Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Facebook Ads: Apa itu, Cara Beriklan & Keuntungan

2022-11-04

cara-beriklan-di-facebook-ads

Daftar isi

    Cara beriklan di Facebook dan cara pasang iklan di Facebook menjadi hal yang banyak dicari pebisnis untuk melakukan pemasaran usahanya. Facebook memang menjadi salah satu media sosial yang tepat untuk mempromosikan bisnis. Menurut laporan Statista, Indonesia memiliki 129,85 juta pengguna Facebook per Januari 2022 lalu. Jumlah pengguna Facebook di Indonesia tersebut berada di peringkat ketiga di dunia.

    Hal ini tentu menjadi peluang besar bagi para pebisnis untuk menarik calon konsumen potensial dan memaksimalkannya melalui Facebook Ads. Tentu saja, para pebisnis pasti mengharapkan keuntungan berupa penjualan setelah melakukan promosi.

    Jika kamu salah satunya, harus mengetahui cara beriklan di Facebook dan cara pasang iklan di Facebook yang tepat agar hasil iklan Facebook bisa lebih maksimal. Mari ketahui cara beriklan di Facebook dan cara pasang iklan di Facebook agar hasil promosi bisnismu maksimal melalui artikel di bawah ini.

    Apa Itu Meta?

    Sebelum mengulik cara beriklan di Facebook dan cara pasang iklan di Facebook, kamu harus tahu tentang Facebook itu sendiri. Setelah hampir dua dekade berdiri, Facebook Inc. memutuskan mengganti namanya menjadi Meta Platform Inc. Perubahan ini dilakukan karena kebutuhan rebranding sesuai dengan cita-cita perusahaan di masa depan.

    Dengan perubahan dan visi tersebut, perusahaan Mark Zuckerberg ini akan punya dua divisi, yaitu divisi platform media sosial seperti yang sudah ada, dan divisi platform masa depan dengan pengalaman Metaverse.

    Apa itu Facebook Ads?

    Facebook Ads adalah layanan iklan berbayar yang dimiliki platform Facebook. Platform yang satu ini memang menjadi platform media sosial paling populer dan banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Sebagian di antara mereka percaya bahwa menggunakan Facebook Ads bisa menampilkan iklan kepada audiens berdasarkan demografinya.

    Demografi di sini mencakup berbagai hal penting terkait pasar yang hendak dijangkau, mulai dari pendidikan, umur, pekerjaan, jenis kelamin, dan lain sebagainya. Bisa disimpulkan, jika menggunakan iklan ini, kamu bisa menentukan target konsumen lebih mudah dan tepat sasaran.

    Kenapa Kita Perlu Facebook Ads?

    Jika kamu masih ragu mempelajari cara beriklan di Facebook dan cara pasang iklan di Facebook, sebaiknya ketahui terlebih dahulu alasan perlu menggunakan Facebook Ads. Salah satu alasan menggunakan Facebook Ads bisa membuat produk atau bisnis kamu semakin dikenal orang dari berbagai wilayah, bahkan kalau kamu menerapkan cara beriklan di Facebook dan cara pasang iklan di Facebook yang tepat, mereka bisa sekalian menjadi pelanggan. Itu sebabnya, memasang iklan berbayar tak ada salahnya dilakukan karena semakin kuat branding yang kamu bangun, semakin besar brand awareness yang kamu dapatkan.

    Facebook Ads menawarkan iklan menjadi lebih tertarget. Artinya, kamu bisa melakukan pengaturan sendiri terkait konsumen yang hendak dijangkau berdasarkan data, mulai dari usia, jenis kelamin, pekerjaan, minat, hingga hobi. Menariknya, memasang Facebook Ads cukup terjangkau karena dapat menyesuaikan budget yang kamu punya.

    Keuntungan Dari Facebook Ads

    Banyak sekali keuntungan yang bisa dinikmati oleh para pelaku bisnis yang berjualan di Facebook, apabila menerapkan cara beriklan di Facebook dan cara pasang iklan di Facebook yang tepat. Jualan di Facebook akan jauh lebih terasa pendapatannya dengan fitur ini. Nah, keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari Facebook Ads, diantaranya:

    1. Tanpa Batas Waktu, Jarak, dan Lokasi

    Hal menakjubkan yang bisa kamu peroleh dari cara beriklan di Facebook dan cara pasang iklan di Facebook yang tepat adalah tidak adanya batas waktu, jarak, dan lokasi untuk beriklan maupun berjualan. Tidak ada batasan waktu untuk berjualan, karena kamu bisa melakukannya kapan saja, entah pada siang hari maupun malam hari. Tidak ada batasan jarak dan lokasi, karena memang Facebook dapat menjangkau daerah-daerah terpelosok sekalipun.

    2. Memberikan Hasil Yang Cepat

    Salah satu keunggulan menerapkan cara beriklan di Facebook dan cara pasang iklan di Facebook yang tepat adalah kamu akan mendapatkan hasil yang cepat. Begitu iklan tayang, Facebook akan memperlihatkannya ke ribuan pengguna yang berpotensi menjadi pelangganmu. Kamu pun bisa langsung melihat performa iklan yang dipasang secara real-time. Jika hasil promosi tidak memuaskan, kamu bahkan bisa segera mengubah atau menyesuaikan iklan yang dipasang.

    3. Iklan Bisa Ditampilkan dengan Berbagai Macam Format

    Keunggulan menerapkan cara beriklan di Facebook dan cara pasang iklan di Facebook yang tepat selanjutnya adalah membuat penggunanya lebih leluasa dalam mengkreasikan materi iklan. Nah, di sini tingkat kreatifitas kamu diuji. Bagaimana caranya membuat suatu visual entah image ataupun video yang membuat orang ingin melihatnya bahkan meng-click iklan tersebut.

    Tipe Iklan Facebook Ads

    Sebelum mencari tahu cara beriklan di Facebook dan cara pasang iklan di Facebook lebih jauh, kamu harus memahami jenis-jenis iklan di Facebook yang dapat digunakan untuk promosi. Ada banyak jenis iklan di Facebook yang bisa kamu pilih untuk mempromosikan produk/layanan bisnis, di antaranya:

    • Iklan Gambar
    • Iklan Video
    • Iklan Slideshow
    • Iklan Stories
    • Iklan Instant Articles
    • Iklan Koleksi/Collection
    • Iklan Jajak Pendapat/Polling
    • Iklan Dinamis
    • Iklan Prospek/Leads
    • Iklan Augmented Reality

    Baca juga: Cara Pasang Iklan di Google Ads dan Penjelasannya

    Cara Memasang Facebook Ads

    Cara beriklan di Facebook dan cara pasang iklan di Facebook Ads cukup mudah dan tak ribet, lho. Kamu cukup ikuti tahapan berikut di Facebook Ads dan iklanmu akan terpasang dengan sempurna!

    Cara beriklan di Facebook dan cara pasang iklan di Facebook pertama adalah mendaftar pada Facebook bisnis. Jika belum punya, klik link ini untuk membuat akun Facebook Ads.

    1. Setelah memiliki akun Facebook Ads, kamu bisa langsung menuju laman Facebook Ads Manager, kemudian ikuti tahapan berikut ini.
    2. Setelah sukses mendaftar akun Facebook bisnis klik Campaign.
    3. Kemudian klik Create.
    4. Kamu akan disuguhkan dengan 10 pilihan pemasaran berdasarkan tujuan iklan yang ingin dicapai.
    5. Pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis.
    6. Baca dengan saksama setiap pilihan pemasaran agar tujuan bisnis dapat tercapai.
    7. Setelahnya beri nama Kampanye Iklan. Ikuti dan pertimbangkan semua proses yang ditawarkan oleh Facebook.
    8. Langkah selanjutnya pilih opsi Set Up Ad Account untuk membuat data akun iklan.
    9. Kamu akan diminta mengisi asal negara, jenis mata uang, dan zona waktu tempat tinggal.
    10. Setelahnya tentukan target pasar dengan memilih usia, gender, bahasa, dan lain sebagainya.
    11. Kamu juga bisa mengelompokkan target pasar dengan membaginya berdasarkan minat, perilaku, dan demografi.
    12. Kemudian pilih opsi Penempatan Iklan. Facebook menyediakan penempatan otomatis jika kamu pemula menggunakan Facebook Ads.
    13. Klik opsi Automatic Placements jika ingin Facebook yang mengatur penempatan iklan produk.
    14. Terakhir buat iklan produk kamu.
    15. Pada penjelasan di atas telah disebutkan format iklan yang dapat kamu pilih.
    16. Pilih format iklan yang sesuai dengan kebutuhanmu.
    17. Jika sudah menentukan dan membuat iklan, klik opsi Confirm untuk mengirim konsep iklan kamu ke Facebook.
    18. Facebook akan mengirim email setelah menerima iklan.

    5 Rekomendasi Bootcamp Digital Marketing Facebook Ads

    Setelah mengetahui cara beriklan di Facebook dan cara pasang iklan di Facebook Ads, tetapi kamu masih bingung menggunakannya dengan maksimal, jangan khawatir. Sebab, saat ini sudah banyak Bootcamp Digital Marketing yang mengajarkan promosi ini. Berikut rekomendasinya:

    1. Digital Skola

    Cara beriklan di Facebook dan cara pasang iklan di Facebook Ads yang tepat juga diajarkan di Bootcamp Digital Marketing di Digital Skola. Di program kursus digital marketing, kamu akan diajarkan materi yang memiliki kaitan yang sangat erat dengan bidang digital marketing seperti creative copywriting & creative design. Selain itu, kamu akan mendapatkan pengalaman belajar bersama para pengajar yang sudah sangat berpengalaman dan ahli di bidang digital marketing serta menggunakan kurikulum yang sudah up-to-date dengan kebutuhan industri.

    Informasi selengkapnya di sini.

    2. Dibimbing

    Dibimbing.id merupakan platform pembelajaran dan persiapan karir teknologi digital yang tepat untuk kamu. Selama 16 minggu, kamu akan dibimbing untuk menguasai Digital Marketing secara lengkap dengan kurikulum yang komprehensif selama 16 minggu. Materinya mencakup Introduction dan Fundamental digital marketing, social media, SEO/SEM, CRM dan marketplace ads.

    Informasi selengkapnya di sini.

    3. Rakamin Academy

    Saat ini, kamu dapat mendaftarkan diri di Digital Marketing Bootcamp Batch 18 yang ditawarkan Rakamin Academy. Dilansir dari website resmi Rakamin Academy, ada beberapa alasan kenapa Rakamin Academy dapat membantumu untuk menjadi seorang digital marketing:

    • Layanan Career Profiler dan Konseling
    • Belajar langsung bersama expert dari perusahaan Top-Tech
    • Merasakan Pengalaman Kerja Virtual di perusahaan Top-Tech
    • Garansi 100% uang kembali jika dalam 6 bulan tidak mendapatkan pekerjaan

    Informasi selengkapnya di sini.

    4. RevoU

    RevoU adalah sekolah online (EdTech) yang membekali para murid dengan keterampilan digital yang dibutuhkan industri saat ini, seperti digital marketing. Selama menjalani bootcamp Digital Marketing di RevoU, kamu akan diberikan materi yang relevan dengan kebutuhan dunia industri. Berikut daftarnya.

    • Measuring Performance and Budget Allocation
    • Search Engine Optimization (SEO)
    • Product Marketing and Landing Page
    • Content Marketing
    • Marketing Analytics
    • Social Media Organic
    • Social Media Ads
    • CRM
    • Google Ads

    Informasi selengkapnya di sini.

    5. Purwadhika

    Cara beriklan di Facebook dan cara pasang iklan di Facebook Ads yang tepat bisa kamu dapatkan di Bootcamp Digital Marketing Purwadhika. Di program pelatihan digital marketing ini, nantinya kamu akan dibimbing untuk melalui 3 tahapan, dari fundamental hingga specialist, untuk menguasai ilmu digital marketing.

    Informasi selengkapnya di sini.

    Menjadi Ahli Facebook Ads dengan Danacita

    Sekarang kamu lebih mudah untuk belajar cara beriklan di Facebook dan cara pasang iklan di Facebook Ads dengan Danacita. Danacita adalah sebuah perusahaan Financial Technology yang bergerak di bidang pembiayaan pendidikan terjangkau. Pembiayaan yang disediakan oleh Danacita ditujukan untuk mahasiswa di Universitas/Perguruan Tinggi/Institut/Sekolah Tinggi, dan pelajar di lembaga pendidikan dan pelatihan non-formal di seluruh Indonesia.

    Saat ini, Danacita telah bekerjasama dengan lebih dari 130 institusi pendidikan termasuk tempat kursus untuk mewujudkan mimpi kamu belajar cara beriklan di Facebook dan cara pasang iklan di Facebook Ads dengan kemudahan biaya lewat cicilan. Terdapat pilihan cicilan 6 bulan hingga 24 bulan yang bisa kamu pilih.

    Syarat untuk mengajukan cicilan sangat mudah, kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Prosesnya juga aman dan cepat secara online tanpa dibebani biaya DP, uang jaminan atau biaya lainnya. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Informasi lengkapnya dapat kamu kunjungi untuk bootcamp Refocus di sini, Digital Skola di sini, Dibimbing di sini!

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!