Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Fakultas Kesehatan Universitas Ngudi Waluyo dan Biayanya

2023-03-02

Daftar isi

    Memilih untuk mendalami bidang kesehatan adalah salah satu opsi bagus ketika melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Salah satu alasan masuk kampus kesehatan adalah profesimu nantinya akan berguna bagi kehidupan masyarakat luas.

    Apakah kamu salah satu di antaranya yang tertarik akan jurusan tersebut? Nah, Universitas Ngudi Waluyo bisa menjadi pilihan yang tepat. Yuk, simak penjelasan lebih lanjut mengenai fakultas Kesehatan UNW berikut ini!

    Tentang UNW

    Sebelum jauh mengenal tentang fakultas Kesehatan UNW, ada baiknya kamu tahu dulu tentang apa Universitas Ngudi Waluyo itu?

    Universitas Ngudi Waluyo (UNW) merupakan penggabungan dari Akademi Keperawatan Ngudi Waluyo, Akademi Kebidanan Ngudi Waluyo, dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngudi Waluyo yang berdiri pada tahun 2016.

    Akademi Keperawatan Ngudi Waluyo berdiri pada tanggal 1 Juni 1994 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.00.06.1.1.2298. Pada tahun 2009 Akademi Keperawatan Ngudi Waluyo mengajukan alih bina dari Kementerian Kesehatan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan disetujui berdasarkan SK Dirjen Dikti nomor 168/D/O/2009 tanggal 16 Oktober 2009. STIKES Ngudi Waluyo berdiri pada tanggal 5 Juni 2001 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor 39/D/O/2001.

    Akademi Kebidanan berdiri pada tanggal 2 Januari 2001 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor 07/D/O1/2001. Saat ini UNW memiliki 14 program studi yang merupakan penggabungan program studi yang ada di ketiga institusi dan penambahan program studi baru non kesehatan.

    Mengenai Fakultas Kesehatan UNW dan Program Studinya

    Pada bagian ini akan dijelaskan mengenai fakultas Kesehatan UNW. Fakultas Kesehatan UNW bisa dibilang merupakan fakultas pertama di kampus ini yang menyelenggarakan pendidikan mulai dari diploma hingga jenjang strata.

    Visi Fakultas Kesehatan adalah menjadi Fakultas Unggul di bidang kesehatan, berbudaya sehat dan bereputasi Internasional pada tahun 2040.

    Universitas Ngudi Waluyo menyediakan banyak banget pilihan jurusan kesehatan, baik itu yang sudah familiar maupun yang belum. Tidak tanggung-tanggung, Universitas Ngudi Waluyo menyediakan 8 pilihan jurusan bidang kesehatan. Diantaranya:

    1. Prodi D3 Kebidanan

    Tujuan Program Studi D3 Kebidanan Fakultas Kesehatan Universitas Ngudi Waluyo secara umum adalah menyiapkan lulusan Ahli Madya Kebidanan profesional dengan kompetensi asuhan kebidanan holistik, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

    2. Prodi S1 Kebidanan

    Di prodi ini kamu akan dilatih untuk melakukan pemeriksaan kehamilan, melakukan perawatan, juga memberikan asuhan kepada pasien. Selain disiapkan menjadi tenaga medis dalam proses persalinan, kamu juga akan berperan dalam membantu ibu saat proses menyusui, pemulihan kesehatan ibu pasca melahirkan, hingga program keluarga berencana.

    3. Prodi S1 Farmasi

    Prodi Farmasi UNW juga membekali mahasiswanya dengan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan kompetensinya yaitu dengan diterjunkannya mahasiswa di lahan praktek apotek dan rumah sakit. Dosen-dosen yang mengajarnya juga berkompeten di bidangnya diantaranya bidang Farmasi Klinik, Manajemen Farmasi, Farmasetika dan Teknologi Farmasi, Biologi Farmasi, Kimia Farmasi yang bergelar doktor dan magister.

    4. Prodi S1 Kesehatan Masyarakat

    Program Studi Kesehatan Masyarakat UNW merupakan bidang ilmu yang mempelajari pencegahan dan pengobatan penyakit pada individu. Bidang ilmu ini juga bertujuan menjaga dan mempromosikan kesehatan sosial dengan mempelajari hubungan antara manusia dan lingkungan dan metode pencegahan penyakit, kesehatan dalam suatu kawasan, maupun kesehatan di lingkungan kerja.

    5. Prodi S1 Gizi

    Jurusan Ilmu Gizi UNW adalah bidang ilmu yang mempelajari pentingnya nutrisi pada kehidupan manusia, terutama hubungan antara asupan makanan dengan kesehatan. Hal lain yang juga akan dipelajari meliputi pemahaman tentang pola makan sehat, gaya hidup, hingga cara memproses makanan. Di jurusan ini mahasiswa akan mempelajari zat gizi apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana takaran idealnya sesuai dengan ilmu pengetahuan.

    6. Prodi S1 Ilmu Keolahragaan

    Jurusan Ilmu Keolahragaan UNW merupakan cabang ilmu yang akan mempelajari prinsip-prinsip dan teknik ilmiah dalam rangka memperbaiki kinerja olahraga. Disini kamu akan mempelajari tentang ilmu-ilmu olahraga ataupun mengasah kemampuan spesialisasi olahraga secara khusus.

    7. Prodi S1 Keperawatan

    Landasan pendirian Program Studi ini karena Perubahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan globalisasi dunia berdampak secara langsung terhadap sistem pelayanan kepada masyarakat, termasuk pelayanan kesehatan. Masyarakat bisa mendapatkan informasi secara cepat dan mudah, sehingga tuntutan terhadap pelayanan yang diberikan semakin meningkat, baik di tatanan klinik maupun di komunitas. Mutu pelayanan kesehatan yang diberikan harus terjamin, tidak berisiko, dan dapat memberi kepuasan, termasuk pelayanan keperawatan.

    8. Prodi D3 Keperawatan

    Di jurusan ini kamu akan mempelajari teori dan teknologi baru untuk mengembalikan dan merawat kesehatan mental dan fisik seseorang yang mengidap suatu penyakit dan penyandang disabilitas. Bidang spesialisasi untuk setiap kelas perawat antara lain perawat dewasa, perawat anak-anak, perawat manula, perawat untuk mental, dan perawatan jalan.

    Baca juga: Biaya Kuliah Universitas Ngudi Waluyo Terlengkap

    banner-blog-leads-generation-ver2

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Pekerjaan yang Bisa Diambil Lulusan Fakultas Kesehatan

    Hal yang tak kalah penting untuk dibahas adalah apa saja prospek kerja lulusan fakultas Kesehatan UNW.

    Lulusan fakultas Kesehatan UNW memiliki prospek kerja yang bagus, karena sesungguhnya jauh lebih luas dari sekadar menjadi perawat. Banyak hal-hal lain di luar itu yang dapat menunjang kesehatan banyak orang, mulai dari administrasi, teknologi, sampai produk komplementer seperti tenaga penyuluhan dan obat-obatan.

    Berikut prospek kerja yang bisa diambil lulus fakultas Kesehatan UNW.

    1. Farmasi

    Lulusan fakultas Kesehatan UNW jurusan Farmasi berhubungan erat dengan obat-obatan dan ilmu pendukung lainnya. Kamu akan belajar mengenali struktur senyawa obat dan cara sintesisnya, kemudian mengolahnya menjadi obat yang layak dikonsumsi.

    Termasuk mencampur, meracik, melakukan formulasi, mengidentifikasi, mengkombinasi, menganalisis, dan menghasilkan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan.

    2. Kebidanan

    Tidak jauh beda dengan jurusan keperawatan, namun di jurusan ini kamu secara khusus akan mempelajari teori dan keterampilan merawat wanita hamil, bayi yang baru lahir, dan balita. Kamu cocok masuk jurusan ini bila senang menekuni ilmu keperawatan, ingin membantu pengembangan kesehatan perempuan terutama di daerah berkembang. Prospek kerja lulusan fakultas kesehatan UNW jurusan Kebidanan meliputi Bidan, Spesialis Perawat Klinis.

    3. Ilmu Keolahragaan

    Fakultas Kesehatan UNW jurusan Ilmu Keolahragaan mempelajari dasar-dasar ilmu keolahragaan yang meliputi kinesiologi, biomekanika, kesehatan, fisiologi, sosiologi, dan sejarah olahraga. Termasuk dasar-dasar ilmu kedokteran yang mempelajari anatomi, fisiologi, biokimia, fisioterapi olahraga, obat dan doping, serta biofisika.

    Termasuk keterampilan keolahragaan yang meliputi banyak jenis olahraga seperti atletik, aerobik, renang, voli, pencak silat, dan lain sebagainya.

    4. Dosen

    Jika kamu memiliki ketertarikan untuk menjadi seorang pengajar, bisa mencoba profesi sebagai dosen. Banyak lulusan fakultas Kesehatan UNW yang mencoba berkarir sebagai seorang dosen. Namun, tentu saja kamu harus lulus S2 terlebih dahulu. Supaya kamu bisa sukses berkarier di bidang ini, tentunya harus memiliki motivasi yang besar untuk mengajar dan memberikan ilmu kepada orang lain.

    Biaya Kuliah Fakultas Kesehatan UNW

    Setelah membaca beberapa informasi di atas, kamu jadi semakin yakin untuk melanjutkan studi di fakultas Kesehatan UNW? Berikut rincian biaya yang nanti wajib dibayarkan saat kamu berkuliah di jurusan ini.

    D3 KEPERAWATAN REGULER

    BIAYA KULIAH  D3 KEPERAWATAN REGULER
    Pendaftaran Rp 200.000
    Biaya Pengembangan Rp 5.000.000
    Biaya Pendidikan/Semester Rp 6.050.000
    Biaya Kegiatan Mahasiswa Rp 1.200.000
    Perlengkapan Asrama Rp 1.750.000
    Peralatan Kesehatan Rp 1.000.000
    Seragam  Rp 1.550.000
    Seragam Asrama Tinggal (Per Bulan) Rp 1.000.000
    TOTAL Rp 17.750.000

    S1 KEPERAWATAN REGULER

    BIAYA KULIAH  S1 KEPERAWATAN REGULER
    Pendaftaran Rp 200.000
    Biaya Pengembangan Rp 9.000.000
    Biaya Pendidikan/Semester Rp 7.450.000
    Biaya Kegiatan Mahasiswa Rp 1.200.000
    TOTAL Rp 17.850.000

    S1 KEPERAWATAN TRANSFER

    BIAYA KULIAH  S1 KEPERAWATAN TRANSFER
    Pendaftaran Rp 200.000
    Biaya Pengembangan Rp 5.000.000
    Biaya Pendidikan/Semester Rp 8.050.000
    Biaya Kegiatan Mahasiswa Rp 1.200.000
    TOTAL Rp 14.450.000

    PROFESI NERS

    BIAYA KULIAH  PROFESI NERS
    Pendaftaran Rp 200.000
    Biaya Pengembangan Rp 6.000.000
    Biaya Pendidikan/Semester Rp 9.750.000
    Biaya Kegiatan Mahasiswa Rp 1.200.000
    TOTAL Rp 17.150.000

    D3 KEPERAWATAN KELAS KARYAWAN & PRAKERJA (KOKY)

    BIAYA KULIAH  D3 KEPERAWATAN KELAS KARYAWAN & PRAKERJA (KOKY)
    Pendaftaran Rp 200.000
    Biaya Registrasi Rp 900.000
    Biaya Pendidikan/Bulan Rp 1.250.000
    TOTAL Rp 2.350.000

    S1 GIZI REGULER

    BIAYA KULIAH S1 GIZI REGULER
    Pendaftaran Rp 200.000
    Biaya Pengembangan Rp 6.000.000
    Biaya Pendidikan/Semester Rp 4.750.000
    Biaya Kegiatan Mahasiswa Rp 1.200.000
    TOTAL Rp 11.875.000

    S1 GIZI TRANSFER

    BIAYA KULIAH  S1 GIZI TRANSFER
    Pendaftaran Rp 200.000
    Biaya Pengembangan Rp 5.000.000
    Biaya Pendidikan/Semester Rp 7.200.000
    Biaya Kegiatan Mahasiswa Rp 1.200.000
    Matrikulasi Rp 500.000
    TOTAL Rp 14.100.000

    S1 GIZI KELAS KARYAWAN & PRAKERJA (KOKY)

    BIAYA KULIAH  S1 GIZI KELAS KARYAWAN & PRAKERJA (KOKY)
    Pendaftaran Rp 200.000
    Biaya Registrasi Rp 900.000
    Biaya Pendidikan/Bulan Rp 970.000
    TOTAL Rp 2.070.000

    S1 FARMASI REGULER

    BIAYA KULIAH  S1 FARMASI REGULER
    Pendaftaran Rp 200.000
    Biaya Pengembangan Rp 10.000.000
    Biaya Pendidikan/Semester Rp 7.550.000
    Biaya Kegiatan Mahasiswa Rp 1.200.000
    TOTAL Rp 18.850.000

    S1 KESEHATAN MASYARAKAT REGULER

    BIAYA KULIAH  S1 KESEHATAN MASYARAKAT REGULER
    Pendaftaran Rp 200.000
    Biaya Pengembangan Rp 6.000.000
    Biaya Pendidikan/Semester Rp 4.450.000
    Biaya Kegiatan Mahasiswa Rp 1.200.000
    TOTAL Rp 11.850.000

    S1 KESEHATAN MASYARAKAT TRANSFER

    BIAYA KULIAH  S1 KESEHATAN MASYARAKAT TRANSFER
    Pendaftaran Rp 200.000
    Biaya Pengembangan Rp 5.000.000
    Biaya Pendidikan/Semester Rp 4.550.000
    Biaya Kegiatan Mahasiswa Rp 1.200.000
    Matrikulasi Rp 500.000
    TOTAL Rp 11.450.000

    S1 KESEHATAN MASYARAKAT KELAS KARYAWAN & PRAKERJA (KOKY)

    BIAYA KULIAH  S1 KESEHATAN MASYARAKAT KELAS KARYAWAN & PRAKERJA (KOKY)
    Pendaftaran Rp 200.000
    Biaya Registrasi Rp 900.000
    Biaya Pendidikan/Bulan Rp 965.000
    TOTAL Rp 2.065.000

    S1 KEBIDANAN REGULER

    BIAYA KULIAH S1 KEBIDANAN REGULER
    Pendaftaran Rp 200.000
    Biaya Pengembangan Rp 6.000.000
    Biaya Pendidikan/Semester Rp 7.000.000
    Biaya Kegiatan Mahasiswa Rp 1.200.000
    Perlengkapan Asrama Rp 1.750.000
    Peralatan Kesehatan Rp 1.000.000
    Seragam  Rp 1.550.000
    Seragam Asrama Tinggal (Per Bulan) Rp 1.000.000
    TOTAL Rp 19.700.000

    S1 KEBIDANAN TRANSFER

    BIAYA KULIAH  S1 KEBIDANAN TRANSFER
    Pendaftaran Rp 200.000
    Biaya Pengembangan Rp 8.000.000
    Biaya Pendidikan/Semester Rp 7.750.000
    Biaya Kegiatan Mahasiswa Rp 1.200.000
    Matrikulasi Rp 500.000
    TOTAL Rp 17.150.000

    PROFESI BIDAN

    BIAYA KULIAH  PROFESI BIDAN
    Pendaftaran Rp 200.000
    Biaya Pengembangan Rp 6.000.000
    Biaya Pendidikan/Semester Rp 9.750.000
    Biaya Kegiatan Mahasiswa Rp 1.200.000
    TOTAL Rp 17.150.000

    Pembayaran Kuliah Fakultas Kesehatan UNW dengan Danacita

    Kesempatan untuk kamu berkuliah di fakultas Kesehatan UNW sangat terbuka lebar. Apalagi saat ini, Danacita dan UNW telah bekerja sama untuk mempermudah kamu untuk membiayai studi di fakultas Kesehatan UNW.

    Simulasi Pembiayaan Mahasiswa Baru S1 dan D4 Fakultas Kesehatan

    Untuk pembayaran: Biaya Pendaftaran + Biaya Pengembangan + Biaya Pendidikan + Biaya Kegiatan Mahasiswa + Lain-Lain

    Program Studi Cash Cicilan Regular 6 bulan Cicilan Regular 12 bulan Cicilan Regular 24 bulan
    S1 Keperawatan - Reguler Rp 17,950,000 Rp 3,314,760 Rp 1,809,950 Rp 1,075,500
    S1 Keperawatan - Transfer Rp 14,550,000 Rp 2,686,900 Rp 1,467,120 Rp 871,780
    S1 Profesi Ners Rp 17,250,000 Rp 3,185,500 Rp 1,739,370 Rp 1,033,560
    S1 Kebidanan - Reguler Rp 19,800,000 Rp 3,656,400 Rp 1,996,500 Rp 1,186,350
    S1 Kebidanan - Transfer Rp 17,250,000 Rp 3,185,500 Rp 1,739,370 Rp 1,033,560
    S1 Profesi Kebidanan Rp 17,250,000 Rp 3,185,500 Rp 1,739,370 Rp 1,033,560
    S1 Farmasi Rp 18,950,000 Rp 3,499,430 Rp 1,910,790 Rp 1,135,420
    S1 Gizi - Reguler Rp 11,975,000 Rp 2,211,380 Rp 1,207,470 Rp 717,500
    S1 Gizi - Transfer Rp 14,200,000 Rp 2,622,260 Rp 1,431,830 Rp 850,810
    S1 Kes. Masyarakat - Reguler Rp 11,490,000 Rp 2,121,820 Rp 1,158,570 Rp 688,440
    S1 Kes. Masyarakat - Transfer Rp 11,550,000 Rp 2,132,900 Rp 1,164,620 Rp 692,030
    S1 Ilmu Keolahragaan Rp 4,000,000 Rp 738,660 Rp 403,330 Rp 239,660
    D3 Keperawatan Rp 17,850,000 Rp 3,296,300 Rp 1,799,870 Rp 1,069,510
    D3 Kebidanan Rp 18,000,000 Rp 3,324,000 Rp 1,815,000 Rp 1,078,500

    Simulasi Pembiayaan Mahasiswa Aktif S1 dan D4 Fakultas Kesehatan

    Untuk pembayaran: Biaya Uang Kuliah Tunggal (SPP + SKS + Lab) / Biaya Pendidikan Per-Semester

    Program Studi Cash Cicilan Regular 6 bulan Cicilan Regular 12 bulan
    S1 Keperawatan - Reguler Rp 8,500,000 Rp 1,569,660 Rp 857,080
    S1 Keperawatan - Transfer Rp 8,050,000 Rp 1,486,560 Rp 811,700
    S1 Profesi Ners Rp 8,750,000 Rp 1,615,830 Rp 882,290
    S1 Kebidanan - Reguler Rp 7,000,000 Rp 1,292,660 Rp 705,830
    S1 Kebidanan - Transfer Rp 7,750,000 Rp 1,431,160 Rp 781,450
    S1 Profesi Kebidanan Rp 8,500,000 Rp 1,569,660 Rp 857,080
    S1 Farmasi Rp 9,450,000 Rp 1,745,100 Rp 952,870
    S1 Gizi - Reguler Rp 5,100,000 Rp 941,800 Rp 514,250
    S1 Gizi - Transfer Rp 7,200,000 Rp 1,329,600 Rp 726,000
    S1 Kes. Masyarakat - Reguler Rp 4,550,000 Rp 840,230 Rp 458,790
    S1 Kes. Masyarakat - Transfer Rp 4,550,000 Rp 840,230 Rp 458,790
    S1 Ilmu Keolahragaan Rp 4,000,000 Rp 738,660 Rp 403,330
    D3 Keperawatan Rp 6,050,000 Rp 1,117,230 Rp 610,040
    D3 Kebidanan Rp 6,200,000 Rp 1,144,930 Rp 625,160

    Danacita sendiri adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi secara bertahap untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Kerjasama antara Danacita dan UNW adalah dengan memberikan solusi program cicilan multi semester untuk calon mahasiswa UNW Cicilan Multi Semester adalah program pembiayaan yang memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa untuk dapat melakukan pembiayaan biaya kuliah hingga 4 semester sekaligus hanya dalam 1 kali pengajuan di Danacita.

    Melalui program cicilan multi semester Danacita ini, kamu dapat fokus untuk menempuh pendidikan kamu di UNW tanpa harus mengalami kendala dalam melakukan pembayaran biaya kuliah setiap semesternya. Apalagi keamanan data pengajuan kamu di Danacita terjamin keamanannya karena Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta tersertifikasi ISO 27001.

    Tertarik untuk menggunakan Danacita? Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-blog-leads-generation

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!