Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Cari Jurusan di UIN SUKA? Cek Info Lengkapnya!

2022-09-09

Daftar isi

    Berbagai pertanyaan seputar kampus dan jurusan yang tepat sering kali dipertanyakan para pelajar yang baru tamat sekolah dan ingin lanjut kuliah. Banyaknya pilihan kampus di Indonesia serta berbagai jurusan yang disediakan membuat calon mahasiswa semakin pusing memilih.

    Karena hal ini, bahkan calon mahasiswa bisa merasa galau karena belum juga menentukan jurusan kuliah yang tepat. Menentukan jurusan yang tepat sangatlah penting. Pasalnya hal itu berkaitan dengan semangat menjalani studi hingga prospek kerja setelah lulus. Tak sedikit pula mahasiswa terpaksa tidak melanjutkan studi karena merasa tidak cocok atau menyerah di tengah jalan dengan jurusan pilihannya.

    Pilih kampus berkualitas seperti Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga. Yuk, simak jurusan di UIN Sunan Kalijaga hingga alumni yang sukses. Siapa tahu bisa menjadi referensi pilihan kamu mencari tempat kuliah.

    Latar Belakang UIN SUKA

    Sebelum kamu mengetahui jurusan di UIN Sunan Kalijaga, sebaiknya ketahui juga latar belakang atau sejarah kampus ini agar memiliki gambaran. UIN SUKA ini sekarang juga jadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang cukup difavoritkan bagi para calon mahasiswa di Jawa Tengah lho.

    Setelah lima tahun berdiri, berubah status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). Perubahan dan perkembangan STAIN Sunan Kalijaga terus berjalan, hingga pada tahun 2011 atau 14 tahun setelah perubahan status menjadi STAIN, lembaga ini bertransformasi menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Kalijaga.

    Pada tahun 2004, kemudian terjadi transformasi lagi yang membuat IAIN Sunan Kalijaga berganti nama menjadi UIN Sunan Kalijaga. Dengan adanya perubahan ini, tercipta pula paradigma baru untuk kampus ini, yaitu integrasi dan interkoneksi. Kemudian, pada tahun 2005, terdapat penambahan dua fakultas baru yaitu Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (Fishum) sebagai perwujudan bukti nyata paradigma yang dipegang.

    Fasilitas UIN SUKA

    Kalau kamu mau kuliah di UIN SUKA, maka pilihanmu tepat karena di sini ada banyak fasilitas yang keren-keren. Pokoknya dijamin deh, nggak bakalan menyesal menempatkan UIN SUKA di urutan pertama dalam daftar kampus impianmu!

    1. Gedung Perkuliahan dan Layanan Akademik

    Bagi mahasiswa yang kuliah di UIN Sunan Kalijaga melakukan aktivitas belajar mengajar di gedung yang nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas pembelajaran berbasis IT. Selain itu, dilengkapi juga dengan berbagai anjungan komputer, anjungan mesin absensi, anjungan sistem informasi, dan berbagai layanan pendukung lainnya agar kegiatan pembelajaran lebih maksimal.

    2. UPT Perpustakaan

    Salah satu hal yang menarik dari Perpustakaan UIN SUKA selain koleksi bukunya yang lengkap adalah tersedianya berbagai corner penunjang belajar mahasiswa, seperti Difable Corner untuk memfasilitasi perpustakaan bagi mahasiswa difabel, kemudian ada Canadian Corner dan Iranian Corner yang merupakan hasil kerja sama dengan negara Kanada dan Iran dan berisi semua hal yang berkaitan dengan dua negara tersebut, mulai dari kebudayaan, literatur, sejarah, dan hal lainnya.

    3. Laboratorium Terpadu

    Laboratorium ini digunakan untuk mendukung layanan akademik dan perkuliahan serta sebagai wadah dalam penelitian dan pelayanan masyarakat.

    4. Play Group

    Di bagian barat kampus UIN SUKA berdiri sebuah playgroup yang digunakan untuk memudahkan para akademisi, baik dosen maupun mahasiswa, yang mempunyai buah hati untuk menitipkan anak mereka di sana.

    Fakultas dan Jurusan UIN SUKA

    Jika kamu tertarik masuk kampus UIN SUKA, berikut beberapa fakultas dan jurusan di UIN SUKA yang bisa dipilih.

    • Fakultas Adab dan Ilmu Budaya
    • Fakultas Dakwah dan Komunikasi
    • Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
    • Fakultas Syariah dan Hukum
    • Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam
    • Fakultas Sains dan Teknologi
    • Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora

    Jenjang Karir Jurusan UIN SUKA

    Tak bisa dipungkiri, salah satu alasan calon mahasiswa memilih sebuah fakultas dan jurusan adalah melihat jenjang karir di masa depan. Jangan khawatir, UIN SUKA memiliki fakultas dan jurusan yang di mana jenjang karirnya terjamin.

    1. Penerjemah

    Ada beberapa jurusan bahasa di UIN SUKA, antara lain Bahasa dan Sastra Arab, Pendidikan Bahasa Arab, dan Sastra Inggris. Lulusan dari ketiga jurusan tersebut berpotensi untuk menekuni berbagai pekerjaan di bidang kebahasaan, salah satunya yaitu menjadi penerjemah. Kampus ini juga mempunyai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Pengembangan Bahasa yang mendukung kamu untuk menekuni bidang ini dan mengembangkan potensi kamu di bidang kebahasaan, terutama bahasa Arab dan bahasa Inggris.

    2. Praktisi Media

    UIN SUKA juga memiliki jurusan Ilmu Komunikasi serta Komunikasi dan Penyiaran Islam yang banyak melahirkan para praktisi media. Kalau kamu kuliah di salah satu dari kedua jurusan ini kamu bisa berkarir di bidang media, misalnya menjadi seorang produser siaran TV dan radio atau bekerja di perusahaan periklanan.

    3. Guru Agama

    UIN SUKA mempunyai fakultas keguruan, yaitu Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Fakultas ini melahirkan lulusan yang siap menjalani di dunia pendidikan, utamanya di bidang agama Islam. Tidak banyak universitas yang mempunyai fakultas keguruan dan jurusan-jurusan agama Islam di Indonesia.

    4. Pengadilan Agama

    Pengadilan Agama juga banyak membutuhkan lulusan dari jurusan-jurusan agama. Kalau kamu masuk ke salah satu jurusan yang ada di Fakultas Syariah dan Hukum, kamu berpeluang untuk mengisi posisi di Pengadilan Agama sebagai hakim, advokat, dan berbagai posisi lainnya yang ada di Pengadilan Agama.

    Alumni UIN SUKA yang Sukses

    Meskipun UIN SUKA sering dibandingkan dengan PTN lain, namun jangan salah dengan prestasi mahasiswa UIN yang mendunia dan melahirkan tokoh-tokoh yang inspiratif, salah satunya Budy Sugandi (alumni Prodi Pendidikan Matematika, Master Marmara University, Istanbul & Technische Braunschweig, Jerman, Ph.D. Candidate Education Leadership and Management, Southwest University China, Founder Klikcoaching.com).

    Menurut Budy menggeluti hobi itu dapat membentuk karakter dan keberanian untuk berkompetisi. Di kampus UIN SUKA, semua hobi bisa salurkan melalui UKM. Budy juga bersikap inklusif, bergaul dengan banyak teman. Semangat budi untuk sukses juga terbentuk dari dorongan guru dan dosen. Menurunnya dukungan para dosen itu sangat berpengaruh terhadap keberanian mahasiswanya. Tetapi setelah keinginannya kuliah di luar negeri terwujud, ternyata rasanya biasa saja. Maka agar ada nilai plusnya, ia berupaya keras mengembangkan ilmunya untuk bisa berkarya. Maka selepas lulus Master ia menulis buku dan membuat Startup Klikcoaching.com.

    Kerjasama Resmi UIN SUKA dan Danacita

    Jika kamu ingin berkuliah di UIN SUKA tetapi terhalang biaya, jangan khawatir. Untuk membantu mewujudkan hal tersebut, Danacita memberikan solusi dengan menawarkan bantuan pendanaan. Biaya pendidikan akan ditanggung oleh Danacita dan kamu bisa menggantinya dengan sistem angsur atau cicilan. Dengan demikian kamu tidak perlu lagi cemas mengenai biaya pendidikan.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!