Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Fakultas Teknik UNINUS : Penjelasan, Prospek Kerja, Hingga Biaya Kuliah

2023-10-09

Fakultas

Daftar isi

    Tak bisa dipungkiri, jika di era yang didominasi oleh teknologi dan inovasi saat ini, tingginya permintaan lulusan Fakultas Teknik semakin meningkat. Fakultas Teknik menjadi langkah penting dalam menciptakan solusi atas permasalahan yang kompleks di berbagai bidang, seperti teknologi informasi, energi, transportasi, manufaktur dan masih banyak lagi lainnya. Berkat kemampuannya dan pengetahuannya, lulusan Fakultas Teknik sangat diminati di pasar kerja yang selalu berubah.

    Untuk kamu yang ingin masuk ke Fakultas Teknik, Fakultas Teknik Universitas Islam Nusantara (UNINUS) bisa menjadi pilihan. Dengan kurikulum terkini dan fasilitas yang lengkap, Fakultas Teknik UNINUS berkomitmen untuk mempersiapkan lulusan menghadapi dinamika dunia industri saat ini.

    Lalu apa saja program studinya (prodi)? Dan bagaimana prospek kerja lulusannya? Temukan jawabannya pada artikel berikut!

    Mengenal Fakultas Teknik UNINUS

    Fakultas Teknik (FT) adalah salah satu Fakultas dari 7 Fakultas yang dimiliki oleh Universitas Islam Nusantara (UNINUS) yang fokus utamanya yaitu memberikan pendidikan dan penelitian dalam berbagai bidang teknik dan ilmu terkait. Fakultas ini memiliki peran penting dalam menghasilkan profesional yang memiliki pengetahuan dan keterampilan teknis untuk memahami, merancang, mengembangkan, dan menerapkan solusi dalam berbagai aspek kehidupan modern.

    Visi

    Menjadi Fakultas Teknik Uninus yang Unggul dalam bidang rekayasa perangkat lunak, sistem enterprise dan intelijen sistem di tingkat Nasional yang dilandasi nilai-nilai Islam Ahlussunnah wal jama'ah An-Nahdliyah pada Tahun 2030.

    Misi

    • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi akademik serta integritas pribadi sebagai cendekiawan muslim;
    • Menyelenggarakan penelitian dan pengkajian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya berdasarkan nilai – nilai keislaman yang relevan dengan kebutuhan masyarakat;
    • Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya dengan berdasarkan nilai – nilai islam;
    • Menyelenggarakan tata kelola perguruan tinggi yang menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan berdasarkan prinsip – prinsip otonom, kredibel, akuntabel dan transparan, serta ;
    • Mengembangkan kerjasama dan kemitraan dengan berbagai pihak di dalam dan diluar negeri berdasarkan prinsip – prinsip kesetaraan.

    Apa Saja Prodi yang Ada Di Fakultas Teknik UNINUS?

    1. Teknik Informatika

    Prodi Informatika FT UNINUS merupakan sebuah bidang ilmu yang mempelajari penggunaan komputer untuk mengatur dan menganalisis data besar, baik data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Disiplin ilmu ini menggabungkan beberapa bidang, diantaranya sistem informasi, ilmu komputer, ilmu informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen.

    Di prodi ini, kamu akan banyak belajar mengenai struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang digunakan untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, hingga menampilkan.

    Perlu kamu ketahui jika prodi Informatika memiliki konsep dasar, teori, dan pengembangan aplikasinya sendiri. Bidang ilmu ini dapat mendukung dan berkaitan dengan aspek kognitif dan sosial, termasuk dampak sosial dan konsekuensi dari teknologi informasi secara umum.

    2. Teknik Elektro

    Prodi selanjutnya adalah prodi yang mempelajari tentang aplikasi listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Apalagi kalau bukan Teknik Elektro. Prodi ini sangat erat kaitannya dengan konsep, perancangan, pengembangan, hingga produksi perangkat listrik dan elektronik yang dibutuhkan masyarakat.

    Di prodi ini kamu akan dibekali berbagai pengetahuan dan kemampuan yang akan kamu gunakan dalam pengembangan dan kemajuan teknologi tinggi di dunia komputer, laser, eksplorasi ruang angkasa, telekomunikasi, energi, dan aplikasi teknik lainnya, peralatan dan sistem elektronik.

    Beberapa topik atau mata kuliah yang akan kamu temui di prodi ini antara lain Pengantar Teknik Elektro, Sistem Kendali, Sistem Tenaga Listrik, Pengolahan Sinyal, Robotika dan Otomasi, Keamanan Jaringan, dan masih banyak lagi.

    3. Teknik Industri

    Prodi terakhir yang ada di FT UNINUS adalah Teknik Industri. Ini merupakan bidang ilmu teknik yang mencakup desain, produksi, hingga perbaikan serta manajerial dalam dunia industri. Prodi ini bisa dibilang sebagai prodi yang multidisiplin, karena menggabungkan pengetahuan dan keterampilan yang spesifik pada matematika, fisika, dan ilmu-ilmu sosial bersama dengan prinsip dan metode dari analisis keteknikan dan desain.

    Di sini, kamu akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang, mengoptimalkan, dan mengelola sistem yang terlibat dalam produksi, distribusi, dan layanan. Beberapa topik kuliah yang akan kamu temui di prodi ini antara lain Manajemen Produksi, Manajemen Supply Chain, Rekayasa Proses, Teknik Simulasi, Teknik Pengukuran & Analisis, dan masih banyak lagi

    Prospek Kerja Lulusan Fakultas Teknik UNINUS

    Dengan berbagai kemampuan dan pengetahuan yang kamu peroleh di FT UNINUS, kamu akan memiliki bekal yang akan membawa kamu dapat bersaing di dunia kerja. Apa saja prospek karir yang bisa kamu pilih? Berikut pilihannya.

    1. Teknik Informatika

    • Software Engineer
    • Database Engineer/ Database Administrator
    • Web Engineer
    • System Analyst
    • Network Engineer
    • Intelligent System Developer
    • Data Scientist
    • Technopreneur

    2. Teknik Elektro

    • Industri Telekomunikasi
    • Industri Oli dan Gas
    • Peneliti
    • Teknisi Biomedik
    • ASN/ BUMN
    • Teknisi Robot
    • Perancang dan Teknisi Mesin

    3. Teknik Industri

    • Supply Chain
    • Logistik
    • Quality Control
    • Manajer Produksi
    • Pengembang Produk
    • Analis Data Operasional

    Bayar Biaya Kuliah Di Fakultas Teknik UNINUS Mudah Dengan Danacita

    Kini kamu bisa bayar kuliah di UNINUS dengan cicilan 0% bersama Danacita loh! Yuk, klik banner di bawah ini untuk mengetahui estimasi cicilan 0% kamu!

    banner-gif-all

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    biaya kuliah uninus fakultas teknik uninus uninus
    Default Avatar

    Written By

    Esa Tauran