Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Bagaimana 7 Cara Mendapatkan UKT Murah?

2023-04-05

tips-dapat-ukt-murah

Daftar isi

    Kuliah adalah tahap penting dalam kehidupan seseorang yang membutuhkan persiapan yang matang. Selain persiapan akademik seperti memilih jurusan dan mencari informasi mengenai kampus, ada satu hal yang tidak kalah penting yaitu persiapan finansial.

    Biaya kuliah tidaklah murah dan dapat menjadi beban yang cukup besar bagi keluarga dan mahasiswa. Oleh karena itu, sebaiknya mulai mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelum masuk kuliah. Hal ini dapat dilakukan dengan mencari informasi mengenai biaya kuliah dan biaya hidup di kota tempat kuliah nantinya.

    Bagi kamu yang masuk perguruan tinggi negeri, biasanya akan diringankan oleh UKT atau Uang Kuliah Tunggal. Namun, UKT sendiri dikelompokkan lagi sehingga ada yang murah hingga mahal. Jangan khawatir, yuk simak tips dapat UKT murah di bawah ini!

    Tips Dapat UKT Murah

    Membiayai kuliah dapat menjadi beban yang berat bagi sebagian besar mahasiswa, terutama jika kamu harus membayar UKT yang mahal. Namun, jangan khawatir, karena ada beberapa tips dapat UKT murah. Berikut penjelasan lengkapnya.

    1. Ikuti dan Lulus di Perguruan Tinggi Kedinasan

    Tips dapat UKT murah yang pertama adalah mengikuti dan lulus di perguruan tinggi kedinasan. Sekolah ikatan dinas menjadi pilihan utama bagi siapa saja yang ingin melanjutkan kuliah dengan biaya yang minim bahkan gratis. Pada umumnya, perguruan tinggi kedinasan ini memerlukan kontrak kerja yang harus dipatuhi oleh mahasiswa selama beberapa tahun setelah lulus.

    Keuntungan lainnya adalah mahasiswa yang telah lulus dari perguruan tinggi kedinasan langsung mendapatkan pekerjaan dan terikat di institusi tertentu. Namun, dalam memilih jalur ini, perlu dipertimbangkan juga apakah jurusan yang diinginkan tersedia di perguruan tinggi kedinasan.

    2. Memilih Kampus dengan Biaya Kuliah Termurah di Daerah

    Tips dapat UKT murah berikutnya adalah memilih kampus dengan biaya kuliah termurah di daerah tujuan. Jika kamu ingin kuliah di Semarang, pertama-tama periksa berapa jumlah universitas negeri di sana. Beberapa di antaranya adalah UNDIP, UNNES, DAN IAIN Walisongo. Kemudian, dari ketiga kampus tersebut, mana yang memiliki biaya kuliah paling terjangkau?

    Hal yang sama berlaku jika Anda ingin kuliah di Yogyakarta. Di sana terdapat UGM, UNY, UIN Sunan Kalijaga, dan UPN Veteran Yogyakarta. Maka, dari keempat kampus tersebut, mana yang menawarkan biaya kuliah paling murah di Malang?

    3. Lulus Perguruan Tinggi Negeri melalui SNMPTN atau SBMPTN

    Tips data UKT murah yang kedua adalah dengan lulus perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Pada umumnya, biaya uang muka dan biaya semester di PTN lebih terjangkau karena adanya subsidi.

    Jika siswa memiliki prestasi yang baik di sekolah, pilih jalur SNMPTN. Jalur ini didasarkan pada nilai serta rekomendasi dari sekolah. Sedangkan jalur SBMPTN bisa diikuti lewat ujian tulis berbasis komputer (UTBK). Dalam memilih jalur ini, perlu diperhatikan juga apakah jurusan yang diinginkan tersedia di PTN yang menjadi pilihan.

    4. Memilih Jurusan Kuliah dengan Biaya Termurah

    Jika kamu memiliki keterbatasan biaya dan sangat ingin kuliah di universitas negeri tersebut, sebaiknya cek jurusan kuliah mana yang memiliki biaya paling terjangkau. Umumnya, setiap universitas akan mengumumkan biaya UKT (Uang Kuliah Tunggal) di setiap jurusan terlebih dahulu.

    Meskipun biaya UKT terbagi menjadi 7 kelompok dan tidak ada yang bisa memperkirakan kelompok mana yang akan kamu masuki, namun perbedaan biaya UKT di setiap jurusan biasanya sangat mencolok. Dengan begitu, kamu dapat memilih jurusan yang menawarkan biaya kuliah paling murah.

    5. Memperoleh Beasiswa

    Memperoleh beasiswa adalah salah satu tips dapat UKT murah. Beberapa jenis beasiswa meliputi beasiswa akademik, beasiswa prestasi, beasiswa sosial, beasiswa olahraga, dan banyak lagi. Cari tahu jenis beasiswa yang ditawarkan oleh perguruan tinggi dan pastikan kamu memenuhi syarat untuk mendaftar.

    Untuk mendapatkan beasiswa, mahasiswa harus memiliki prestasi yang bagus selama sekolah dan ujian di kampus. Oleh karena itu, siapkan diri dengan belajar dan pertahankan prestasi. Mahasiswa juga dapat membaca blog teman-teman yang berhasil mendapatkan beasiswa untuk mendapatkan informasi dan tips yang berguna.

    6. Berbicara dengan Penasehat Akademik

    Tips dapat UKT murah selanjutnya adalah diskusi dengan penasehat akademik. Sebab, cara ini efektif untuk memperoleh informasi dan saran tentang cara mengurangi biaya kuliah. Penasehat akademik biasanya memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam hal ini, sehingga mereka dapat membantu mahasiswa mencari solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan keuanganmu.

    Penasehat akademik juga dapat membantu mahasiswa memilih mata kuliah dan program studi yang tepat, yang dapat membantu meningkatkan peluang untuk mendapatkan beasiswa atau bantuan keuangan. Mereka juga dapat membantu dalam menentukan jadwal kuliah yang dapat membantu mahasiswa mengurangi biaya transportasi atau tempat tinggal.

    7. Ajukan Pinjaman untuk Dana Pendidikan

    Jika semua upaya di atas tidak memungkinkan, salah satu tips dapat UKT murah terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan mengajukan pinjaman untuk dana pendidikan. Banyak lembaga keuangan yang menawarkan kredit pendidikan dengan bunga yang relatif rendah dan jangka waktu pembayaran yang panjang.

    Namun, sebelum mengambil pinjaman, pastikan untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan kredit dengan cermat dan memastikan bahwa pembayaran cicilan dapat terpenuhi.

    Dengan menerapkan tips dapat UKT murah di atas, diharapkan biaya kuliah dapat lebih terjangkau dan tidak menjadi beban yang berat bagimu. Namun, tentunya tidak hanya biaya kuliah yang harus diperhatikan, tetapi juga kualitas pendidikan yang diberikan oleh perguruan tinggi. Oleh karena itu, penting untuk melakukan penelitian dan pemilihan perguruan tinggi yang tepat sesuai dengan minat dan kemampuan masing-masing.

    banner-blog-leads-generation

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    ukt murah tips dapat ukt murah
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri