Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Alasan Rahasia Berkuliah di STT Bandung Terlengkap

2023-02-23

Daftar isi

    Semua orang pasti memiliki harapan untuk masuk dan memilih universitas terbaik dengan harapan mereka bisa mendapatkan fasilitas dan kesempatan belajar dengan orang-orang hebat yang ada di dalamnya. Jika kamu salah satunya, bisa mempertimbangkan STT Bandung menjadi kampus untuk menyelesaikan perguruan tinggimu.

    Sebagai kampus swasta, pilihan jurusan dan fakultas yang terdapat di STT Bandung terbilang cukup lengkap. Bagi kamu yang tertarik masuk ke universitas ini, tentu memerlukan informasi yang lebih lengkap agar semakin yakin. Untuk itu, yuk simak artikel di bawah ini tentang alasan kuliah di STT Bandung.

    Profil STT Bandung

    STT Bandung merupakan salah satu perguruan tinggi teknologi di Kota Bandung. STT Bandung menyediakan pendidikan tingkat diploma D3, D4 / S1-sarjana terapan di bidang ilmu Teknik Informatika, Multimedia Broadcasting, Teknologi Transportasi, Manajemen Konstruksi, Bisnis, Desain Grafis dan lainnya (konfirmasi melalui kontak telepon).

    STT Bandung memiliki staf pengajar dosen yang kompeten pada bidangnya sehingga berkualitas dan menjadi salah satu yang terbaik di Kota Bandung. Hal ini digambarkan melalui logo STT Bandung yang memiliki makna, yaitu:

    1. Buku Dengan 3 Strip

    Buku melambangkan ilmu pengetahuan atau Tridharma Perguruan Tinggi. Biru melambangkan keteguhan dan kejujuran. Sekolah Tinggi Teknologi Bandung menjunjung tinggi keteguhan dan kejujuran dalam bidang pendidikan, khususnya teknologi.

    2. Lingkaran Hitam

    Lingkaran hitam melambangkan persatuan, stabilitas dan rasionalitas. Sedangkan warna hitam melambangkan kekuatan dan keberanian. Sekolah Tinggi Teknologi Bandung menjunjung tinggi persatuan, stabilitas dan rasionalitas dari berbagai penjuru daerah dengan memiliki semangat berlandaskan kekuatan dan keberanian yang ditetapkan dalam membangun dunia pendidikan, khususnya pada ilmu teknologi.

    3. Wadah Institusi

    Wadah Institusi merupakan tempat bernaung, pihak yang mendukung. Warna hijau melambangkan kehidupan, sedangkan warna kuning melambangkan intelektualitas. Sekolah Tinggi Teknologi Bandung bertekad menjadi tempat bernaung, sumber kemajuan untuk kehidupan masyarakat yang ingin mengembangkan ilmu dan menciptakan masyarakat yang berintelektual.

    STT Bandung juga memiliki organisasi mahasiswa untuk mendukung minat mahasiswanya baik BEM, Himpunan, dan unit kegiatan mahasiswa (UKM). Sekolah tinggi ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas kampus seperti kelas nyaman ber AC, laboratorium pendukung pendidikan dan lainnya.

    Adapun visi dan misi yang menjadi alasan kuliah di STT Bandung karena sangat jelas dan realistis dengan keadaan pendidikan saat ini.

    VISI

    Menjadi Socio-Creativepreneur University yang Mengembangkan Potensi Lokal ke Tataran Global untuk Memberikan Dampak Kemajuan Ekonomi bagi Masyarakat Nasional.

    MISI

    1. Menyelenggarakan Pendidikan tinggi yang dinamis dan kreatif di bidang sosial, seni budaya, dan teknologi berbasis kewirausahaan;
    2. Menyelenggarakan Penelitian di bidang sosial, seni budaya, dan teknologi untuk menghasilkan terobosan kreatif dan inovatif serta tepat guna sehingga memberi manfaat bagi pembangunan Nasional;
    3. Menyelenggarakan layanan Pengabdian Masyarakat secara profesional dalam rangka memberi solusi kreatif terhadap permasalahan di masyarakat terutama dalam bidang sosial, seni budaya, dan teknologi;
    4. Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi yang bermutu melalui pengembangan kemitraan di tingkat Nasional, regional maupun global;
    5. Menciptakan ekosistem Socio-Creativepreneurship melalui pengembangan lembaga Ekonomi Kreatif yang memberi manfaat bagi masyarakat Nasional.
    banner-blog-leads-generation-ver2

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Program Studi yang Berkualitas

    Alasan kuliah di STT Bandung lainnya adalah fakultas ini menawarkan beberapa prodi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga kamu tak perlu khawatir susah mendapatkan pekerjaan setelah lulus.

    Sejauh ini, kampus Universitas Pancasila memiliki sebanyak 4 program studi yang dapat dijadikan sebagai pilihan:

    1. Teknik Industri

    Teknik Informatika (Teknologi informasi, komputer, internet dan telekomunikasi) merupakan bidang yang paling cepat berkembang dan ekspansinya menimbulkan kesempatan lapangan kerja yang luas dalam berbagai sektor, khususnya sektor manufaktur komputer dan perusahaan jasa, software house, konsultasi IT, serta berbagai bidang yang terkait teknologi informasi.

    Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknologi Bandung sudah mencetak generasi yang unggul sesuai bidangnya masing-masing. Hingga dapat menjadi seseorang yang “Mampu Menganalisa, Memahami masalah suatu sistem yang terdiri dari Orang, Mesin, Metode, Material, Dana, dan Informasi serta paham terhadap Sistem Manufaktur”

    Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 268/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/I/2022, menyatakan bahwa Program Studi Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknologi Bandung mendapatkan akreditasi B.

    2. Teknik Informatika

    Seiring dengan perkembangan teknologi komputer yang sangat cepat, program studi Teknik Informatika STT Bandung diarahkan pada penguasaan ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer.

    Di samping itu, alasan kuliah di STT Bandung dan mengambil jurusan ini adalah lulusan Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Bandung juga memiliki kemampuan merencanakan suatu jaringan dan sistem komputer, serta menguasai dasar-dasar ilmu dan teknologi informasi sebagai landasan untuk pengembangan studi lanjutan.

    Untuk akreditas, Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Bandung juga mendapatkan akreditas B.

    3. Desain Komunikasi Visual

    Dalam era globalisasi sangat dibutuhkan kemampuan kompetisi global yang berakar pada kreativitas, inovasi, networking dan teknologi. Hal ini sangat membutuhkan tenaga ahli di bidang desain, terutama bidang Desain Komunikasi Visual dan Desain Produk Industri.

    Desain Komunikasi Visual Sekolah Tinggi Teknologi Bandung akan mencetak generasi yang unggul dan berdaya saing global hingga “Mampu mengelola media komunikasi, Mampu menghasilkan sebuah desain yang mengkomunikasikan maksud dan tujuan tertentu dengan memanfaatkan tanda, simbol, gambar, warna dan atau ilustrasi”.

    Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 8311/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2020, menyatakan bahwa Program Studi Desain Komunikasi Visual Sekolah Tinggi Teknologi Bandung, yaitu B (baik).

    4. Bisnis Digital

    Bisnis Digital berkembang sejalan dengan era globalisasi, teknologi informasi dan komunikasi yang memberikan pemahaman tentang pendekatan ataupun tata cara penting dalam meneliti, menganalisis dan memecahkan masalah-masalah manajerial.

    Lulusan program Bisnis Digital STT Bandung dibekali dengan pengetahuan, etika, kemampuan dan keterampilan untuk mengelola berbagai jenis organisasi secara komprehensif dalam bidang keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, dan operasional, serta mengambil keputusan stratejik.

    Fasilitas dan Layanan Kampus yang Memadai

    Alasan kuliah di STT Bandung selanjutnya adalah fasilitas yang disediakan untuk penunjang KBM mahasiswa sangat lengkap. Sekolah Tinggi Teknologi Bandung yang merupakan Sekolah Tinggi Terbaik Nomor 1 Tingkat Nasional dalam bagian Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ini memiliki 2 Gedung utama.

    Dengan gedung pertama memiliki 4 lantai dengan 25+ ruang kuliah dan gedung kedua dengan 20+ ruang kuliah yang lengkap dan nyaman sebagai penunjang dalam proses pembelajaran, seperti:

    • Gedung Kampus
    • Pos Keamanan
    • Parkiran
    • Selasar
    • Lobby
    • Laboratorium komputer
    • Laboratorium Manufaktur
    • Laboratorium Ergonomi
    • Ruang kelas (kekinian, proyektor, AC)
    • Mushola
    • Aula (Nyaman, proyektor ac).

    Banyaknya Organisasi Mahasiswa

    Alasan kuliah di STT Bandung selanjutnya adalah aktivitas mahasiswa dapat menunjang peningkatan soft skill. Hal ini dibuktikan melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). BEM Universitas STT Bandung sendiri merupakan organisasi mahasiswa intra kampus di STT Bandung yang menjadi penghubung antara mahasiswa dan Lembaga.

    Selain BEM, alasan kuliah di STT Bandung, yaitu kampus ini memiliki beberapa organisasi lainnya sebagai wadah mahasiswa untuk mempelajari dan mengeksplor banyak hal baru serta meningkatkan kemampuan dalam bidang yang diinginkan.

    Berikut organisasi mahasiswa yang disediakan.

    1. Himpunan

    Himpunan Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Bandung sebagai wadah aspirasi tiap Program Studi untuk menyalurkan segala inovasi, ide dan saran demi perkembangan Program Studi terkait. Himpunan Mahasiswa STT Bandung terdiri dari HMTI, HIMATIF, HMDKV dan Himpunan Bisnis Digital.

    2. LKM

    LKM STT Bandung menciptakan generasi yang unggul dalam bidang akademik dan memiliki nilai keagamaan yang baik pula.

    3. UKM

    Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) STT Bandung sebagai wadah kreatifitas Mahasiswa di segala penjuru bidang, mulai dari kesenian, olahraga, kreativitas dan lainnya untuk menciptakan sebuah ekosistem Mahasiswa yang berprestasi dan unggul sesuai dengan minat bakatnya masing-masing.

    4. KOMUNITAS

    Komunitas STT Bandung membangun solidaritas dan persaudaraan antara satu dan lainnya. Dalam hal ini komunitas STT Bandung mendorong untuk saling menghormati dan menghargai bukan untuk saling menyakiti.

    Beasiswa Bagi Mahasiswa

    Berikutnya, alasan kuliah di STT Bandung adalah tersedianya berbagai beasiswa. STT Bandung sangat mengapresiasi mahasiswa yang berprestasi. Untuk itu, setiap mahasiswa yang berprestasi diberikan beasiswa, baik yang berasal dari pemerintah, swasta maupun perusahaan diantaranya:

    • Beasiswa full 4 tahun (khusus reguler pagi)
    • Beasiswa prestasi (berlaku untuk kelas reguler pagi/malam/karyawan)
    • Jalur beasiswa PMDK (berlaku untuk kelas reguler pagi/malam/karyawan)
    • Beasiswa KIP Kuliah (khusus kelas reguler pagi)
    • Beasiswa Jabar Future Leader (JFL) (khusus kelas reguler pagi)
    • Beasiswa UKT/SPP Kuliah KEMENDIKBUD (berlaku semua kelas)
    • Beasiswa bantuan mahasiswa rawan melanjutkan pendidikan kota Bandung (berlaku semua kelas)
    • Beasiswa perusahaan

    Berkuliah di STTB dengan Pakai Danacita

    Itu dia alasan kuliah di STT Bandung yang perlu kamu ketahui. Jangan sampai mimpimu terhambat hanya karena terkendala biaya.

    STT Bandung telah bekerja sama dengan Danacita sebagai platform pembayaran yang banyak digunakan mahasiswa di seluruh Indonesia. Danacita merupakan platform pembiayaan kuliah terjangkau dengan misi untuk membuka akses pendidikan di seluruh Indonesia.

    Dengan mengajukan pembiayaan pendidikan di Danacita, biaya kuliahmu akan menjadi lebih ringan karena bisa dibayar bertahap mulai dari 6 hingga 24 bulan. Selain itu, Danacita sangat terpercaya karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain dengan STT Bandung, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 130 lembaga pendidikan di seluruh Indonesia baik itu formal maupun non formal.

    Untuk proses pengajuannya sendiri juga sangat mudah dan cepat secara online dengan maksimal 2 hari kerja serta kamu tidak perlu membayar DP, uang jaminan ataupun biaya lainnya.

    Mari kita wujudkan mimpi bersama-sama. Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-blog-leads-generation

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    stt bandung alasan kuliah di stt bandung
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri