Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Apa Saja 5 Prospek Kerja Jurusan Sastra Mandarin?

2022-09-08

Daftar isi

    Kamu ingin mengambil jurusan kuliah bahasa asing tapi masih bingung ambil yang mana? Mungkin sastra Mandarin bisa jadi pilihan paling tepat untukmu. Melihat kerja sama antara Indonesia-Cina membuat jurusan Sastra Mandarin menjadi lebih diperhitungkan.

    Saat ini banyak sekali perusahaan asal Cina yang beroperasi di Indonesia. Bahkan tak sedikit eksekutif perusahaan yang dijabat oleh warga negara Cina langsung. Hal ini membuat penerjemah bahasa Mandarin semakin dibutuhkan.

    Selain melihat prospek kerja jurusan Sastra Mandarin yang terlihat cerah, kamu juga harus menyesuaikannya dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Sebab, bahasa Mandarin adalah salah satu bahasa tersulit di dunia. Tapi bukan berarti tidak bisa dipelajari.

    Berikut ini adalah informasi mengenai prospek kerja jurusan Sastra Mandarin supaya kamu semakin tertarik menjadi mahasiswa jurusan Sastra Mandarin.

    Apa itu jurusan Sastra Mandarin

    Sastra Mandarin adalah salah satu program studi atau jurusan yang mempelajari seputar kebahasaan khususnya Mandarin. Sama halnya dengan bahasa lain, di dalam bahasa Mandarin kamu akan mempelajari berbagai hal, mulai dari pronounce atau pengucapan, grammar atau tata bahasa, listening atau kemampuan mendengar, hingga speaking atau kemampuan berbicara.

    Tak berbeda jauh dengan Sastra Indonesia, Sastra Mandarin juga mempelajari seputar kebudayaan dan literasi hingga karya-karya sastra dari Negeri Tirai Bambu tersebut. Seorang sarjana Sastra Mandarin memerlukan waktu sebanyak 3,5 hingga 4 tahun untuk menyelesaikan studinya. Adapun gelar yang didapat apabila program studi Sastra Mandarin terdaftar di Fakultas Ilmu Budaya adalah Sarjana Humaniora (S.Hum.) atau di Fakultas Bahasa dan Sastra dengan gelar Sarjana Sastra (S.S.) dan/atau Sarjana Linguistik (S.Ling.).

    Kenapa kamu harus masuk jurusan Sastra Mandarin

    Di dunia pekerjaan saat ini, bahasa Mandarin memiliki kedudukan yang hampir sama dengan bahasa Inggris. Banyak perusahaan yang membutuhkan seseorang dengan kemampuan berbahasa Mandarin. Jurusan Sastra Mandarin menjadi sangat potensial karena jumlah pengguna bahasa Mandarin di Indonesia tidak sebanyak jumlah pengguna bahasa Inggris. Sedangkan kebutuhan perusahaan akan tenaga penerjemah bahasa Mandarin terus meningkat.

    Jika memang lulusan Sastra Mandarin sangat dibutuhkan, lantas apa saja prospek kerja jurusan Sastra Mandarin? Berikut daftarnya.

    Prospek kerja jurusan sastra mandarin

    1: Penerjemah

    Prospek kerja jurusan Sastra Mandarin yang pertama adalah penerjemah. Penerjemah merupakan pekerjaan umum dan paling banyak diminati dan dibutuhkan. Biasanya lulusan Sastra Mandarin akan ditempatkan sebagai penerjemah pada suatu manajemen perusahaan. Kamu akan bekerja sebagai “penyambung lidah” untuk perusahaan dalam melakukan kerja sama dengan perusahaan asal Cina. Selain itu, penerjemah juga bisa bekerja di bidang perfilman dengan mentransliterasikan film-film asal Cina ke bentuk Takarir bahasa Indonesia.

    2: Tour guide

    Salah satu prospek kerja jurusan Sastra Mandarin yang paling umum selanjutnya adalah Tour Guide. Sebagai Tour Guide, tentunya kamu akan memandu turis asal Cina ke tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia. Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang menarik perhatian warga negara asing tak terkecuali Cina. Profesi ini menjadi lebih menguntungkan karena banyak warga negara Cina yang tidak memahami bahasa selain bahasa Mandarin. Oleh karena itu, menjadi Tour Guide merupakan salah satu pilihan yang tepat.

    3: Jurnalis

    Prospek kerja jurusan Sastra Mandarin selanjutnya adalah Jurnalis. Profesi ini berkaitan erat dengan media pemberitaan. Bukan tidak mungkin kamu akan ditempatkan untuk meliput kabar secara langsung dari Cina atau bahkan bekerja di perusahaan media di Cina.

    4: Tenaga Pengajar

    Prospek kerja jurusan Sastra Mandarin berikutnya yang perlu kamu ketahui adalah tenaga pengajar. Menjadi tenaga pengajar bahasa asing memiliki banyak keuntungan. Hal ini dikarenakan banyak orang yang mengikuti kursus bahasa asing, tak terkecuali bahasa Mandarin. Dengan menjadi tenaga pengajar, kamu bisa membuka kelas privat secara mandiri atau bekerja di suatu instansi kursus bahasa. Bahkan kamu juga bisa mengajar sebagai dosen dengan memiliki gelar magister terlebih dahulu.

    5: Bekerja di Kementerian Luar Negeri

    Prospek kerja jurusan Sastra Mandarin yang terakhir adalah Kemenlu atau Kementerian Luar Negeri. Kemenlu merupakan salah satu jenis pekerjaan yang paling diminati oleh para lulusan Sastra Mandarin. Bekerja di instansi pemerintahan, khususnya Kemenlu, selain kamu nantinya akan mendapatkan gaji yang besar, kamu pun akan mendapatkan koneksi global bila ditempatkan di kedutaan besar Indonesia di Cina dan masih banyak lagi benefit yang akan kamu rasakan.

    Kampus rekomendasi jurusan sastra mandarin : UNNES

    Sayangnya, perguruan tinggi yang menyediakan program studi Sastra Mandarin masih terbilang sangat sedikit di Indonesia. Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi karena Universitas Negeri Semarang (UNNES) telah menyelenggarakan pendidikan Sarjana Sastra Mandarin dan menjadi satu-satunya kampus di Jawa Tengah yang memiliki jurusan tersebut.

    Program studi Sastra Mandarin UNNES memiliki predikat A. Hal ini membuktikan bahwa Sastra Mandarin UNNES memiliki kualitas akademik yang sangat baik dari segi fasilitas dan tenaga pendidiknya. Adapun kualifikasi yang dihasilkan oleh program studi Sastra Mandarin UNNES yaitu mencetak tenaga ahli dalam pendidikan dan pengajaran bahasa Mandarin atau guru bahasa Mandarin yang andal dan terampil berbahasa Mandarin secara lisan maupun tulisan. Tenaga ahli tersebut akan memenuhi kebutuhan lapangan kerja, sektor pemerintah maupun swasta seperti kebutuhan tenaga guru bahasa Mandarin.

    Itu dia informasi terkait prospek kerja jurusan Sastra Mandarin dan rekomendasi kampus pilihan. Penuhi kebutuhan perkuliahan kamu dengan menggunakan Danacita sebagai media pembayaran yang memudahkan dengan cara dicicil. Ketahui info lengkapnya di sini!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    prospek kerja jurusan sastra mandarin UNNES sastra cina sastra mandarin
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri