Icon - Exclamation Ikuti Pameran Pendidikan Virtual dan Talkshow Demi Masa Depan, Gratis! 7 - 16 Oktober 2021. 

21 Institusi Pendidikan Indonesia, 15+ Pembicara dan berbagai promo menarik lainnya. Daftar sekarang!

Close - Icon
Default Avatar

Written By

Aurora Andini

3 Cara Mudah Cari Uang Tambahan untuk Mahasiswa dan Sahabat Danacita

2021-09-14

Melanjutkan pendidikan tinggi atau kuliah dan menjadi mahasiswa merupakan salah satu fase penting. Tidak hanya kamu menjalankan masa transisi dari SMA ke bangku pendidikan tinggi, namun juga belajar tanggung jawab dan mandiri sebagai perjalan menuju masa dewasa.

Tidak hanya bagaimana cara membuat keputusan mandiri seperti memilih jurusan atau universitas, belajar bagaimana mengatur keuangan adalah satu hal penting yang menjadi tantangan yang wajib kamu pelajari. Dengan seiiring berjalannya waktu, kebutuhan kamu sebagai seorang individual yang mandiri akan semakin bertambah dan kamu mungkin segan atau tidak bisa lagi bergantung pada uang tambahan dari orang tua.

Kebutuhan seperti kebutuhan sehari-hari, sandang dan pangan, tabungan masa depan, dan juga biaya kuliah adalah beberapa contoh pengeluaran yang mesti mulai diperhatikan saat memasuki fase dewasa.

Uang tambahan atau passive income, bisa membantu anak kuliah tidak hanya bergantung pada satu sumber penghasilan saja karena ada sumber penghasilan lain yang bisa diandalkan tiap bulannya.

Meski pandemi menyebabkan keterbatasan pada banyak hal, bukan berarti kamu tidak bisa mencari peluang. Peluangmu terbuka lebar di zaman serba digital ini asal jeli mencarinya. Yuk simak 4 cara berikut dapatkan penghasilan tambahan agar cash flow bulanan tetap lancar!

Thumbnail - Passive Incomepng

Freelancer

Kamu punya hobby atau skill yang sedang kamu pelajari atau bahkan sudah lama berkutat di bidangnya? Menjadi seorang freelancer atau monetisasi skill kamu bisa menjadi ladang untuk menambah penghasilan passive income mahasiswa.

Selain mendapatkan uang lebih, kamu juga bisa sekalian belajar digital marketing dengan mempromosikan keahlianmu di sosial media. Situs seperti Sribulancer atau Uptowork bisa jadi portal awal untuk mencoba menjadi freelancer dan monetisasi skill dan hobby kamu sebagai seorang mahasiswa.

Contohnya jika kamu memiliki hobi fotografi dan memiliki kamera atau smartphone yang mumpuni, kamu bisa menjual foto kamu di portal seperti Shutterstock, iStock, atau 500px. Tidak hanya bisa mendapatkan penghasilan kamu, kamu juga bisa mulai membuat portofolio sebagai fotografer.

Foto-foto yang kamu tampilkan di platform tersebut dapat dibeli atau digunakan oleh para pembuat konten untuk elemen visual tambahan. Salah satu tips untuk menggarap toko visual kamu adalah memiliki topik yang konsisten dan jelas.

Punya hobi desain grafis atau aset marketing seperti logo, banner, atau invitation? Ini juga bisa jadi bahan bagus untuk menjualnya di platform seperti Etsy atau Creative Market.

Sebelum menentukan karya apa yang ingin kamu buat dan jual, pastikan kamu sudah tahu siapa target pasar dan sebagai reminder, karya seni sangatlah bergantung pada orisinalitas. Pastikan karya seni yang kamu buat memiliki keunikan dan gayanya sendiri agar memiliki daya tarik sendiri.

Contohnya adalah InstagramLeuga_ID, creatornya memiliki hobi memainkan Lego dan memiliki ide cerdas untuk membuka jasa untuk pelayanan pembuatan custom Lego untuk ucapan ulang tahun contohnya.

Uang tambahan Mahasiswa - Example

Source image: Leuga_ID Instagram

Jangan takut untuk memulai freelance atau usaha sampinganmu kecil-kecilan yang berawal dari hobi kamu.

Micro Blog

Istilah microblogging mengacu pada cara pembuatan konten dengan tulisan pendek yang disertai materi foto atau video di dalamnya. Kamu bisa memulai dengan mencari topik general yang menarik untuk kamu pribadi, seperti review informasi terkait produk atau tren yang sedang tren di mahasiswa.

Selain bisa mengasah skill menulismu, microblog juga bisa menjadi sumber penghasilan dan juga portofolio menulis kamu dikemudian hari. Cara monetisasinya juga beragam, salah satunya adalah Google AdSense.

Mungkin kamu sudah pernah mendengar tentang Google AdSense dari Youtuber favoritmu. Namun tidak hanya tersedia untuk Youtube, Google AdSense juga tersedia untuk blog. Kamu bisa menampilkan iklan pada setiap blog post kamu dengan cara menghubungkan blog kamu dengan Google AdSense.

Kamu bisa mendapat keuntungan setiap kali pengunjung mengklik iklan di postingan Anda. 

Setelah akun Google AdSense kamu aktif, ada dua cara yang bisa kamu pilih dalam menampilkan iklan di dalam postingan:

  • Auto Ads – Sesuai dengan namanya. Google akan secara otomatis memilihkan tipe iklan yang paling tepat untuk postingan kamu. Ini adalah opsi simple dan cepat.
  • Ad Units – Dengan opsi ini, kamu bisa menentukan sendiri tipe, ukuran dan posisi iklan di dalam postingan Anda.

Tak usah khawatir, Google memiliki panduan lengkap yang simple untuk kamu pelajari. Walau terdengar sederhana, mendapat passive income dari blog membutuhkan kesabaran. Tidak hanya diperlukan konten yang berkualitas untuk mendapatkan pembaca, namun hal lainnya yang tidak kalah penting adalah konsistensi postingan kamu. Hal ini bisa dibilang merupakan project slowburn yang memiliki potensi besar dikemudian hari.

Mengikuti Program Afiliasi

Afiliasi adalah salah satu ide passive income yang populer. Alasannya simple: cara mempraktikkannya sangat sederhana. Program afiliasi adalah dimana kamu mempromosikan dan menyebarkan suatu layanan kepada teman dan circle kamu, Jika teman kamu tertarik dan akhirnya menggunakan layananan tersebut, maka kamu akan mendapatkan komisi.

Sahabat Danacita

Sahabat Danacita - Poster

Sahabat Danacita adalah program afiliasi dari Danacita yang bertujuan untuk menggalang kesadaran dan literasi keuangan pada mahasiswa Indonesia. Tidak hanya untuk uang tambahan, Sahabat Danacita bisa menjadi cara kamu membantu teman dan circle kamu untuk mengenalkan Danacita sebagai solusi untuk mencapai tujuan pendidikan mereka dalam hal uang kuliah. Jadi tentunya ini tidak hanya menguntungkan untuk kamu namun juga untuk semua mahasiswa untuk memiliki program biaya kuliah dan kursus yang lebih baik untuk financial flow mahasiswa.

Bagaimana cara bergabung?

Caranya gampang banget, kamu bisa daftar ke danacita.co.id/s/sahabatdanacita-student dan tim Danacita akan segera menghubungi kamu untuk menjelaskan lebih lanjut program #SahabatDanacita.

Apa yang akan didapatkan?

Tidak hanya membantu memperluas finacial literacy dan mendapatkan uang tambahan sebagai mahasiswa. Banyak manfaat untuk anak kuliah yang mengikuti Sahabat Danacita, seperti:

  1. Reward untuk setiap mahasiswa yang menggunakan Danacita dari rekomendasi kamu
  2. E-certificate atas partisipasi kamu dalam memfasilitasi akses pendidikan di Indonesia
  3. Akses eksklusif ke acara yang diadakan oleh Danacita untuk Sahabat Danacita
  4. Peluang networking yang luar biasa

Skema Reward di Sahabat Danacita

Skema Reward yang bisa didapatkan oleh anak kuliah yang mengikuti Sahabat Danacita adalah sebagai berikut:

  1. Rp20.000 saat teman rujukan kamu mengajukan aplikasi pinjaman
  2. Rp50.000 saat aplikasi pinjaman teman rujukan kamu telah aktif
  3. Cashback Rp 50.000 untuk rekomendasi teman saat redeem code dari rujukan Sahabat Danacita.

Sahabat Danacita terbuka untuk semua mahasiswa termasuk tahun pertama. Ini adalah program mudah untuk mahasiswa membantu mahasiswa lain mendapatkan pendidikan tinggi terjangkau dan juga mendapatkan uang tambahan untuk anak kuliah. Jadi tunggu apa lagi, yuk daftar menjadi #SahabatDanacita sekarang dan ikut serta dalam revolusi pendidikan Indonesia bersama Danacita di danacita.co.id/s/sahabatdanacita-student.

Untuk solusi cerdas bayar kuliah dan merencanakan keuangan untuk bayar pendidikan, kamu bisa menggunakan Danacita agar kuliah dan keuangan tetap lancar.

Also tagged with

Finlit sahabat danacita uang tambahan
Default Avatar

Written By

Aurora Andini