Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Biaya Kuliah Psikologi dan Rekomendasi Kampus

2022-09-10

biaya-kuliah-jurusan-psikologi.jpg

Source: Picpedia.org

Psikologi sangat cocok untuk kamu yang sering memperhatikan sifat dan perilaku manusia, termasuk kamu yang sering dijadikan tempat curhat oleh teman-teman dekat. Jika kamu memiliki pengalaman tersebut, sebaiknya terus perdalam pemahaman kamu seputar psikologi dengan mengambil Program Studi Psikologi di Perguruan Tinggi.

Jurusan ini juga semakin populer karena dianggap memiliki peluang tinggi untuk bisa bekerja di posisi manajemen Human Resource (HR), salah satu jenis pekerjaan yang sering diimpikan banyak orang.

Pentingnya Kuliah Jurusan Psikologi di Indonesia

Tidak sekadar mendengarkan orang curhat. Mahasiswa jurusan psikologi mempelajari perilaku manusia, baik yang diperlihatkan maupun tidak, yang merupakan manifestasi kejiwaan.

Seorang sarjana Psikologi akan dibekali bidang keilmuan psikologi mencakup ilmu asesmen, pengukuran psikologis, pemecahan masalah psikologis, intervensi psikologis, hubungan profesional dan interpersonal, komunikasi, riset, dan publikasi ilmiah.

Prospek kerja jurusan Psikologi

Sebagai seorang lulusan Psikologi tentunya kamu akan bekerja di bidang yang terkait dengan perilaku dan kejiwaan seseorang. Di antaranya adalah menjadi psikolog klinis hingga psikolog pendidikan. Berikut penjelasannya

Psikolog klinis diharapkan mampu menunjang kehidupan masyarakat sehat mental. Mereka yang berfokus menjadi seorang psikolog klinis akan ditempatkan di Rumah Sakit, Puskesmas, Layanan Konseling, dan Non Profit Organization (NGO) yang menangani masalah kesehatan mental masyarakat.

Psikolog pendidikan diharapkan dapat menunjang iklim sekolah yang menumbuhkan sistem sekolah sejahtera. Seorang psikolog pendidikan biasanya berkarier di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), sekolah bertaraf global, dan perguruan tinggi.

Psikolog industri dan organisasi diharapkan menunjang kepuasan hidup insan produktif. Seorang psikolog industri dan organisasi bisa bekerja di bidang Organization Development Analyst, Human Resource Manager, Trainer Industry and Organization, sampai Konsultan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Biaya kuliah jurusan Psikologi di UNTAR

Universitas Tarumanagara (UNTAR) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta terbaik yang ada di Indonesia. Menurut QS 3 Stars, Universitas Tarumanagara atau UNTAR menduduki peringkat 7 nasional dalam kategori Perguruan Tinggi Swasta Terbaik.

UNTAR kini memiliki 3 lokasi kampus yang berbeda-beda. Antara lain; Kampus 1 yang berlokasi di Jalan Letjen. S. Parman No. 1, Kampus 2 berlokasi di Jalan Tanjung Duren No. 1, dan Kampus 3 berlokasi di Jalan Cilandak KKO No. 1 Ragunan.

Hingga saat ini UNTAR telah memiliki 16 program studi jenjang Sarjana, di antaranya adalah Program Studi Psikologi yang telah berdiri sejak tahun 1981 dan memperoleh akreditasi A oleh BAN-PT. Lantas berapa besaran biaya kuliah psikologi di UNTAR? Berikut informasinya.

Biaya kuliah psikologi UNTAR mencakup Uang Pangkal/SPP, BPP + SKS, dan SKS. Berikut besarannya.

Uang Pangkal/SPP (Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan) sebesar Rp25.000.000

BPP (Biaya Penyelenggaraan Pendidikan) + SKS (Satuan Kredit Semester) sebesar Rp17.000.000

SKS (Satuan Kredit Semester) sebesar Rp400.000 per SKS.

Baca juga: Mau Masuk Jurusan Psikologi? Ini Prospek Kerjanya!

Biaya kuliah jurusan Psikologi di UNISBA

Program studi Psikologi UNISBA (Universitas Islam Bandung) telah terakreditasi dengan peringkat A oleh BAN-PT serta memiliki visi menjadi Fakultas Psikologi yang mandiri, maju, terkemuka di Asia dengan berlandaskan nilai-nilai Islam.

Adapun kompetensi yang diharapkan mampu dikuasai oleh mahasiswanya seperti:

  1. Bidang penelitian

Mampu menerapkan konsep dan teori sesuai dengan bidang kajian untuk menjelaskan gejala psikologis yang terjadi di masyarakat

  1. Bidang asesmen

Mampu melaksanakan, mengadministrasikan, menginterpretasikan pengukuran psikologis, dan mampu mendeskripsikan gejala-gejala psikologis di masyarakat.

  1. Bidang intervensi

Mampu menerapkan konsep dan teori psikologi dalam rangka membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Lalu berapakah besaran biaya kuliah psikologi yang harus dikeluarkan di Universitas Islam Bandung? Berikut rinciannya.

Biaya kuliah psikologi UNISBA mencakup Infak Pembangunan Universitas (IPU), Infak Pengembangan Fakultas (IPF), Infak Kuliah Tetap (IKT), dan Infak Satuan Kredit Semester. Berikut besarannya.

IPU sebesar Rp7.600.000 (bisa dicicil 2x)

IPF minimal Rp6.000.000

IKT Rp6.000.000 per tahun

ISKS Rp260.000 per SKS

Biaya kuliah jurusan Psikologi di UPJ

Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) merupakan perguruan tinggi swasta yang berlokasi di daerah Bintaro yang telah berdiri sejak tahun 2011 dan didukung oleh kelompok usaha Pembangunan Jaya. Pembangunan Jaya sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang properti, manufaktur, konsultan manajemen, konsultan desain, kontraktor, pariwisata/rekreasi, trading, mekanikal dan elektrikal, serta penidikan.

Program studi Psikologi UPJ secara umum memiliki visi menjadi program studi yang unggul dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang psikologi dan membentuk Manusia Jaya sebagai pembelajar sepanjang hayat, bermartabat, berwawasan luas, berdaya saing tinggi, peduli lingkungan, dan pelopor kesejahteraan di Asia Tenggara.

Program studi psikologi UPJ telah mengantongi predikat B yang telah terakreditasi oleh BAN-PT. Lantas berapa besaran biaya kuliah psikologi di UPJ? Berikut rinciannya.

Biaya kuliah psikologi UPJ mencakup biaya SPP, SKS Kelas, dan SKS Praktik. Berikut rinciannya.

SPP (Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan) sebesar Rp3.500.000

SKS (Satuan Kredit Semester) Kelas sebesar Rp270.000

SKS (Satuan Kredit Semester) Praktik sebesar Rp350.000

Itu dia besaran biaya kuliah psikologi dan rekomendasi kampus yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk kuliah di jurusan psikologi.

Tahukah kamu bahwa sekarang ini untuk melakukan pembayaran pendidikan tidak perlu pusing lagi karena Danacita hadir memberikan kemudahan pembayaran kuliah. Biaya kuliah yang biasanya kamu bayar setiap 6 bulan sekali dengan jumlah yang besar bisa kamu cicil setiap bulannya, lho!

Tunggu apa lagi? Segera daftar dan pastikan kampusmu telah bekerjasama dengan Danacita. Daftar dan cek di sini!

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!