Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Cicilan Pendidikan Sebagai Jembatan Investasi Diri di Masa Depan

2022-03-09

Daftar isi

    Memenuhi kebutuhan pendidikan setinggi mungkin agar bisa meraih cita-cita memang sudah menjadi impian bagi banyak orang. Di Indonesia sendiri, mayoritas biaya kuliah mahasiswa ditanggung oleh orang tua mereka. Dari hal ini kemudian membuat banyak orang tua mengupayakan semaksimal mungkin agar bisa menyekolahkan anak mereka di perguruan tinggi sebagai investasi diri sendiri.

    Dalam memenuhi biaya pendidikan, kini sudah terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Mulai dari mencari beasiswa, partisipasi mahasiswa membantu orang tua seperti dengan magang, sampai dengan memilih untuk mengajukan cicilan pendidikan. Berikut ini penjelasan mengapa dengan mengambil cicilan pendidikan, sudah pasti membantu mahasiswa dalam berinvestasi pada dirinya.

    Mendapat Ilmu dan Gelar

    Saat berkuliah, pada umumnya menjadi tempat di mana mahasiswa mendapatkan ilmu yang lebih luas dan berbobot bila dibandingkan dengan ilmu yang diajarkan saat di sekolah menengah. Dari ilmu yang didapat ini, kemudian mahasiswa bisa mendapat perspektif baru yang nantinya akan membuat dirinya semakin berkualitas.

    Selain itu, tidak dipungkiri bahwa mayoritas lapangan pekerjaan di Indonesia masing menjadikan gelar pendidikan sebagai persyaratannya. Setelah menyelesaikan perkuliahan, mahasiswa kemudian akan mendapat gelar sesuai jurusan yang ditekuni dan bisa menjadi modal awal dalam bersiap menuju dunia profesional.

    Jika seorang mahasiswa menghadapi masalah biaya pendidikan memutuskan untuk mengajukan cicilan pendidikan, maka ia tidak perlu khawatir pendidikannya harus terhenti. Ia juga bisa mendapat ilmu dan gelar yang diinginkan. Dengan ilmu dan gelar yang sudah didapat, hal itu bisa menjadi bekal atau investasi diri mahasiswa dalam memasuki tahapan selanjutnya, bisa saja untuk melanjutkan S2 atau bekerja.

    Bisa dibaca juga: 4 Tips Cerdas Pilih Cicilan Biaya Kuliah Terjangkau Untuk MABA dan Mahasiswa Aktif

    Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Sumber Daya di Indonesia

    Source: Pexels.com/Yan Krukov

    Di kondisi saat ini, sayangnya kondisi pendidikan di Indonesia masih butuh banyak hal yang ditingkatkan. Selain itu, masih banyak juga masyarakat yang tingkat pendidikannya masih rendah. Mantan Menristek Mohamad Nasir berbicara bahwa di tahun 2019, dari total keseluruhan warga Indonesia, hanya sebanyak 34,58% yang bisa masuk perguruan tinggi. Angka ini masih jauh dari separuh warga Indonesia. Dari kondisi inilah yang masih membuat kualitas pendidikan dan sumber daya di Indonesia masih rendah.

    Untuk meningkatkan kedua hal ini, tentu harus ada peran aktif dari pemerintah dan masyarakat. Pemerintah harus bisa memberikan pendidikan yang berkualitas ke seluruh daerah dan dari masyarakat harus ditingkatkan keinginannya untuk mendapatkan pendidikan tinggi juga tidak perlu khawatir akan biaya.

    Mahasiswa yang memutuskan untuk terus berkuliah meskipun terkendala biaya dan memutuskan mengajukan cicilan pendidikan berarti sudah ikut andil dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan sumber daya Indonesia.

    Persiapan Diri Untuk Masyarakat Global

    Tidak dipungkiri bahwa sekarang kita sudah berada di tengah-tengah masyarakat global, yang berarti persaingan antarindividu semakin ketat. Selain bersaing dengan orang lain, kini manusia juga harus mulai mempersiapkan diri untuk bersaing dengan robot. Hal ini dikarenakan pesatnya perkembangan IPTEK dan berubahnya gaya hidup manusia di zaman sekarang.

    Dengan terus memperjuangkan pendidikan, mahasiswa yang mendapatkan pendidikan bisa lebih bersaing untuk menghadapi tantangan ini. Cicilan pendidikan yang dipilih mahasiswa bisa menjadi jembatan mereka untuk berinvestasi diri dan meningkatkan kualitas diri sendiri sehingga tidak akan kalah bersaing dengan orang lain atau teknologi yang terus berkembang.

    Baca juga: Alasan Mengapa Memilih Cicilan Kuliah Bisa Menjadi Solusi Bagi Mahasiswa Sekarang

    Jika keinginan untuk berinvestasi pada diri sendiri agar bisa mencapai hal-hal yang sudah dijelaskan sebelumnya tapi terkendala karena biaya, kamu bisa mencoba mengajukan cicilan pendidikan. Salah satu platform yang memberikan layanan pada mahasiswa untuk memberi pembiayaan pendidikan adalah Danacita.

    Danacita adalah perusahaan finansial dan teknologi yang didirikan sejak tahun 2018 di Indonesia yang sudah membantu banyak pelajar dalam meringankan biaya pendidikan. Pelayanan yang diberikan oleh Danacita yaitu cicilan kuliah dan sudah berada di lebih dari 100 kampus di seluruh Indonesia dan sudah resmi diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Danacita juga telah dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi bersertifikasi ISO 27001. Selain itu, sejak tanggal 2 Agustus 2021, juga sudah diberi surat izin nomor KEP-68/D.05/2021 dalam Penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

    Jangka waktu yang ditawarkan Danacita mulai dari 6 sampai 24 bulan dan tanpa adanya uang DP juga uang jaminan. Mahasiswa tidak perlu khawatir tentang masalah bunga, karena Danacita menawarkan bunga yang flat sehingga tidak menjadi beban pikiran. Cara pengajuan cicilannya pun mudah, karena secara virtual, hanya dengan membuat akun di www.danacita.co.id, lalu melengkapi profil dan mengajukan pembiayaan. Selain itu, mahasiswa juga bisa kembali mengajukan cicilan untuk semester selanjutnya meskipun masih ada cicilan yang harus diselesaikan.

    Dalam menggapai cita-citamu meraih pendidikan yang lebih tinggi, kamu tidak perlu pusing lagi karena Danacita siap membantu biaya pendidikan dan sudah menjadi mitra resmi banyak Universitas ternama dan juga lembaga kursus lainnya, jadi sudah pasti aman dan terpercaya.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri