Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNS: Penjelasan Program Studi, Prospek Kerja, Hingga Biaya Kuliah

2023-10-16

Daftar isi

    Di tengah pesatnya perkembagan digital, ilmu sosial tidak kalah penting untuk dipelajari. Oleh karena itu, tak bisa dipungkiri jika ngkat ppermintaan dan prospek karir bagi lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) semakin meningkat seiring dengan kompleksitas tantangan sosial, politik, dan ekonomi yang dihadapi oleh masyarakat global saat ini. Dengan keterampilan analitis yang kuat, kemampuan berkomunikasi, serta pemahaman tentang keragaman budaya, lulusan FISIP banyak dicari oleh berbagai industri saat ini.

    Salah satu kampus yang menawarkan program studi (prodi) FISIP yang menarik dan banyak dicari ialah Universitas Sebelas Maret. Apa saja prodinya dan bagaimana prospek lulusannya? Temukan jawabannya di artikel berikut.

    Mengenal FISIP UNS

    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) merupakan salah satu fakultas yang lahir bersamaan dengan peresmian berdirinya UNS pada tahun 1976. Fakultas ini berdiri sesuai dengan keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1976 Tentang Pendirian Universitas Negeri Surakarta, Sebelas Maret, tanggal 8 Maret 1976.

    Awal berdirinya fakultas ini bernama Fakultas Sosial dan Politik dan hanya memiliki dua prodi yaitu Bidang Administrasi Negara dan Jurusan Publisistik.

    Visi

    Menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan pemberdayaan sumber daya insani di bidang ilmu sosial dan ilmu politik bereputasi internasional berdasarkan nilai-nilai luhur budaya nasional

    Misi

    • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan mendorong pengembangan diri dosen dan mahasiswa sesuai standar kompetensi bidang ilmu sosial dan ilmu politik.
    • Menyelenggarakan penelitian untuk mendukung pengembangan ilmu sosial dan ilmu politik yang mampu memberikan kontribusi bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.
    • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat guna meningkatkan keberdayaan masyarakat dalam bidang ilmu sosial dan ilmu politik.

    Program Studi yang Ada Di FISIP UNS

    1. Administrasi Negara

    Prodi Administrasi Negara merupakan salah satu prodi yang menjadi cikal bakal lahirnya FISIP UNS. Prodi ini bisa dibilang menjadi salah satu prodi yang cukup banyak diminati oleh lulusan SMA sederajat. Hal ini karena perkembangan isu-isu reformasi administrasi yang berkaitan dengan pelayanan publik merupakan daya tarik bagi lulusan SMA untuk memilih prodi ini.

    Prodi ini akan mempersiapkan kamu untuk memahami dan mengelola berbagai aspek administrasi dan tata kelola pemerintahan. Untuk itu, kamu akan banyak mempelajari teori dan praktik dalam bidang administrasi publik, manajemen organisasi, serta perencanaan dan kebijakan publik.

    Beberapa kompetensi yang akan kamu dapatkan di prodi ini antara lain administrasi publik, birokrat, analis kebijakan, hingga pengelola kegiatan lapangan. Dengan bekal kompetensi ini, kamu memiliki peluang karir di berbagai instansi pemerintah, lembaga nirlaba, maupun sektor swasta yang berhubungan dengan administrasi publik dan manajemen.

    2. Hubungan Internasional

    Prodi Hubungan Internasional (HI) Fisip UNS adalah sebuah program pendidikan tinggi yang berfokus pada studi tentang hubungan antar negara, diplomasi, konflik internasional, serta isu-isu global.

    Di sini kamu akan mempelajari berbagai aspek politik, ekonomi, dan sosial yang mempengaruhi hubungan internasional, serta teori-teori yang mendasari kerjasama dan konflik antarnegara.

    Selain itu, kamu juga akan dibekali berbagai keterampilan sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki (soft skills). Terutama keterampilan bernegosiasi, berdiplomasi, bekerja sama internasional, melakukan perdagangan, mengatasi perubahan iklim, konflik dan kekerasan, terorisme, human trafficking, kemiskinan global, tenaga kerja Indonesia, dan sebagainya. Tujuannya agar melatih kamu untuk menjadi seorang calon diplomat, analis kebijakan luar negeri, atau profesional yang terlibat dalam isu-isu global.

    3. Ilmu Komunikasi

    Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS merupakan sebuah prodi yang memiliki visi menjadi pusat unggulan dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang Ilmu Komunikasi yang berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya bangsa sehingga memiliki daya saing di tingkat nasional dan global.

    Prodi ini memfokuskan pada studi tentang komunikasi, baik dalam konteks sosial, politik, bisnis, maupun media massa. Tujuannya untuk untuk melatih calon profesional komunikasi yang dapat bekerja di berbagai bidang, termasuk media, perusahaan, organisasi nirlaba, atau pemerintah.

    Di sini kamu akan mempelajari berbagai teori dan praktik komunikasi, termasuk komunikasi interpersonal, komunikasi organisasi, jurnalisme, dan komunikasi media. Kamu juga dapat memilih konsentrasi studi sesuai minat kamu, seperti public relations, broadcasting, atau advertising.

    4. Sosiologi

    Prodi Sosiologi FISIP UNS merupakan prodi yang bertujuan untuk melatih analis sosial dan peneliti yang dapat bekerja di berbagai bidang, termasuk penelitian sosial, kebijakan publik, pendidikan, atau pemberdayaan masyarakat..

    Prodi ini berfokus pada pemahaman masyarakat, budaya, dan dinamika sosial. Untuk itu, kamu akan mempelajari teori-teori sosiologi, metode penelitian sosial, dan menganalisis isu-isu sosial seperti ketidaksetaraan, konflik, identitas, dan perubahan sosial.

    Prospek Kerja Lulusan FISIP UNS

    Lulusan FISIP UNS dibekali dengan berbagai pengeetahuaan keterampilan yang sangat dibutuhkan di dunia kerja saat ini. Hal ini membuat lulusan fakultas ini memiliki prospek karir yang luas dan dapat bekerja di berbagai bidang. Berikut adalah beberapa prospek kerja untuk lulusan FISIP UNS:

    1. Lembaga Pemerintahan dan Birokrasi

    Prospek kerja lulusan FISIO UNS adalah bekerja di lembaga pemerintagan atau birokrasi. Dengan bekal ilmu administrasi, sosial, ataupun komunikasi yang kamu peroleh di fakultas ini, kamu dapat dapat bekerja di berbagai instansi pemerintah, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Kamu dapat menjadi pegawai negeri, analis kebijakan, atau pejabat pemerintah dalam berbagai departemen.

    2. Diplomat

    Untuk kamu yang senang berdiplomasi dan bertemu dengan orang-orang hebat, kamu juga dapat memilih menjadi seorang diplomat. Kamu akan bekerja sebagai representasi Indonesia di dunia internasional. Tak hanya itu, kamu juga memiliki peluang untuk menjadi analis kebijakan luar negeri, atau pekerjaan di organisasi internasional.

    3. Media dan Jurnalisme

    Prospek karir berikutnya bagi lulusan FISIP UNS yang tak kalah keren adalah bekerja di bidang media dan jurnalisme. Kamu dapat bekerja sebagai jurnalis, editor, atau produser media di berbagai media. Mulai dari surat kabar, televisi, radio, ataupun media online.

    4. Lembaga Swadaya Masyarakat

    Lulusan FISIP UNS juga bekersempatan untuk terjun langsung di masyarakat sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). LSM sering mencari lulusan FISIP untuk posisi seperti peneliti, advokat, atau manajer program. Kamu dapat terlibat dalam advokasi sosial, hak asasi manusia, atau isu-isu lingkungan. Menarik bukan?

    5. Industri Bisnis

    Untuk kamu yang ingin terjun di inustri bisnis, kamu juga memiliki peluang yang besar. Banyak perusahaan mencari dan menginnkan kemampuan analisis sosial lulusan FISIP UNS. Kamu dapat bekerja dalam manajemen, sumber daya manusia, pemasaran, atau riset pasar.

    Bayar Biaya Kuliah Di UNS Mudah Dengan Danacita

    Itu dia penjelasan FISIP UNS, mulai dari prodi hingga prospek kerjanya. Apakah kamu berminat untuk masuk di salah satu prodi FISIP UNS tapi terkendala biaya? Tenang saja! Ada kabar gembira untuk kamu! Kamu bisa melakukan cicilan pembayaran biaya pendidikan dengan Danacita.

    Yuk, klik banner di bawah ini untuk mengetahui estimasi cicilan biaya kuliah kamu di UNS dengan Danacita!

    banner-gif-all

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    biaya kuliah uns fisip uns universitas sebelas maret
    Default Avatar

    Written By

    Esa Tauran