Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Fakultas Matematika UNS: Penjelasan Program Studi, Prospek Kerja, Hingga Biaya Kuliah

2023-10-16

Fakultas

Daftar isi

    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) merupakan salah satu fakultas yang sangat vital dalam dunia pendidikan tinggi. Keberadaan MIPA sangat penting karena memberikan kontribusi besar dalam kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan berbagai sektor lainnya. Dengan perannya yang sangat penting itu, maka permintaan terhadap lulusan Fakultas MIPA juga terus meningkat.

    Tertarik untuk masuk ke fakultas ini? Universitas Sebelas Maret (UNS) menawarkan program-program pendidikan yang mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi dunia yang semakin kompleks dan berubah. Berikut penjelasan program studi (prodi) hingga prospek karirnya.

    Mengenal Fakultas MIPA UNS

    Fakultas MIPA UNS merupakan sebuah lembaga pendidikan yang berdiri pada 1 Oktober 1996. Sejak berdiri, fakultas ini turut berperan aktif melakukan inovasi terdepan dalam penelitian, pengembangan IPTEKS, dan pengabdian pada masyarakat. Selain itu juga ikut serta dalam mempersiapkan generasi muda penerus bangsa yang unggul sebagai insan cendekia yang berbudi luhur agar mampu berkiprah dalam membangun kemajuan bangsa Indonesia lewat sejumlah prodinya

    Visi

    Menjadi institusi pendidikan unggul dalam bidang ilmu dasar dan terapan yang bereputasi internasional pada tahun 2030.

    Misi

    • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dalam bidang ilmu dasar dan terapan
    • Menyelenggarakan penelitian yang berbasis pengembangan ilmu dasar dan terapan
    • Menyelenggarakan pendidikan kepada masyarakat yang berorientasi pada hasil penelitian
    • Menyelenggarakan tata kelola fakultas yang profesional

    Apa Saja Program Studi yang Ada Di Fakultas MIPA UNS

    1. Matematika

    Prodi pertama yang ada di Fakultas MIPA UNS adalah Matematika. Prodi ini menjadi embrio dari berdirinya Fakultas MIPA UNS. Dengan berfokus pada studi tentang konsep matematika, teori, dan aplikasi dalam berbagai bidang, kamu akan dibekali dengan berbagai pengetahuan dan kemampuan untuk berpikir kritis, mudah memahami suatu masalah, hingga mampu melakukan hal dengan lebih terstruktur dan sistematis. Beberapa hal yang akan kamu pelajari di prodi ini antara lain aljabar, analisis, statistik, geometri, dan masih banyak lagi.

    2. Fisika

    Prodi Fisika termasuk salah satu prodi yang berdiri bersama-sama dengan berdirinya Fakultas MIPA UNS di tahun 1996. Prodi ini merupakan sebuah program pendidikan tinggi yang mempelajari prinsip-prinsip dasar alam semesta, sifat materi, energi, dan fenomena fisika lainnya.n Dalam program ini kamu akan memahami hukum-hukum fisika yang mendasar dan belajar cara menerapkannya dalam eksperimen dan analisis data.

    Di akhir semester, kamu akan diarahkan untuk mengembangkan bahan kajian fisika yang sesuai dengan minat kamu. Mulai dari Fisika Teori & Komutasi, Fisika Material, Geofisika, Akustik, Elektronika & Instrumental, dan Fisika Medis

    3. Kimia

    Prodi Kimia Fakultas MIPa UNS merupakan sebuah program pendidikan yang mempelajari komposisi, struktur, sifat, dan perubahan suatu zat. Proses pembelajaran di prodi ini dilakukan dengan mengkombinasikan teori dan praktikum di laboratorium. Tak hanya terlibat dalam eksperimen laboratorium saja, kamu juga akan belajar cara menerapkan konsep kimia dalam berbagai konteks, seperti industri, lingkungan, dan penelitian ilmiah.

    4. Biologi

    Prodi Biologi Fakultas MIPA UNS lahir atas pertimbangan bahwa Indonesia kaya akan keanekaragaman hayati, baik flora, fauna, maupun mikroorganisme yang mendukung perkembangan bioproduk. Dengan kata lain, prodi ini berfokus pada studi tentang kehidupan, organisme, dan ekosistem. Kamu akan mempelajari berbagai aspek biologi, termasuk biologi sel, ekologi, genetika, dan evolusi. Selain itu, kamu juga akan terlibat dalam penelitian ilmiah, eksperimen, dan pengamatan untuk memahami keragaman hayat di bumi.

    5. Farmasi

    Prodi Farmasi Fakultas MIPA UNS berdiri pada tanggal 22 Mei 2013 dalam rangka memenuhi kebutuhan pasar akan tenaga farmasis yang unggul. Sejak berdiri, prodi ini berkomitmen untuk mencetak lulusan sarjana yang memiliki kompetensi di bidang farmasi dengan mengakomodasikan keunggulan bidang sains teknologi dan keunggulan yang berorientasi farmasi klinik komunitas. Dengan begini,kamu dapat bekerja di berbagai sektor, termasuk industri farmasi, apotek, rumah sakit, serta lembaga penelitian dan pengembangan obat

    6. Statistika

    Prodi selanjutnya yang ada di Fakultas MIPA UNS adalah Statistika. Hadirnya prodi ini dilatarbelakangi akan adanya peningkatan pembangunan nasional yang memerlukan pengembagan ilmu pengetahuan, terutama ilmu statistika yang menunjang perkembangan teknologi serta sumber daya manusia yang potensial. Prodi ini menawarkan dua konsentrasi atau peminatan, yaitu Statistika & Sains Data bidang Industri & Ekonomi, serta Sains Data bidang Lingkungan dan Kesehatan.

    7. Ilmu Lingkungan

    Prodi terakhir sekaligus menjadi prodi termudah yang ada di Fakultas MIPA UNS adalah Ilmu Lingkungan. Prodi ini berdiri pada 2 Oktober 2017 dan memiliki bidang kajian lingkungan secara holistik. Termasuk aspek abiotik, biotik, dan kultural dengan penekanan kajian pada ekosistem perairan tawar. Di prodi ini, kamu akan mempelajari sains lingkungan, pemantauan lingkungan, analisis dampak lingkungan, serta solusi untuk masalah-masalah lingkungan.

    Prospek Karir Lulusan Fakultas MIPA UNS

    1. Penelitian dan Pengembangan

    Prospek karir pertama untuk lulusan Fakultas MIPA UNS ialah menjadi seorang peneliti. Prospek karir ini sangat terbuka lebar berbagai lembaga penelitian ilmiah, universitas, atau perusahaan swasta. Sebagai seorang peneliti, kamu akan berperan dalam mengembangkan pengetahuan baru, mengejar terobosan ilmiah, dan memecahkan masalah kompleks.

    2. Akademisi

    Menjadi seorang akademisi juga dapat menjadi pilihan karir yang tepat untuk lulusan Fakultas MIPA UNS. Banyak lulusan fakultas ini yang menjadi pendidik di tingkat sekolah menengah atau perguruan tinggi. Kamu dapat mengajarkan mata pelajaran seperti matematika, fisika, kimia, atau biologi, dan berkontribusi dalam mempersiapkan generasi muda dengan dasar ilmiah yang kuat. Kamu bahkan bisa menjadi seorang dosen jika melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

    3. Industri dan Teknologi

    Bekerja di sebuah industri dan teknologi juga menjadi pilihan prospek karir selanjutnya untuk lulusan Fakultas MIPA UNS. Kamu dapat memilih untuk bekerja di industri manufaktur, teknologi informasi, dan industri farmasi. Di industri ini, kamu dapat memilih pekerjaan seperti insinyur, analis data, atau ahli laboratorium. Kamu akan memainkan peran penting dalam pengembangan produk dan teknologi.

    4. Praktisi dan Pemerhati Lingkungan

    Profesi selanjutnya yang tak kalah keren adalah Praktisi maupun Pemerhati Lingkungan. Di era yang semakin peduli terhadap lingkungan ini, lulusan fakultas MIPA, terutama dengan latar belakang ilmu lingkungan sangat dicari untuk bekerja dalam manajemen lingkungan, konservasi alam, dan keberlanjutan.

    5. Konsultan

    Profesi selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah menjadi seorang Konsultan. Kamu dapat bekerja sebagai konsultan dalam berbagai bidang, termasuk konsultasi lingkungan, manajemen risiko, atau konsultasi kebijakan publik.

    Bayar Biaya Kuliah Di UNS Mudah Dengan Danacita

    Kini kamu bisa bayar kuliah di UNS dengan metode cicilan bersama Danacita loh! Yuk, klik banner di bawah ini untuk mengetahui estimasi cicilan biaya kuliah kamu di UNS bersama Danacita!

    banner-gif-all

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    biaya kuliah uns universitas sebelas maret fakultas matematika uns
    Default Avatar

    Written By

    Esa Tauran