Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Cara Mencegah dan Menghadapi Stress Saat Berkuliah

2023-10-03

Cara

Daftar isi

    Menjadi mahasiswa memang bukan hal yang mudah. Tak sedikit mahasiswa yang mengalami tingkat stres yang tinggi selama masa perkuliahan, dan ini merupakan fenomena yang cukup umum di lingkungan kampus.

    Biasanya, stres yang dialami mahasiswa berhubungan dengan akademik. Mulai dari banyaknya tugas yang menumpuk, nilai ujian yang tidak sesuai harapan, hingga masalah skripsi sebagai tugas akhir yang tidak kunjung selesai. Belum lagi dengan masalah pribadi lainnya yang muncul. Semua faktor ini dapat berinteraksi dan menyebabkan peningkatan stres di kalangan mahasiswa.

    Penyebab Munculnya Stress Pada Mahasiswa

    Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan mahasiswa mengalami stres dalam menjalani masa perkuliahan. Faktor pertama, tuntutan akademik yang tinggi seperti jadwal kuliah yang padat, beban tugas yang banyak, dan ujian yang menuntut dapat menyebabkan tekanan mental yang besar. Selain itu, adanya ekspektasi yang tinggi dari diri sendiri, keluarga, dan masyarakat untuk meraih prestasi akademik yang tinggi juga menjadi salah satu penyebab stres.

    Faktor lain yang kadang disepelekan yaitu media sosial. Adanya media sosial ternyata menciptakan perbandingan dan tekanan sosial terhadap performa akademik dan gaya hidup. Faktor lain yang berperan adalah keterbatasan finansial, perubahan lingkungan, serta perasaan kesepian akibat menjauh dari keluarga dan teman-teman lama.

    Lalu bagaimana caranya menghindarinya?

    Cara Menghindari Stres Saat Kuliah

    Menghindari stres pada mahasiswa memerlukan beberapa strategi dan perubahan dalam pola pikir serta gaya hidup. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu ambil agar terhindar dari stress saat kuliah

    1. Beristirahat yang Cukup

    Tips pertama agar kamu dapat terhindar dari stres saat kuliah adalah beristirahat yang cukup. Tahukah kamu, kurang tidur membuat otak tidak dapat bekerja secara efisien. Hal ini akan menyulitkan kamu berkonsentrasi, memusatkan perhatian, sulit mengingat atau mempelajari hal baru, dan mengambil keputusan. Sejumlah hal ini dapat menyebabkan Anda tidak bisa memahami isi mata kuliah yang disampaikan selama di kelas.

    2. Jaga Pola Makan

    Menjaga pola makan juga merupakan salah satu cara untuk menghindari kamu dari stres. Konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi. Luangkan waktu kamu secara teratur untuk sarapan, makan siang, dan jug malam malam. Hal ini agar nutrisi dan dizi kamu dapat terpenuhi dengan baik. Selain menghindari kamu dari stress, menjaga pola makan dan mengkonsumsi makanan bergizi akan meningkatkan mood dan kesehatan kamu.

    3. Rajin Berolahraga

    Cara mengatur stres selanjutnya adalah dengan berolahraga teratur. Selain menjaga tubuh kamu tetap sehat dan bugar, rajin berolahraga juga akan menghindari kamu dari stress. Olahraga dapat membantu kamu melepaskan endorfin dan meningkatkan kemampuan kognitif. Selain itu juga membantu kamu tidur lebih nyenyak sehingga kamu dapat terhindar dari stres.

    4. Sempatkan Ngumpul Bersama Teman dan Keluarga

    Saat baru pertama kali masuk ke dunia kuliah, kamu tentu harus menyesuaikan diri. Terlebih jika kamu adalah seorang anak rantau. Kamu harus lebih ekstra untuk beradaptasi. Ketidakmampuan kamu untuk beradaptasi akan berdampak pada emosional dan membuat kamu jadi lebih mudah stres. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu menjaga komunikasi dengan teman atau keluarga. Kamu dapat bercerita atau nongkrong dengan teman agar kamu terhindar dari stress. Ini dapat menjadi dukungan emosional yang sangat berarti selama kamu kuliah.

    5. Jaga Komunikasi Dengan Dosen

    Selain dengan teman dan keluarga, kamu juga harus menjaga komunikasi dengan dosen agar terhindar dari stres. Terlebih jika kamu memiliki masalah akademik , jangan ragu untuk berbicara dengan dosen. Komunikasi yang terbuka dengan dosen juga dapat membantu mengurangi tekanan saat kuliah.

    6. Kelola Keuangan Dengan Bijak

    Selanjutnya adalah cobalah untuk mengelola keuangan dengan bijak. Buat rencana pengeluaran dan berhematlah. Pahami mana yang menjadi kebutuhan kamu dan keinginan kamu. Dengan mengelola keuangan dengan baik dapat mencegah stres akibat masalah finansial.

    7. Lakukan Hobby dan Aktivitas yang Kamu Senangi

    Melakukan hobby dan aktivitas yang kamu senangi juga dapat menjadi cara yang paling ampuh agar kamu terhindar dari stres. Hobi merupakan kegiatan yang mampu menenangkan perasaan. Jadi sisihkanlah waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu nikmati di luar akademik. Misalnya mendengarkan musik, membaca buku, melukis, dan lain sebagainya. Ini dapat memberi kamu jeda yang diperlukan dari tekanan.

    8. Sesekali Berlibur

    Sudah menjadi rahasia umum jika berlibur merupakan salah satu cara terhindar dari stres. Kamu dapat bersantai di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan laut yang indah di bawah hangatnya sinar matahari. Atau kamu juga bisa mendaki gunung sambil menikmati udara segar dari pepohonan hijau yang memanjakan mata. Aktivitas liburan ini akan menghilangkan rasa penat dan mumetnya pikiran, serta membuat tubuh menjadi lebih rileks.

    9. Ikut Klub atau Komunitas

    Untuk kamu yang jauh dari keluarga, mengikuti klub atau komunitas dapat mengatasi kesepian kamu. Banyak berkenalan dengan orang baru dan melakukan kegiatan baru akan mengalihkan pikiran kamu dari kesepian. Kamu dapat melakukan berbagai kegiatan bersama yang akan banyak menolong kamu dari stres karena hal itu berguna sebagai pengalih perhatian dari pikiran–pikiran yang menyusahkan. Selain itu, ikut klub atau komunitas juga menjadi kesempatan kamu untuk menjalin pertemanan baru dan memperluas koneksi.

    10. Set Ekspektasi yang Realistis

    Salah satu hal yang kadang membuat mahasiswa stres adalah ekspektasi yang berlebihan. Tetapkan harapan yang realistis terhadap diri sendiri. Tidak perlu mencoba menjadi sempurna dalam semua hal. Kamu harus memahami kemampuan dan batas diri kamu. Dengan mengelola ekspektasi kamu agar lebih realistis, ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan mental, termasuk mengurangi stres dan kecemasan, dan meningkatkan percaya diri kamu.

    Itu dia beberapa cara menghindari stres saat kuliah. Penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk mengatasi stres. Cobalah beberapa strategi yang sesuai dengan kamu dan jangan ragu untuk mencari dukungan jika kamu merasa stres terlalu berat.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!