Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengambil Cicilan Biaya Kuliah

2022-03-01

Daftar isi

    Cicilan pendidikan merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan seseorang agar bisa terus melanjutkan pendidikannya setinggi mungkin. Sama seperti cicilan pada umumnya, sebelum mengambil cicilan pendidikan, kamu harus benar-benar mempersiapkannya agar nantinya tidak menjadi bumerang untuk diri sendiri. Maka dari itu, terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskannya.

    Mengetahui Kebutuhan Pendidikanmu

    Hal mendasar yang harus kamu perhatikan dan pikirkan adalah mengetahui kebutuhan pendidikanmu. Di zaman sekarang, pendidikan bukan hanya sekolah formal saja, tetapi bisa juga mengikuti pelatihan atau kursus. Kamu harus tau betul yang kamu butuhkan atau perlukan dan bayangan ke depannya. Mengapa? Agar kamu tidak salah menentukan kebutuhan dan nantinya cicilan yang sudah kamu ambil malah membebani kamu di kemudian hari. Jika kamu tertarik mengambil cicilan, bisa juga baca Alasan Mengapa Memilih Cicilan Kuliah Bisa Menjadi Solusi Bagi Mahasiswa Sekarang.

    Mencari Informasi Tujuan Pendidikan

    Source: Pexels/Pixabay

    Tentunya sebelum memutuskan mengambil cicilan pendidikan kamu harus tau hal-hal yang berkaitan dengan tujuan pendidikan. Misalnya, jika kamu ingin berkuliah, kamu harus mencari informasi tentang jumlah dana yang dibutuhkan, mulai dari biaya per semester, uang pangkal, dan biaya lainnya.

    Mencari Informasi Layanan Cicilan Pendidikan

    Selain informasi tujuan pendidikan, kamu juga harus mencari informasi sedetail mungkin tentang layanan cicilan yang kamu tuju, bisa berupa bank atau layanan yang non pemerintah. Kamu bisa membuat list dulu sebelumnya layanan mana yang kamu rasa bagus, aman, terjamin, dan cocok dengan kebutuhan kamu, lalu kamu bandingkan. Jika kamu mau tau tips cicilan kuliah bisa cek 4 Tips Cerdas Pilih Cicilan Biaya Kuliah Terjangkau Untuk MABA dan Mahasiswa Aktif

    Apa saja yang harus dibandingkan dari layanan cicilan? Berikut penjabarannya.

    Persyaratan cicilan

    Ini adalah hal penting yang harus diperhatikan dan dicari informasinya. Terdapat perbedaan persyaratan antara bank dan non pemerintahan, biasanya persyaratan dari bank lebih detail dan dari persyaratan non pemerintah tergantung dari yang ditetapkan oleh masing-masing layanan.

    Jika kamu lebih percaya mengambil cicilan pendidikan dari bank, maka kamu harus mau melengkapi persyaratan yang lebih detail, tetapi jika kamu tidak mau pusing, maka kamu bisa memilih layanan non pemerintahan.

    Plafon yang tersedia

    Pihak bank yang menyediakan cicilan pendidikan biasanya menyediakan plafon di kisaran angka lima juta sampai sampai ratusan juta (100-200). Sedangkan dari lembaga non pendidikan rata-rata di angka lima juta sampai puluhan juta. Kamu bisa sesuaikan plafon dengan kebutuhan pendidikanmu.

    Tenor yang diberikan

    Selanjutnya, kamu juga harus memperhatikan tenor atau berapa lama maksimal yang diberikan oleh layanan cicilan pendidikan. Pada umumnya, dari pihak bank tenor maksimal rata-ratanya mencapai 5 tahun. Tetapi ada juga yang hanya sampai 3 tahun. Sedangkan lembaga non pemerintahan biasanya maksimal 24 bulan, tetapi ada juga yang sampai 30 bulan.

    Perbandingan bunga yang ditawarkan

    Hal ini juga penting kamu perhatikan karena kamu perlu melakukan perbandingannya terhadap cicilan yang nantinya harus dibayar tiap bulannya. Tentunya kamu harus membandingkan bunga yang paling kecil agar nantinya kamu tidak akan kesulitan atau malah terjerat hutang saat masa pelunasan cicilan pendidikan.

    Kebijakan sebagai peminjam

    Tentu kamu harus paham atas kebijakanmu sebagai seorang peminjam, seperti hak atau kewajiban yang harus kamu lakukan. Ini harus kamu ketahui sebelum mengajukan cicilan pendidikan supaya nantinya, peraturan yang dibuat oleh layanan cicilan tidak akan menyulitkan kamu.

    Cara atau proses membayar cicilan

    Masing-masing layanan cicilan pendidikan akan membuat cara atau proses masing-masing sesuai dengan kebijakan mereka. Hal ini juga krusial dan benar-benar harus diperhatikan agar di saat masa pelunasan, kamu bisa terus melakukan pembayaran cicilan dengan tepat waktu. Kamu harus mencari layanan cicilan pendidikan mana yang memiliki cara atau proses pembayaran paling mudah dan tidak buat kamu ribet.

    Seberapa lama proses pencairan dana

    Ini juga tidak kalah penting dari hal-hal sebelumnya. Mengapa? Karena jika kamu sudah merencanakan dan menyiapkan pengajuan cicilan pendidikan dengan baik maka kamu harus tahu juga apakah proses pencairan dana bisa cepat. Perhatikan hal ini supaya cicilan yang kamu ajukan tidak memakan proses lama dan ribet, karena bisa saja kamu membutuhkannya di waktu dekat.

    Jika kamu tertarik untuk mengajukan cicilan pendidikan, kamu bisa coba mengajukan ke Danacita.

    Danacita adalah perusahaan finansial dan teknologi yang didirikan sejak tahun 2018 di Indonesia yang sudah membantu banyak pelajar dalam meringankan biaya pendidikan. Pelayanan yang diberikan oleh Danacita yaitu cicilan kuliah dan sudah berada di lebih dari 100 kampus di seluruh Indonesia dan sudah resmi diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Danacita juga telah dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi bersertifikasi ISO 27001. Selain itu, sejak tanggal 2 Agustus 2021, juga sudah diberi surat izin nomor KEP-68/D.05/2021 dalam

    Penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

    Jangka waktu yang ditawarkan Danacita mulai dari 6 sampai 24 bulan dan tanpa adanya uang DP juga uang jaminan. Mahasiswa tidak perlu khawatir tentang masalah bunga, karena Danacita menawarkan bunga yang flat sehingga tidak menjadi beban pikiran. Cara pengajuan cicilannya pun mudah, karena secara virtual, hanya dengan membuat akun di www.danacita.co.id, lalu melengkapi profil dan mengajukan pembiayaan. Selain itu, mahasiswa juga bisa kembali mengajukan cicilan untuk semester selanjutnya meskipun masih ada cicilan yang harus diselesaikan.

    Dalam menggapai cita-citamu meraih pendidikan yang lebih tinggi, kamu tidak perlu pusing lagi karena Danacita siap membantu biaya pendidikan dan sudah menjadi mitra resmi banyak Universitas ternama dan juga lembaga kursus lainnya, jadi sudah pasti aman dan terpercaya.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri