Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Apa 7 Hal Penting dalam Persiapan Kuliah Calon Mahasiswa?

2023-02-23

persiapan-kuliah

Daftar isi

    Hai calon mahasiswa! Tak terasa sudah ingin masuk masa perkuliahan. Untuk kamu yang baru lulus SMA, masuk dunia perkuliahan pastinya jadi suatu momen yang ditunggu-ditunggu. Meskipun terdengar menyenangkan, tapi jangan dianggap remeh lho!

    Kamu perlu memperhatikan beberapa persiapan, karena pindah dari kehidupan SMA ke universitas merupakan fase baru yang pastinya berbeda banget dengan kebiasaanmu sebelumnya.

    Kira-kira apa saja persiapan kuliah yang harus diperhatikan? Yuk, simak artikel ini sampai selesai ya!

    Persiapan Kuliah Bagi Calon Mahasiswa Baru

    Transisi calon mahasiswa mencakup adaptasi akademik, mental, lingkungan pertemanan, dan lingkungan hidup, terutama yang berencana akan kos di dekat kampus.

    Masa transisi dari sekolah ke kuliah butuh persiapan baik secara fisik dan mental agar studi dan adaptasi berjalan lancar. Berikut persiapan kuliah yang perlu disiapkan sebelum kuliah.

    1. Mempersiapkan Diri untuk Mengikuti Tahapan Seleksi

    Persiapan kuliah pertama adalah persiapkan diri dan ikuti tahapan seleksi. Ketika sudah mendaftar, kamu harus memahami pula proses seleksi di perguruan tinggi yang dipilih. Umumnya, perguruan tinggi akan meminta setiap calon mahasiswa baru untuk melampirkan berkas-berkas tertentu.

    Tiap perguruan tinggi tentu memilih aturan seleksi masing-masing, sehingga kamu harus lebih aktif dan teliti lagi dalam memahami informasi pendaftaran yang ada.

    Jika kamu memilih perguruan tinggi negeri, umumnya ada dua jenis seleksi yang akan kamu temukan yakni jalur tanpa tes (jalur SNMPTN) dan jalur menggunakan tes (SBMPTN, Jalur Mandiri).

    Jika kamu memilih perguruan tinggi swasta, umumnya akan ada beberapa macam seleksi yang akan kamu temukan seperti seleksi tanpa tes tertulis (berdasarkan nilai rapor) dan seleksi dengan tes tertulis, serta ada pula perguruan tinggi swasta yang menambahkan tahapan wawancara pada tahap akhir seleksinya.

    2. Persiapan Mental

    Persiapan kuliah berikutnya, yaitu mental. Persiapan mental di sini maksudnya kamu harus bisa membedakan mental saat sekolah dengan kuliah. Kalau di sekolah biasanya kamu sering diberikan informasi dari guru, lain halnya dengan kuliah.

    Di kuliah, kamu harus aktif mencari semua informasi yang ada di kampus, mulai dari jadwal ujian hingga kehadiran dosen. Kamu dituntut menjadi mandiri dan dosen pun tidak akan 'menyuapi' pembelajaran terus menerus. Harus ada kesadaran penuh untuk mempelajari materi kuliah.

    3. Cari Informasi Lengkap tentang Kampus

    Persiapan kuliah yang tak kalah pentingnya adalah mencari informasi lengkap tentang kampus. Masuk ke lingkungan baru tentu saja membuat kamu harus beradaptasi dengan lingkungan tersebut.

    Maka, sebelum masuk dan memulai pelajaran pertama di kampus, kamu wajib banget cari tau hal-hal apa saja yang ada di kampusmu. Info yang kamu dapat mengenai kampusmu bisa menjadi senjata utama untuk beradaptasi di lingkungan baru loh!

    Untuk sementara, kamu bisa mencari informasi mengenai kampusmu melalui internet atau media sosial. Tapi, nanti waktu kamu sudah resmi jadi mahasiswa baru, kamu jangan malu bertanya kepada senior, dosen, teman, atau staff-staff kampus mengenai hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang kampusmu sendiri!

    Pelajari juga tentang sistem administrasi yang berhubungan dengan nilai akademik, misalnya cara mengurus Kartu Rencana Studi (KRS) dan Satuan Kredit Semester (SKS).

    4. Time Management yang Baik

    Persiapan kuliah selanjutnya adalah mengatur waktu dengan baik. Perlu kamu ketahui jam belajar di sekolah dan di kampus itu berbeda. Di sekolah kita memiliki jam belajar yang pasti, misal dari jam 7 pagi sampai jam 3 sore. Jadi siap-siap saja dengan jadwal kuliah yang akan terkesan berganti-ganti.

    Belum tentu setiap hari ada kuliah, tapi bisa jadi satu hari full semua mata kuliah. Persiapkan diri untuk kelas pengganti dan kelas tambahan. Ditambah juga dengan tugas kelompok, ujian, kepanitiaan dan kegiatan non akademik.

    Baca juga: Apa Itu SKS Kuliah yang Wajib Dipahami Calon Maba?

    5. Memiliki Gadget Penunjang Kuliah

    Gadget penunjang menjadi salah satu persiapan kuliah yang tak kalah pentingnya. Sebab, kegiatan dalam dunia perkuliahan biasanya tidak selalu menggunakan textbook sebagai sumber referensi.

    Seringkali dosen juga akan meminta mahasiswa mencari referensi baru dengan memanfaatkan laptop atau tablet untuk menunjang kegiatan perkuliahan. Untuk itu, pastikan laptop atau tablet masuk dalam daftar yang wajib kamu miliki sebelum masuk dunia perkuliahan ya!

    Selain untuk memudahkan dalam mencari referensi bahan belajar, gadget yang kamu miliki juga akan menjadi modal dasar untuk kamu mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen. Usahakan kamu memilih gadget yang praktis dibawa ke mana supaya kamu bisa mengerjakan tugas kuliah dimanapun kamu berada.

    6. Mencari Kost-kostan

    Bagi kamu yang merantau, mencari kost menjadi salah satu persiapan kuliah yang penting. Mengingat kost-kostan akan menjadi rumah di kota rantau, kamu harus mencari rumah kost yang aman, nyaman dan memiliki fasilitas yang dapat menunjang aktivitas. Ada baiknya lagi jika kamu mencari kost yang dekat dengan lokasi kampus guna memudahkan kamu dalam menjangkau kampus.

    7. Belajar Atur Uang

    Calon mahasiswa baik yang akan tinggal terpisah maupun masih bersama orang tua perlu belajar mengatur keuangan sehari-hari secara mandiri. Memasuki perkuliahan, ada banyak kegiatan peningkatan kompetensi akademik dan skill yang bisa kamu temukan. Jika kamu tidak menemukan opsi gratis untuk mahasiswa, perhatikan kegiatan mana yang membutuhkan anggaran prioritas, seperti dikutip dari Mind.

    Perlu diingat, buku dan referensi perkuliahan cetak dan digital juga butuh anggaran setiap semester kendati beberapa di antaranya tersedia di perpustakaan kampus atau fakultas. Jadi, urutkan estimasi kebutuhan di kampus dan atur pengeluaran agar tidak membengkak untuk kegiatan yang kurang perlu.

    Nah, itu dia persiapan kuliah yang harus kamu perhatikan. Memang persiapan kuliah tidak mudah tapi dengan mencicil hal-hal di atas, maka akan membantumu agar bisa beradaptasi dengan lebih mudah di dunia perkuliahan.

    banner-blog-leads-generation

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    persiapan kuliah mahasiswa persiapan kuliah
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri