantuan biaya, kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap.

    Akan tetapi, jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK serta tersertifikasi ISO 27001.

    Tunggu apalagi? Yuk, segera daftar ke Universitas Pelita Bangsa dengan Danacita sekarang!

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-blog-leads-generation

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!