Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

CRM: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya Lengkap

2022-11-06

crm-adalah-contoh-crm

Daftar isi

    Software Customer Relationship Management (CRM) di Indonesia kini marak digunakan oleh banyak perusahaan untuk mengelola suatu proses bisnis, terutama dalam manajemen prospek. Kegunaan aplikasi CRM dalam membangun hubungan antara perusahaan dengan pelanggan dapat menjadi sarana peningkatan performa bisnis.

    Sebuah perusahaan pasti ingin menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan sehingga ia akan membeli produkmu lagi. Namun, pengelolaan pelanggan perusahaan yang banyak membuat perusahaan akan kesulitan dalam mengontrol dan mengelola. Dengan menggunakan Aplikasi CRM terbaik untuk memantau dan mengelola aktivitas penjualan.

    Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai Customer Relationship Management (CRM) mulai dari penjelasannya hingga contoh CRM berikut ini!

    Apa Itu CRM?

    Customer Relationship Management adalah sebuah sistem yang digunakan untuk membantu bisnis dalam mengelola hubungan dengan pelanggan maupun calon pelanggan. Tujuan dari penerapan sistem CRM untuk meningkatkan layanan pelanggan serta mendorong pertumbuhan penjualan.

    Sistem CRM dapat mengumpulkan data pelanggan dari berbagai saluran komunikasi seperti situs web, email, telepon, chat, maupun media sosial. Data tersebut kemudian tersimpan di database terpusat dan dapat diakses oleh banyak tim dalam suatu organisasi atau bisnis.

    Integrasi data yang terpusat membuat sistem CRM menjadi solusi bisnis dalam mempercepat penjualan, memudahkan aktivitas pemasaran, dan membantu layanan pelanggan yang solutif.

    Baca juga: Guide Lengkap untuk Pemula Mengukur Kesuksesan Strategi Digital Marketing

    Fungsi CRM dalam Bisnis

    Hadirnya aplikasi keluhan pelanggan seperti Customer Relationship Management (CRM) ini, tentu dapat membantu para pemilik perusahaan menangani semua keluhan dengan penanganan yang cepat dan baik. Namun, dibalik itu semua tentu ada manfaat yang nantinya bisa kamu dapatkan dari penerapan CRM dalam bisnis, seperti:

    1. Dapat Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan

    Dengan semua informasi mengenai pelanggan yang nantinya dikumpulkan melalui SMS, email, panggilan telepon, website, hingga sosial media, dapat membuat perusahaan memahami para pelanggan secara konsisten, bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan sesuai dengan kebutuhan mereka, mudah mencarikan solusi atas permasalahan yang pelanggan hadapi, bahkan bisa memberikan perhatian lebih di momen-momen istimewa pelanggan.

    Otomatis perhatian yang kamu berikan dapat meningkatkan kesetiaan pelanggan terhadap produk dan brand. Data yang dikumpulkan melalui CRM juga bisa menjadi bekal bagi perusahaan untuk melakukan berbagai perbaikan serta meningkatkan kualitas pelayanan menjadi lebih baik lagi.

    2. Efisien dalam Penggunaan Anggaran Perusahaan

    Dengan adanya penerapan Customer Relationship Management (CRM) dalam bisnis, tentu kamu juga akan bisa mengurangi biaya pemasaran. Mengapa demikian? Sebab, setiap produk yang dikeluarkan tentu sudah menemukan pangsa pasarnya masing-masing. Oleh karena itu, Anda tidak perlu melakukan survei lagi.

    Penggunaan CRM dalam menjalankan bisnis kamu juga bisa membantu peningkatan pelayanan kepada pelanggan, tetapi tetap bisa mengefisiensikan anggaran dana perusahaan agar tak terbuang percuma untuk layanan pelanggan yang kurang tepat sasaran.

    3. Kegiatan Operasional Semakin Efektif

    Hadirnya aplikasi Customer Relationship Management (CRM) akan memberi banyak kemudahan terutama dalam mengatasi keluhan dari para pelanggan. Kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya administratif hingga biaya birokrasi yang mungkin saja muncul ketika keluhan tersebut tidak teratasi.

    Contoh CRM

    Berikut beberapa contoh Customer Relationship Management (CRM) yang inovatif dan layak untuk kamu coba.

    1. Contoh CRM pada Website Perusahaan

    CRM dapat kamu implementasikan untuk menjaring dan mengelola prospek dari website perusahaanmu melalui form. Form ini nantinya akan diisi oleh pelanggan yang tertarik dengan produk kamu atau sekedar ingin berkonsultasi. Kemudian sistem CRM pada perusahaan akan otomatis mencatat dan menyimpannya ke dalam database. Lalu, tim sales atau marketing akan menindaklanjuti prospek tersebut.

    2. Penerapan CRM pada Email Perusahaan

    Email merupakan salah satu media komunikasi penting bagi perusahaan. Contoh CRM pada email perusahaan adalah dengan menyebarkan email marketing kepada pelanggan. Integrasi email dengan sistem CRM dapat memudahkan kamu untuk melakukan email blast dan mengarahkan pelanggan ke halaman promo tertentu pada saluran bisnis lainnya.

    3. Contoh CRM pada Penjualan dan Customer Service

    Contoh CRM pada penjualan dan customer service bisa ditemukan terutama pada perusahaan retail.

    Di mana CRM pada perusahaan retail dapat membantu mengelola dan mengotomatiskan sistem penjualan seperti mencatat pesanan, melacak distribusi, persedian stok, invoice dan banyak lagi.

    Selain untuk penjualan, penerapan CRM pada perusahaan juga dapat membantu meningkatkan customer service bisnis. Dengan sistem yang terintegrasi, kamu dapat dengan mudah memantau dan merespon setiap permintaan pelanggan yang masuk. Sehingga tidak ada lagi pelanggan yang merasa terabaikan.

    Jenjang Karir Seorang CRM Specialist

    CRM specialist adalah orang yang bertugas memaksimalkan penggunaan software CRM di perusahaan. Berkarir di CRM saat ini sedang sangat dibutuhkan. CRM menjadi software marketing terbesar dengan pertumbuhan tercepat. CRM juga menjadi divisi yang penting karena membangun dan menjaga hubungan dengan customer. CRM mampu memahami kebutuhan dan keinginan customer sehingga CRM memperbaiki customer experience dan melihat peluang sales.

    Progress karir CRM:

    1. CRM Analyst/CRM ops
    2. CRM Specialist/CRM Associate
    3. CRM Associate
    4. CRM Lead

    Seorang CRM juga bisa merambah divisi lain seperti campaign manager, marketing branding, product manager, UX researcher, dan lain sebagainya.

    Rekomendasikan Bootcamp Digital Marketing yang Mempelajari CRM

    1. RevoU

    RevoU menawarkan program pembelajaran intensif selama tiga bulan, dan dijadwalkan di luar jam kerja. Peserta yang tertarik untuk mengikuti program pembelajaran RevoU hanya perlu menyediakan waktu selama 15 hingga 20 jam per minggu untuk mengikuti kelas live interaktif lima hari dalam seminggu.

    Dalam program digital marketing, nantinya kamu akan belajar:

    • Measuring Performance & Budget Allocation
    • Product Marketing & Landing Page
    • Marketing Analytics
    • Social Media Ads
    • Google Ads
    • Search Engine Optimization
    • Content Marketing
    • Social Media Organic
    • Customer Relationship Management

    Informasi lengkapnya di sini.

    2. Course-Net

    Hanya di Course-Net kamu akan dibimbing dengan coach berpengalaman mulai dari teknik dasar digital marketing, menaikkan peringkat website, leads sampai menaikkan konversi penjualan dengan kurikulum sesuai kebutuhan industri. Pada program digital marketing di Course-Net kamu akan belajar:

    • Basic Digital Marketing
    • SEO (Search Engine Optimation)
    • SEM (Search Engine Marketing) & Google Ads
    • Facebook & IG Ads
    • Email Marketing & Final Study
    • Market Research

    Informasi lengkapnya di sini.

    3. Rakamin

    Pada bootcamp Rakamin, kamu akan mendapatkan 49 sesi belajar dan 14 sesi mentoring selama empat bulan bersama tutor expert. Berikut modul yang akan kamu pelajari di Rakamin Academy:

    • Introduction to Digital Marketing
    • Internet Advertising (Google Ads)Content Marketing (Content, Idea & KOL)
    • Internet Marketing (SEO & Wordpress)
    • Social Media Marketing (Organic & Paid)
    • Customer Relationship Management
    • Research & analytics (Market Research & Google Analytics)
    • Strategic Planning (Strategy & KPI)
    • Campaign Reporting
    • Softskill Series
    • Career Shifting Preparation (CV, Portofolio, & Interview)

    Informasi lengkapnya di sini.

    Menjadi Ahli CRM dengan Danacita

    Itu dia penjelasan Customer Relationship Management (CRM), contoh CRM hingga rekomendasi bootcamp digital marketing yang harus kamu tau. Tertarik untuk mengikuti bootcamp digital marketing tapi punya masalah terkait biaya? Tenang saja, sebab RevoU, Course-Net, Rakamin telah bekerja sama dengan Danacita untuk memberikan pembiayaan pendidikan terjangkau.

    Danacita merupakan platform online yang telah membantu banyak mahasiswa dalam menyelesaikan biaya pendidikannya. Kamu bisa bayar kuliah dengan cara dicicil karena

    Danacita menawarkan tenor mulai dari 6 hingga 24 bulan. Selain itu, Danacita juga telah resmi berizin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan atau OJK yang membuatnya sudah pasti aman dan terpercaya.

    Prosesnya juga mudah dan cepat secara online dengan maksimal 2 hari kerja tanpa perlu membayar DP, uang jaminan ataupun biaya lainnya. Selain RevoU, Course-Net, Rakamin, Danacita juga sudah bekerjasama resmi dengan lebih dari 130 lembaga pendidikan di seluruh Indonesia, baik itu lembaga pendidikan formal maupun non formal.

    Tertarik untuk meraih mimpimu di RevoU, Course-Net, Rakamin? Gunakan Danacita sekarang juga! Ketahui informasi lengkapnya dengan mengunjungi website Danacita.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    customer relationship management crm adalah crm contoh crm
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri