Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Fakultas Atma Jaya Yogyakarta: Informasi Terlengkap

2023-06-28

Daftar isi

    Siapa yang tidak kenal dengan kota Yogyakarta. Tak sedikit orang yang ingin berkunjung ke daerah istimewa ini.

    Khususnya untuk anak SMA yang baru lulus dan ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Yogyakarta bisa dibilang menjadi salah satu kota tujuan untuk melanjutkan pendidikan.

    Ada banyak kampus berkualitas di Yogyakarta, baik negeri maupun swasta, salah satunya adalah Universitas Atma Jaya.

    Banyak keunggulan yang dimiliki Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Mulai dari fasilitas yang lengkap, tenaga pendidik yang berkualitas, dan tentu saja fakultas Atma Jaya Yogyakarta yang juga berkualitas.

    Penasaran dengan kampus ini? Berikut penjelasan lengkap fakultas Atma Jaya Yogyakarta!

    Profil Universitas Atma Jaya Yogyakarta

    Sebelum membahas lebih lanjut seputar fakultas Atma Jaya Yogyakarta, yuk kenalan dulu dengan kampus yang satu ini!

    Universitas Atma Jaya adalah salah satu kampus swasta terbaik yang berada di kota Yogyakarta dan didirikan oleh kaum awam dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah perlindungan Santo Albertus Magnus.

    Kampus yang juga biasa disebut sebagai UAJY ini memiliki tujuan untuk turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi lokal dan berorientasi global.

    Dalam penyelenggaraan pendidikannya, UAJY dilandasi semangat Serviens in Lumine Veritatis (melayani dalam cahaya kebenaran) dan prinsip-prinsip integritas, transparansi dan akuntabilitas, inovasi, multikulturalisme, keterbukaan, keberlanjutan, dan keberpihakan pada yang lemah.

    Selain itu, UAJY juga turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa, membentuk insan yang berbudaya, beradab, bermoral, unggul, dan menghargai keberagaman.

    Visi

    Menjadi komunitas Atma Jaya Yogyakarta yang unggul, inklusif, humanis, berintegritas, dan mampu memberikan kontribusi bagi kualitas hidup yang lebih baik melalui Serviens in Lumine Veritatis (melayani dalam terang kebenaran).

    Misi

    Berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan profesional yang bermanfaat bagi harkat dan martabat manusia melalui karya-karya unggul di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan semangat Serviens in Lumine Veritatis (melayani dalam terang kebenaran).

    Fakultas Atma Jaya Yogyakarta

    Saat ini, terdapat 6 fakultas Atma Jaya Yogyakarta dan 13 jurusan. Berikut penjelasannya:

    1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

    Fakultas Atma Jaya Yogyakarta yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang menjadi salah satu fakultas tertua di UAJY yang berdiri pada tanggal 27 September 1965.

    Di awal berdirinya, fakultas ini hanya bernama Fakultas Ekonomi saja dan menyelenggarakan satu jurusan yaitu Ilmu Ekonomi.

    Sejak November 2018, Fakultas Ekonomi berganti nama menjadi Fakultas Bisnis dan Ekonomi untuk meningkatkan keterlibatan dan kualitas di tingkat internasional dengan mempersiapkan akreditasi internasional.

    Saat ini, FEB UAJY memiliki tiga jurusan, yaitu:

    a. Ekonomi Manajemen

    Jurusan Ekonomi Manajemen menjadi cikal bakal dari FEB UAJY. Jurusan ini awalnya bernama Ilmu Ekonomi kemudian berganti nama menjadi Ekonomi Manajemen.

    Jurusan ini tidak hanya berfokus pada penyediaan pendidikan saja, tetapi juga penelitian, dan pengabdian melalui penerapan ilmu manajemen yang berkelanjutan berbasis teknologi digital dan berwawasan global

    B. Akuntansi

    Jurusan Akuntansi FEB UAJY memiliki lima konsentrasi yaitu Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, Pengauditan, Perpajakan dan Akuntansi Publik, serta Sistem Informasi Akuntansi.

    C. Ekonomi Pembangunan

    Untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, jurusan Ekonomi Pembangunan FEB UAJY menawarkan empat kelompok peminatan yang disesuaikan dengan sumber daya yang tersedia, yaitu: Ekonomi Bisnis, Ekonomi Digital, Ekonomi Industri, dan Ekonomi Keuangan dan Perdagangan Internasional

    2. Fakultas Bioteknologi

    Fakultas Atma Jaya Yogyakarta berikutnya yaitu Teknobiologi yang telah ada sejak 1990 dengan nama Fakultas Biologi.

    Kemudian di tahun 2007 berganti nama menjadi Fakultas Teknobiologi dengan satu Program Studi Biologi. Saat ini, fakultas ini menyelenggarakan dua jurusan, yaitu:

    a. Biologi

    Jurusan Biologi Fakultas Teknobiologi UAJY membekali kamu dengan berbagai ilmu biologi agar dapat menjadi seorang akademisi, peneliti maupun pekerjaan lainnya yang dapat memberikan manfaat kepada banyak orang.

    b. Teknologi Pangan

    Tertarik dengan bagaimana memberikan inovasi untuk pangan nusantara dengan memanfaatkan perkembangan teknologi? Jurusan Teknologi Pangan Fakultas Teknobiologi UAJY bisa menjadi pilihan yang tepat.

    Dengan kurikulum berbasis OBE-MBKM (Outcome Based Education – Merdeka Belajar Kampus Merdeka), di jurusan ini kamu akan dibekali berbagai pengetahuan dan kemampuan mengenai teknologi pangan.

    Baca juga: Biaya Kuliah Universitas Atma Jaya Yogyakarta

    banner-gif-all

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    3. Fakultas Hukum

    Fakultas Hukum UAJY juga merupakan salah satu dari dua fakultas yang lahir bersamaan dengan UAJY. Fakultas ini lahir melalui usaha-usaha penelitian dan persiapan serta perjuangan oleh Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKI) Cabang Yogyakarta pada tahun 1964.

    Fakultas Hukum hanya memiliki satu jurusan saja yaitu Ilmu Hukum, dimana kamu akan banyak mempelajari berbagai sistem dan administrasi perundang-undangan di Indonesia, termasuk kaidah yang berlaku dalam masyarakat.

    4. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) merupakan fakultas Atma Jaya Yogyakarta yang didirikan pada bulan Juli 1991 dengan surat Keputusan Mendikbud Republik Indonesia Nomor 082/0/1992.

    Di awal berdirinya, fakultas ini hanya memiliki satu jurusan yaitu Jurusan Ilmu Komunikasi.

    Dua tahun kemudian, disusul dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdikbud nomor 266/DIKTI/Kep/1994 tentang status terdaftar bagi Jurusan Sosiologi pada tahun 1994.

    a. Ilmu Komunikasi

    Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UAJY memiliki dua peminatan studi yaitu Komunikasi Strategis dan Komunikasi Massa & Digital.

    Perkuliahan di jurusan ini berorientasi pada Problem Based Learning yang melatih kamu untuk menjadi mahasiswa mandiri, mempunyai kaya pengalaman belajar, tanggap pada perkembangan peranan sosial dan memberikan hasil belajar yang segera.

    b. Sosiologi

    Jurusan Sosiologi FISIP UAJY memiliki visi menjadi program studi yang terdepan dalam mengembangkan kajian sosiologi bisnis dan media sebagai ilmu pengetahuan yang bersifat transformatif dan berkontribusi pada peletakan fondasi terbentuknya masyarakat sejahtera yang berkeadilan, demokratis, dan berkelanjutan (sustainable).

    5. Fakultas Teknik

    Fakultas Teknik UAJY didirikan dua tahun setelah UAJY berdiri, tepatnya pada tahun 1967. Fakultas Atma Jaya Yogyakarta yang satu ini memiliki visi menjadi Fakultas Teknik yang mampu bersaing di tingkat internasional, memajukan ilmu, teknologi dengan penelitian yang unggul, dan menghasilkan lulusan yang humanis, inklusif dan berintegritas tinggi.

    Saat ini, terdapat dua jurusan di fakultas ini, yaitu:

    a. Teknik Sipil

    Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik UAJY membekali kamu dengan pengetahuan teori dan materi pada bidang sipil agar kamu bisa menghadapi situasi dan tantangan baru (adaptif), terlatih dengan baik dalam kemampuan analisis dan manajerial (problem solving), bertanggung jawab secara moral (etis), dan peka terhadap pemberdayaan potensi lokal (kontekstual).

    b. Teknik Arsitektur

    Jurusan Arsitektur berada di bawah Fakultas Teknik UAJY yang memiliki visi Menjadi Departemen Arsitektur yang menghasilkan lulusan profesional inovatif berwawasan global yang dapat beradaptasi dengan teknologi digital berdasarkan nurani demi / untuk lingkungan berkelanjutan.

    6. Fakultas Teknologi Industri

    Fakultas Teknologi Industri (FTI) adalah bagian dari UAJY sebagai fakultas pelaksana akademik yang didirikan pada tahun 1990. Fakultas ini memiliki visi menjadi Fakultas Teknologi Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang berjiwa unggul, inklusif dan humanis serta mampu berkontribusi dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat nasional dan dunia internasional dengan menggunakan keilmuan teknologi industri melalui pelayanan dalam cahaya kebenaran.

    Berikut tiga jurusan yang ada di FTI UAJY:

    a. Teknik Industri

    Jurusan Teknik Industri FTI UAJY berkomitmen untuk senantiasa berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Oleh karena itu, sejak tahun 2017 Program Studi S1 Teknik Industri UAJY menerapkan Outcome Based Education.

    b. Informatika

    Jurusan Teknik Informatika FTI UAJY menyediakan 3 peminatan studi, yaitu: Soft Computing, Mobile Computing, dan Enterprise Information System.

    c. Sistem Informasi

    Jurusan Sistem Informasi FTI UAJY bertujuan untuk menggali dan mengoptimalkan nilai dari investasi Teknologi Informasi (TI) sehingga membantu perusahaan memenangkan persaingan dengan menggunakan sarana Sistem/Teknologi Informasi.

    Biaya Berkuliah di UAJY

    Berikut rincian biaya kuliah di jurusan UAJY

    Jurusan SPP Tetap SPP Variable/ SKS SPU
    Arsitektur Rp4.000.000 Rp250.000 Rp22.500.000
    Teknik Sipil Rp4.000.000 Rp250.000 Rp22.500.000
    Manajemen Rp4.000.000 Rp250.000 Rp23.000.000
    Akuntansi Rp4.000.000 Rp250.000 Rp22.500.000
    Ilmu Hukum Rp4.000.000 Rp250.000 Rp20.500.000
    Teknik Industri Rp4.000.000 Rp250.000 Rp23.000.000
    Teknik Informatika Rp4.000.000 Rp250.000 Rp23.000.000
    Biologi   Rp4.000.000 Rp250.000 Rp22.000.000
    Ilmu Komunikasi Rp4.000.000 Rp250.000 Rp21.500.000
    Sosiologi Rp4.000.000 Rp250.000 Rp16.500.000
    Ekonomi Pembangunan Rp4.000.000 Rp250.000 Rp22.500.000
    Manajemen Internasional Rp5.000.000 Rp425.000 Rp23.500.000
    Teknik Sipil Internasional Rp5.000.000 Rp425.000 Rp23.500.000
    Teknik Industri Internasional Rp5.000.000 Rp425.000 Rp23.500.000
    Akuntansi Internasional Rp5.000.000 Rp425.000 Rp23.500.000
    Sistem Informasi Rp4.000.000 Rp250.000 Rp21.000.000
    Ilmu Komunikasi Internasional Rp5.000.000 Rp425.000 Rp23.500.000

    Keterangan:

    • Uang Kemahasiswaan Rp3.000.000 (berlaku untuk semua program studi).
    • Biaya Buku sebesar Rp1.000.000 untuk prodi Arsitektur, Teknik Sipil, Ilmu Komunikasi, Sosiologi, Teknik Sipil Internasional, Ilmu Komunikasi Internasional.
    • Biaya Buku sebesar Rp2.00.000 untuk prodi Hukum.
    • Biaya Buku sebesar Rp2.200.000 untuk prodi Sistem Informasi.
    • Biaya Buku sebesar Rp2.250.000 untuk prodi Biologi.
    • Biaya Buku sebesar Rp5.600.000 untuk prodi Teknik Industri, Teknik Industri Internasional.
    • Biaya Buku sebesar Rp8.250.000 untuk prodi Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Manajemen Internasional

    Berkuliah di Fakultas Atma Jaya Yogyakarta dengan Danacita

    Itu dia penjelasan lengkap seputar fakultas Atma Jaya Yogyakarta. Kini, ada kabar gembira untuk kamu yang ingin berkuliah di fakultas Atma Jaya Yogyakarta tapi terkendala biaya.

    Saat ini, UAJY dan Danacita telah menjalin kerjasama untuk memudahkan kamu berkuliah dengan memberikan pendanaan pendidikan.

    Danacita sendiri merupakan perusahaan platform teknologi yang menyediakan solusi pembiayaan pendidikan bagi pelajar, mahasiswa dan profesional untuk belajar di lembaga pendidikan tinggi serta sudah berizin OJK.

    Proses pengajuan pembiayaan pendidikan di Danacita sangat mudah, dan tentunya tidak memberikan syarat-syarat yang sulit. Dengan mengajukan secara online, pengajuanmu akan diproses maksimal 2 hari kerja.

    Bahkan, kamu tidak perlu melakukan pembayaran (DP) atau uang muka untuk mendapatkan pinjaman di platform ini. Selain itu, kamu bisa memilih tenor cicilan yang bisa kamu sesuaikan, mulai dari 6 hingga 12 bulan. Mudah bukan?

    Selain dengan UAJY, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 140 institusi pendidikan lainnya yang ada di seluruh Indonesia.

    Ajukan pembiayaan pendidikanmu sekarang di sini.

    banner-button-only

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    fakultas atma jaya yogyakarta uajy universitas atma jaya yogyakarta
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri