Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Alasan Kuliah di Universitas Warmadewa

2022-12-31

Daftar isi

    Jika kamu punya mimpi berkuliah sambil liburan di pantai? Bali menjadi pilihan yang paling tepat! Ada berbagai universitas di Bali yang menawarkan jurusan dan program studi yang sangat dibutuhkan saat ini. Salah satunya adalah Universitas Warmadewa.

    Penasaran bagaimana kampus yang satu ini? Apa saja program studi di Universitas Warmadewa dan program kuliahnya? Yuk simak selengkapnya di artikel berikut yang membahas alasan kuliah di Universitas Warmadewa!

    Tentang Universitas Warmadewa

    Sebelum masuk ke penjelasan alasan kuliah di Universitas Warmadewa, tentunya kamu harus kenalan terlebih dahulu sama kampusnya. Universitas Warmadewa atau biasa disingkat Unwar adalah salah satu perguruan tinggi di Denpasar, Bali yang resmi didirikan pada 17 Juli 1984.

    Universitas ini memiliki visi menjadi Universitas bermutu yang berwawasan ekowisata dan berdaya saing global tahun 2034. Sementara untuk misinya sendiri ialah Melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi yang bermutu dan berwawasan ekowisata, Menjalin kerjasama institusional, dan Menerapkan Good University Governance.

    Berdirinya universitas ini tidak lepas dari ide Ketua Unit Korpri Universitas Udayana Drs. Putu Kuna Winaya, yang mengusulkan pendirian Universitas Korpri, dengan prinsip dasar ”biaya pendidikan terjangkau dan mutu terjamin” yang kemudian dikembangkan menjadi "bermutu, berintegritas dan berwawasan lingkungan" pada November 1983.

    Usulan ini muncul dalam acara Rapat Kerja Daerah Korpri Bali di Kerta Sabha Denpasar dan dimaksudkan sebagai upaya untuk menampung aspirasi masyarakat yang belum terakomodasi di Perguruan Tinggi Negeri.

    Seiring perkembangannya, SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0825/0/1986 akhirnya keluar pada November 1986 dan menetapkan Universitas Warmadewa sebagai universitas resmi dengan 6 fakultas.

    Saat ini, Universitas Warmadewa memiliki 14 Program Studi Sarjana (S1) dan 3 Program Pascasarjana (S2) yaitu: Magister Manajemen, Magister Ilmu Hukum, dan Magister Linguistik yang telah memiliki Ijin Operasional. Sedangkan Program Studi S1 Psikologi, S2 Magister Ilmu Pemerintahan (MIP) dan Magister Administrasi Publik (MAP) sedang dalam proses pengusulan ke Dikti Kemendikbud RI.

    Banyaknya Program Universitas Warmadewa

    Hal mendasar yang bisa menjadi alasan kuliah di Universitas Warmadewa adalah banyaknya program yang terdapat di kampus ini. Universitas Warmadewa membuka kesempatan untuk siapapun yang ingin berkuliah dengan beberapa program unggulannya, yaitu:

    Program Pendidikan

    Program Pendidikan Akademik merupakan pendidikan tinggi program sarjana dan pascasarjana yang diarahkan terutama pada penguasaan disiplin ilmu pengetahuan tertentu. Program ini bertujuan untuk menciptakan mahasiswa dan lulusan yang berkualitas serta beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

    Selain itu, lulusannya juga diharapkan memiliki jiwa Pancasila, berintegritas kepribadian yang baik, terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian dan masalah sosial kemasyarakatan, khususnya yang berkaitan dengan bidang keahliannya. Dari sini juga bisa terlihat kualitasnya yang bisa menjadi alasan kuliah di Universitas Warmadewa.

    Program Pendidikan Akademik yang diselenggarakan oleh Universitas Warmadewa terdiri dari:

    Program Sarjana

    Program Sarjana S1 merupakan jenjang pertama program akademik, mempunyai beban studi antara 144-160 sks, dijadualkan sekurang kurangnya 8 semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 8 semester dan selama lamanya 14 semester. Program Sarjana ini dapat ditempuh sebagai Program Reguler dan Non Reguler (Kelas Khusus).

    Program Pascasarjana

    Program Pasca Sarjana Universitas Warmadewa adalah Program Magister yang merupakan jenjang kedua program akademik. Program ini mempunyai beban studi kumulatif 36-50 sks dan dijadwalkan untuk 4 semester dan dapat ditempuh dalam waktu 4-10 semester setelah program sarjana.

    Program Diploma

    Program Diploma merupakan program studi yang menyelenggarakan jenis pendidikan tinggi vokasi. Program Diploma ini secara langsung dihubungkan dengan persiapan seseorang untuk memasuki dunia kerja.

    Beberapa program diploma Universitas Warmadewa, yaitu:

    • D3 Sistem Informasi Akuntansi
    • D3 Teknologi Telekomunikasi
    • D4 Sistem Informasi Akuntansi

    Fakultas yang ada di Universitas Warmadewa

    Selain programnya, alasan kuliah di Universitas Warmadewa lainnya yaitu kamu bisa memilih untuk berkuliah di fakultas yang kamu inginkan. Di kampus ini menyediakan beberapa fakultas yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja di zaman sekarang.

    1. Fakultas Teknik dan Perencanaan

    Fakultas Teknik merupakan salah satu fakultas yang telah ada sejak awal berdirinya Universitas Warmadewa sesuai dengan SK. Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali No. 05/Yas.Korp/VII/84. Visi dari fakultas ini adalah menjadi fakultas yang bermutu, berwawasan ekowisata dan berdaya saing global tahun 2034 dalam bidang keteknikan dan perencanaan.

    Fakultas ini memiliki dua program studi, yaitu:

    • Program studi Teknik Arsitektur
    • Program studi Teknik Sipil

    Informasi lengkap tentang fakultas ini, klik di sini.

    2. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan

    Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan mulai menerima mahasiswa baru pada April 2009. Visi dari fakultas ini adalah menjadi institusi pendidikan kedokteran dan ilmu kesehatan yang terbaik di Indonesia Bagian Timur dengan berbasis teknologi informasi dan menghasilkan lulusan yang berkarakter, kompeten, dan unggul di bidang pariwisata.

    Fakultas ini menyelenggarakan Program Studi Kedokteran S1 dan juga Program Studi Profesi Dokter.

    Informasi lengkap tentang fakultas ini, klik di sini.

    3. Fakultas Hukum

    Fakultas Hukum Universitas Warmadewa merupakan fakultas yang menyelenggarakan program studi Ilmu Hukum yang telah terakreditasi B. Fakultas ini memiliki visi Menghasilkan lulusan Sarjana Hukum yang bermutu di bidang hukum, berwawasan ekowisata dan berdaya saing global tahun 2034.

    Sebagai lembaga Pendidikan Tinggi Hukum, Program Studi Ilmu Hukum Universitas Warmadewa bertujuan untuk melaksanakan pendidikan Ilmu Hukum agar dapat menyiapkan peserta didik sebagai calon intelektual yang berkualitas dan mandiri, memiliki kemampuan akademik, keterampilan kemahiran hukum yang memadai dan dapat menerapkan ilmu pengetahuan hukum secara profesional sejalan dengan kemajuan zaman dan nilai-nilai luhur bangsa.

    Informasi lengkap tentang fakultas ini, klik di sini.

    4. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

    Fakultas Ekonomi Universitas Warmadewa merupakan fakultas yang memiliki visi menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebagai lembaga pendidikan tinggi yang menghasilkan lulusan yang bermutu, berwawasan ekowisata dan berdaya saing global tahun 2034

    Dalam penyelenggaraan pendidikannya, fakultas ini memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang unggul, mandiri, berintegritas, serta berorientasi pada lingkungan kepariwisataan dan pembangunan yang berkelanjutan. Selain itu, fakultas ini juga bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta ingin meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak.

    Fakultas ini memiliki 3 program studi jenjang S1 dan 1 jenjang S2, yaitu:

    • S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
    • S1 Manajemen
    • S1 Akuntansi
    • S2 Magister Manajemen

    Informasi lengkap tentang fakultas ini, klik di sini.

    5. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik universitas Warmadewa memiliki visi menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang bermutu dan berwawasan ekowisata serta berdaya saing global pada tahun 2034. Sementara untuk misinya sendiri yaitu, melaksanakan Tridharma perguruan tinggi yang bermutu dan berwawasan ekowisata, menerapkan tata kelola yang sejalan dengan prinsip good governance, serta meningkatkan kerjasama dalam dan luar negeri.

    Dalam mencapai visi dan misinya, fakultas ini menciptakan suasana akademik berdasarkan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi, dan berwawasan ekowisata. Terdapat dua program studi pada fakultas ini, yaitu Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Administrasi

    Informasi lengkap tentang fakultas ini, klik di sini.

    6. Fakultas Sastra

    Fakultas Sastra Universitas Warmadewa merupakan salah satu fakultas yang didirikan bersamaan dengan universitasnya, yaitu pada tahun 1984. Fakultas ini memiliki satu program studi yaitu Program Studi Sastra Inggris yang telah terakreditasi B oleh BAN-PT dengan No. 2201/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2019. Untuk meningkatkan kompetensi lulusan, Prodi Sastra Inggris Unwar selalu berupaya untuk berbenah diri untuk mengantisipasi tuntutan zaman dan kebutuhan stakeholder.

    Selain itu, pada April 2017, Fakultas Sastra Universitas Warmadewa juga telah membuka kelas internasional yang berlangsung selama 1 semester sehingga kelas tersebut dibuka dua kali setahun. Tujuan dibukanya kelas internasional ini agar mahasiswa lokal memiliki kesempatan untuk berkomunikasi dan mempraktekkan bahasa Inggrisnya dengan mahasiswa asing

    Selain program kelas internasional, fakultas ini juga memiliki beberapa program, diantaranya Pertukaran pelajar, Bali Business Foundation Study Program, Executive Class of English Department, dan yang lainnya.

    Informasi lengkap tentang fakultas ini, klik di sini.

    7. Fakultas Pertanian

    Fakultas ini merupakan salah satu fakultas yang berdiri bersamaan dengan berdirinya Universitas Warmadewa. Visi dari fakultas ini adalah menjadi fakultas yang bermutu di bidang ilmu-ilmu pertanian, berwawasan ekowisata, dan berdaya saing global.

    Dalam penyelenggaraan pendidikannya, fakultas inni memiliki berbagai strategi. Beberapa diantaranya yaitu melaksanakan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) ilmu-ilmu pertanian, meningkatkan berbagai kualitas sumber daya, seperti penelitian, publikasi hingga kerjasama di bidang ilmu-ilmu pertanian.

    Terdapat 4 program studi di fakultas ini, yaitu:

    • S1 Agroteknologi
    • S1 Ilmu dan Teknologi Pangan
    • S1 Manajemen Sumberdaya Perairan
    • S1 Peternakan

    Informasi lengkap tentang fakultas ini, klik di sini.

    Fasilitas Universitas Warmadewa yang Lengkap

    Alasan kuliah di Universitas Warmadewa selanjutnya yaitu kamu tidak perlu khawatir karena di sini kegiatan belajarmu akan ditunjang dengan fasilitas yang lengkap, Berikut penjabarannya:

    • Gedung, terdiri dari 6 gedung (A - G) dan berisikan ruang kelas, laboratorium, auditorium, dan masih banyak lainnya.
    • Auditorium, tempat di mana mahasiswa bisa melakukan sidang hingga seminar dan bukan hanya satu, tapi ada beberapa auditorium di kampus ini
    • Wantilan dan Pura, untuk tempat mahasiswa beragama Hinfu melakukan ibadah serta menyelenggarakan diskusi terbuka Pesemetonan Mahasiswa Hindu Unwar
    • Hotspot area, disediakan secara gratis 24 jam untuk dosen, karyawan dan mahasiswa
    • Penerbitan, sebagai tempat mahasiswa mempublikasikan kegiatan berdasarkan minat dan bakatnya atau menyusun karya tulis ilmiah pada bidang tertentu
    • Perpustakaan, untuk mahasiswa atau pengajar yang membutuhkan sumber bacaan
    • Sarana olahraga
    • Laboratorium, mulai dari Bahasa Asing, Lab Komputasi, Lab fisika/kimia/biologi, Lab Perbankan, Lab Manajemen, dan Lab Akuntansi, sekretariat Laboratorium
    • Kantin dan kafetaria

    Kerjasama Universitas Warmadewa dengan Danacita

    Itu dia beberapa alasan kuliah di Universitas Warmadewa yang bisa kamu pertimbangkan. Apa kamu mulai yakin untuk berkuliah di sini? Kalau iya, langsung saja daftar dan untuk urusan biaya bisa menggunakan Danacita.

    Danacita adalah platform teknologi finansial online yang telah berdiri sejak tahun 2018 dan berfokus pada pembiayaan pendidikan. Danacita tercatat telah memiliki lebih dari 14 ribu pengguna dari kalangan mahasiswa hingga peserta kursus, lebih dari 130 institusi pendidikan selain Universitas Warmadewa.

    Untuk memperluas jangkauan pendidikan, Danacita bekerjasama dengan Universitas Warmadewa untuk membantu mahasiswa ataupun calon mahasiswa dalam hal biaya pendidikan yang terjangkau. Danacita merupakan solusi bagi kamu yang mengalami kesulitan dalam membayar biaya pendidikan dengan menawarkan tenor pembayaran mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan.

    Syarat untuk pengajuan pendidikannya sangat mudah dan cepat. Selain itu, keamanan data pengajuan kamu di Danacita terjamin keamanannya karena Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta tersertifikasi ISO 27001.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-blog-leads-generation-ver2

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    universitas warmadewa Alasan Kuliah di Universitas Warmadewa
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri