Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Fakultas Ilmu Komunikasi UPJ untukmu Bekerja di Media

2022-11-15

Daftar isi

    Fakultas Ilmu Komunikasi UPJ menjadi salah satu Program Studi (Prodi) favorit. Setiap tahunnya, prodi satu ini kerap dibanjiri calon mahasiswa baru. Wajar saja, prodi Ilmu Komunikasi kini dipandang menjanjikan masa depan cerah. Berbagai peluang kerja terbuka lebar untuk lulusan ilmu komunikasi.

    Ilmu Komunikasi sendiri bukan ilmu tentang cara berkomunikasi verbal antar orang saja. Bahkan komunikasi sendiri ada bermacam-macam, seperti komunikasi intrapersonal, komunikasi massa, dan lain-lain. Di Fakultas Ilmu Komunikasi UPJ kamu akan belajar tentang komunikasi dalam berbagai bentuk, mulai tentang komunikasi media, komunikasi publisitas atau periklanan, komunikasi media sosial, hingga komunikasi seni.

    Meskipun jurusan ini banyak peminatnya, ternyata masih ada yang belum paham mengenai apa saja yang dipelajari Fakultas Ilmu Komunikasi UPJ, prospek kerja, dan biayanya. Mau lebih yakin memilih jurusan ini? Yuk, ketahui selengkapnya tentang Fakultas Ilmu Komunikasi UPJ di bawah ini!

    Apa Itu Universitas Pembangunan Jaya (UPJ)

    Universitas Pembangunan Jaya adalah perguruan tinggi swasta yang berlokasi di daerah Bintaro sejak 2011. UPJ telah mengantongi ijin Operasional sesuai dengan Surat Keputusan Menteri nomor 38/D/O/2011. UPJ mengadopsi nilai-nilai Jaya yang merupakan nilai-nilai yang disarikan dari pengalaman lebih dari 50 tahun jatuh bangun kelompok usaha Pembangunan Jaya.

    Universitas Pembangunan Jaya didirikan oleh kelompok usaha Pembangunan Jaya yang memiliki 17 usaha bergerak dalam bidang properti, manufaktur, konsultan manajemen, konsultan desain, kontraktor, pariwisata/rekreasi, trading, mekanikal dan elektrikal dan pendidikan. Kemudian beritikad untuk membuat lembaga pendidikan yang berkualitas yang diwujudkan dengan mendirikan yayasan Pendidikan Jaya sejak 3 September 1991.

    Saat ini, UPJ telah mengantongi akreditasi ‘A’ untuk Perpustakaan dan akreditasi sangat baik atau “B’’ baik untuk seluruh program studi juga untuk Akreditasi Perguruan Tinggi oleh BAN-PT. Kampus ini berada di Jl. Cendrawasih Raya Blok B7/P Bintaro Jaya, Sawah Baru, Ciputat, Tangerang Selatan.

    Universitas Pembangunan Jaya juga menawarkan fasilitas yang sangat berguna dan memadai keperluan mahasiswanya. Adanya fasilitas Broadcasting Studio, Lab. Komputer, Ruang Seminar, Studio, Lapangan, Ruangan Teater, dan Plaza Bodhi. Diberikan fasilitas internet gratis untuk memenuhi kebutuhan informasi pendukung akademik. Pemanfaatan internet di perpustakaan UPJ menggunakan hotspot (Wi-Fi), pojok LAN dan komputer yang tersambung dengan jaringan internet.

    Fakultas Ilmu Komunikasi UPJ beserta Prodinya

    Di bagian ini akan dijabarkan mengenai prodi yang ada di Fakultas Ilmu Komunikasi UPJ dan biayanya baru akan dijelaskan di bagian berikutnya. Di Universitas Pembangunan Jaya (UPJ), jurusan Ilmu Komunikasi bergabung dengan Fakultas Humaniora dan Bisnis, yang merupakan tempat bernaung program studi dari rumpun sosial.

    Fakultas Ilmu Komunikasi UPJ bertujuan mewujudkan program studi yang unggul dalam tata kelola, program akademik dan kurikulum yang kompetitif di bidang ilmu komunikasi dan mampu bersaing dengan universitas lain di Asia Tenggara. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari cara mengembangkan kajian dan pembelajaran Komunikasi Lingkungan yang dapat diaplikasikan pada kehidupan dan pengembangan masyarakat kota besar terkait bidang minor peminatan Hubungan Masyarakat dan Jurnalisme Penyiaran.

    Secara garis belajar mata kuliah Fakultas Ilmu Komunikasi UPJ mempelajari beberapa hal, yaitu

    1. Komunikasi & Perilaku Manusia
    2. Komunikasi Interpersonal
    3. Komunikasi Massa
    4. Komunikasi Organisasi
    5. Media Audio dan Visual
    6. Komunikasi & Media Baru
    7. Komunikasi Lingkungan
    8. Produksi Berita Televisi
    9. Jurnalisme Online
    10. Produksi Media Hiburan Masyarakat

    Setelah menyelesaikan pendidikan di Fakultas Ilmu Komunikasi UPJ, diharapkan mahasiswa dapat bekerja sebagai Praktisi Hubungan Masyarakat, Spesialis Media Sosial, Produser Konten, Pengelola Acara, Jurnalis Daring, Pelaksana Produksi Media, Spesialis Komunikasi Pemasaran, Peneliti Media.

    Pekerjaan yang Bisa Diambil Fakultas Ilmu Komunikasi UPJ

    Setelah mengetahui apa saja prodinya, berikut akan dijabarkan prospek kerja lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi UPJ dan biayanya akan dirinci di bagian setelahnya. Prospek kerja lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi UPJ memiliki cakupan yang sangat luas. Hal ini berkaitan dengan bidang keilmuannya yang dibutuhkan di berbagai sektor, terutama dalam dunia teknologi dan informasi yang bergerak begitu cepat. Lulusan Fakultas Ilmu

    Komunikasi UPJ memiliki jenjang karir yang bervariasi serta memiliki gaji yang kompetitif. Berikut prospek kerja lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi UPJ:

    1. Public Relations

    Humas atau Public relations (PR) juga salah satu prospek kerja lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi UPJ yang paling diminati. Pekerjaan PR secara luas adalah untuk membangun, menjaga, dan mengelola hubungan perusahaan terhadap masyarakat, PR sering juga disebut sebagai wajah perusahaan, oleh karena itu jenjang karir dan gaji seorang PR cukup memuaskan.

    2. Social Media Manager (Manajer Media Umum)

    Kemajuan teknologi membuat pekerjaan di bidang industri semakin berkembang, salah satunya social media manager yang bisa menjadi salah satu prospek kerja lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi UPJ. Pekerjaan ini memerlukan analisis pola komunikasi serta kualifikasi buat membantu organisasi memanfaatkan mereka di media umum. Manajer media sosial punya kemampuan menulis yg baik buat menarik pengguna di media umum seperti Facebook, LinkedIn, dan Twitter. Selain itu, pekerjaan ini membutuhkan kemampuan persuasif (ajakan) dan keterampilan presentasi buat menyampaikan rencana pada staf, kolega, dan pelanggan.

    3. Digital Marketer

    Prospek kerja lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi UPJ lain yang masih berada dalam dunia digital adalah digital marketer, digital marketer bertanggung jawab dalam brand awareness di dunia digital. Pekerjaan ini cocok banget buat kamu yang suka beradaptasi terhadap tren yang terjadi di dunia internet, kamu akan banyak melakukan riset pasar, menyusun strategi dan membuat konten untuk memastikan keberhasilan kampanye.

    4. Jurnalis

    Prospek kerja lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi UPJ dalam sektor media yang cukup populer adalah jurnalis. Seorang jurnalis harus memiliki kemampuan menulis yang baik, dan memiliki kepekaan terhadap kondisi sosial yang terjadi. Bahkan beberapa ahli politik berpendapat bahwa wartawan merupakan lembaga yang memiliki kekuasaan keempat setelah eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

    Prospek kerja lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi UPJ ini sangat menjanjikan ya, namun kamu juga harus mampu memilih dan memilah berita yang layak dan tidak layak untuk dipublikasikan.

    5. Perencanaan Media (Media Planner)

    Prospek kerja lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi UPJ ini dibutuhkan pada televisi/radio, situs web, serta artikel majalah dan surat fakta. Perencana media bisa memahami dan menganalisa kecenderungan mengklik, melihat, membaca, serta mendengarkan konsumen. Selain itu pekerjaan ini mampu memilih adonan media terbaik buat kampanye iklan. Perencana media membutuhkan keterampilan presentasi dan menulis buat disampaikan kepada rekan serta eksekutif periklanan.

    Biaya Kuliah di Fakultas Ilmu Komunikasi UPJ

    Setelah mengetahui prodi dan prospek kerja lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi UPJ dan biayanya akan dirinci di bagian ini. Biaya kuliah Fakultas Ilmu Komunikasi UPJ terbilang sangat terjangkau mengingat kualitas kurikulum kampus dan fasilitas yang dimiliki. Berikut ini adalah daftar rinciannya:

    • Biaya SPP: Rp 3.750,000
    • Jumlah SKS yang Diambil: 21
    • Total Biaya Semester 1: Rp 19.420.000

    Baca juga: Mau Tau Biaya Kuliah 2022/2023 di UPJ? Simak di Sini Yuk!

    Pembayaran Kuliah di Fakultas Ilmu Komunikasi UPJ menggunakan Danacita

    Itulah informasi lengkap mengenai Fakultas Ilmu Komunikasi UPJ dan biayanya. Bila kamu adalah calon maba atau mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Komunikasi UPJ dan biayanya dirasa cukup memberatkan, maka kamu bisa menggunakan Danacita sebagai opsi pembayarannya.

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia dengan menyediakan platform pembiayaan untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional yang sudah berizin dan diawasi OJK. Danacita dan Universitas Gadjah Mada resmi bekerjasama untuk mempermudah mahasiswa UPJ dalam membiayai studi mereka.

    Dengan program ini, kamu bisa mengajukan pembiayaan kuliahmu cukup satu kali pengajuan, bahkan untuk pembiayaan 4 semester sekaligus. Masa cicilan bisa kamu pilih mulai dari 6 hingga 24 bulan dan pengajuannya tidak dibebani biaya DP maupun biaya administrasi. Selain itu, pengajuannya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja.

    Jika kamu tertarik, langsung klik link di sini untuk mulai mengajukan pembiayaan pendidikanmu.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    UPJ fakultas ilmu komunikasi upj
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri