Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Mau Jadi Full Stack Javascript? Ikut Bootcamp Hacktiv8 Aja!

2022-10-11

bootcamp-full-stack-javascript-hacktiv8

Source: pexels

JavaScript adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan saat ini. Sebab bahasa pemrograman Javascript ini bersifat dinamis dan ada di sekitar. Kita bisa menemuinya pada halaman website, digunakan dalam mengaktifkan elemen interaktif di internet, dan menjadi komponen inti dari banyak aplikasi web.

Bahasa pemrograman yang awalnya hanya digunakan pada frontend engineering, kini dapat diintegrasikan ke dalam sisi server, yang semakin meningkatkan popularitasnya. Dengan kata lain, Javascript kita mendukung untuk penggunaan dalam program frontend dan backend. Hal inilah yang akhirnya membuat istilah Full Stack Javascript.

Apa itu Full Stack Javascript?

Full Stack Javascript merujuk pada istilah untuk seseorang yang dapat mengembangkan perangkat lunak klien dan juga server. Artinya, mereka harus menguasai HTML dan CSS, tetapi juga memiliki keterampilan untuk membangun sebuah browser, server, dan juga database. Dengan kata lain Full Stack Javascript Developer merupakan seorang insinyur yang memiliki kemampuan mengembangkan aplikasi baik frontend, maupun backend.

Umumnya, seorang Full Stack Javascript memiliki berbagai hal tools populer untuk digunakan yang disebut MEAN. MEAN yang dimaksud, yaitu:

  • MongoDB, sebuah program basis data NoSQL.
  • Express, dianggap juga sebagai kerangka kerja server standar de facto untuk Node.js.
  • AngularJS, sebuah kerangka kerja web frontend.
  • Node.js, merupakan lingkungan runtime JavaScript untuk skrip sisi server

Menjadi seorang Full Stack Javascript memang tidak mudah. Namun tidak juga sulit untuk mempelajarinya. Salah satunya dengan mengikuti bootcamp Full stack Javascript yang disediakan oleh Hacktiv8


Baca juga: Bahasa pemrograman andalan full stack developer


Waktunya Belajar Full Stack Javascript di Hacktiv8

Hacktiv8 adalah sebuah sekolah di bidang IT berbentuk bootcamp yang menawarkan solusi program pembelajaran intensif untuk membuat seorang pemula menjadi pengembang aplikasi web yang siap pakai. Hacktiv8 menawarkan berbagai program kursus di bidang IT dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini, salah satunya adalah Full Stack Javascript.

Bootcamp Full Stack Javascript Hacktiv8 memiliki kurikulum yang telah teruji di perusahaan-perusahaan ternama. Terdapat enam pilar utama dalam program bootcamp ini. Yaitu

Fundamental Programming

Kamu akan mempelajari pola pikir seorang programmer untuk menjadi programmer andal.

Application Structure

Kamu akan mempelajari tentang struktur dalam membuat sebuah aplikasi.

Pengenalan Database

Kamu akan mempelajari cara membuat database untuk membuat aplikasi.

React & React Native

Kamu akan mempelajari Library dan Framework terkenal dari JavaScript untuk membuat aplikasi di Android & iOS.

Membuat MVP

Kamu akan dibimbing dan diminta untuk membangun MVP (Minimum Viable Product) untuk portfolio.

Final Project

Di akhir program, kamu akan diberikan tugas untuk membuat final project yang akan dipresentasikan di depan Hiring Partner Hacktiv8.


Baca juga: Saatnya Jago Digital Marketing dengan Bootcamp Hacktiv8


Kenapa Kamu Harus Mengambil Bootcamp Full Stack Javascript di Hacktiv8?

1. Materi yang Diberikan Sesuai dengan Standar Industri

Selama 16 minggu mengikuti bootcamp ini, kamu akan diberikan beragam materi yang telah disusun sedemikian rupa oleh tim Hacktiv8. Kurikulum ini selalu diperbaharui sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan di industri terkini. Ini bertujuan agar ketika kamu selesai dari bootcamp ini, kamu dapat langsung mendapatkan gambaran tentang apa yang akan kamu kerjakan.

2. Terdapat Real Life Project untuk Menambah Pengalaman Kamu

Di bootcamp Javascript Hacktiv8 kamu tidak hanya mendapatkan materi teori saja, tetapi juga terdapat real life project yang harus kamu kerjakan sebagai salah satu syarat lulus dari bootcamp ini. Real life project ini memberikan kamu pengalaman yang nyata dalam mengerjakan sebuah proyek Javascript. Ini juga bisa menjadi portfolio awal kamu untuk membangun karir di bidang Full Stack Developer

3. Memiliki Career Support

Hacktiv8 akan memfasilitasi para siswa dengan berbagai career support. Seperti:

  • CV And Resume Preparation yang bertujuan mengedukasi kamu untuk membuat resume dan membangun portofolio yang relevan dengan industri terkini.
  • Interview Coaching dengan memberikan kamu praktik interview agar mereka lebih percaya diri di sepanjang karir mereka.
  • Buddy System yang memberikan kamu kesempatan untuk diskusi dengan siswa lainnya agar mampu berkolaborasi dan dapat bekerja sama dalam tim dengan baik.
  • Career Opportunity yang akan memfasilitasi kamu terhubung 350+ hiring partner Hacktiv8 untuk membantu mendapatkan pekerjaan setelah lulus.

4. Terdapat Konselor Siswa Yang Siap Membantu Proses Belajar

Kamu tidak hanya mendapatkan materi dari para tutor yang ahli di bidangnya masing-masing. Kamu juga akan akan diberikan fasilitas untuk bertanya seputar materi secara 1-on-1 dengan instruktur buddy. Selain itu kamu juga bisa bercerita kepada konselor terkait masalah yang sedang kamu hadapi selama mengikuti bootcamp. Tujuannya agar kamu dapat belajar dengan nyaman dan menerima materi secara maksimal.

Fase Pembelajaran dan Materi yang Kamu Pelajari di Full Stack Javascript Hacktiv8

1. Preparation

Di fase persiapan, kamu akan mempelajari dasar pemrograman dan pengenalan JavaScript untuk membuat website sederhana. Materi tersebut akan membantu kamu untuk lanjut ke fase berikutnya.

2. Bootcamp Fase 1

Di fase ini, kamu akan belajar bagaimana memiliki pola pikir menjadi seorang developer dan dapat menguasai fundamental Full Stack JavaScript. Pada akhir fase ini, kamu diharapkan dapat membuat website sederhana dengan monolithic architecture.

3. Bootcamp Fase 3

Selanjutnya, di fase dua ini kamu akan belajar dasar client-server architecture untuk membuat struktur database yang lebih fleksibel di back end, FE framework Vue untuk membuat UI yang menarik. Hingga akhirnya kamu dapat membangun portfolio Javascript kamu sendiri.

4. Bootcamp Fase 3

Di fase terakhir ini, kamu akan belajar microservice dan React & React Native untuk membuat mobile apps. Fase akhir ini akan ditandai dengan tugas final project yang akan kamu presentasikan di depan hiring partner Hacktiv8.

Permudah Pembayaran Kursus Bootcamp Full Stack Javascript di Hacktiv8 bersama Danacita

Danacita merupakan perusahaan finansial teknologi berbasis pendidikan yang memiliki misi untuk memberikan akses pendidikan mudah kepada siapapun yang ingin atau sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi maupun di lembaga pendidikan, termasuk di Hacktiv8.

Dengan Danacita, kamu bisa mengikuti bootcamp Full Stack Javascript dengan pembayaran yang mudah. Terdapat beragam pilihan pembayaran yang bisa kamu pilih, mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan. Selain itu, prosesnya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan KTP dan melakukan pendaftaran di website Danacita. Danacita dijamin aman karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Informasi selenngkapnya klik di sini.

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!

Also tagged with

hacktiv8 full stack developer javascript
Default Avatar

Written By

Esa Tauran