Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Fakultas Humaniora & Bisnis UPJ: Penjelasan, Prospek Kerja, Hingga Biaya Kuliah

2023-10-09

Fakultas

Daftar isi

    Siapa bilang hanya dunia teknologi saja yang lagi nge-trend? Tau gak, sekarang Fakultas Humaniora & Bisnis juga menjadi salah satu fakultas yang banyak diincar lho! Belakangan, banyak perusahaan dan organisasi yang menyadari betapa pentingnya kemampuan komunikasi, kepemimpinan, dan pemahaman tentang perilaku manusia dalam dunia bisnis. Semuanya ini bisa ditemui dalam Fakultas Humaniora & Bisnis.

    Jadi, tak heran kalau banyak calon mahasiswa yang akhirnya tertarik buat masuk fakultas ini. Peluang kerjanya juga asyik banget, mulai dari manajemen, pemasaran, hingga hiburan dan media. Jadi, kalo kamu suka berhubungan dengan orang, berpikir kreatif, dan ingin memahami tren bisnis terkini, Fakultas Humaniora & Bisnis bisa jadi pilihan yang tepat!

    Salah satu kampus yang menawarkan fakultas ini adalah Universitas Pembangunan Jaya (UPJ). seperti apa penjelasan mengenai Fakultas Humaniora dan Bisnis UPJ? Apa saja program studinya (prodi)? Bagaimana prospek lulusannya? Berikut penjelasan lengkapnya!

    Mengenal Fakultas Humaniora dan Bisnis UPJ

    Fakultas Humaniora dan Bisnis merupakan salah satu universitas di Universitas Pembangunan Jaya yang menawarkan beragam program studi dari rumpun sosial, khususnya di bidang humaniora dan bisnis.

    Di sini, kamu akan mendalami ilmu-ilmu sosial, komunikasi, manajemen, akuntansi, bahkan psikologi. Nah, tujuannya adalah agar kau dapat menjadi ahli dalam komunikasi, analisis pasar, manajemen tim, atau bahkan pengembangan konten kreatif.

    Menariknya, di sini kamu tidak hanya belajar teori saja, tapi juga banyak banget praktiknya. Kamu bisa terlibat dalam proyek-proyek nyata, belajar dari pengalaman praktisi di lapangan, dan mendapatkan wawasan langsung tentang bagaimana dunia bisnis dan humaniora bekerja dalam kehidupan nyata.

    Visi

    Pada tahun 2035 menjadi fakultas yang unggul dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang humaniora dan bisnis dan membentuk Manusia Jaya sebagai pembelajar seumur hidup, yang bermartabat, berwawasan luas, berdaya saing tinggi, peduli lingkungan dan pelopor kesejahteraan di Asia Tenggara.

    Misi

    1. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara profesional dan taat asas di bidang humaniora dan bisnis.
    2. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas di bidang humaniora dan bisnis.
    3. Membangun budaya riset menuju tercapainya UPJ sebagai universitas riset di bidang humaniora dan bisnis.
    4. Berperan aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berdaya guna di bidang humaniora dan bisnis.
    5. Membentuk Manusia Jaya sebagai pembelajar seumur hidup yang berperilaku luhur dan berdaya saing tinggi, melalui penerapan Nilai-Nilai Jaya dan pola ilmiah pokok UPJ di bidang humaniora dan bisnis.
    6. Bersinergi melalui kerjasama nasional dan internasional mencapai keunggulan komparatif di bidang humaniora dan bisnis.

    Apa Saja Program Studi yang Ada Di Fakultas Humaniora dan Bisnis UPJ

    1. S1 Manajemen

    Prodi S1 Manajemen merupakan salah satu prodi yang ada di Fakultas Humaniora dan Bisnis UPJ yang akan membekali kamu dengan pembelajaran akademik yang dilengkapi dengan pembelajaran praktek. Dengan kata lain, prodi ini memiliki dasar yang kuat baik dari sisi keilmuan maupun praktek nyata yang menjadi kelebihan dan keunggulan dari lulusan prodi S1 Manajemen UPJ.

    Menariknya lagi, lewat prodi ini kamu akan berkesempatan untuk mengasah keahlian kamu secara nyata melalui beberapa anak perusahaan Grup Jaya seperti Jaya Real Property, Jaya Konstruksi, dan lainnya.

    Prodi ini memiliki tiga konsentrasi peminatan yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat kamu, yaitu Pemasaran (Marketing); Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resource Management); dan Keuangan (Finance).

    2. S1 Akuntansi

    Prodis S1 Akuntansi juga masuk dalam Fakultas Humaniora & Bisnis UPJ. Tujuan dari prodi ini yaitu untuk menjadi prodi yang unggul dalam tata kelola, program akademik dan kurikulum yang kompetitif di bidang akuntansi dan mampu bersaing dengan universitas lain di Asia Tenggara.

    Prodi ini berupaya untuk menciptakan Akuntan yang tidak hanya berperan dalam proses penyusunan dan analisa Laporan Keuangan saja. Namun juga Akuntan yang paham akan penerapan Akuntansi Lingkungan (Sustainability Reporting) dan Financial Modelling terkait bidang akuntansi.

    Berikut beberapa konsentrasi peminatan pada prodi ini:

    • Akuntansi dan Keuangan
    • Perpajakan
    • Audit
    • Akuntansi Manajemen dan Bisnis
    • Sistem Informasi Akuntansi
    • Akuntansi Sektor Publik

    3. S1 Ilmu Komunikasi

    Prodi selanjutnya yang ada di Fakultas Humaniora dan Bisnis UPJ adalah S1 Ilmu Komunikasi. Prodi ini mengembangkan kajian ilmu komunikasi dan media baru yang dapat diaplikasikan pada kehidupan masyarakat urban dengan minor hubungan masyarakat dan jurnalisme penyiaran.

    Dengan begitu, prodi ini diharapkan dapat menghasilkan sarjana komunikasi yang memiliki pemahaman menyeluruh mengenai aspek pengetahuan, keterampilan. Selain itu juga memiliki kemampuan manajerial di bidang hubungan masyarakat dan jurnalisme penyiaran dengan berdasarkan pada sikap manusia yang bermartabat, berwawasan luas, peduli lingkungan, dan pelopor kesejahteraan.

    Adapun konsentrasi peminatan pada prodi ini, yaitu Hubungan Masyarakat dan Jurnalisme Penyiaran.

    4. S1 Psikologi

    Tertarik mempelajari tingkah laku manusia dan hubungan-hubungan antar manusia? Prodi S1 Psikologi Fakultas Humaniora dan Bisnis UPJ bisa menjadi pilihan yang tepat. Prodi ini menerapkan Psikologi Perkotaan (Urban Psychology) dimana setelah lulus kamu diharapkan memiliki berbagai macam kemampuan yang mendukung perkembangan dunia psikologi, khususnya pada aspek perkotaan.

    Beberapa kemampuan yang akan kamu dapatkan antara lain kemampuan asesmen psikologi, kemampuan pengukuran psikologis, kemampuan pemecahan masalah psikologis, kemampuan intervensi psikologis, kemampuan hubungan profesional dan interpersonal, kemampuan komunikasi, kemampuan riset, kemampuan publikasi, pengembangan diri dan karir, etika psikologi, literasi data, dan literasi teknologi.

    Prospek Kerja Lulusan Fakultas Humaniora dan Bisnis UPJ

    Seperti yang disebutkan sebelumnya, lulusan Fakultas Humaniora dan Bisnis UPJ merupakan salah satu fakultas yang memiliki bidang ilmu yang sangat dicari saat ini. Berikut propsek kerja lulusan Fakultas Humaniora dan Bisnis UPJ:

    1. S1 Manajemen

    Setelah lulus dari prodi ini, kamu dapat bekerja sebagai supervisor lini pertama dan asisten peneliti di lingkup industri kreatif. Kamu juga dapat mengisi peluang kerja sebagai analisis pasar dan keuangan di berbagai sektor publik seperti organisasi nirlaba dan pemerintahan.

    Menjadi pengajar pada berbagai institusi pendidikan manajemen juga sangat terbuka lebar untuk kamu. Selain itu, kamu juga dapat menjalankan wirausaha di berbagai bidang industri yang diminati atau melanjutkan ke jenjang pendidikan magister

    2. S1 Akuntansi

    Lulusan prodi ini memiliki peluang kerja di segala industri di bidang akuntansi dan keuangan seperti akuntan keuangan dan manajemen, keuangan (treasury), pajak, analisis bisnis dan perencana keuangan, analisis sistem informasi akuntansi, dan internal auditor. Memiliki kesempatan bekerja di kantor akuntan publik sebagai auditor independen dan staf kantor konsultan yang terkait dengan bidang keilmuan seperti perpajakan, bisnis dan akuntansi. Selain itu kamu juga dapat bekerja di sektor publik sebagai akuntan pemerintah. Lulusan juga bisa berwirausaha di bidang yang diminati.

    3. S1 Ilmu Komunikasi

    Berikut beberapa prospek kerja lulusan prodi ini:

    • Praktisi Hubungan Masyarakat
    • Spesialis Media Sosial
    • Produser Konten
    • Pengelola Acara
    • Jurnalis Daring
    • Pelaksana Produksi Media
    • Spesialis Komunikasi Pemasaran
    • Peneliti Media.

    4. S1 Psikologi

    Setelah lulus dari prodi ini, kamu dapat bekerja sebagai:

    • Tenaga kerja di Bidang Sumber Daya Manusia;
    • Konsultan di Bidang Psikologi;
    • Pengajar;
    • Penulis;
    • Konselor;
    • Fasilitator Pengembangan Komunitas;
    • Fasilitator dan Motivator dalam Program Pelatihan;
    • Administrator Tes Psikologi;
    • Asisten Peneliti;
    • Asisten Psikolog; dan
    • Pelaku Usaha Mandiri

    Bayar Biaya Kuliah di Fakultas Humaniora dan Bisnis UPJ Mudah Dengan Danacita

    Itu dia informasi lengkap mengenai Fakultas Humaniora dan Bisnis UPJ, mulai dari prodi hingga prospek lulusannya. Kesempatan untuk kamu berkuliah di fakultas ini sangat terbuka lebar. Apalagi saat ini, Danacita dan UPJ telah bekerja sama untuk mempermudah kamu untuk membiayai studi di salah satu prodi di fakultas ini dengan metode cicilan hingga 12 bulan loh!

    Yuk, klik banner di bawah ini untuk mengetahui estimasi biaya cicilan kamu di UPJ bersama Danacita!

    banner-gif-all

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!