Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNINUS : Penjelasan, Prospek Kerja, Hingga Biaya Kuliah

2023-10-09

Fakultas

Daftar isi

    Tingginya demand terhadap lulusan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) semakin menjadi sorotan dalam dunia pendidikan. Seiring dengan pertumbuhan populasi dan meningkatnya kesadaran akan pentingnya pendidikan berkualitas, permintaan terhadap para pendidik yang kompeten dan berdedikasi semakin melonjak. Jika kamu tertarik untuk masuk di fakultas ini, Universitas Islam Nusantara (UNINUS) bisa menjadi pilihan yang tepat. Apa saja program studi (prodi) yang ada di sini? Selengkapnya pada artikel berikut

    Mengenal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNINUS

    FKIP adalah salah satu fakultas yang berada di lingkup UNINUS dan berfokus pada pendidikan dan pengembangan keilmuan di bidang keguruan. Fakultas ini hadir sebagai wadah yang kuat dalam membentuk calon-calon guru yang berkualitas dan siap menghadapi tuntutan pendidikan masa kini.

    FKIP UNINUS merupakan bagian penting dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran di Indonesia lewat pembentukan karakter dan kompetensi guru yang berkualitas.

    Visi

    Menjadi pusat pendidikan keguruan yang unggul dalam menghasilkan lulusan yang profesional, inovatif, berdaya saing global, serta memiliki moral dan etika yang kuat dalam mengembangkan dunia pendidikan.

    Misi

    • Menghasilkan Lulusan Berkualitas: FKIP UNINUS berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi akademik dan profesional yang unggul dalam bidang pendidikan.
    • Mengembangkan Riset dan Inovasi: Fakultas ini mendukung pengembangan riset dan inovasi di bidang pendidikan guna meningkatkan kualitas proses pembelajaran.
    • Membangun Karakter dan Etika: FKIP UNINUS memprioritaskan pembentukan karakter dan etika pada mahasiswa, sehingga lulusan tidak hanya memiliki keahlian akademik, tetapi juga moral yang kuat.
    • Berpartisipasi dalam Pengembangan Pendidikan Nasional: FKIP UNINUS aktif dalam berbagai upaya pengembangan kurikulum dan inisiatif pendidikan di tingkat nasional.

    Apa Saja Prodi yang Ada Di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNINUS?

    FKIP UNINUS menawarkan berbagai program studi yang berkaitan dengan bidang pendidikan dan pengembangan ilmu keguruan. Berikut adalah beberapa program studi yang ada di FKIP UNINUS

    1. Pendidikan Luar Biasa (PLB)

    Prodi pertama yang ada di lingkup FKIP UNINUS adalah prodi Pendidikan Luar Biasa (PLB). Prodi ini merupakan program pendidikan yang akan membekali kamu tentang pembelajaran dan pendidikan bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus. Tak hanya berkaitan dengan penyusunan program pembelajaran saja, tetapi kamu juga akan diajarkan cara berkomunikasi, memahami karakteristik, perspektif, dan psikologi anak dengan kebutuhan khusus.

    Beberapa materi yang akan kamu dapatkan di prodi ini antara lain Ortopedagogik, Psikologi Pendidikan, Psikologi ABK, Strategi Pembelajaran, Teori Pembelajaran dan Tumbuh Kembang ABK. Kamu juga akan belajar mengenai berbagai macam keterampilan seperti cara mengidentifikasi ABK, cara memberikan intervensi terhadap ABK, dan pembelajaran olahraga adaptif, dan masih banyak lagi.

    2. Pendidikan Luar Sekolah (PLS)

    Selanjutnya ada prodi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) FKIP UNINUS. Prodi yang juga dikenal sebagai pendidikan non formal ini merupakan prodi yang mempelajari metode, teknik, dan strategi dalam memberikan edukasi bagi anak-anak dan remaja di luar lingkungan sekolah. Sesuai namanya, prodi ini berfokus pada pengembangan dan implementasi program pendidikan di luar sekolah. Setelah lulus, kamu diharapkan memiliki kemampuan untuk mengelola, mendidik dan pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal.

    3. Pendidikan Bahasa Arab

    Jika kamu tertarik mempelajari Bahasa Arab dan cara pengajarannya, FKIP UNINUS juga menyediakan prodi Pendidikan Bahasa Arab. Sesuai namanya, prodi ini merupakan disiplin ilmu yang sangat erat kaitannya dengan pelajaran bahasa Arab. Ini mencakup linguistik, kesusasteraan Arab, bahkan tentang Al Qur’an dan hadist. Tak hanya seputar ilmu linguistiknya, maka kamu juga akan mempelajari segala aspek tentang pendidikan di dalamnya.

    4. Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia

    Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNINUS merupakan prodi yang memiliki visi. menjadi program studi yang dinamis yang dapat menciptakan lulusan berkualitas, profesional, serta dilandasi akhlak mulia. Program pendidikan ini berfokus pada pembelajaran dan pengajaran bahasa Indonesia. Mulai dari ilmu linguistik, sastra, dan metode pengajaran bahasa Indonesia di kelas.

    5. Pendidikan Bahasa Inggris

    FKIP UNINUS juga menawarkan prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Prodi ini akan membekali kamu dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mengajar bahasa Inggris. Di sini kamu akan mempelajari teknik-teknik pengajaran bahasa, linguistik, dan literatur dalam bahasa Inggris.

    6. Pendidikan Matematika

    Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNINUS merupakan prodi yang bertujuan untuk melahirkan sarjana pendidikan matematika yang menguasai pengetahuan yang berkaitan dengan pendidikan dan pengajaran matematika.

    Dengan berbagai kemampuan dan pengetahuan yang kamu peroleh di prodi ini, kamu akan dipersiapkan untuk menjadi calon guru dalam mengajar matematika di berbagai tingkat pendidikan. Oleh karena itu, di sini kamu akan memperoleh pemahaman tentang teori matematika dan metode pembelajaran yang efektif.

    7. Pendidikan Guru Paud

    Fokus program ini adalah mendidik calon guru untuk mengajar anak usia dini, dengan Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini atau Jurusan PG PAUD adalah jurusan yang mempelajari pola didik anak usia dini. penekanan pada psikologi perkembangan anak dan strategi pembelajaran yang sesuai.

    Perlu diingat, bahwa setiap usia pada anak memiliki pola didik yang berbeda-beda, termasuk anak usia dini. Selain itu, mendidik anak usia dini memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi dan banyak hal yang harus dipelajari. Oleh karena itu, di prodi ini kamu dituntut untuk menguasai berbagai bidang seperti, bahasa, ilmu gizi, olahraga, sampai psikologi anak.

    8. Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan

    Prodi terakhir yang ada di FKIP UNINUS adalah prodi Pendidikan Kewarganegaraan (PKN). Program ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman kamu mengenai nilai-nilai Pancasila dan wawasan kebangsaan yang penting dalam pendidikan karakter. Prod ini akan membuat kamu menguasai berbagai bidang ilmu pokok, seperti Pendidikan kewarganegaraan, Politik, Hukum, Pendidikan, serta memiliki wawasan yang luas dalam bidang ilmu yang relevan.

    Prospek Kerja Lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNINUS

    1. Tenaga Pendidik

    Prospek kerja pertama untuk lulusan FKIP UNINUS adalah menjadi seorang tenaga pendidik. Misalnya guru mata pelajaran terkait di sekolah, atau menjadi dosen jika kamu menyelesaikan jenjang S2.

    2. Konselor

    Selanjutnya, kamu dapat menjadi seorang konselor. Tugas utama kamu adalah memberikan memberikan bimbingan dan konseling kepada siswa agar mereka dapat fokus dengan pendidikan dan masa depannya.

    3. Pengembang Kurikulum

    Lulusan FKIP UNINUS juga dapat menjadi pengembang kurikulum. Dengan berbagai pengetahuan dan kemampuan yang kamu peroleh mengenai dunia pendidikan selama kuliah, kamu dapat merancang metode pembelajaran, serta mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran.

    4. Peneliti

    Jika kamu tertarik dengan dunia riset, kamu juga berkesempatan berkarir sebagai peneliti. Dengan pemahaman mendalam tentang pendidikan, lulusan FKIP UNINUS dapat menjadi peneliti di bidang pendidikan. Tujuannya agar kamu dapat berkontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih baik.

    5. Trainer

    Prospek kerja lulusan FKIP UNINUS terakhir tapi tak kalah penting adalah menjadi seorang trainer atau pelatih. Lulusan dengan keahlian khusus dalam olahraga atau seni misalnya dapat menjadi pelatih atau trainer di berbagai lembaga. Kamu juga dapat menjadi trainer untuk calon guru lainnya jika kamu telah memiliki segudang pengalaman,

    Bayar Biaya Kuliah Di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNINUS Mudah Dengan Danacita

    Kini kamu bisa bayar kuliah di UNINUS dengan cicilan 0%! Yuk, klik banner di bawah ini untuk mengetahui estimasi cicilan 0% kamu di UNINUS dengan Danacita!

    banner-gif-all

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!