Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pelita Bangsa dan Biayanya

2023-06-16

Daftar isi

    Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Pelita Bangsa menjadi salah satu pilihan yang diminati oleh calon mahasiswa.

    Setiap tahun, minat terhadap fakultas ini terus meningkat. Kuliah di jurusan Ekonomi dan Bisnis tidak hanya mengajarkan tentang uang dan manajemen, tetapi juga mengenai pengelolaan sumber daya perusahaan dan bisnis.

    Namun, sayangnya masih banyak orang yang beranggapan bahwa prospek kerja dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis di UPB terbatas, dan biayanya terlalu tinggi.

    Jika kamu tertarik memilih bidang ini, mari kita simak informasi mengenai Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pelita Bangsa serta biayanya berikut ini.

    Penjelasan Tentang UPB

    Sebelum mengetahui lebih lanjutnya mengenai Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pelita Bangsa, kamu juga perlu tahu tentang Universitas Pelita Bangsa.

    Universitas Pelita Bangsa (UPB) merupakan perguruan tinggi yang baru dibentuk melalui penggabungan antara Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) dan Sekolah Tinggi Teknik (STT) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 664/KPTI/I/2019 tanggal 2 Agustus 2019.

    UPB didirikan sebagai perwujudan impian pendiri Yayasan Pelita Bangsa, yaitu Bapak Ir. Mardiyana, MM., yang berasal dari Klaten dan keluarga sederhana.

    Berdasarkan pengalamannya di Universitas Gajah Mada, beliau bermimpi agar penduduk Kota dan Kabupaten Bekasi dapat menikmati pendidikan hingga jenjang sarjana, meskipun berasal dari keluarga sederhana.

    Pada tahun 1991, Bapak Ir. Moh. Mardiyana, MM. menikah dengan Dra. Koes Indrati Prasetyorini, MM. dan memimpikan masyarakat madani melalui pendidikan setara S1 yang dapat diakses oleh semua orang.

    UPB mengadopsi motto MEGAH, yang berarti Moral tinggi, Entrepreneur, Gigih dalam berkarya, Ahli di bidangnya, dan Harapan bangsa.

    Penjelasan Mengenai FEB UPB

    Fakultas Ekonomi dan Bisnis dimulai dengan pendirian Sekolah Tinggi Ekonomi Pelita Bangsa berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 15/D/2001 pada tanggal 9 Februari 2001, dengan hanya dua program studi, yaitu Sarjana Manajemen dan Diploma Akuntansi.

    Sekolah Tinggi Ekonomi Pelita Bangsa berlokasi di Cikarang Tengah, Kabupaten Bekasi. Dengan jumlah mahasiswa yang semakin meningkat, Yayasan Pelita Bangsa telah mempersiapkan fasilitas dan infrastruktur yang lebih memadai.

    Dengan luas total tanah sekitar 1 hektar, pada tahun 2010 yayasan telah membangun gedung 3 lantai beserta fasilitasnya, dan pada tahun 2013 dibangun gedung kedua yang terdiri dari 6 lantai.

    Saat ini, prodi yang ada di FEB UPB antara lain:

    • D3 Akuntansi
    • S1 Management
    • S1 Bisnis Digital
    • S1 Kewirausahaan
    • S2 Manajemen

    Visi FEB UPB

    Menjadi pusat internasional untuk pengembangan dan penerapan pengetahuan, teknologi, dan kewirausahaan pada tahun 2045.

    Misi FEB UPB

    1. Menerapkan Proses Pendidikan untuk membentuk pola pikir, sikap, profesionalisme, dan kewirausahaan dalam merespons kebutuhan pengguna.
    2. Melakukan dan mengembangkan penelitian dalam ilmu ekonomi dan bisnis.
    3. Melaksanakan dan mengembangkan pelayanan masyarakat berdasarkan penelitian dalam ilmu ekonomi dan bisnis.
    4. Melaksanakan tata kelola yang baik dengan cara yang profesional, berkompeten, dan bertanggung jawab.
    5. Melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk lembaga publik dan swasta di dalam maupun luar negeri.

    Pekerjaan yang Bisa Diambil Lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pelita Bangsa

    Setelah membahas sejarah hingga program studinya, bagian ini akan menguraikan prospek kerja lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pelita Bangsa.

    1. Manajer Keuangan

    Sebagai manajer keuangan, kamu akan bertanggung jawab mengelola keuangan perusahaan, membuat keputusan investasi yang cerdas, dan mengembangkan strategi keuangan jangka panjang.

    Kamu dapat bekerja di berbagai industri dan organisasi, termasuk perusahaan swasta, lembaga keuangan, atau sektor publik.

    2. Analis Pasar dan Riset

    Pada prospek kerja ini, kamu akan mempelajari tren pasar, menganalisis data, dan memberikan rekomendasi bisnis berdasarkan temuan.

    Kamu juga akan membantu perusahaan untuk mengambil keputusan yang didukung oleh data dan memahami perilaku konsumen.

    3. Konsultan Bisnis

    Sebagai seorang konsultan bisnis, kamu akan membantu perusahaan untuk meningkatkan kinerja mereka, mengidentifikasi masalah, dan memberikan solusi yang efektif.

    4. Pengusaha

    Jurusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis juga membekali kamu dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memulai bisnis sendiri. kamu dapat mengembangkan ide kreatif, menerapkan strategi bisnis, dan mengelola aspek keuangan, pemasaran, dan operasional dari usaha.

    5. Analis Investasi

    Lulusan jurusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pelita Bangsa bisa menjadi analisis investasi. Pada pekerjaan ini, kamu akan melakukan penelitian tentang perusahaan dan industri untuk membantu investor membuat keputusan investasi yang cerdas.

    banner-gif-CTA-Only

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Biaya Kuliah FEB UPB

    Setelah mengetahui berbagai informasi lengkap sebelumnya mengenai Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pelita Bangsa akan dirinci pada bagian ini.

    • Reguler Pagi: Rp350.000/ bulan
    • Reguler Malam: Rp500.000/ bulan
    • Reguler Akhir Pekan: Rp500.000/ bulan

    Pembayaran Kuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pelita Bangsa Menggunakan Danacita

    Kesempatan untuk kamu berkuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pelita Bangsa sangat terbuka lebar.

    Apalagi saat ini, Danacita dan Universitas Pelita Bangsa telah bekerja sama untuk mempermudah kamu membiayai studi di FEB UPB Danacita sendiri adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi secara bertahap untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Kerjasama antara Danacita dan Universitas Pelita Bangsa adalah dengan memberikan solusi program cicilan multi semester untuk calon mahasiswa UPB. Cicilan Multi Semester adalah program pembiayaan yang memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa untuk dapat melakukan pembiayaan biaya kuliah hingga 4 semester sekaligus hanya dalam 1 kali pengajuan di Danacita.

    Melalui program cicilan multi semester Danacita ini, kamu dapat fokus untuk menempuh pendidikan kamu di UPB tanpa harus mengalami kendala dalam melakukan pembayaran biaya kuliah setiap semesternya.

    Apalagi keamanan data pengajuan kamu di Danacita terjamin keamanannya karena Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta tersertifikasi ISO 27001.

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    banner-button-only

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!