Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Fakultas Ilmu Komunikasi UNINUS : Penjelasan, Prospek Kerja, Hingga Biaya Kuliah

2023-10-06

Fakultas

Daftar isi

    Pernahkah kamu merenungkan seberapa besar peran komunikasi dalam dunia modern yang semakin kompleks ini? Jika ya, kamu tidak sendirian. Dalam lingkungan yang terus berkembang dengan cepat, keterampilan komunikasi yang kuat menjadi semakin penting, bahkan menjadi kunci keberhasilan di berbagai bidang. Tak heran, peminatan terhadap Fakultas Ilmu Komunikasi pun telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

    Fakultas Ilmu Komunikasi tidak hanya mengajarkan keterampilan praktis dalam komunikasi verbal dan tulisan, tetapi juga mendorong pemahaman yang mendalam tentang aspek psikologis, sosial, dan budaya yang melingkupi komunikasi manusia. Universitas Islam Nusantara (UNINUS) sebagai salah satu perguruan tinggi ternama, telah membuktikan komitmennya untuk menyediakan pendidikan komunikasi yang berkualitas tinggi.

    Buat kamu yang tertarik masuk Fakultas Ilmu Komunikasi UNINUS, simak artikel ini sampai selesai ya!

    Prodi di Fakultas Ilmu Komunikasi UNINUS

    Fakultas Ilmu Komunikasi UNINUS memiliki dua program studi, yaitu Ilmu Komunikasi dan Ilmu Perpustakaan. Kedua program studi ini bertujuan mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dalam menghadapi tantangan dalam bidang komunikasi dan manajemen informasi. Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman belajar yang mendalam dan terkini melalui pendekatan akademik yang terintegrasi.

    Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai jurusan Ilmu Komunikasi dan jurusan Ilmu Perpustakaan di UNINUS.

    1. Jurusan Ilmu Komunikasi

    Jurusan Ilmu Komunikasi di UNINUS mengajarkan para mahasiswa tentang teori, prinsip, dan praktik komunikasi dalam berbagai konteks. Mahasiswa akan mempelajari cara berkomunikasi secara efektif dalam media massa, organisasi, pemerintahan, dan masyarakat. Selain itu, di jurusan Ilmu Komunikasi UNINUS juga akan menggali berbagai aspek komunikasi seperti komunikasi interpersonal, komunikasi antarbudaya, psikologi komunikasi, dan manajemen komunikasi.

    Di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan media baru, jurusan Ilmu Komunikasi juga memberikan pengetahuan tentang media digital, strategi pemasaran melalui media sosial, serta analisis tren komunikasi terbaru. Dengan fokus pada pemahaman mendalam tentang bagaimana pesan dibentuk, disebarkan, dan diterima oleh audiens, program studi ini mempersiapkan mahasiswa untuk berkarir dalam bidang komunikasi, media, hubungan masyarakat, dan lainnya.

    2. Jurusan Ilmu Perpustakaan

    Jurusan Ilmu Perpustakaan di Fakultas Ilmu Komunikasi UNINUS melatih mahasiswa dalam mengelola, mengorganisir, dan memanfaatkan informasi secara efektif. Mahasiswa akan mempelajari tentang sistem pengelolaan koleksi, strategi pelayanan kepada pengguna, serta teknologi informasi terkini dalam bidang perpustakaan dan informasi.

    Dalam era di mana akses terhadap informasi semakin mudah, jurusan Ilmu Perpustakaan juga memberikan penekanan pada literasi informasi, yaitu keterampilan untuk mengevaluasi, memilah, dan menggunakan informasi dengan bijak. Lulusan dari program studi Ilmu Perpustakaan UNINUS memiliki peluang untuk bekerja di berbagai institusi perpustakaan, pusat informasi, lembaga riset, dan perusahaan yang memerlukan profesional yang terampil dalam mengelola informasi.

    Prospek Kerja di Fakultas Komunikasi UNINUS

    Lulusan dari jurusan Ilmu Komunikasi dan Ilmu Perpustakaan di UNINUS memiliki peluang kerja yang luas, terutama di bidang-bidang berikut:

    1. Prospek Kerja Lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi

    • Public Relations (PR) Specialist

    Lulusan jurusan Ilmu Komunikasi dapat bekerja sebagai spesialis hubungan masyarakat, bertanggung jawab untuk mengelola citra publik perusahaan atau organisasi. Tugasnya meliputi merencanakan dan melaksanakan kampanye PR, menangani krisis komunikasi, serta menjaga hubungan baik dengan media dan publik.

    • Content Creator/Digital Marketer

    Dalam era digital, banyak perusahaan memerlukan kreator konten untuk merancang dan menghasilkan materi kreatif seperti artikel, video, dan gambar yang menarik untuk tujuan pemasaran. Lulusan jurusan Ilmu Komunikasi dapat bekerja sebagai content creator atau digital marketer untuk meningkatkan kehadiran online suatu brand atau produk.

    • Media Planner

    Sebagai media planner, lulusan jurusan Ilmu Komunikasi dapat membantu perusahaan dalam merencanakan strategi iklan yang efektif. Mereka akan memilih platform-media yang tepat untuk mencapai target audiens dan mengoptimalkan anggaran iklan.

    • Event Coordinator

    Lulusan ini dapat bekerja dalam bidang event management, merencanakan, mengorganisir, dan melaksanakan berbagai jenis acara seperti seminar, konferensi, pameran, dan konser. Kemampuan dalam mengkoordinasi dan berkomunikasi dengan berbagai pihak sangat diperlukan.

    2. Prospek Kerja Lulusan Jurusan Ilmu Perpustakaan

    Pustakawan: Lulusan Ilmu Perpustakaan dapat bekerja sebagai pustakawan di perpustakaan umum, perpustakaan sekolah, universitas, atau perpustakaan khusus seperti perpustakaan medis atau perpustakaan hukum. Tugasnya termasuk mengelola koleksi buku, membantu pengguna dalam pencarian informasi, dan mengembangkan program-program literasi.

    • Spesialis Arsip

    Lulusan jurusan Ilmu Perpustakaan ini dapat bekerja dalam bidang pengelolaan dan pemeliharaan arsip, baik di sektor pemerintahan, perusahaan, atau lembaga budaya. Mereka akan bertanggung jawab untuk mengatur, merawat, dan menyediakan akses terhadap dokumen-dokumen bersejarah atau penting.

    • Manajer Informasi

    Lulusan Ilmu Perpustakaan juga dapat bekerja sebagai manajer informasi di perusahaan atau organisasi. Mereka akan mengelola dan mengatur informasi serta sumber daya informasi secara efisien untuk mendukung pengambilan keputusan.

    • Digital Archivist/Digital Librarian

    Dengan pergeseran arah digital dalam penyimpanan dan akses informasi, lulusan ini dapat bekerja sebagai digital archivist atau digital librarian, yang fokus pada pengelolaan dan pengarsipan informasi digital.

    Kini Biaya Kuliah di UNINUS Bisa Dicicil dengan Danacita

    Setelah mengetahui Fakultas Komunikasi UNINUS dan kamu merasa terhalang biaya, jangan khawatir. Sebab, Danacita bisa mewujudkan mimpimu untuk masuk ke perguruan tinggi impian. Danacita dan UNINUS sudah bekerjasama dalam memberikan pembiayaan pendidikan terjangkau kepada mahasiswa dengan cicilan 0%!

    Yuk, klik banner di bawah ini untuk mengetahui estimasi cicilan 0% kamu di UNINUS bersama Danacita!

    banner-gif-all

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!