Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Fakultas Teknik & Perencanaan Universitas Warmadewa dan Biayanya

2022-12-31

Daftar isi

    Pernah terbayang tidak, lagi mumet dengan tugas kuliah dan kamu pengen healing ke pantai? Jika kamu ingin merasakan pengalaman ini, berkuliah di Bali menjadi salah satu rekomendasi. Universitas Warmadewa bisa menjadi pilihan, khususnya untuk kamu yang ingin masuk ke Fakultas Teknik.

    Sebelum masuk ke kampus ini, tentunya kamu harus paham dan kenal dulu bagaimana Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Warmadewa dan biayanya. Untuk itu, yuk simak pembahasan mengenai Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Warmadewa dan biayanya berikut!

    Tentang Universitas Warmadewa

    Sebelum jauh mengenal tentang Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Warmadewa dan biayanya, ada baiknya kamu tahu dulu tentang apa Universitas Warmadewa itu?

    Universitas Warmadewa merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Denpasar, Bali. Universitas ini berada di lingkungan Kopertis Wilayah VIII di bawah naungan Yayasan Korpri Bali.

    Universitas Warmadewa resmi berdiri pada tanggal 17 Juli 1984 resmi didirikan dan Kepengurusan Yayasan ditetapkan pada Rapat Korpri Bali tanggal 30 Juli 1984. Setelah itu Universitas bentukan Korpri ini diberi nama Warmadewa oleh Gubernur Bali saat itu Prof.Dr.Ida Bagus Mantra sebagai bentuk apresiasi terhadap Raja Bali zaman sebelum Majapahit dari dinasti Warmadewa. Prof.Dr.I Gusti Agung Gde Putra resmi menjabat sebagai rektor pertama yang ditetapkan pada tanggal 15 Agustus 1984.

    Visi dari universitas ini adalah menjadi Universitas bermutu yang berwawasan ekowisata dan berdaya saing global tahun 2034. Sementara untuk misinya sendiri ialah Melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi yang bermutu dan berwawasan ekowisata, Menjalin kerjasama institusional, dan Menerapkan Good University Governance.

    Mengenal Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Warmadewa

    Pada bagian ini akan dijelaskan mengenai Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Warmadewa dan biayanya akan dibahas selanjutnya. Fakultas Teknik dan Perencanaan merupakan salah satu dari tujuh (7) fakultas yang ada sejak awal berdirinya Universitas Warmadewa.

    Fakultas ini berdiri sesuai dengan SK. Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali No. 05/Yas.Korp/VII/84. Ijin operasional dari Kopertis Wilayah VIII memberi persetujuan untuk program studi di Fakultas Teknik melalui surat No. 187/Kop.VIII/B/02/1985 tertanggal 10 Nopember 1985.

    Di awal berdirinya, fakultas ini hanya bernama Fakultas Teknik Universitas Warmadewa saja.Pada tangga 15 Januari 2019 Fakultas ini kemudian berubah nama menjadi Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Warmadewa.

    Fakultas ini menyelenggarakan dua program studi, yaitu:

    1. Program Studi Arsitektur

    Program studi Arsitektur mengacu pada Visi, Misi dan Tujuan Universitas Warmadewa yang mana menekankan pada pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan Pola Ilmiah Pokok Ekowisata dan menghasilkan lulusan yang bermutu, berkompeten, dan berwawasan ekowisata. Oleh karena itu, program studi Arsitektur Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Warmadewa memiliki ciri khas sebagai program studi yang berwawasan ekowisata.

    Adapun ciri khas Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Warmadewa terkait dengan nilai-nilai Perguruan Tinggi (University Value) yang mengacu pada Visi, Misi, dan Strategi Universitas Warmadewa yaitu:

    • Berwawasan Ekowisata Kekhasan atau keunggulan Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Warmadewa adalah pengembangan arsitektur berwawasan ekowisata. Untuk itu, mata kuliah berwawasan ekowisata dan pengetahuan yang berkaitan dengan isu ‘keberlanjutan’ seperti Arsitektur Tradisional Bali, Lingkungan Binaan Pariwisata, Arsitektur Pariwisata Berkelanjutan (ekowisata),
    • Berdaya saing internasional pada Tahun 2034 Hal ini terangkum pada nilai luhur Spirit Sapta Bayu. Spirit Sapta Bayu merupakan tujuh nilai luhur yang sangat relevan diterapkan pada zaman global saat ini guna memenangi persaingan. Nilai luhur Spirit Sapta Bayu tidak hanya berorientasi pada masa kini, namun jauh lebih visioner.

    2. Program Studi Teknik Sipil

    Program studi Teknik sipil memiliki strategi pembelajaran yaitu “Pengembangan daya saing Program Studi menuju keunggulan bidang Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengawasan bangunan ketekniksipilan dengan mempertimbangkan standar/code yang berlaku, aspek ekonomi, etika profesi, keselamatan, kesehatan kerja, kebencanaan, berkelanjutan dan berwawasan Ekowisata serta memahami kebutuhan belajar sepanjang hayat. melalui pengembangan academic process dan penguatan”.

    Prospek Kerja Lulusan Fakultas Teknik dan Perencanaan

    Setelah membicarakan tentang programnya, tentu kamu penasaran bagaimana prospek kerja Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Warmadewa dan biayanya akan dirinci setelahnya.

    Lulusan Fakultas Teknik dan Perencanaan merupakan salah satu lulusan yang paling banyak dibutuhkan di dunia kerja. Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir akan menganggur setelah lulus. Berikut beberapa prospek kerja lulusan Fakultas Teknik dan Perencanaan.

    1. Arsitek

    Arsitek merupakan profesi yang paling banyak diminati oleh lulusan arsitektur karena sangat berkaitan dengan pembangunan. Sebagai seorang arsitek, kamu akan bertugas untuk membuat desain suatu bangunan yang disesuaikan dengan permintaan klien. Jadi, bagus atau tidaknya desain suatu bangunan sangat bergantung pada keahlian si arsitek dalam menggabungkan idenya dan ide klien.

    2. Developer

    Masih dari lulusan program studi Arsitektur, profesi selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah menjadi developer. Developer merupakan profesi yang sangat cocok untuk kamu yang hobi membangun perumahan, mengembangkan, dan menjadikannya sebagai ladang bisnis. Sebab untuk menjadi developer, modal yang kamu keluarkan untuk membangun dan mengembangkan perumahan bukanlah milik pribadi, melainkan milik pihak ketiga. Jadi, bisa dikatakan kalau developer ini adalah penerus yang melancarkan proyek pembangunan.

    3. Konsultan Konstruksi Bangunan

    Konsultan konstruksi bangunan bisa juga disebut sebagai project manager dalam hal banguna. Tugas kamu mencakup pengembangan garis pantai, konstruksi bendungan, sampai pembangunan jalan raya. Kamu akan lebih banyak untuk mengatur dan mengawasi konstruksi yang berjalan, mengelola biaya pembangunan, dan melihat potensi risiko yang bisa terjadi selama proses pembangunan.

    4. Insinyur Lingkungan

    Sebagai lulusan teknik sipil, kamu bisa memilih untuk menjadi seorang insinyur lingkungan. Pekerjaan satu ini menggabungkan ilmu teknik, biologi, hingga kimia untuk mengembangkan solusi untuk permasalahan yang ada di lingkungan. Sebagai seorang insinyur lingkungan, tugas utama kamu adalah memperbaiki keadaan alam yang rusak dan bagaimana mencegah kerusakan alam.

    5. Surveyor

    Salah satu syarat utama saat membangun suatu proyek adalah harus berdasarkan peraturan yang sudah ditetapkan, seperti luas, bentuk tanah, hingga posisi bangunannya. Agar semuanya sesuai dengan peraturan yang ada maka dibutuhkan seorang surveyor.

    Tugas utama seorang surveyor adalah akan memastikan apakah pengukuran suatu bangunan dilakukan secara tepat atau malah menyeleweng. Karena ada kaitannya dengan pengukuran, maka seorang surveyor harus menguasai ilmu matematika yang baik. Jangan sampai hasil bangunannya di luar ekspektasi, apalagi sampai tidak sesuai ukuran

    Biaya Kuliah Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Warmadewa

    Setelah mengetahui penjelasan tentang program studi dari Fakultas Teknik dan Perencanaan, berikut penjelasan tentang biaya kuliahnya agar kamu mendapat gambaran umumnya:

    Berikut rincian Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Warmadewa dan biayanya.

    Jurusan/Program Studi Teknik Sipil Arsitektur None
    Kelas Reguler A B A B
    Biaya Sumbangan Dana Pengembangan (SDP) Rp 2.000.000 Rp 2.000.000 Rp 2.000.000 Rp 2.000.000
    Biaya Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) Rp 2.000.000 Rp 3.000.000 Rp 2.000.000 Rp 3.000.000
    Jumlah SKS 19 19 19 19
    Biaya Per SKS Rp 100.000 Rp 150.000 Rp 100.000 Rp 150.000
    Biaya PKKMB/ DKMB (Dana Kegiatan Mahasiswa Baru) Rp 1.500.000 Rp 2.200.000 Rp 1.500.000 Rp 2.200.000
    Biaya Lainnya  Rp 700.000 Rp 7.000.000 Rp 700.000 Rp 7.000.000
    Biaya Kuliah Semester 1 Rp 8.200.000 Rp 10.850.000 Rp 8.200.000 Rp10.850.000

    Bayar Kuliah di Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Warmadewa dengan Mudah Lewat Danacita

    Itu dia penjelasan lengkap tentang Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Warmadewa dan biayanya. Semakin yakin untuk masuk ke Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Warmadewa dan biayanya dirasa membebani? Kini saatnya mewujudkan mimpi kamu berkuliah di Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Warmadewa dengan biaya yang sangat terjangkau melalui pembiayaan pendidikan terjangkau dari Danacita.

    Danacita adalah penyedia pinjaman terjangkau untuk para pelajar yang mengejar perguruan tinggi dan pelatihan vokasi di Indonesia. Danacita hadir untuk menurunkan kendala keuangan berpendidikan tinggi di Indonesia dengan menawarkan tenor pembayaran mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan.

    Selain Universitas Warmadewa, Danacita juga telah bekerjasama dengan ratusan universitas dan lembaga pendidikan untuk meringankan biaya pendidikan. Syarat untuk mengajukan biaya pendidikan sangat mudah dan cepat. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK serta tersertifikasi ISO 27001.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-blog-leads-generation

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!