Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Apa Itu Passive Income dan Bagaimana Cara Mendapatkannya Agar Bisa Untung

2022-09-22

Daftar isi

    Untuk bisa mendapatkan penghasilan yang dapat mencukupi kebutuhan, banyak cara yang bisa dilakukan selain bekerja. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan memiliki passive income. Di zaman sekarang sudah tidak sedikit orang dengan pendapatan yang dihasilkan bukan hanya dari pekerjaan utama, tapi juga dari passive income. Cara ini dilakukan karena keuntungan yang didapat bisa menyamai atau bahkan melebihi pendapatan utama. Selain itu, kamu juga bisa tetap mendapat penghasilan dari passive income meskipun kamu sedang tidur sekalipun.

    Dengan passive income, maka kamu tidak hanya bergantung pada satu sumber penghasilan, tapi masih ada sumber lain yang bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan. Berikut ini informasi mengenai apa itu passive income dan bagaimana cara mendapatkannya agar kamu bisa selalu untung.

    Apa itu passive income?

    Passive income merupakan pendapatan yang didapat dari berbagai macam kegiatan seperti menyewakan properti atau kegiatan lainnya di mana kamu tidak harus aktif melibatkan diri dalam melakukannya. Untuk jenis passive income sendiri secara umum terbagi ke dalam tiga kategori. Pertama yaitu paper asset seperti kepemilikan saham, usaha bisnis dimana kamu tidak dengan aktif, dan yang terakhir yaitu penyewaan properti seperti kontrakan.

    Memang pada kenyataannya, memiliki passive income bukan merupakan kewajiban yang harus dilakukan. Tapi dengan melakukannya maka kamu akan mendapat banyak keuntungan.

    • Kamu dapat memperoleh pendapatan yang berkali lipat lebih dibanding hanya dengan fokus pada pekerjaan utama
    • Bisa menjadi dana persiapan yang bisa digunakan nanti di masa tua
    • Mendapat passive income dengan berinvestasi bisa memiliki keuntungan yang terus meningkat seiring waktu berganti
    • Tidak perlu terjebak dengan pendapatan yang stagnan dari pekerjaan utamamu

    Cara mendapatkan passive income

    Setelah mengetahui apa itu passive income, berikut penjelasan bagaimana cara mendapatkannya yang bisa mulai kamu coba.

    1. Investasi

    Kalau dalam keseharian kamu sibuk bekerja dengan waktu luang yang sedikit, dengan melakukan investasi bisa menjadi solusi untuk bisa mendapat passive income. Cara ini tergolong mudah karena sekarang investasi bisa dilakukan kapan saja di mana saja hanya dengan menggunakan gadget. Nominal yang dipatok juga tidak besar, banyak layanan investasi yang memiliki nilai minimal modal yang kecil. Sebelum melakukan investasi, pastikan kamu harus sudah mempelajari dan menyiapkannya sebaik mungkin untuk meminimalisir kesalahan dan kerugian.

    Baca juga: Cara Mulai Melek Investasi Bagi Mahasiswa dan Pemula

    2. Jualan online

    Source: Pixabay.com/Mediamodifier

    Di era digital sekarang, sudah banyak kegiatan yang bergeser prosesnya secara online sehingga lebih mudah dilakukan, termasuk untuk berjualan. Pilihan berjualan online bisa menjadi salah satu cara untuk kamu mendapat passive income. Sudah banyak masyarakat Indonesia yang sering berbelanja online, jadi kamu tidak perlu khawatir jualanmu tidak akan laku. Dengan berjualan online, kamu masih dapat mengerjakan pekerjaan utama karena segala prosesnya yang mudah melalui gadget.

    3. Berpartisipasi dalam program afiliasi

    Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mendapat passive income adalah dengan berpartisipasi dalam program afiliasi. Pada umumnya, dalam program afiliasi kamu hanya ditugaskan untuk mempromosikan suatu brand atau produk dari suatu perusahaan. Kini sudah banyak perusahaan yang mengadakan program afiliasi. Semakin banyak pembeli yang melakukan transaksi karena promosimu, maka akan semakin besar komisi yang bisa didapat.

    Baca juga: 3 Cara Mudah Cari Uang Tambahan Untuk Mahasiswa dan Sahabat Danacita

    4. Menjadi content creator di Youtube atau Tiktok

    Buat kamu yang memiliki minat menjadi content creator, tidak ada salahnya untuk mencobanya di platform seperti Youtube. Bila kamu tidak memiliki waktu atau kemampuan dalam membuat video panjang, kamu juga bisa memanfaatkan platform Tiktok. Memang di awal-awal kamu tidak langsung bisa mendapat keuntungan. Tapi bila dilakukan dengan konsisten dengan isi konten yang bagus, menghibur juga bermanfaat, maka kamu pasti akan bisa mendapatkan passive income dari sini.

    Begitulah penjelasan mengenai apa itu passive income dan bagaimana caranya. Jangan salah, dengan memiliki passive income, akan memberi penghasilan tambahan untukmu. Dengan begitu, kamu bisa memenuhi berbagai kebutuhan penting. Bila dalam masa awal-awal mendapatkan passive income kamu masih belum mendapat keuntungan yang cukup untuk kebutuhan termasuk pendidikan, tidak perlu khawatir. Kamu bisa mencoba mengajukan pembiayaan pendidikan di platform Danacita untuk meringankan biaya kebutuhanmu.

    Danacita adalah perusahaan finansial dan teknologi yang didirikan sejak tahun 2018 di Indonesia yang sudah membantu banyak pelajar dalam meringankan biaya pendidikan. Pelayanan yang diberikan oleh Danacita yaitu cicilan kuliah dan sudah berada di lebih dari 100 kampus di seluruh Indonesia dan sudah resmi diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Danacita juga telah dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi bersertifikasi ISO 27001. Selain itu, sejak tanggal 2 Agustus 2021, juga sudah diberi surat izin nomor KEP-68/D.05/2021 dalam Penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

    Jangka waktu yang ditawarkan Danacita mulai dari 6 sampai 24 bulan dan tanpa adanya uang DP juga uang jaminan. Mahasiswa tidak perlu khawatir tentang masalah bunga, karena Danacita menawarkan bunga yang flat sehingga tidak menjadi beban pikiran. Cara pengajuan cicilannya pun mudah, karena secara virtual, hanya dengan membuat akun di www.danacita.co.id, lalu melengkapi profil dan mengajukan pembiayaan. Selain itu, mahasiswa juga bisa kembali mengajukan cicilan untuk semester selanjutnya meskipun masih ada cicilan yang harus diselesaikan.

    Dalam menggapai cita-citamu meraih pendidikan yang lebih tinggi, kamu tidak perlu pusing lagi karena Danacita siap membantu biaya pendidikan dan sudah menjadi mitra resmi banyak Universitas ternama dan juga lembaga kursus lainnya, jadi sudah pasti aman dan terpercaya.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    apa itu passive income passive income
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri