Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Biaya Kuliah Sastra Inggris dan Rekomendasi Kampus

2022-09-10

biaya-kuliah-jurusan-sastra-inggris.jpg

Source: flickr.com

Jika kamu tertarik mempelajari sastra asing cobalah ambil jurusan Sastra Inggris. Bahasa Inggris merupakan bahasa global dan dipakai di seluruh dunia. Adapula pepatah yang mengatakan “kuasai bahasa Inggris sama dengan kuasai dunia”. Jadi, selain untuk berkomunikasi, kamu bisa membaca berbagai buku yang ada di dunia ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

Pentingnya kuliah jurusan Sastra Inggris

Betapa pentingnya jurusan Sastra Inggris dapat dibuktikan dengan melihat maraknya jurusan ini yang bisa kamu temukan di setiap kampus yang ada di Indonesia. Jurusan Sastra Inggris tidak semata-mata membuatmu fasih berbicara bahasa Inggris. Tetapi kamu juga akan mempelajari bahasa Inggris dari segi linguistik dan sastra secara mendalam.

Selama menjadi mahasiswa Sastra Inggris, kamu akan banyak melakukan kajian atau penelitian terkait karya, seperti puisi, prosa atau sajak, novel, drama, hingga film. Ada juga kajian menyangkut kebudayaan dari negara-negara dengan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu.

Ada beberapa alasan lainnya mengapa jurusan Sastra Inggris sangat penting. Berikut daftarnya.

  1. Lulusan Sastra Inggris memiliki peluang kerja yang sangat luas. Bahkan lulusan Sastra Inggris dapat ditempatkan di posisi manapun berbekal kemampuan berbahasa Inggris lisan dan tulisnya.
  2. Terjun ke dunia industri media juga sangat memungkinkan untuk jurusan yang satu ini. Saat ini banyak media nasional yang membuat konten menggunakan bahasa Inggris.
  3. Masih kuliah sudah bekerja? Jurusan Sastra Inggris paling bisa! Kamu bisa memanfaatkan kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki untuk membuka les privat. Saking pentingnya bahasa Inggris, banyak orang tua yang memberikan kursus bahasa Inggris kepada anak-anaknya sejak dini.
  4. Tak perlu khawatir bepergian ke luar negeri karena banyak orang di dunia yang memahami bahasa Inggris. Selain itu kamu juga bisa menjadi tour guide wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia, lho!

Baca juga: Jurusan Sastra Inggris: Belajar Apa Aja Sih? Prospek Kerja Setelah Lulus? Cek Disni

Prospek kerja jurusan Sastra Inggris

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengambil jurusan Sastra Inggris. Salah satu manfaat terbesarnya adalah terbuka lebar peluang pekerjaan yang bisa kamu ambil. Berbekal ilmu sastra dan kebahasaan yang dikuasai, seorang lulusan Sastra Inggris yang baru lulus bisa memiliki gaji kisaran Rp4.000.000. Besaran tersebut bisa lebih tergantung jenis pekerjaan apa yang kamu geluti.

Berikut daftar prospek kerja bagi lulusan Sastra Inggris.

Penerjemah lisan

Tidak sedikit namun juga tidak banyak orang yang bisa berbahasa Inggris. Seorang penerjemah lisan bisa bekerja di berbagai sektor seperti menjadi seorang translator bahasa Inggris di perusahaan, translator bahasa Inggris di institusi pemerintahan, hingga menjadi tour guide wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia.

Penerjemah tulisan

Seorang penerjemah tulisan memiliki peluang kerja yang sama besarnya dengan penerjemah lisan. Di antaranya kamu bisa menjadi seorang penulis bahasa Inggris, menjadi penerjemah takarir atau subtitle pada film berbahasa Inggris, dan masih banyak lainnya.

Guru bahasa asing

Selama kamu menguasai tata bahasa Inggris dengan baik, menjadi seorang guru bahasa Inggris adalah perkara yang mudah. Bahkan kamu bisa membuka les privat bahasa Inggris untuk anak-anak sekolah saat kamu masih kuliah.

Biaya kuliah jurusan Sastra Inggris di BSI

Bina Sarana Informatika (UBSI) atau yang lebih dikenal BSI dengan slogannya “Kuliah? BSI Aja!” merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik yang ada di Indonesia. UBSI menyelenggaran pendidikan mulai dari jenjang Diploma, Sarjana, hingga Pascasarjana.

Kampus UBSI memiliki lokasi di 3 tempat yang berbeda, di antaranya yaitu:

  • Kampus Bekasi 3 di Jalan KH. Ahmad No. 8, Raya Setu Cibitung, Tambun, Bekasi
  • Kampus Tegal di Jalan Sopelem No. 22, Tegal Barat
  • Kampus Surakarta di Jalan Letjen Sutoyo No. 43, Cengklik, Nusukan, Banjarsari.

UBSI dikenal memiliki biaya kuliah yang sangat terjangkau. Lalu berapa biaya kuliah Sastra Inggris di Universitas Bina Sarana Informatika? Berikut rinciannya.

Biaya kuliah Sastra Inggris UBSI mencakup Biaya Pendaftaran Online, Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP), dan Biaya Pra-Kuliah. Berikut besarannya

Biaya pendaftaran online jenjang S1

sebesar Rp250.000

SPP Kelas Pagi

sebesar Rp2.580.000

SPP Kelas Malam

sebesar Rp3.080.000

(Biaya tersebut sudah termasuk BPP Pokok, Biaya SKS, Praktikum, dan Biaya Ujian)

Biaya Pra-Kuliah

sebesar Rp1.600.000

Biaya kuliah jurusan Sastra Inggris di UNINUS

Universitas Islam Nusantara (UNINUS) semula bernama Universitas Nahdlatul Ulama (UNNU) yang berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta No. 530, Kota Bandung, Jawa Barat. UNINUS merupakan salah satu Universitas Islam tertua yang ada di Indonesia dan telah berdiri sejak tahun 1959.

Kampus Islam yang satu ini memiliki predikat B dari akreditasi yang dilakukan BAN-PT sebagai lembaga akreditasi resmi pemerintah. Kampus ini juga memiliki program studi Bahasa Inggris dengan biaya yang cukup terjangkau. Lantas berapa besaran biaya kuliah Sastra Inggris di UNINUS? Berikut informasinya.

Biaya kuliah Sastra Inggris UNINUS mencakup Biaya Pendaftaran dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) Kelas Reguler dan Kelas Kerjasama Badan Otonom NU. Berikut besarannya.

Biaya Pendaftaran

sebesar Rp250.000

UKT Kelas Reguler

sebesar Rp6.350.000

UKT Kelas Kerjasama Badan Otonom NU

sebesar Rp5.050.000

Pendaftaran Kuliah Jurusan Sastra Inggris di UBSI dan UNINUS Menggunakan Danacita

Sekarang kamu bisa daftar kuliah melalui Danacita sebagai platform pembayaran yang sudah digunakan oleh banyak mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. Di antara perguruan tinggi yang telah bekerja sama adalah UBSI dan UNINUS.

Danacita menawarkan solusi pembiayaan kuliah dengan cara dicicil setiap bulannya. Dengan demikian pembiayaan kuliah menjadi lebih ringan dan mudah. Langsung daftar di Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) & Universitas Islam Nusantara (UNINUS).

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!

Also tagged with

ubsi jurusan sastra inggris uninus
Default Avatar

Written By

Esa Tauran