Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Apa Saja Alasan Berkuliah di Universitas Binawan?

2023-06-29

Daftar isi

    Universitas Binawan merupakan kampus yang menciptakan peluang dan keunggulan bagi para lulusan yang siap berkarir secara global dan menjadi bagian dari masyarakat dunia dengan membuka secara luas kesempatan belajar dan bekerja di luar negeri.

    Atas inisiasi inilah yang membuat Universitas Binawan menjadi salah satu kampus berkualitas dan bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang ingin berkuliah.

    Di kampus ini, kamu akan didorong untuk mendapatkan pengakuan internasional melalui kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang akan dibantu dengan percepatan proses melalui digitalisasi.

    Tertarik masuk di Universitas Binawan? Kenali dulu profil lengkap hingga jurusan dan juga fasilitas yang disediakan. Berikut penjelasannya alasan berkuliah di Universitas Binawan.

    Profil Universitas Binawan

    Untuk bisa mengetahui alasan berkuliah di Universitas Binawan, tentunya kamu harus kenalan dulu dengan kampus ini.

    Universitas Binawan adalah sebuah lembaga perguruan tinggi yang lahir dari pendirian yayasan Binawan pada bulan Februari 2000.

    Awalnya, kampus ini bernama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan. Melihat berbagai potensi dan kemajuan ilmu pengetahuan, STIKes Binawan secara resmi berubah menjadi Universitas Binawan pada tanggal 24 Juli 2018 dengan semangat baru: pengembangan multi disiplin ilmu yang luas dan adaptif terhadap tuntutan peradaban.

    Visi

    Menjadi pusat pendidikan tinggi yang unggul, berdaya saing global dan terkemuka di Indonesia pada tahun 2025

    Misi

    • Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan untuk memenuhi kebutuhan Nasional dan Internasional.
    • Mengembangkan jejaring Nasional - Internasional untuk memperluas kerjasama pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.
    • Menyelenggarakan tata pamong dan tata kelola universitas yang kredibel, transparan, adil dan bertanggung jawab sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT).
    • Memberikan pelayanan prima dan komprehensif bagi mahasiswa Universitas Binawan.

    Fakultas dan Jurusan Berkualitas yang Ada Di Universitas Binawan

    Alasan berkuliah di Universitas Binawan berikutnya yaitu terdapat fakultas dan jurusan yang berkualitas.

    Universitas Binawan memiliki 14 jurusan yang terbagi ke dalam 3 fakultas. Berikut penjelasannya.

    1. Fakultas Keperawatan dan Kebidanan

    Fakultas Keperawatan dan Kebidanan di Universitas Binawan didirikan pada bulan Agustus 2018 dan memiliki visi menjadi pendidikan tinggi profesi keperawatan dan kebidanan yang berdaya saing global dan terkemuka di Indonesia pada tahun 2025.

    Fakultas ini menyelenggarakan tiga jurusan, yaitu:

    1. S1 Keperawatan dan Profesi

    Jurusan S1 Keperawatan Universitas Binawan adalah program sarjana yang bertujuan untuk menciptakan calon Perawat Terdaftar yang memenuhi syarat untuk bekerja sebagai perawat profesional.

    Selain profesi, jurusan ini juga menyelenggarakan program sarjana Internasional, dimana kamu dipersiapkan untuk bekerja sebagai perawat profesional di luar negeri, seperti Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Uni Emirat Arab, Kuwait, dan lain-lain.

    2. D3 Kebidanan

    Jurusan D3 Kebidanan Universitas Binawan merupakan pendidikan vokasi yang mempersiapkan kamu untuk menjadi bidan profesional yang dapat memberikan pelayanan kebidanan sesuai dengan kompetensi bidan sepanjang siklus kehidupan perempuan.

    Lulusan jurusan ini dipersiapkan untuk dapat berkarir di tingkat nasional maupun internasional.

    3. S1 Kebidanan dan Profesi

    Jurusan S1 Kebidanan Pendidikan Sarjana dan Profesi Bidan merupakan satu kesatuan proses untuk mencapai Profesi Bidan.

    Profesi Bidan diselenggarakan dengan tujuan untuk menghasilkan Bidan Mandiri yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memberikan pelayanan kebidanan yang komprehensif dengan menerapkan Respectful Midwifery Care (RMC) dan memanfaatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) pada setiap tatanan pelayanan di Fasilitas Kesehatan.

    2. Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial

    Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Binawan dibentuk dengan misi melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi yang berkualitas sesuai dengan perkembangan di bidang Bisnis, Manajemen dan Ilmu Sosial dalam memenuhi tuntutan Industri Global.

    Oleh karena itu, arah pengembangannya ditujukan pada pembentukan jurusan dan program studi baru yang termasuk dalam bidang manajemen, bisnis digital, kesejahteraan sosial, psikologi, dan aktuaria dengan memperhatikan kontribusi yang dapat diberikan kepada dunia akademis dan industri, baik secara nasional maupun global.

    Berikut jurusan yang ada di fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Binawan:

    1. Manajemen (S1)

    Jurusan S1 Manajemen Universitas Binawan dirancang untuk membantu kamu beradaptasi dan mengantisipasi perubahan lingkungan bisnis saat ini dan di masa depan.

    Kurikulum di program studi ini tidak hanya memberikan hard skill, tetapi juga soft skill seperti kepemimpinan, kemampuan kewirausahaan, komunikasi, tanggung jawab, dan kerja sama tim.

    Dengan begitu, kamu bisa bersaing baik sebagai manajer profesional maupun wirausahawan dengan tiga spesialisasi utama, yaitu manajemen pemasaran, manajemen keuangan, dan manajemen sumber daya manusia.

    2. Kesejahteraan Sosial (S1)

    Jurusan S1 Kesejahteraan Sosial Universitas Binawan merupakan jurusan pertama dan satu-satunya yang memiliki kekhususan pekerjaan sosial di bidang kesehatan di Indonesia.

    Di jurusan ini, kamu akan mempelajari dan mengembangkan kerangka pemikiran dan metodologi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup individu, keluarga, kelompok dan masyarakat.

    Program ini memiliki praktik Pekerjaan Sosial Generalis yang menyediakan pendekatan multilevel yang terintegrasi (mikro, meso, dan makro).

    3. Psikologi (S1)

    Jurusan S1 Psikologi Universitas Binawan secara umum berfokus pada analisis pemecahan masalah di bidang Psikologi Positif Kesehatan Kerja dan Masyarakat.

    Kurikulum di jurusan ini telah dibuat agar sesuai dengan Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI) yang memuat kurikulum merdeka belajar.

    4. Bisnis Digital (S1)

    Jurusan S1 Bisnis Digital Universitas Binawan dihadirkan berdasarkan kebutuhan industri bisnis yang telah terdistorsi oleh kemajuan teknologi.

    Kamu akan dididik untuk menjadi sumber daya manusia yang memiliki kemampuan mumpuni dalam manajemen bisnis dan penguasaan teknologi informasi digital termasuk kemampuan analisis digital, pemasaran digital, model bisnis dan teknik informatika.

    Baca juga: Informasi PMB Universitas Binawan Terlengkap

    banner-gif-text

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    3. Fakultas Ilmu Kesehatan dan Teknologi

    Fakultas Ilmu dan Teknologi Kesehatan Universitas Binawan merupakan fakultas dengan disiplin ilmu dasar sains dan teknik yang mempelajari berbagai bidang penerapan ilmu dasar, ilmu terapan dan pemanfaatan teknologi dalam industri kesehatan.

    Fakultas ini diharapkan dapat mensejajarkan diri dengan fakultas lain di Universitas Binawan dan mengembangkan berbagai program studi untuk dapat bersaing dengan program studi sejenis dari universitas terkemuka di Indonesia dan internasional.

    Berikut jurusan yang ada di fakultas ini:

    1. Farmasi (S1)

    Jurusan Farmasi Universitas Binawan adalah jurusan yang diselenggarakan dengan tujuan menghasilkan lulusan dalam bidang kefarmasian dengan kualifikasi sarjana pendidikan yang unggul, profesional, terampil, dan peka terhadap konservasi lingkungan dan sosial-budaya.

    Di sini, kamu akan dibekali keterampilan dalam penyediaan obat (sediaan farmasi) yang aman, efektif, stabil dan bermutu.

    2. Ilmu Laboratorium Medis (D4)

    Jurusan Teknologi Laboratorium Medis Universitas Binawan merupakan pendidikan jenjang sarjana terapan (Diploma-IV) dengan jenis pendidikan keahlian teknologi laboratorium medik.

    Jurusan ini dikembangkan dalam rangka memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan pada jalur vokasi sesuai dengan standar profesi ahli teknologi laboratorium medik yang menghasilkan lulusan sarjana terapan dengan kemampuan pada level 6 Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

    3. Ilmu Gizi (S1)

    Jurusan Studi Gizi adalah program studi Sarjana Gizi (S. Gz) menyelenggarakan pendidikan sarjana yang mampu bekerja dengan mengembangkan berbagai strategi pembelajaran: Diskusi, Demonstrasi, Pembelajaran Mandiri, Pembelajaran Berbasis Proyek, dan Pembelajaran Berbasis Laboratorium.

    4. Fisioterapi (D4)

    Jurusan D4 Fisioterapi Universitas Binawan didesain menghasilkan fisioterapis dengan kualifikasi level 6 Kerangka Kualifikasi Nasional (KKNI) yang mampu bekerja secara profesional sesuai tuntutan profesi dan kebutuhan masyarakat dan pengguna di dalam dan luar negeri dalam rangka era globalisasi.

    5. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (D4)

    Jurusan D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Universitas Binawan merupakan pendidikan jenjang Sarjana Sains Terapan dengan jenis keahlian keselamatan dan kesehatan kerja, yang dikembangkan dalam rangka memenuhi kebutuhan jasa pelayanan Keselamatan dan Kesehatan Kerja khususnya industri pada jalur vokasi yang sesuai dengan standar profesi tenaga ahli keselamatan dan kesehatan kerja yang memiliki kemampuan level 6 Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

    Fasilitas Lengkap yang Ada Di Universitas Binawan

    Untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik dan memastikan kegiatan akademik dapat berjalan dengan lancar dan nyaman bagi seluruh mahasiswa, Universitas Binawan menyediakan berbagai fasilitas dan layanan pendukung bagi seluruh mahasiswa yang bisa menjadi salah satu alasan berkuliah di Universitas Binawan, di antaranya:

    • Laboratorium mickrobiologi
    • Laboratorium psikoterapi
    • Laboratorium patologi
    • Laboratorian perawatan
    • Laboratorium farmasi
    • CBT center
    • Binawan Clinic
    • Sports center
    • Auditorium
    • Hall
    • Perpustakaan
    • Ruang Kesenian
    • Ruang Himpunan Mahasiswa & Badan Eksekutif Mahasiswa
    • Binawan Training Center
    • Rumah atau tempat ibadah
    • Kantin dan cafetaria

    Kehidupan dan Aktivitas Mahasiswa Universitas Binawan yang Menarik

    Alasan berkuliah di Universitas Binawan berikutnya yaitu kehidupan dan aktivitas mahasiswa yang menarik.

    Universitas Binawan berada di lokasi yang sangat strategis, tepatnya di perbatasan Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

    Hal ini membuat akses menuju kampus sangat mudah untuk dijangkau dengan berbagai pilihan transportasi, mulai dari kereta commuter line, bus, taksi, maupun kendaraan pribadi.

    Beberapa pilihan transportasi umum ini juga langsung menghubungkan kampus Binawan dengan berbagai wilayah di Jabodetabek seperti Depok, Bogor, dan Tangerang.

    Tak hanya itu, akses menuju kampus dari kedatangan luar kota juga dapat dilakukan dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

    Kedatangan yang menggunakan transportasi udara dapat memilih untuk mendarat di Bandara Soekarno-Hatta (Cengkareng) atau Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta Timur).

    Bagi kamu yang menggunakan kereta api antar kota, bisa memilih stasiun kedatangan Jatinegara, Senen, dan Gambir. Menarik bukan

    Berkuliah di Universitas Binawan dengan Danacita

    Itu dia beberapa alasan berkuliah di Universitas Binawan. Kabar gembira untuk kamu yang ingin berkuliah di Universitas Binawan.

    Saat ini, Danacita telah bekerja sama dengan Universitas Binawan untuk mempermudah kamu berkuliah.

    Danacita sendiri adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pendanaan pendidikan tinggi secara bertahap untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Dengan mengajukan ke Danacita, biaya kuliahmu di Universitas Binawan bisa jadi terjangkau karena dapat dicicil mulai dari 6 hingga 12 bulan.

    Selain dengan Universitas Binawan, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 140 institusi pendidikan di Indonesia.

    Pengajuan ke Danacita sangat mudah, kamu tidak memerlukan DP atau Jaminan. Kamu hanya perlu submit beberapa dokumen seperti KTP, Bukti Tagihan, dan Bukti Penghasilan 1 bulan terakhir. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK serta tersertifikasi ISO 27001.

    Untuk informasi selengkapnya, klik di sini.

    banner-button-only

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    universitas binawan alasan berkuliah di Universitas Binawan binawan
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri