Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Apa Saja 9 Keuntungan Kuliah untuk Masa Depan?

2023-02-23

keuntungan-kuliah

Daftar isi

    Bagi pelajar yang baru lulus sekolah menengah dalam melanjutkan kehidupan, terdapat beberapa pilihan, salah satunya berkuliah. Mengingat pentingnya pendidikan di perguruan tinggi, tentu harus mendorong kamu untuk bersemangat menempuh studi karena saat ini banyak sekali perguruan tinggi yang membuka program beasiswa.

    Nah, buat kamu yang masih menimbang-nimbang bagaimana langkah selanjutnya setelah lulus SMA, pahami dulu yuk keuntungan kuliah!

    Keuntungan Kuliah untuk Masa Depan

    Pendidikan menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan masa depan seseorang. Semakin tinggi jenjang pendidikan yang diraih seseorang, maka semakin besar pula peluang untuk meraih masa depan yang cerah.

    Setiap orang tentu memiliki alasan tersendiri untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Walaupun sebagian besar orang bertujuan untuk memiliki karir yang lebih baik setelah lulus dari bangku kuliah.

    Selain untuk karir, ada banyak sekali manfaat kuliah yang bisa kamu dapatkan. Seperti berikut ini.

    1. Memiliki Pengetahuan dan Keterampilan yang Bermanfaat

    Keuntungan kuliah juga dapat dirasakan saat kamu belajar dengan baik dan tekun di perguruan tinggi, maka pasti akan mendapatkan pengetahuan yang mendalam di suatu bidang studi dan hal ini tentu saja akan berdampak pada kehidupan sehari-hari.

    Pengetahuan yang dimiliki memungkinkan kamu untuk bisa bermanfaat bagi kehidupan masyarakat secara luas. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi rasa bangga dan harga diri yang akan didapatkan di dalam kehidupan sosial.

    2. Membentuk Karakter dan Mengembangkan Diri

    Tahukah kamu bahwa keuntungan kuliah dapat membentuk karakter? Jika kamu menempuh kuliah biasanya kamu berada jauh dari keluarga. Secara tidak langsung, kamu akan memiliki sikap lebih mandiri untuk dapat bertahan hidup. Kamu juga akan memiliki kemampuan untuk dapat mengatur keuangan bulanan.

    Karakter juga dapat terbentuk dari kebiasaan kamu untuk bersosialisasi dengan mahasiswa lainnya. Berinteraksi dengan sesama mahasiswa juga akan membantumu untuk mengembangkan diri. Kamu akan tahu bagaimana caranya memulai pembicaraan dan bersosialisasi dengan baik.

    3. Menjadi Seorang Pemikir Hebat dan Kritis

    Cara belajar mahasiswa dengan anak SMA tentulah tidak sama. Bila anak SMA masih sangat bergantung pada proses belajar mengajar di dalam kelas dan bersifat teacher centered (berpusat pada guru), maka pembelajaran di bangku kuliah sudah sepenuhnya menggunakan metode belajar andragogi atau cara belajar orang dewasa.

    Proses mengajarnya pun sudah menggunakan pembelajaran konstruktivisme yaitu mahasiswalah yang aktif untuk menalar dan mengembangkan ilmu. Untuk bisa mengembangkan sebuah ilmu, dibutuhkan pemikiran yang kritis. Itulah sebabnya, salah satu keuntungan kuliah adalah mahasiswa bisa berpikir kritis.

    4. Meningkatkan Keterampilan

    Keuntungan kuliah lainnya adalah meningkatkan keterampilan. Terdapat berbagai keterampilan yang dapat diasah dibangku perkuliahan. Melalui sistem pembelajaran dan organisasi-organisasi kampus, kamu dapat meningkatkan kemampuan dalam hal public speaking, manajemen organisasi, bernegosiasi, kemampuan menyelesaikan masalah, dan kemampuan intrapersonal.

    Selain itu, kamu juga lebih percaya diri ketika memiliki keterampilan yang bermanfaat untuk karir kedepannya.

    5. Mendapatkan Banyak Relasi

    Manfaat kuliah yang tak kalah pentingnya adalah mendapatkan banyak relasi. Dibangku kuliah, kamu dapat bertemu dengan mahasiswa dari berbagai ras, budaya, suku, bahasa dan agama. Hal itu dapat membantu kamu untuk memperluas relasi.

    Dengan keuntungan kuliah ini kamu dapat mengenal satu sama lain untuk dapat saling mengenal dalam kegiatan yang positif. Agar lebih mudah mendapatkan relasi, kamu dapat aktif di organisasi kampus.

    6. Mendapatkan Peluang Kerja yang Lebih Tinggi

    Bagi kamu yang melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi tentu akan mendapatkan peluang kerja dan gaji yang lebih tinggi daripada lulusan sekolah menengah atas. Bagi yang ingin meneruskan karier di bidang akademis, kuliah setinggi-tingginya juga memberikan peluang masa depan yang cerah.

    Tak hanya itu, profesi-profesi keren juga bisa kamu pilih jika berhasil lulus dari perguruan tinggi. Mulai dari dosen, insinyur, dokter, ahli hukum, konsultan, hingga arsitek. Berbeda dengan lulusan SMA dan sederajat yang memiliki peluang kerja terbatas.

    Namun, yang perlu diingat bahwa tidak semua lulusan perguruan tinggi mudah mendapatkan pekerjaan. Banyak faktor yang bisa membuat seseorang ditolak perusahaan. Mulai dari kurangnya pengalaman magang hingga nilai akademis yang tidak memenuhi.

    Baca juga: Berapa Biaya Kuliah untuk Calon Maba? Simak Rinciannya!

    7. Stabilitas Pekerjaan yang Lebih Kuat

    Saat perekonomian memburuk, maka perusahaan akan mulai melakukan PHK terhadap para karyawan yang dimiliki. Karyawan yang terkena PHK adalah mereka yang tidak terampil dalam sebuah pekerjaan.

    Manfaat kuliah yang akan kamu rasakan adalah lulusan perguruan tinggi cenderung memiliki keterampilan spesifik yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan stabilitas dalam pekerjaan.

    8. Potensi Mendapatkan Penghasilan yang Lebih Besar

    Keuntungan kuliah selanjutnya adalah potensi untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Hal ini bisa terjadi karena sebagian besar perusahaan dan lembaga pemerintahan lebih banyak membutuhkan seseorang yang memiliki kemampuan spesifik.

    Tidak hanya itu saja manfaat kuliah yang kamu dapatkan, karena hampir semua perusahaan memiliki program Management Development Program (MDP) yang mengharuskanmu untuk lulus dari perguruan tinggi agar bisa mengikuti program ini.

    MDP merupakan salah satu cara terbaik agar seseorang memiliki karir sebagai pimpinan perusahaan di masa depan dan hal ini tentu saja akan berdampak pada potensi pendapatan yang akan dihasilkan.

    9. Meningkatkan Status Sosial

    Keuntungan kuliah lainnya adalah bisa meningkatkan status sosial seseorang dengan gelar pendidikan yang diperoleh. Bagi masyarakat Indonesia, gelar sarjana, magister, ataupun doktor adalah sebuah kebanggan tersendiri. Namun meski punya gelar banyak tetap harus disertai dengan sikap rendah hati.

    Itu dia keuntungan kuliah yang bisa kamu rasakan. Tentu, memutuskan berkuliah bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membuka masa depan yang lebih cerah. Untuk itu, jangan ragu melanjutkan ke perguruan tinggi ya!

    banner-blog-leads-generation

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    manfaat kuliah keuntungan kuliah
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri