Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Alternatif Sumber Pendanaan Biaya Kuliah yang Wajib Diketahui Mahasiswa dan Orang Tua

2022-09-21

Daftar isi

    Setelah lulus dari sekolah menengah, seorang pelajar harus menentukan apakah ia ingin meneruskan pendidikannya atau langsung bekerja. Ketika ia memilih untuk meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu berkuliah, maka harus melakukan banyak persiapan. Persiapan ini berupa finansial untuk biaya kuliah maupun persiapan diri.

    Dalam persiapan finansial, diperlukan biaya yang tidak sedikit untuk membiayai kuliah. Pada umumnya, sumber pendanaan biaya kuliah diberikan dari orang tua mahasiswa. Sayangnya, tidak semua orang tua mampu untuk membiayai pendidikan anaknya untuk berkuliah.

    Salah satu alasan sebagian pelajar memilih untuk tidak melanjutkan berkuliah adalah karena biaya kuliah yang masih tergolong tinggi, sehingga ia lebih memilih untuk bekerja agar tidak menambah beban orang tua. Padahal sebenarnya, terdapat alternatif pendanaan biaya kuliah yang bisa didapat tanpa perlu mengorbankan pendidikan mereka, inilah beberapa diantaranya.

    Beasiswa

    Beasiswa merupakan alternatif sumber pendanaan biaya kuliah yang paling umum untuk mahasiswa. Terdapat berbagai jenis beasiswa untuk mahasiswa, mulai dari beasiswa parsial atau sebagian sampai beasiswa penuh. Banyak sekali beasiswa yang bisa didaftar, mulai dari beasiswa dari pemerintah seperti Bidikmisi, sampai beasiswa non-formal yang diberikan oleh para donatur.

    Dengan mendapat beasiswa sebagai alternatif pendanaan biaya kuliah, kamu bisa terus melanjutkan pendidikan. Selain itu, sudah pasti biaya kuliahmu akan semakin ringan serta tidak terlalu membebani.

    Baca juga: Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengambil Cicilan Biaya Kuliah

    Tabungan Pendidikan dan Investasi

    Salah satu layanan produk yang diberikan oleh pihak bank adalah tabungan pendidikan. Dari tabungan pendidikan, sudah ditentukan jumlah dana dan bunga oleh pihak bank untuk memenuhi biaya pendidikan anak. Selain itu, bisa juga mencoba melakukan investasi, seperti investasi barang berharga atau properti.

    Hal yang perlu diingat bila tertarik melakukan ini adalah baik itu tabungan pendidikan maupun investasi, membutuhkan jangka yang panjang, sehingga harus mulai dilakukan jauh-jauh hari. Dengan memiliki tabungan pendidikan dan investasi, tentunya bisa menjadi salah satu sumber pendanaan biaya kuliah selain dari pendapatan orang tua.

    Pendanaan Kuliah dari Pihak Kampus

    Untuk beberapa kampus biasanya suka memberikan bantuan pendanaan yang khusus diperuntukkan bagi mahasiswa yang membutuhkan. Pendanaan dari kampus ini tentu bisa membantu mahasiswa yang kondisi ekonominya tergolong kurang mampu.

    Selain itu, bila kamu ingin mendapat pendanaan biaya kuliah ini, perlu diingat bahwa kalau ini bersifat ikatan dinas. Maka dari itu, biasanya setelah berhasil lulus kamu harus bekerja di tempat yang memberikan pendanaan tersebut. Jadi kamu harus benar-benar menyiapkan diri sebelum memutuskan untuk mengambil pendanaan biaya kuliah yang satu ini.

    Mencari Kerja

    Bila kamu merasa riwayat akademikmu tidak terlalu bagus sehingga sulit mendapat beasiswa, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mencari alternatif pendanaan biaya kuliahmu yang lain, yaitu dengan berusaha mencari kerja.

    Alternatif pendanaan biaya kuliah yang satu ini memiliki banyak manfaat, yaitu kamu bisa membantu meringankan beban orang tua dalam memenuhi biaya kuliah. Selain itu, kamu juga akan bisa terlatih sejak dini di dunia profesional sehingga setelah lulus nanti bisa lebih siap dalam mencari pekerjaan.

    Pendanaan Biaya Kuliah dari Pembiayaan Pendidikan

    Alternatif sumber pendanaan biaya kuliah lain yaitu bisa berasal dari pembiayaan pendidikan. Tidak ada salahnya untuk mengajukan pembiayaan pendidikan bila memang ingin memenuhi kebutuhan. Tentu kamu harus mencari lembaga yang sudah pasti aman dan harus hindari rentenir. Coba untuk kalkulasi terlebih dahulu biaya yang dibutuhkan lalu cari tahu lembaga yang terpercaya.

    Dari pemerintah, pihak bank menyediakan Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan pada umumnya, bunga yang diberikan sekitar 4% per bulannya. Bila dirasa masih terlalu tinggi, masih banyak lembaga non pemerintah yang memberikan layanan pembiayaan pendidikan dengan bunga yang rendah bahkan flat. Pengajuan pembiayaan pendidikan biasanya tidak diwajibkan memberi jaminan, hal ini dikarenakan memang bertujuan untuk membantu keberlangsungan pendidikan pelajar, sehingga kamu tidak perlu khawatir karena barang berharga bisa tetap aman.

    Kamu juga bisa cek: Mengapa Pembiayaan Pendidikan Bisa Membantu Para Mahasiswa dan Orang Tua

    Bila kamu merasa bahwa dengan mengajukan pembiayaan pendidikan bisa menjadi alternatif pendanaan biaya kuliah, salah satu platform terpercaya yang bisa kamu pilih adalah Danacita.

    Danacita adalah perusahaan finansial dan teknologi yang didirikan sejak tahun 2018 di Indonesia yang sudah membantu banyak pelajar dalam meringankan biaya pendidikan. Pelayanan yang diberikan oleh Danacita yaitu cicilan kuliah dan sudah berada di lebih dari 100 kampus di seluruh Indonesia dan sudah resmi diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Danacita juga telah dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi bersertifikasi ISO 27001. Selain itu, sejak tanggal 2 Agustus 2021, juga sudah diberi surat izin nomor KEP-68/D.05/2021 dalam Penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

    Jangka waktu yang ditawarkan Danacita mulai dari 6 sampai 24 bulan dan tanpa adanya uang DP juga uang jaminan. Mahasiswa tidak perlu khawatir tentang masalah bunga, karena Danacita menawarkan bunga yang flat sehingga tidak menjadi beban pikiran. Cara pengajuan cicilannya pun mudah, karena secara virtual, hanya dengan membuat akun di www.danacita.co.id, lalu melengkapi profil dan mengajukan pembiayaan. Selain itu, mahasiswa juga bisa kembali mengajukan cicilan untuk semester selanjutnya meskipun masih ada cicilan yang harus diselesaikan.

    Dalam menggapai cita-citamu meraih pendidikan yang lebih tinggi, kamu tidak perlu pusing lagi karena Danacita siap membantu biaya pendidikan dan sudah menjadi mitra resmi banyak Universitas ternama dan juga lembaga kursus lainnya, jadi sudah pasti aman dan terpercaya.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Biaya Kuliah alternatif biaya kuliah pendanaan biaya kuliah
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri