Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Cara Pasang Iklan di Google Ads dan Penjelasannya

2022-11-08

Blog-Danacit-Cara-Pasang-Iklan-di-Google-Ads-dan-Penjelasannya

Daftar isi

    Ada banyak cara untuk melakukan promosi produk, baik itu secara mulut ke mulut, menawarkan ke teman atau sanak saudara, hingga menggunakan media seperti media cetak dan media digital.

    Namun dengan seiring berjalannya waktu, ponsel sudah menjadi media iklan terbaik di jaman modern ini. Tahukah kamu kalau penetrasi smartphone di Indonesia mencapai 170,4 juta pengguna?

    Maka tidak heran jika banyak pengusaha ataupun brand mulai mengikuti langkah pasar dengan cara melakukan pemasaran melalui media digital. Media digital seperti Google ads

    Google ads adalah salah satu perangkat pemasaran digital yang lumayan ampuh dan presisi. Untuk lebih lanjut, yuk simak artikel di bawah ini!

    Apa itu Google Ads

    Google ads adalah salah satu kanal pengiklan yang menggunakan media digital. Pada awalnya Google ads memiliki nama Google Adwords, namun pada 2018 Google Adwords di re-branding menjadi Google Ads. Google Ads adalah perangkat pengiklanan digital yang mudah digunakan bahkan oleh pemula.

    Selain dia mudah dipakai untuk pemula, dia juga tepat sasaran, selain bisa ditempatkan di mesin pencarian, google ads juga bisa menampilkan di beberapa platform website, hingga Youtube. Oleh karena itulah kenapa Google Ads banyak diminati. Bahkan oleh para pemula.

    Kenapa kita perlu Google Ads

    Ada beberapa alasan mengapa cara beriklan di Google dan cara pasang iklan di Google dinilai lebih efektif dan efisien. Salah satunya yaitu, google akan memberikan iklan yang relevan sesuai dengan kata kunci yang dicari oleh user.

    Dengan demikian, user akan menemukan iklan yang sesuai dengan apa yang mereka cari. Oleh karena itu, besar kemungkinan mereka tertarik dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan melalui iklan Google.

    Selain itu iklan Google Ads juga sudah terhubung dengan banyak platform, seperti Youtube hingga Google Maps. Tentu ini merupakan nilai lebih yang bisa kamu pertimbangkan untuk menggunakan Google Ads

    Keuntungan dari Google Ads

    Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat kamu memulai mengiklankan produkmu melalui Google Ads. Diantaranya adalah:

    1. Google Ads memiliki opsi penempatan yang sangat luas
    2. Dengan pengiklanan berdasarkan kata kunci, kamu bisa dengan lebih mudah menemukan pelanggan yang sesuai dengan produkmu
    3. Ramah untuk pengiklan pemula
    4. Jangkauan iklan yang luas Google Ads juga menyediakan platform bernama Google Display Network. Dimana iklanmu akan ditampilkan di halaman-halaman website yang sudah terdaftar

    Tipe Iklan Google Ads

    Untuk kamu yang ingin memasang iklan di Google Ads, berikut adalah jenis-jenis iklan yang tersedia di Google Ads

    1. Search Engine Marketing: Iklan yang ditampilkan saat pencarian kata kunci di mesin pencarian Google
    2. Google Display Network: Iklan gambar yang tersedia di berbagai website dan aplikasi yang telah bekerjasama resmi dengan Google
    3. Google Shoping: Iklan penawaran barang yang terhubung dengan marketplace
    4. Youtube Ads: Iklan pada setiap video yang ada di Youtube
    5. Google Universal App Campaign: Pengiklanan untuk aplikasi ponsel

    Baca juga: Facebook Ads: Apa itu, Cara Beriklan & Keuntungan

    Cara Memasang Google Ads

    Untuk memulai Google Ads ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan terlebih dahulu. Diantaranya adalah:

    1. Akun Gmail
    2. Metode pembayaran (Kartu kredit, Kartu debit, Akun E-Wallet yang bekerjasama dengan Google)
    3. NPWP

    Terdapat dua cara beriklan di Google dan cara pasang iklan di Google yang bisa kamu lakukan. Berikut ini adalah penjelasan singkat cara memasang Google Ads.

    Cara pertama

    1. Buka Google Ads
    2. Tetapkan Tujuan atau Sasaran
    3. Isi Nama Bisnis
    4. Tuliskan Isi Iklan
    5. Isi Kata Kunci yang Relevan
    6. Pilih Lokasi Target Audiens
    7. Tetapkan Anggaran Iklan
    8. Konfirmasi Info Pembayaran

    Cara kedua

    1. Buka Google Ads
    2. Pilih Mode Pakar
    3. Buat Akun Google Ads
    4. Membuat Kampanye Baru
    5. Pilih Penargetan dan Anggaran
    6. Siapkan Group Iklan
    7. Membuat Iklan

    3 Rekomendasi Bootcamp Digital Marketing Google Ads

    Untuk beriklan di Google, tentu kamu bisa saja mempelajari caranya secara otodidak. Namun apakah kamu tahu bahwa ada cara yang lebih mudah untuk mempelajarinya, dan juga mendapatkan bimbingan mentor hingga mendapatkan kesempatan untuk disalurkan kerja?

    Cara lebih mudah itu adalah mengikuti bootcamp-bootcamp yang telah bekerja sama resmi dengan Danacita! Cek rekomendasinya di bawah ini.

    Hacktiv8

    Hacktiv8 merupakan lembaga bootcamp yang sukses menghasilkan lebih dari 1500 talenta digital.

    Hacktiv8 membuka kelas Digital Marketing yang bisa kamu ikuti selama 12 minggu. Berikut benefit yang bisa diberikan:

    1. Kurikulum terupdate
    2. Growth mindset
    3. Instruktur profesional
    4. 350+ hiring partners

    Rakamin

    Rakamin Academy merupakan lembaga kursus pelatihan talenta digital yang siap membantumu meraih karir impian. Salah satunya menjadi Digital Marketing Expert.

    Kamu dapat belajar langsung bersama para ahli, menambah portfolio melalui real-project, dan dibimbing hingga jaminan mendapatkan pekerjaan atau uang kembali 100%.

    Course-Net

    Course-Net merupakan salah satu lembaga kursus pelatihan yang membuka kelas Digital Marketing. Tercatat sudah 75 ribu orang yang telah bergabung mulai dari pemula hingga expert.

    Ada beberapa alasan mengapa kamu harus mengikuti kelas di Course-Net, yaitu, peluang pekerjaan yang luas, prospek gaji yang tinggi, bisa dipelajari dengan mudah tanpa background digital marketing, dan meningkatkan peluang untuk sukses berbisnis dan melesatkan omset.

    Menjadi Ahli Google Ads dengan Danacita

    Itu dia cara beriklan di Google dan cara pasang iklan di Google yang harus diketahui oleh seorang digital marketer. Tertarik untuk menjadi digital marketer? Kamu bisa ikuti salah satu kelas kursus di atas.

    Merasa keberatan dengan biaya pendidikan? Selamat, kamu beruntung karena lembaga kursus tersebut sudah bekerja sama Danacita sebagai salah satu metode pembayaran yang memudahkan.

    Danacita merupakan platform pembayaran online yang telah berdiri sejak tahun 2018. Hingga saat ini, Danacita tercatat memiliki lebih dari 14 ribu pengguna dari kalangan mahasiswa hingga peserta kursus, 120 mitra pendidikan, dan terdapat lebih dari Rp171 miliar dana pendidikan yang telah dialokasikan.

    Danacita adalah solusi bagi kamu yang mengalami kesulitan dalam membayar biaya pendidikan dengan menawarkan tenor pembayaran mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan.

    Ada beberapa alasan mengapa kamu harus menggunakan Danacita. Di antaranya yaitu:

    • Solusi mudah dan aman untuk gapai mimpi pendidikanmu
      Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta telah tersertifikasi ISO 27001 untuk keamanan data transaksi kamu.
    • Pencairan langsung ke rekening institusi pendidikan
      Kamu tidak perlu khawatir karena dana pendidikan akan langsung dibayarkan ke institusi pendidikan yang telah bermitra. Maksimal 3 hari kerja.
    • Persyaratan mudah
      Danacita tidak memerlukan DP maupun jaminan. Kamu bisa langsung mengajukan hanya dengan KTP, bukti tagihan, dan bukti penghasilan satu bulan terakhir.
    • Proses pengajuan mudah berbasis online
      Kamu bisa mulai melakukan pengajuan dimanapun dan kapanpun melalui website dan aplikasi android Danacita.
    • Bebas biaya pelunasan di awal
      Jika kamu memiliki dana lebih dan ingin segera melakukan pelunasan maka bisa hubungi tim customer care Danacita tanpa adanya denda.

    Itu dia alasan kenapa kamu harus menggunakan Danacita sebagai platform pembayaran. Tertarik untuk menggunakan Danacita? Segera lakukan simulasi peminjaman di website Danacita atau aplikasi Danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!