Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Apa saja Alasan Berkuliah di IT Telkom Surabaya?

2023-06-15

Daftar isi

    Masih bingung melanjutkan kuliah di kampus mana dan program studi apa? Institut Teknologi Telkom Surabaya bisa menjadi alternatif pilihan. Terlebih jika kamu ingin mendalami ilmu teknologi atau bisnis digital.

    Sebagai bagian dari Telkom Group, Institut Teknologi Telkom Surabaya berkomitmen untuk turut berpartisipasi membangun SDM Unggul yang tidak hanya memiliki kompetensi yang dibutuhkan tetapi juga mampu melakukan inovasi sekaligus menyiapkan strategi terbaik agar Bangsa Indonesia mampu bersaing dengan bangsa lain dalam segala bidang.

    Apa saja program studi dan alasan berkuliah di IT Telkom Surabaya? Berikut penjelasannya!

    Profil IT Telkom Surabaya

    Sebelum membahas lebih lanjut alasan berkuliah di IT Telkom Surabaya, yuk kenalan dulu dengan kampus yang satu ini.

    Institut Teknologi (IT) Telkom adalah sebuah perguruan tinggi berbasis ICT (Information and Communication Technology) yang ada di kota Surabaya dan berfokus pada aplikasi di Bidang Industri Maritim, Transportasi dan Logistik.

    IT Telkom Surabaya berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom yang mendukung daya saing bangsa Indonesia melalui sistem pendidikanya yang dikenal sebagai OPECS (One Pipeline Education to Commerce System). Sistem ini menjamin mahasiswa mendapatkan kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

    Selain itu Civitas Akademik di IT Telkom Surabaya juga menerapkan “Olah 4R” (Olah Ruh, Olah Rasio, Olah Raga dan Olah Rasa), sehingga mampu menghadapi berbagai kendala dan tantangan dan selalu berpikir positif untuk selalu melakukan perbaikan berkelanjutan.

    Fakultas dan Program Studi Berkualitas di IT Telkom Surabaya

    Alasan berkuliah di IT Telkom Surabaya yaitu fakultas dan program studi yang berkualitas. Terdapat 11 program studi (prodi) jenjang sarjana yang terbagi ke dalam dua fakultas. Berikut penjelasannya.

    1. Fakultas Teknologi Informasi dan Bisnis

    Fakultas Teknologi Informasi dan Bisnis (FTIB) adalah salah satu fakultas di lingkup IT Telkom Surabaya yang bertujuan untuk mendorong pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada rumpun ilmu informatika dan bisnis. Terdapat enam prodi yang ada di fakultas ini dan dapat mengantarkan mimpimu menjadi the next digital talent

    a. S1 Sistem Informasi

    Prodi Sistem Informasi IT Telkom Surabaya adalah prodi yang mempelajari kombinasi dari penggunaan teknologi informasi dan aktivitas manusia yang menggunakan teknologi tersebut untuk mendukung operasi dan manajemen.

    b. S1 Sains Data

    Prodi Ilmu Data merupakan prodi yang mempelajari disiplin ilmu tentang data, terutama data berskala besar (big data) dengan tujuan untuk mendapatkan informasi berguna dari data tersebut. Disiplin ilmu ini mengintegrasikan Ilmu Matematika, Statistika, dan Komputer.

    c. S1 Teknologi Informasi

    Prodi Teknologi Informasi mempelajari pendekatan sistematis dalam memilih, mengembangkan, menerapkan, mengintegrasikan, dan mengelola teknologi komputasi yang aman supaya pengguna dapat mencapai tujuannya, baik itu tujuan pribadi, organisasi, maupun masyarakat.

    d. S1 Rekayasa Perangkat Lunak

    Prodi Rekayasa Perangkat Lunak adalah suatu prodi yang mendalami cara-cara pengembangan Perangkat Lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

    e. S1 Informatika

    Prodi Informatika Mempelajari keilmuan untuk mengembangkan sistem cerdas dan teknologi terintegrasi internet.

    f. S1 Bisnis Digital

    Prodi Bisnis Digital mempelajari keilmuan yang mengintegrasikan bidang informatika, manajemen, ilmu pengetahuan alam serta ilmu pengetahuan sosial atau knowledge discovery.

    2. Fakultas Teknologi Elektro dan Industri Cerdas

    Fakultas Teknologi Elektro & Industri Cerdas (FTEIC) IT Telkom Surabaya hadir untuk menjawab tantangan global di masa mendatang melalui lulusan yang kompeten dan berdaya saing unggul di bidang elektro dan industri. Berikut lima prodi yang ada di FTEIC IT Telkom Surabaya.

    a. S1 Teknik Telekomunikasi

    Prodi Teknik Telekomunikasi mempelajari ilmu dan rekayasa di bidang telekomunikasi. Prodi ini cocok untuk kamu yang tertarik mendalami seluk beluk rekayasa di bidang teknologi, layanan, protocol dan arsitektur jaringan, proses pembangkitan dan pengiriman sinyal informasi secara efektif dan efisien.

    b. S1 Teknik Industri

    Prodi Teknik Industri merupakan prodi yang mempelajari bidang planning, design, dan integrasi elemen-elemen system (manusia, material, mesin, energi, dan informasi) dengan memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan matematis, sains, dan sosial secara komprehensif.

    Prodi ini cocok bagi yang tertarik membuat design dan melakukan improvement untuk sebuah sistem yang sudah ada, baik di bidang industri maupun jasa.

    c. S1 Teknik Komputer

    Prodi Teknik Komputer mempelajari integrasikan dari keilmuan teknik elektro dan ilmu komputer dalam mengembangkan sistem perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan jaringan komputer (network).

    Prodi ini cocok untuk yang tertarik mempelajari robotika, internet of things, dan jaringan komputer yang berbasis sistem cerdas untuk mendukung otomasi industri.

    banner-3d-balok

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    d. S1 Teknik Logistik

    Prodi Teknik Logistik mempelajari perancangan dan manajemen untuk memastikan aliran barang, informasi, modal dan uang berada pada tempat dan waktu yang tepat dengan jumlah dan kualitas yang sesuai kebutuhan.

    Prodi ini cocok untuk kamu yang tertarik mempelajari seluk beluk industri/pabrik khususnya terkait supply chain dan pengelolaan logistik suatu barang dengan mengedepankan pemecahan masalah menggunakan prinsip-prinsip keteknikan dan sains.

    e. S1 Teknik Elektro

    Prodi Teknik Elektro mempelajari listrik dan aplikasinya di kehidupan sehari-hari mulai dari penelitian, perancangan, pengembangan, pengoperasian dan manajemen sebuah sistem berbasis listrik dan elektronika yang cerdas dan berkelanjutan.

    Prodi ini cocok untuk kamu yang tertarik pada manajemen kelistrikan sebuah perusahaan, juga pada pengembangan energi terbarukan.

    Fasilitas yang Lengkap di IT Telkom Surabaya

    Alasan berkuliah di IT Telkom Surabaya yaitu fasilitas yang lengkap. IT Telkom Surabaya menyediakan sejumlah fasilitas pendukung untuk menunjang kegiatan akademik dan non akademik melalui sarana dan prasarana unggulan yang disediakan.

    Berikut fasilitas unggulan yang ada di IT Telkom Surabaya.

    • Lapangan & gedung olahraga
    • Fitness Center
    • Klinik Kesehatan
    • Perpustakaan
    • Fasilitas keagamaan
    • Rooftop garden
    • Auditorium
    • Lab Pemrograman
    • Lab Ergonomi
    • Lab Fisika
    • Lab Komputer Kontrol Numerik
    • Lab Pemrograman Berbasis Objek
    • dan masih banyak lagi

    Program dan Metode IT Telkom Surabaya yang Bermutu

    IT Telkom Surabaya menghadirkan pendidikan berstandar nasional melalui 11 program sarjana yang dapat kamu pilih sesuai dengan minat dan bakat. Ini juga menjadi alasan berkuliah di IT Telkom Surabaya berikutnya.

    Program akademik IT Telkom Surabaya juga dibangun dengan menyelaraskan perkembangan ilmu serta permintaan dunia kerja akan individu yang terlatih untuk mengisi pekerjaan terutama pada sektor-sektor maritim, transportasi dan logistik yang berdasarkan ICT.

    Program sarjana IT Telkom Surabaya dirancang untuk memenuhi permintaan tersebut sehingga lulusannya dibekali tidak hanya ilmu pengetahuan yang mumpuni namun juga sertifikasi profesional untuk membuktikan kompetensi individunya.

    Selain itu, IT Telkom Surabaya juga telah bekerjasama dengan Kampus Merdeka lewat program Merdeka Belajar yang bisa menjadi alasan berkuliah di IT Telkom Surabaya berikutnya.

    Jadi kamu akan memiliki kesempatan belajar di kampus lain untuk memperluas pandangan serta ilmu yang dimiliki serta mendapatkan kredit yang langsung berlaku untuk gelar mereka di IT Telkom Surabaya. Menarik bukan?

    Berkuliah di IT Telkom Surabaya dengan Danacita

    Itu dia penjelasan lengkap mengenai alasan berkuliah di IT Telkom Surabaya. Kini kesempatan kamu untuk berkuliah di IT Telkom Surabaya dapat diwujudkan bersama Danacita.

    Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi finansial, Danacita memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi secara bertahap untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Oleh karena itu, Danacita telah bekerjasama dengan banyak lembaga pendidikan, termasuk dengan IT Telkom surabaya untuk memberikan solusi program cicilan kuliah terjangkau mulai 6 hingga 12 bulan.

    Selain dengan IT Telkom Surabaya, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 140 institusi pendidikan lainnya di Indonesia.

    Untuk mendapatkan bantuan biaya, kamu kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap.

    Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK serta tersertifikasi ISO 27001.

    Ketahui informasi lengkapnya dengan melihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-gif-CTA-Only

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    ITTS it telkom surabaya alasan berkuliah di IT Telkom Surabaya
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri