Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Fakultas Pertanian UNINUS : Penjelasan, Prospek Kerja, Hingga Biaya Kuliah

2023-10-09

Fakultas

Daftar isi

    Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki lahan yang luas dan beragam kondisi iklim yang mendukung produksi berbagai jenis tanaman dan bahan pangan. Namun, tantangan seperti perubahan iklim, perkotaan yang semakin meluas, dan perubahan gaya hidup masyarakat telah mendorong perlunya inovasi dalam sektor pertanian. Hal ini membuat Fakultas Pertanian menjadi semakin penting dalam menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan mendalam tentang teknik-teknik pertanian modern. Salah satu kampus yang memiliki Fakultas Pertanian adalah Universitas Islam Nusantara (UNINUS).

    Apa saja program studi (prodi) yang ada di Fakultas Pertanian UNINUS? Lalu bagaimana prospek kerjanya? Temukan jawabannya di artikel berikut!

    Mengenal Fakultas Pertanian UNINUS

    Fakultas Pertanian (FP) adalah sebuah fakultas di lingkup UNINUS yang berdedikasi untuk mengembangkan ilmu pertanian dalam konteks nilai-nilai keislaman. Fakultas ini hadir untuk memberikan pendidikan dan pelatihan dalam bidang pertanian yang berbasis ilmu pengetahuan, teknologi, dan ajaran Islam. Oleh karena itu, dalam penyelenggaraannya, fakultas ini menekankan pada pengembangan kompetensi akademik, praktis, dan etis mahasiswa dalam mengelola sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan pangan dan pertanian di masyarakat.

    FP UNINUS selalu berupaya untuk ikut terlibat mentransformasikan pengetahuan di bidang agroteknologi dan pertanian. Tujuannya untuk mengabdikan ilmu pengetahuan agar meningkatkan kesejahteraan bagi bangsa, negara dan umat manusia lewat visi dan misi yang diembannya

    Visi

    Menjadi Fakultas Pertanian unggul dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada nilai-nilai Islam dan berkontribusi pada pembangunan pertanian berkelanjutan

    Misi

    • Menyelenggarakan pendidikan tinggi pertanian yang bermutu, berorientasi keislaman, dan menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing di bidang pertanian.
    • Mengembangkan penelitian yang inovatif dan berorientasi pada solusi dalam mendukung pengembangan pertanian berkelanjutan.
    • Menyediakan layanan dan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan ilmu dan teknologi pertanian.
    • Menerapkan prinsip-prinsip Islam dalam seluruh aspek akademik dan praktik di dalam fakultas.
    • Menciptakan suasana akademik yang kondusif untuk mengembangkan kepribadian, etika, dan nilai-nilai Islam pada mahasiswa.

    Apa Saja Prodi yang Ada Di Fakultas Pertanian UNINUS?

    FP UNINUS menawarkan satu prodi untuk jenjang S1 yang berkaitan dengan bidang pertanian serta lingkungan dan teknologi, yaitu Agroteknologi. Prodi ini merupakan gabungan dari bidang ilmu agronomi dan teknologi, dimana berfokus untuk mempelajari segala fenomena dalam kaitannya dengan pertanian, mencakup pengelolaan tanah dan produksi tanaman.

    Dengan penekanan pada pengembangan teknologi berkelanjutan dan penerapan nilai-nilai Islam, prodi Agroteknologi FP UNINUS berupaya memberikan kontribusi pada pembangunan pertanian yang berwawasan lingkungan dan menghormati ajaran agama.

    Program ini memberikan pendidikan komprehensif yang meliputi berbagai aspek pertanian, mulai dari pemilihan bibit, budidaya tanaman, hingga pengelolaan keberlanjutan pertanian. Di prodi ini, kamu akan mempelajari teknologi-teknologi terbaru dalam pertanian, seperti penggunaan pupuk organik, pengendalian hama terintegrasi, dan sistem pertanian berkelanjutan.

    Dalam pendidikannya, prodi ini juga membahas bagaimana prinsip-prinsip agama Islam dapat diaplikasikan dalam praktik pertanian, termasuk menghormati alam dan keberlanjutan.

    Tak hanya teori saja, kan dilibatkan dalam praktek lapangan, seperti mengelola kebun percobaan, melakukan riset pertanian, dan memahami praktik-praktik terbaik dalam bercocok tanam. Tujuannya agar kamu memiliki pengalaman nyata dalam menerapkan ilmu agroteknologi di kehidupan nyata.

    Prospek Kerja Lulusan Fakultas Pertanian UNINUS

    Prodi Agroteknologi FP UNINUS bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam menerapkan teknologi pertanian modern, berdasarkan prinsip-prinsip ilmiah dan nilai-nilai agama Islam. Dengan keterampilan ini, lulusan diharapkan dapat berperan dalam mengembangkan pertanian yang berkelanjutan, efisien, dan sesuai dengan nilai-nilai moral. Berikut beberapa prospek kerja lulusan prodi Agroteknologi FP UNINUS

    1. Agronom

    Prospek kerja pertama dari lulusan FP UNINUS adalah menjadi seorang Agronom atau ahli tanaman. Profesi ini bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengelola pertanaman serta mengembangkan praktik-praktik pertanian yang optimal.

    Tugas kamu adalah memeriksa tanaman untuk menentukan cara melawan penyakit, memelihara pertumbuhan dan meningkatkan kualitas produksi. Sebagai seorang agronom, kamu juga akan menjadi perantara bagi petani dan peneliti pertanian. Artinya kamu akan bertindak sebagai penghubung dalam diskusi tentang pengembangan tanaman, panen, dan distribusi.

    2. Konsultan Pertanian

    Selanjutnya adalah menjadi seorang konsultan di bidang pertanian. Sebagai konsultan, kamu dapat memberikan nasihat kepada petani dan perusahaan pertanian mengenai praktik terbaik dalam budidaya tanaman, pemeliharaan tanaman, dan pengendalian hama.

    Profesi ini mengharuskan kamu untuk bisa membimbing manajemen sumber daya pertanian dan manusia. Selain itu, konsultan pertanian juga akan membuat program unggulan pertanian terutama dalam diversifikasi berbagai usaha tani.

    3. Peneliti Pertanian

    Jika kamu tertarik dengan dunia riset, kamu juga bisa menjadi seorang peneliti yang berfokus pada pertanian. Kamu dapat terlibat dalam penelitian pertanian yang inovatif untuk mengembangkan metode baru dalam budidaya tanaman, pengendalian hama, dan pemupukan. Tak hanya itu, kamu juga akan bertugas untuk mengadakan eksperimen dalam rangka mengembangkan atau meningkatkan varian tumbuhan lapangan.

    4. Pengembang Produk Pertanian

    Prospek kerja lulusan FP UNINUS selanjutnya adalah pengembang produk pertanian. Dibangku kuliah, kamu dibekali tentang bagaimana mengembangkan produk agribisnis berdasarkan hasil pertanian, termasuk manajemen usaha dan pemasaran. Sehingga setelah lulus, kamu dapat terlibat dalam pengembangan produk-produk pertanian olahan, seperti makanan, minuman, dan produk-produk lainnya.

    5. Petani Modern

    Pertanian Indonesia saat ini mulai berkembang dengan konsep pertanian yang lebih modern dan dukungan dari pemerintah. Hal ini membuat profesi petani modern semakin dicari. Menjadi petani modern saat ini tidak hanya tentang bercocok tanam di sawah saja.

    Berbagai peluang lain yang dapat dilakukan adalah melalui pertanian organik, hingga usaha tani yang tidak menggunakan tanah seperti hidroponik. Selain itu, petani modern juga dapat mengubah pola tanam, yang biasanya hanya menanam satu jenis tanaman (monokultur) menjadi beberapa jenis tanaman (polikultur). Sangat menarik bukan?

    6. Staf di Dinas atau Kementerian Pertanian

    Untuk kamu yang bermimpi menjadi seorang ASN, kamu juga berkesempatan bekerja di instansi pemerintahan, seperti dinas atau kementerian pertanian, atau bahkan BUMN. Kamu bisa bekerja di Badan Urusan Logistik atau BULOG, Badan Pusat Statistik atau BPS, Pertahanan Nasional atau BPN, dan masih banyak lagi yang lainnya.

    7. Wirausaha Pertanian

    Jika kamu memiliki jiwa usaha, kamu juga bisa menjadi seorang wirausaha atau bahkan pebisnis di bidang pertanian. Dengan berbagai kemampuan dan pengetahuan yang kamu peroleh seputar agroteknologi, kamu dapat memulai usaha pertanian sendiri, seperti perkebunan, peternakan, atau agrowisata.

    Bayar Biaya Kuliah Di Fakultas Pertanian UNINUS Mudah Dengan Danacita

    Kini kamu bisa kuliah di UNINUS dengan metode pembayaran cicilan 0% loh! Yuk, klik banner di bawah ini untuk mengetahui estimasi cicilan 0% kamu di UNINUS bersama Danacita!

    banner-gif-all

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    biaya kuliah uninus fakultas pertanian uninus uninus
    Default Avatar

    Written By

    Esa Tauran