Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan Biayanya

2023-01-30

Daftar isi

    Pekerjaan menjadi seorang pengajar memang banyak diidamkan oleh orang-orang. Pekerjaan yang menjanjikan, selalu dibutuhkan kapanpun, serta merupakan pekerjaan yang mulia seringkali menjadi alasan orang-orang berkeinginan untuk menjadi seorang tenaga pendidik. Indonesia sendiri memiliki banyak sekali pilihan universitas berkualitas yang yang turut menyediakan program studi (prodi) untuk calon mahasiswa yang ingin menjadi tenaga kependidikan profesional.

    Salah satu kampus berkualitas yang menyediakan fakultas Keguruan adalah Universitas Galuh. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang siap bekerja sesuai kompetensi pilihan program studimu, lho!

    Ingin tahu lebih lanjut mengenai fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

    Sejarah Universitas Galuh

    Sebelum membahas informasi lengkap tentang fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh, sebaiknya kamu mengenal profil kampusnya terlebih dahulu.

    Universitas Galuh merupakan salah satu perguruan tinggi atau kampus yang berada di Kab. Ciamis. Perguruan tinggi ini didirikan pada tanggal 8 April 1998. Cikal bakal berdirinya universitas ini adalah mergernya beberapa sekolah tinggi yang ada di Ciamis pada ketika itu, yaitu Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Galuh, Sekolah Tinggi Hukum Galuh, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Galuh, dan Sekolah Tinggi Ilmu Politik Galuh.

    Pada awal pembentukannya hanya ada 3 (tiga) fakultas, yaitu: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum, dan Fakultas Ekonomi. Seiring dengan perkembangannya kemudian ada penambahan untuk Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Teknik, dan yang terbaru adalah Fakultas Kesehatan. Sehingga kini universitas ini terdiri dari tujuh fakultas dengan dua puluh program studi.

    Universitas Galuh kini juga menyelenggarakan program pascasarjana (S2), program studi Magister Manajemen serta Magister Manajemen Pendidikan. Pengajar program tersebut merupakan pengajar-pengajar dari beberapa universitas negeri di Jawa Barat, ditengahnya dari ITB, UNPAD, dan UPI.

    Sejarah FKIP Univ Galuh dan Program Studinya

    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dimulai pada tahun 1969. Saat itu, di Ciamis diselenggarakan perguruan tinggi, yaitu IKIP Bandung kelas jauh (IKIP Bandung “Extention” Ciamis didirikan tahun 1967).

    Namun, berdasarkan SK Rektor IKIP Bandung tanggal 20 November 1972 Nomor 1197/PST/72 dinyatakan bahwa seluruh IKIP Bandung Extention di daerah-daerah sejak tahun kuliah 1973 tidak diperkenankan menerima mahasiswa baru lagi.

    Dari tahun 1975 – 1977 terjadi pemberhentian penyelenggaraan pendidikan tinggi di daerah Ciamis sehingga para pemuda Ciamis mulai kembali memikirkan cita-cita yang pernah diimpikannya sejak masa-masa kuliah untuk memiliki Perguruan Tinggi di Tatar Galuh. Karena itu, terwujudlah dengan dibentuknya Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis dengan Akta Notaris Nomor 49 tanggal 31 Desember 1977.

    Pada tanggal 8 April 1998, keluar Surat Keputusan Nomor 114/SK/Dikti/98 yang menetapkan penggabungan dan perubahan sekolah-sekolah tinggi menjadi fakultas-fakultas di dalam Universitas Galuh. Maka sejak saat itu sekolah-sekolah tinggi yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis berubah menjadi fakultas-fakultas, termasuk STTK Galuh yang berubah menjadi fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

    Saat ini, fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh memiliki 7 program studi, berikut penjelasannya.

    • Pendidikan Akuntansi
    • Pendidikan Bahasa Inggris
    • Pendidikan Matematika
    • Pendidikan Biologi
    • Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
    • Pendidikan Sejarah
    • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

    Pekerjaan yang Bisa Diambil Lulusan FKIP Univ. Galuh

    Lulusan FKIP Univ. Galuh tak hanya bisa menjadi guru di sekolah. Ada sejumlah profesi yang juga bisa digeluti, yaitu:

    1. Dosen

    Prospek kerja lulusan FKIP Univ. Galuh selain menjadi guru yang pertama adalah berkarir sebagai dosen. Baik guru dan dosen memang memiliki tugas dan kewajiban yang sama yaitu mendidik dan mengajar siswa atau mahasiswa.

    Namun, jika ingin menjadi seorang dosen kamu harus memiliki gelar magister atau S2 terlebih dulu. Beberapa kampus juga akan meminta untuk melanjutkan sekolah S3 guna meningkatkan kredibilitas dosen serta kualitas perguruan tinggi.

    2. Penulis

    Bagi kamu lulusan fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh yang suka dengan dunia literasi, pilihan karir sebagai penulis bisa jadi pertimbangan. Sebab, profesi ini bisa digeluti oleh siapa pun yang memiliki kreativitas tinggi dan kemampuan menyampaikan informasi dengan baik dalam tulisan.

    Kamu bisa menulis konten-konten yang berkaitan dengan pendidikan, buku pelajaran, buku cerita yang mengedukasi, dan lainnya.

    3. Pegawai Pemerintah Atau Aparatur Sipil Negara (ASN)

    Bercita-cita ingin menjadi ASN atau PNS selepas lulus kuliah fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh? Tentu kamu bisa meraihnya. Peluang kerja jurusan pendidikan di bidang pemerintahan banyak sekali, bahkan setiap tahun pembukaan guru ASN terbuka lebar.

    4. Administrasi Pendidikan

    Ingin bekerja di sekolah tapi bukan sebagai guru? Kamu yang lulusan fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh juga bisa menjadi tenaga administrasi pendidikan.

    Nantinya, kamu akan bertugas mengatur berbagai hal terkait administrasi sekolah seperti absensi pekerja, mengatur biaya pengeluaran, mengawasi aset sekolah, membantu mengarahkan guru atau karyawan baru, ikut membantu menetapkan kebijakan atau prosedur sekolah, dan lainnya.

    banner-blog-leads-generation-ver2

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Biaya Kuliah FKIP Univ. Galuh

    Berikut biaya kuliah FKIP Univ. Galuh:

    • Biaya Semester Min: Rp1.150.000
    • Biaya Semester Max: Rp2.000.000
    • Biaya Rata-Rata Tahunan: Rp3.150.000
    • Biaya Rata-Rata Keseluruhan: Rp15.750.000

    Pembayaran Kuliah Univ. Galuh Menggunakan Danacita

    Demikian informasi mengenai FKIP Universitas Galuh. Sekarang kamu bisa mengambil fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dengan mudah bersama Danacita.

    Danacita adalah sebuah platform Fintech pembiayaan pendidikan yang bertujuan untuk

    memperluas akses pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia, salah satunya Universitas

    Galuh.

    Simulasi Pembiayaan Bulanan Danacita untuk Calon Mahasiswa Baru (Sarjana)

    Sudah termasuk BPU, BPP/SPP, BSK, BAMBA, Jaket Almamater, Kemahasiswaan, dan Akses IT maupun Perpustakaan

    Nama Fakultas Total Biaya Pendidikan Awal Cicilan dari Kampus Cicilan Danacita 6 Bulan Cicilan Danacita 12 Bulan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Rp 6,880,000 Rp 2,293,330 Per 3 bulan Rp 1,270,500 Per bulan Rp 693,730 Per bulan

    Simulasi Pembiayaan Bulanan Danacita untuk Mahasiswa Aktif (Sarjana)

    Sudah termasuk Biaya Penyelenggara Pendidikan (BPP) dan Biaya Satuan Kredit (BSK)

    Nama Fakultas Total Biaya Pendidikan Awal Cicilan dari Kampus Cicilan Danacita 6 Bulan Cicilan Danacita 12 Bulan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Rp 3,100,000 Rp 1,033,330 Per 3 bulan Rp 573,630 Per bulan Rp 313,160 Per bulan

    Note:

    *Cicilan bulanan termasuk biaya platform (biaya platform bulanan 1.3%, 1.5%, dan 3% biaya pengajuan)

    **Besar pengajuan dapat menyesuaikan nominal yang diajaukan mahasiswa (sesuai tagihan kampus yang tersedia)

    Informasi lebih lanjut dapat menghubungi CS kami di 081218588700 & jadwalkan sesi konsultasi gratis melalui link berikut: https://danacita.co.id/s/jadwalkansesi.

    Danacita memberikan solusi pembayaran bootcamp secara cicilan bagi kamu dengan alternatif pembayaran bertahap mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan.

    Syarat untuk mengajukan cicilan sangat mudah, kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap.

    Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-blog-leads-generation

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!