Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Mengapa Pembiayaan Pendidikan Bisa Membantu Para Mahasiswa dan Orang Tua

2022-03-01

Daftar isi

    Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan yang dibutuhkan manusia terlepas dari status sosial mereka. Para orang tua selalu mengusahakan hal terbaik untuk bisa membuat anak-anak mereka bisa mendapatkan pendidikan setinggi mungkin agar bisa meraih cita-cita. Sayangnya, bagi sebagian orang, keinginan tersebut bisa sulit diraih karena permasalahan biaya pendidikan yang terus meningkat.

    Dalam masalah biaya pendidikan, berbagai pihak mulai dari pemerintah maupun non pemerintah berusaha untuk mengatasinya, salah satunya dengan mengeluarkan keputusan cicilan pendidikan untuk para mahasiswa dan orang tua. Cicilan yang diusulkan pemerintah ini ternyata bisa membantu mahasiswa dan orang tua mereka yang memiliki kendala dalam ekonomi.

    Akses yang Mudah dan Cepat

    Bagi kamu yang belum tahu, pasti akan mengira bahwa proses pengajuan cicilan pendidikan itu ribet dan memusingkan. Padahal, dalam kenyataannya, proses ini tergolong mudah dan cepat. Mengapa? Karena diharapkan bisa membantu pelajar untuk meraih pendidikan yang diharapkan dengan mudah.

    Bagi para orang tua dengan segala jenis kebutuhan, terkadang bingung saat kebutuhan itu harus dipenuhi dalam waktu yang bersamaan. Orang tua dan mahasiswa juga harus paham betul atas konsekuensi dari institusi pendidikan untuk masalah tenggat waktu pembayaran biaya kuliah. Dengan memutuskan mengambil pinjaman pendidikan, maka akan membantu kamu mendapatkan dana yang mudah dan cepat.

    Baca juga: Alasan Mengapa Memilih Cicilan Kuliah Bisa Menjadi Solusi Bagi Mahasiswa Sekarang

    Bisa Terus Melanjutkan Pendidikan

    Source: Unsplash/Avery Evans

    Salah satu alasan mengapa sebagian mahasiswa terpaksa menunda atau berhenti berkuliah adalah karena masalah biaya. Hal ini sangat disayangkan karena seharusnya pendidikan bisa didapatkan untuk semua orang.

    Jika kamu memanfaatkan pinjaman pendidikan, maka kamu tidak perlu khawatir kalau kuliahmu harus tertunda atau terhenti. Kamu juga bisa mewujudkan keinginanmu untuk berkuliah di jurusan yang kamu inginkan tanpa perlu menurunkan standar karena masalah biaya. Dengan begitu, kamu bisa selangkah lebih dekat untuk menggapai cita-cita dan membuka peluang yang lebih besar lagi.

    Proses Pelunasan dengan Cicilan

    Dalam beberapa kasus tertentu, biaya pendidikan memerlukan jumlah yang tidak sedikit. Bukan hanya biaya per semester saja, tetapi juga berdasar jurusan yang dipilih, sampai biaya awal masuk, seperti uang pangkal, dan biaya lainnya.

    Untuk mendapatkan dana yang besar dan juga secara kontan tersebut nyatanya tidak mudah, karena biayanya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta. Dengan mengambil pinjaman pendidikan, kamu dan para orang tua tidak perlu khawatir lagi. Proses pelunasan untuk pinjaman pendidikan juga dengan cara dicicil setiap bulannya, jadi bisa lebih terasa ringan karena nominalnya sudah pasti tidak akan mengintimidasi.

    Tidak Perlu Sampai Menggadaikan Barang atau Jual Aset

    Salah satu cara dalam memenuhi biaya dalam jumlah besar dan waktu yang cepat adalah dengan menggadaikan barang sampai menjual aset yang dimiliki. Padahal, barang atau aset tersebut diniatkan sebagai investasi atau tabungan jangka panjang.

    Pinjaman pendidikan bisa membuat orang tua tidak perlu menggadaikan barang atau menjual aset yang dimiliki. Kamu jadi bisa memudahkan orang tuamu dan tidak menjadi khawatir karena barang atau aset tersebut bisa aman dan disimpan untuk masa depan.

    Bisa dicek juga: 4 Tips Cerdas Pilih Cicilan Biaya Kuliah Terjangkau Untuk MABA dan Mahasiswa Aktif

    Bunga yang Diberikan Rendah

    Dalam pinjaman pendidikan yang diberikan oleh pihak bank, biasanya memiliki bunga yang masih tergolong tinggi. Untungnya, sudah banyak layanan pinjaman pendidikan non pemerintah yang menawarkan pinjaman dengan bunga yang rendah. Karena itu, beban cicilan yang harus dilunaskan nantinya tidak akan meningkat drastis.

    Jika kamu berencana untuk mengambil pembiayaan pendidikan, salah satu platform yang bisa dituju adalah Danacita.

    Danacita adalah perusahaan finansial dan teknologi yang didirikan sejak tahun 2018 di Indonesia yang sudah membantu banyak pelajar dalam meringankan biaya pendidikan. Pelayanan yang diberikan oleh Danacita yaitu cicilan kuliah dan sudah berada di lebih dari 100 kampus di seluruh Indonesia dan sudah resmi diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Danacita juga telah dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi bersertifikasi ISO 27001. Selain itu, sejak tanggal 2 Agustus 2021, juga sudah diberi surat izin nomor KEP-68/D.05/2021 dalam

    Penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

    Jangka waktu yang ditawarkan Danacita mulai dari 6 sampai 24 bulan dan tanpa adanya uang DP juga uang jaminan. Mahasiswa tidak perlu khawatir tentang masalah bunga, karena Danacita menawarkan bunga yang flat sehingga tidak menjadi beban pikiran. Cara pengajuan cicilannya pun mudah, karena secara virtual, hanya dengan membuat akun di www.danacita.co.id, lalu melengkapi profil dan mengajukan pembiayaan. Selain itu, mahasiswa juga bisa kembali mengajukan cicilan untuk semester selanjutnya meskipun masih ada cicilan yang harus diselesaikan.

    Dalam menggapai cita-citamu meraih pendidikan yang lebih tinggi, kamu tidak perlu pusing lagi karena Danacita siap membantu biaya pendidikan dan sudah menjadi mitra resmi banyak Universitas ternama dan juga lembaga kursus lainnya, jadi sudah pasti aman dan terpercaya.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri