Default Avatar

Written By

Aurora Andini

Guide Lengkap untuk Pemula Mengukur Kesuksesan Strategi Digital Marketing

2022-01-13

Daftar isi

    Thumbnail - Digital Marketing 101 - 2.png

    Kita bertemu lagi nih di #BelajarMarketing. Guide lengkap untuk kamu yang lagi belajar digital marketing. Sebelum kamu membaca lebih dalam artikel ini, kamu bisa baca dulu pengantar Digital Marketing 101 sebelumnya di sini ya!

    Kalau kamu sudah catch-up dengan blog sebelumnya, yuk kita mulai pembahasan Digital Marketing selanjutnya!

    Apa dan bagaimana Digital Marketing bisa impacting bisnis kamu?

    Digital marketing bisa menjangkau audience yang lebih besar daripada metode marketing tradisional. Selain itu, digital marketing bisa menargetkan pengguna yang memiliki kemungkinan lebih besar untuk membeli produk atau layanan kamu. Selain itu, sering kali budget yang digunakan biasanya lebih hemat daripada iklan tradisional dan dengan digital marketing, kamu dengan mudah dapat mengukur kesuksesan campaign setiap hari dan melakukan pivot sesuai dengan kebutuhan.

    Ada beberapa manfaat menggunakan digital marketing, diantaranya:


    Dapat menargetkan iklan pada grup yang relevan

    Jika kamu memasang iklan di TV, majalah, atau papan reklame, kamu memiliki kendali terbatas atas siapa saja yang melihat iklan tersebut. Tentu saja, kamu dapat mengukur demografi tertentu — termasuk demografis pembaca majalah, atau demografi lingkungan tertentu — tetapi sebagian besar bisa dibilang kurang tertarget.

    Digital marketing dapat mengidentifikasi dan menargetkan audiens yang sangat spesifik, dan mengirim pesan iklan yang dipersonalisasi dan memiliki konversi tinggi untuk audiens tersebut.

    Misalnya, kamu dapat memanfaatkan fitur penargetan media sosial yang terdapat di dashboard ads media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Tiktok, untuk menampilkan iklan media sosial kepada audiens tertentu berdasarkan variabel seperti usia, jenis kelamin, lokasi, minat, jaringan, atau kebiasaan.

    Atau, kamu juga dapat menggunakan strategi PPC atau SEO untuk menayangkan iklan kepada pengguna yang telah menunjukkan minat pada produk dan layanan kamu, atau mereka yang telah menelusuri kata kunci spesifik yang terkait dengan industri kamu.

    Digital marketing memungkinkan kamu untuk melakukan penelitian yang diperlukan untuk mengidentifikasi persona pembeli dan pengguna produk kamu agar kamu dapat menyempurnakan strategi pemasaran dari waktu ke waktu dan menjangkau target pengguna yang lebih relevan.


    Lebih cost-effective daripada metode marketing tradisional.

    Digital marketing memungkinkan kamu untuk melacak campaign iklan marketing setiap hari dan mengurangi jumlah uang yang digunakan di channel tertentu apabila iklan tersebut tidak menunjukkan ROI (Return of Investment) yang tinggi. Hal yang sama tidak dapat dilakukan dengan periklanan tradisional.

    Ditambah lagi, dengan digital marketing, kamu memiliki kendali penuh atas bagaimana kamu menggunakan budget marketing kamu.

    Contohnya: mungkin daripada membayar untuk kampanye PPC, kamu memilih untuk menghabiskan uang untuk membuat konten Instagram dengan konversi tinggi. Strategi digital marketing memungkinkan kamu untuk bisa fleksibel sehingga tidak membuang dengan sia-sia budget marketing untuk channel dan iklan yang tidak performing.


    Digital marketing memungkinkan mengungguli kompetitor kamu yang lebih terkenal

    Jika kamu bekerja untuk bisnis yang relatif kecil, kemungkinan besar sulit bagi kamu untuk bersaing dengan bisnis yang memiliki nama lebih terkenal. Perusahaan ini mungkin saja memiliki budget marketing yang lebih besar. Kabar baiknya adalah, banyak sekali peluang untuk kamu mengungguli mereka melalui inisiatif strategi digital marketing.

    Misalnya, kamu dapat mengidentifikasi long-tail keywords tertentu yang terkait dengan produk atau layanan kamu, dan membuat konten berkualitas tinggi untuk membantu meningkatkan peringkat situs kamu di Google.

    Mesin pencari seperti Google, tidak peduli brand mana yang paling besar, namun mesin pencari akan memprioritaskan konten yang paling sesuai dengan target audiens.


    Mau belajar strategi Digital Marketing yang efektif meningkatkan penjualan kamu? Yuk, cobain ikutan Bootcamp Terjangkau untuk Digital Marketing ini.


    Bagaimana mengukur kesuksesan strategi Digital Marketing kamu?

    Digital marketing dapat memberikan insights lengkap untuk metrik kesuksesan bisnis kamu, seperti, impression, share, view, click, dan time on page. Ini adalah salah satu manfaat terbesar dari digital marketing. Meskipun iklan tradisional dapat digunakan untuk tujuan tertentu, batasan terbesarnya adalah iklan tradisional lebih sulit untuk diukur kesuksesannya..

    Website Traffic

    Dengan digital marketing, kamu dapat melihat jumlah pasti orang mengunjungi situs bisnis kamu secara real time dengan menggunakan analitik digital, seperti Google Analytics.

    Kamu juga dapat melihat berapa banyak halaman yang mereka kunjungi, perangkat apa yang mereka gunakan, dan dari mana mereka berasal, di antara data analitik digital lainnya.

    Data ini dapat membantu kamu memprioritaskan saluran marketing, berdasarkan jumlah orang yang datang ke situs kamu melalui saluran tersebut. Misalnya, jika hanya 10% traffic berasal dari penelusuran organik (search langsung di Google), kamu mungkin perlu meluangkan waktu untuk SEO untuk meningkatkan persentase tersebut.

    Content Performance dan Lead Generation

    Bayangkan kamu membuat brosur produk dan mengirimkannya ke alamat rumah banyak orang - brosur tersebut bisa dibilang adalah sebuah bentuk konten offline. Masalahnya adalah kamu tidak tahu berapa banyak orang yang membuka brosur atau berapa banyak orang yang langsung membuangnya ke tempat sampah.

    Sekarang bayangkan kamu memiliki brosur online di situs web kamu. Kamu dapat mengukur dengan tepat berapa banyak orang yang melihat halaman brosur tersebut dan kamu dapat mengumpulkan detail kontak orang-orang yang mengunduhnya dengan menggunakan formulir.

    Kamu tidak hanya dapat mengukur berapa banyak orang yang melihat konten tersebut, tapi juga kamu bisa mendapatkan lead (detail kontak) yang berkualitas.

    Model Attribution

    Strategi digital marketing yang efektif jika dikombinasikan dengan teknologi yang tepat memungkinkan kamu untuk melacak semua penjualan kembali ke titik kontak digital pertama (first digital touchpoint) yang dilakukan oleh customer kamu.

    Hal ini disebut Attribution. Attribution dapat mengidentifikasi tren bagaimana kebanyakan orang menemukan produk kamu dan membelinya. Hal ini dapat membantu kamu untuk memilih keputusan saat membuat strategi digital marketing, dan menyempurnakan siklus penjualan kamu.

    Menghubungkan titik-titik antara marketing dan sales sangatlah penting — menurut Aberdeen Group, perusahaan dengan keselarasan sales dan marketing yang kuat memiliki tingkat pertumbuhan tahunan 20% lebih besar.


    Jaman sekarang, tidaklah sulit untuk belajar Digital Marketing. Banyak sekali bootcamp-bootcamp berkualitas yang menyajikan kursus yang terjangkau seperti RevoU, Digital Skola, CourseNet, Purwadhika, dan masih banyak lagi!

    Sekarang belajar Digital Marketing juga tidak usah pusing biaya, karena dengan Danacita kamu bisa mencicil bulanan tanpa DP dan uang jaminan!

    Mau belajar Digital Marketing? #DanacitaAja!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Aurora Andini