Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Fakultas Agama Islam UNINUS : Penjelasan, Prospek Kerja, Hingga Biaya Kuliah

2023-10-09

Fakultas

Daftar isi

    Dalam dunia yang semakin kompleks dan terhubung global berkat perkembangan teknologi, Fakultas Agama Islam membekali mahasiswa dengan kemampuan untuk merespons isu-isu sosial, ekonomi, budaya, dan politik dengan pandangan agama yang mendalam. Hal ini membuat permintaan dan peminatan terhadap lulusan fakultas ini juga meningkat. Sebab fakultas ini mencerminkan keinginan masyarakat akan pendidikan dan pengajaran agama yang kualitatif, baik dalam konteks pendidikan formal maupun dalam pemberian nasehat agama dalam kehidupan sehari-hari.

    Untuk kamu yang tertarik masuk di Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Nusantara (UNINUS) menawarkan beragam program studi (prodi) yang bisa kamu pilih. Apa saja itu? Berikut penjelasannya

    Mengenal Fakultas Agama Islam UNINUS

    Fakultas Agama Islam (FAI) UNINUS adalah lembaga pendidikan tinggi yang berfokus pada pengembangan ilmu dan pemahaman agama Islam, serta penerapannya dalam berbagai aspek kehidupan. Lahirnya fakultas ini tidak lepas dari wujud cita-cita yang diamanatkan oleh para ulama. Para ulama ini mendirikan Universitas Islam di Kota Bandung pada tanggal 30 November 1959 dengan nama Universitas Nahdlatul Ulama (UNNU) di bawah pembinaan Yayasan UNNU. Ini menjadi persembahan Keluarga Besar Ahlussunnah Wal Jama'ah kepada masyarakat dan bangsa Indonesia.

    FAI UNINUS berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang kokoh dalam nilai-nilai agama Islam, sekaligus menggali potensi akademik mahasiswa dalam memahami ajaran Islam secara mendalam dan kritis. Selain itu, fakultas ini juga hadir sebagai lembaga pendidikan tinggi yang mengkaji ilmu-ilmu agama dan akan melahirkan sarjana agama, menempati posisi yang diperlukan untuk mengantisipasi dan mengimbangi perkembangan zaman.

    Visi

    Visi Fakultas Agama Islam Universitas Islam Nusantara adalah: Menjadi Fakultas Agama Islam yang Unggul dan Mandiri pada Tahun 2035

    Misi

    • Menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia yang mandiri dan unggul.
    • Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat.
    • Melaksanakan pembinaan akhlak Islami yang selaras dengan budaya bangsa.
    • Melaksanakan program kerjasama kemitraan dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri berdasarkan prinsip kesetaraan.
    • Melaksanakan tata kelola Fakultas sesuai dengan prinsip good faculty governance.

    Apa Saja Prodi yang Ada Di Fakultas Agama Islam UNINUS?

    FAI UNINUS menyelenggarakan berbagai prodi yang berkaitan dengan agama Islam, berikut penjelasannya

    1. Pendidikan Agama Islam

    Prodi pertama yang ada di FAI UNINUS adalah Pendidikan Agama Islam. Prodi ini merupakan program pendidikan yang berfokus untuk mempersiapkan calon guru agama Islam yang berkualitas. Di sini, kamu tidak hanya mempelajari seluk beluk Islam secara mendetail hingga kamu memahami perspektif Islam secara jelas. Namun kamu juga akan dibekali ilmu pendidikan agar kamu dapat menjadi seorang pengajar yang baik. Beberapa hal yang akan kamu pelajari pada prodi ini antara lain metode mengajar agama Islam, psikologi pendidikan, serta pembentukan karakter siswa.

    2. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

    Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) FAI UNINUS adalah sebuah prodi yang khusus mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi guru di tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Madrasah Ibtidaiyah sendiri merupakan tingkat pendidikan dasar dalam sistem pendidikan Islam di Indonesia yang setara dengan Sekolah Dasar (SD) pada umumnya.

    Prodi ini dirancang khusus untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pedagogik, metodologi pengajaran, dan pemahaman mendalam tentang kurikulum madrasah ibtidaiyah. Dengan mengintegrasikan mata pelajaran agama Islam dengan pendidikan umum, di sini kamu akan mempelajari materi agama Islam serta pendidikan umum seperti bahasa, matematika, dan sains.

    3. Komunikasi dan Penyiaran Islam

    Selanjutnya ada prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UNINUS. Ini adalah sebuah program pendidikan yang menggabungkan pemahaman tentang ajaran Islam dengan keterampilan dalam berkomunikasi dan menyampaikan pesan-pesan agama melalui berbagai media. Prodi ini akan membekali kamu dengan pengetahuan dan keterampilan dalam berkomunikasi tentang ajaran Islam melalui berbagai media, seperti radio, televisi, dan media digital. Selain itu, kamu juga akan memperoleh pemahaman yang mendalam tentang ajaran Islam, sehingga pesan-pesan yang disampaikan memiliki dasar yang kuat.

    4. Perbankan Syariah

    Prodi terakhir yang ada di FAI UNINUS adalah Perbankan Syariah. Prodi ini lahir dari adanya kesadaran baru bahwa sistem dan pengelolaan perekonomian selama ini sangat rentan terhadap gejolak ekonomi dunia. Oleh karena itu, prodi ini hadir untuk memberikan perhatian pada praktik ekonomi Islam terutama perbankan dan lembaga keuangan syariah lainnya sebagai salah satu alternatif jasa keuangan

    Prodi ini memberikan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip ekonomi syariah, yang meliputi larangan riba, gharar (ketidakpastian), maysir (judi), dan praktek ekonomi yang sesuai dengan ajaran Islam. Selain itu di sini kamu juga akan mempelajari tentang produk-produk keuangan dan perbankan yang sesuai dengan prinsip ekonomi syariah, seperti pembiayaan, investasi, dan aspek hukum dalam perbankan syariah.

    Prospek Kerja Lulusan Fakultas Agama Islam UNINUS

    memiliki prospek kerja yang beragam dan penting dalam memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin sadar akan nilai-nilai agama. Berikut adalah beberapa prospek kerja bagi lulusan FAI UNINUS:

    1. Guru Agama

    Prospek karir pertama untuk lulusan FAI UNINUS tidak lain adalah menjadi seorang guru agama. Kamu dapat bekerja sebagai guru agama di berbagai tingkat pendidikan, baik di sekolah umum maupun madrasah. Selain itu, kamu juga memiliki peluang untuk menjadi pendidik agama di lembaga pendidikan formal dan non-formal, termasuk lembaga-lembaga pendidikan Islam.

    2. Pendakwah

    Prospek karir selanjutnya adalah Pendakwah. Pendakwah merupakan profesi yang bertugas untuk mengajak, menyampaikan pesan kebaikan dan kebenaran (agama) sesuai yang diajarkan. Pesan yang disampaikan tidak selalu dilakukan dengan metode berceramah. Kamu bisa melakukannya dengan berdialog dan mengajak berfikir logis tentang agama.

    3. Penyiaran

    Selanjutnya, kamu juga bisa memilih untuk bekerja di bagian penyiaran. Kamu dapat bekerja di berbagai media, baik tv maupun radio. Selain itu, saat ini banyak perusahaan media yang berbasis online yang bermunculan yang bisa kamu pilih. Kamu dapat bekerja sebagai wartawan atau reporter, jurnalis, presenter, editor, dan lain sebagainya.

    4. Konselor

    Kamu juga dapat berkarir sebagai konselor, khususnya konselor agama. Sebagai konselor agama, kamu akan bertugas untuk membantu individu dalam mengatasi masalah pribadi dan spiritual.

    5. Pegawai Bank Syariah

    Yang terakhir tapi tak kalah penting adalah menjadi seorang pegawai bank syariah. Saat ini telah banyak bank syariah bermunculan. Hal ini sejalan dengan kesadaran masyarakat akan riba yang terjadi pada bank konvensional. Sebagai lulusan FAI UNINUS, kamu bertugas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada bank syariah.

    Bayar Biaya Kuliah DI Fakultas Agama Islam UNINUS Mudah Dengan Danacita

    Kini kamu bisa bayar kuliah di UNINUS dengan cicilan 0% loh! Yuk, klik banner di bawah ini untuk mengetahui estimasi cicilan kuliah kamu di UNINUS dengan Danacita!

    banner-gif-all

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    biaya kuliah uninus fakultas agama islam uninus uninus
    Default Avatar

    Written By

    Esa Tauran